10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 34 minggu atau sekitar 238 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada perkembangan janin.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 34 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 34 minggu dan janin 34 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Panjang dan berat janin 34 minggu semakin bertambah

Fakta 1 - Panjang dan berat janin 34 minggu semakin bertambah

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-1 adalah panjang dan berat janin sudah semakin bertambah. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, dimana pada tahap ini janin 34 minggu sudah berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Jika pada minggu sebelumnya janin sudah berukuran panjang sekitar 41-44 cm dan beratnya sekitar 2 kg. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin pada usia 34 minggu?

Secara umum, janin 34 minggu sudah berukuran panjang sekitar 44-45 cm dengan beratnya sekitar 2,2 kg atau sebesar cantaloupe. Meskipun demikian, ukuran janin 34 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin.

2. Tulang-tulang janin 34 minggu semakin mengeras

Fakta 2 - Tulang-tulang janin 34 minggu semakin mengeras

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-2 adalah tulang-tulang janin semakin mengeras. Selain ukurannya yang sudah semakin berkembang, tulang janin 34 minggu pun juga sudah semakin mengeras dan sehat. Bahkan, tulang janin 34 minggu juga sudah dapat menopang tubuhnya sendiri yang masih mungil. Walaupun begitu, bagian tengkorak kepala janin 34 minggu masih belum menyatu dan masih bersifat lentur.

Namun jangan khawatir, sebab hal tersebut wajar dan normal dikarenakan untuk memudahkan janin keluar melalui jalan lahir ketika proses kelahiran nantinya. Oleh sebab itu, ibu hamil 34 minggu sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan kalsium dan fosfor supaya tulang janin bisa tumbuh dengan baik.

3. Gerakan janin 34 minggu mulai berkurang

Fakta 3 - Gerakan janin 34 minggu mulai berkurang

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-3 adalah gerakan janin mulai berkurang. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 34 minggu, gerakan janin di dalam rahim ternyata sudah semakin berkurang. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh ukuran janin 34 minggu yang sudah semakin membesar dan ruang rahim yang sudah semakin terisi penuh.

Meskipun demikian, jangan khawatir, sebab janin 34 minggu masih tetap bisa bergerak dan melakukan aktivitas seperti biasanya, seperti menghisap ibu jari, menggerakkan jari jemarinya, menendang, menyikut, cegukan, ataupun menyentuh bagian tubuhnya lainnya seperti wajah.

4. Iris mata janin 34 minggu sudah terbentuk dan berwarna biru

Fakta 4 - Iris mata janin 34 minggu sudah terbentuk dan berwarna biru

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-4 adalah iris mata janin sudah terbentuk dan berwarna biru. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 34 minggu, iris mata janin di dalam kandungan ternyata sudah terbentuk dan memberikan warna pada mata janin. Pada fase ini, warna dasar iris mata janin pada umumnya masih berwarna biru dan akan berubah seperti warna iris orang tuanya seiring dengan perkembangan berikutnya.

5. Janin 34 minggu sudah terdapat lapisan lemak di bawah kulit

Fakta 5 - Janin 34 minggu sudah terdapat lapisan lemak di bawah kulit

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-5 adalah janin sudah mempunyai lapisan lemak di bawah kulit. Selain iris matanya yang sudah semakin berkembang, kulit janin 34 minggu pun juga sudah semakin berkembang, dimana pada tahap ini, kulit janin sudah mempunyai lapisan lemak di bawah kulit yang nantinya berfungsi untuk proses insulasi dan menjaga suhu tubuh janin supaya tetap hangat saat lahir kelak. Bahkan lemak dibawah kulit tersebut justru akan membuat kulit janin lebih mulus dan halus.

6. Organ janin 34 minggu sudah terbentuk sempurna

Fakta 6 - Organ janin 34 minggu sudah terbentuk sempurna

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-6 adalah organ janin sudah terbentuk sempurna. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 34 minggu, organ janin di dalam rahim ternyata sudah terbentuk dengan sempurna. Meskipun demikian, syaraf-syaraf pada organ janin 34 minggu tersebut masih belum 100 persen sempurna. Namun jangan khawatir, sebab jika janin 34 minggu terjadi kelahiran tidak terduga, maka janin 34 minggu tersebut akan tetap bisa bertahan hidup tanpa perawatan medis tambahan dikarenakan paru-paru sudah terbentuk sempurna.

7. Sistem imun janin 34 minggu semakin berkembang

Fakta 7 - Sistem imun janin 34 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-7 adalah sistem imun janin semakin berkembang. Selain organ tubuhnya yang sudah semakin berkembang dan mendekati sempurna, sistem imum janin 34 minggu pun juga sudah mengalami perkembangan dan terus meningkat. Sistem imun janin tersebut pada umumnya berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh sang janin dari pengaruh luar yang mengancam kesehatannya, terutama saat bayi lahir.

8. Ibu hamil 34 minggu cenderung merasa kelelahan

Fakta 8 - Ibu hamil 34 minggu cenderung merasa kelelahan

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil cenderung merasa kelelahan. Tidak hanya janin saja yang mengalami perubahan, ibu hamil 34 minggu pun juga akan mengalami perubahan. Pada fase ini, ibu hamil 34 minggu biasanya cenderung akan merasakan lelah yang berlebihan. Hal tersebut pada umumnya wajar dan normal, sebab saat melakukan aktivitas ibu hamil harus menopang beban tubuhnya yang semakin meningkat. Namun jangan khawatir, sebab rasa lelah tersebut dapat diatasi dengan mencukupi kebutuhan air putih.

9. Ibu hamil 34 minggu menjadi sering buang air kecil

Fakta 9 - Ibu hamil 34 minggu menjadi sering buang air kecil

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 34 minggu, ibu hamil juga akan mengalami sering buang air kecil. Hal tersebut pada umumnya wajar dan normal, sebab kepala janin pada fase ini sedang berada di bagian bawah rahim dan akan menekan kandung kemih. Meskipun demikian, ada baiknya jangan berhenti minum air putih selama masa kehamilan. Hal ini dilakukan supaya ibu hamil tidak dehidrasi.

10. Ibu hamil 34 minggu mengalami pembengkakan kaki

Fakta 10 - Ibu hamil 34 minggu mengalami pembengkakan kaki

Fakta kehamilan 34 minggu yang ke-10 adalah ibu hamil mengalami pembengkakan kaki. Selain mengalami rasa lelah dan sering buang air kecil, ibu hamil juga akan mengalami pembengkakan dibagian kaki dan disebabkan oleh cairan yang banyak menumpuk di bagian kaki. Meskipun demikian, jangan khawatir, sebab hal tersebut normal dan akan dialami semua ibu hamil. Namun untuk mengatasinya, ibu hamil 34 minggu sangat disarankan untuk mengurangi aktifitas yang terlalu melelahkan.
Loading...
Sponsored Ad
Halaman :