10 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami Dengan Cepat dan Tanpa Obat

XASXUS.com - Apakah kamu sedang mengalami sakit mata dan bingung bagaimana cara mengobatinya? jika iya, jangan khawatir. Memang sakit mata akan membuat kita merasa tidak nyaman sekaligus menjadi kurang percaya diri. Namun tahukah kamu ada beberapa cara mengobati sakit mata yang bahan-bahannya mudah ditemukan. Nah berikut ini adalah 10 cara mengobati sakit mata dengan cepat dan menggunakan bahan alami.

Daftar Isi

1. Cara mengobati sakit mata dengan mentimun

Cara mengobati sakit mata dengan mentimun

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-1 adalah dengan menggunakan mentimun. Selain kerap digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan mata panda atau kantung mata hitam, mentimun ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sekaligus menyembuhkan sakit mata merah dan alergi.

Seperti yang diketahui jika kandungan anti bakteri pada mentimun dapat mengurangi rasa gatal dan merah pada mata. Bahkan penggunaan mentimun juga dapat memberikan efek segar pada mata. Untuk cara penggunaannya sangat mudah, cukup menyiapkan mentimun ukuran besar kemudian iris tipis. Selanjutnya tempelkan hasil irisan mentimun tersebut pada kedua mata dan tunggu hingga beberapa menit.

2. Cara mengobati sakit mata dengan bawang putih

Cara mengobati sakit mata dengan bawang putih

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-2 adalah dengan menggunakan bawang putih. Selain menggunakan mentimun, bawang putih ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sakit mata. Untuk cara penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan bawang putih yang telah dikupas dan dicuci sampai bersih.

Selanjutnya keringkan terlebih dahulu bawang putih, kemudian iris bawang putih. Jika sudah, pakailah irisan bawang putih tersebut ke kelopak mata bawah dengan cara mengoleskannya seperti menggunakan eyeliner dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air. Pastikan bawang putih yang digunakan tetap terjaga higienisnya ya.

3. Cara mengobati sakit mata dengan daun sirih

Cara mengobati sakit mata dengan daun sirih

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-3 adalah dengan menggunakan daun sirih. Cara yang satu ini juga bisa dibilang sangat ampuh untuk mengobati sakit mata. Untuk cara penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan daun sirih sebanyak 3 lembar kemudian rebus dan dinginkan.

Selanjutnya basuh daerah mata dengan menggunakan air hasil rebusan daun sirih atau bisa bisa juga dengan meneteskannya langsung ke mata. Meskipun demikian, meneteskan hasil rebusan daun sirih ke mata dapat mengakibatkan rasa sangat perih. Dalam menggunakan daun sirih ini, ada baiknya untuk tidak terlalu berlebihan dikarenakan dapat merusak mata.

4. Cara mengobati sakit mata dengan air hangat

Cara mengobati sakit mata dengan air hangat

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-4 adalah mengompres mata dengan air hangat. Cara yang satu ini bisa dibilang paling sederhana diantara cara mengobati sakit mata lainnya dikarenakan hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah dijumpai, yaitu air hangat dan kain untuk mengompres mata.

Secara umum, pengompresan mata yang dilakukan tersebut untuk menenangkan area mata yang sakit dan mengurangi rasa sakit di area mata. Namun sebelum mengompres mata, alangkah lebih baiknya membersihkan mata terlebih dahulu dan kemudian mengompres mata. Satu hal yang perlu diingat disini adalah cara ini hanya akan mengurangi peradangan pada mata dan tidak dapat menyembuhkan mata merah secara total.

5. Cara mengobati sakit mata dengan susu murni

Cara mengobati sakit mata dengan susu murni

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-5 adalah dengan menggunakan susu murni. Seperti yang diketahui jika susu murni mempunyai berbagai macam manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah mencegah sakit mata yang disebabkan oleh iritasi debu atau alergi.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan susu murni dan bola kapas. Selanjutnya teteskan susu murni ke bola kapas dan pakailah untuk mengompres mata. Diamkan hasil kompresan tersebut hingga beberapa saat dan lakukan hal yang sama secara berulang-ulang. Jika mata sudah kembali normal, hentikan pemakaian susu murni ini.

6. Cara mengobati sakit mata dengan air mawar

Cara mengobati sakit mata dengan air mawar

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-6 adalah dengan menggunakan air mawar. Tidak hanya dapat menciptakan suasana yang romantis, bunga mawar ternyata juga sangat ampuh di dalam mengobati sakit mata. Untuk cara penggunannya sendiri sangatlah mudah, cukup menyiapkan bunga mawar secukupnya lalu rendam dengan air hingga beberapa saat. Selanjutnya basuh mata yang sakit atau merah dengan air hasil rendaman bunga mawar tersebut.

7. Cara mengobati sakit mata dengan kentang

Cara mengobati sakit mata dengan kentang

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-7 adalah dengan menggunakan kentang. Cara yang satu ini bisa dibilang cukup ampuh mengobati sakit mata, baik itu mata merah ataupun sakit mata yang disebabkan oleh alergi. Untuk cara penggunannya sendiri sangatlah mudah, cukup menyiapkan kentang secukupnya, lalu kupas dan cuci sampai bersih. Jika sudah, haluskan kentang dan bungkus dengan kain kasa. Selanjutnya pakailah bungkusan berisi kentang tersebut untuk mengompres mata yang sakit.

8. Cara mengobati sakit mata dengan getah daun patikan kebo

Cara mengobati sakit mata dengan getah daun patikan kebo

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-8 adalah dengan menggunakan getah daun patikan kebo. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari getah daun patikan kebo ini, namun tahukah kamu jika getah daun patikan kebo ini bisa dibilang cukup ampuh di dalam mengobati sakit.

Memang untuk mendapatkannya agak susah, namun khasiatnya cukup luat biasanya. Nah jika kamu menemukan daun patikan kebo, petik tangkainya dan ambil getahnya, lalu gunakan di area mata yang sakit. Lakukan cara satu ini setidaknya 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Cara mengobati sakit mata dengan madu

Cara mengobati sakit mata dengan madu

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-9 adalah dengan menggunakan madu. Siapa sih yang tidak mengenal madu? Seperti yang diketahui jika madu mempunyai berbagai macam khasiat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya untuk mengobati sakit mata, terutama sakit mata belekan.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, cukup mengoleskan madu murni ke bagian mata yang meradang dan diamkan selama beberapa saat. Jika sudah, bersihkan dengan menggunakan kapas supaya kotorannya terangkat dan terbesar dari kuman maupun bakteri.

10. Cara mengobati sakit mata dengan mengurangi tetes mata

Cara mengobati sakit mata dengan mengurangi tetes mata

Cara mengobati sakit mata dengan cepat yang ke-10 adalah dengan mengurangi penggunaan tetes mata. Secara umum, obat tetes mata memang difungsikan untuk mengobati sakit mata, baik itu mata radang, gatal, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu jika penggunaan tetes mata secara berlebihan dan sering justru berdampak buruk pada kesehatan mata itu sendiri.

Selain itu, cobalah untuk menghindari obat tetes mata yang mengandung antibiotik ataupun pemutih. Berkonsultasi dengan dokter mata merupakan solusi terbaik, dimana dokter mata umumnya akan memberi saran obat tetes yang cocok untuk si penderita sekaligus juga memberikan aturan pakaiannya.

Nah itulah 10 cara mengobati sakit mata secara alami dan cepat yang dapat dengan mudah kamu temukan. Jika beberapa cara diatas kondisi mata belum membaik juga, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

1 2 3 4