19 Buah Penambah Darah Untuk Penderita Darah Rendah atau Hipotensi

Advertisment

XASXUS.com - Apakah kamu sering merasakan pusing, jantung berdebar-debar, badan lemas, dan terkadang sampai pingsan? Jika iya, bisa jadi itu menandakan bahwa kamu sedang mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi. Hal tersebut pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak baik, cuaca, sampai faktor usia.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya ubah pola hidup dari sekarang, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah-buahan penambah darah. Nah berikut ini adalah 19 buah penambah darah yang sangat dianjurkan bagi para penderita darah rendah.

Daftar Isi

1. Buah Naga

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Buah Naga

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-1 adalah buah naga. Secara umum, buah naga mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, terutama untuk menambah tekanan darah, seperti fosfor, zat besi, kalsium, dan lain sebagainya. Selain itu, buah penambah darah ini juga mempunyai beberapa vitamin yang sangat berguna bagi tubuh, seperti vitamin C, B1, B3, B12, dan lainnya.

Meskipun buah naga mempunyai beberapa jenis, namun jenis buah naga dengan daging berwarna merah inilah yang lebih efektif untuk penambah darah jika dibandingankan dengan jenis buah naga lainnya. Selain bermanfaat sebagai buah penambah darah, buah naga juga mempunyai beberapa manfaat lainnya, seperti berguna untuk mencegah penyakit kanker, diabetes, dan lain sebagainya.

2. Stroberi

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Stroberi

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-2 adalah buah stroberi. Secara umum, buah dengan rasa asam manis yang satu ini mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, terutama untuk menambah tekanan darah, seperti mengandung mangan, zat besi, kalsium, dan lain sebagainya.

Bahkan buah penambah darah ini termasuk salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat baik bagi tubuh. Selain itu, buah stroberi juga dapat menangkal radikal bebas dikarenakan mempunyai kandungan zat antioksidan. Oleh sebab itulah, dengan mengonsumsi buah stroberi secara otomatis tubuh akan terhidar dari berbagai macam penyakit sekaligus juga mencegah penuaan dini.

3. Pisang

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Pisang

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-3 adalah buah pisang. Tidak hanya buah naga dan stroberi, buah pisang ternyata juga dapat digunakan untuk menambah tekanan darah di dalam tubuh. Bahkan dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin tidak hanya dapat menambah tekanan darah, melainkan juga mendapatkan manfaat lainnya, seperti mengurangi resiko penyakit pada usus, membantu melancarkan sistem pencernaan, dan lain sebagainya. Karena manfaatnya yang begitu luar biasa, sehingga tidak mengherankan jika buah yang satu ini juga kerap dimasukkan ke dalam menu saat program diet.

4. Mangga

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Mangga

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-4 adalah buah mangga. Tahukah kamu, jika buah mangga ternyata juga dapat digunakan untuk menambah tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah mangga mempunyai beberapa kandungan yang dapat membentuk sel darah merah, seperti kandungan vitamin dan mineral.

Selain itu, buah mangga juga mempunyai beberapa kandungan lainnya, seperti asam folat, serat, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi buah mangga, tidak hanya dapat menambah tekanan darah di dalam tubuh, ternyata juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

5. Alpukat

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Alpukat

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-5 adalah buah alpukat. Secara umum, buah alpukat mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang sangat berguna bagi sistem peredaran darah menjadi lebih lancar dan tentunya baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu, buah alpukat juga mempunyai beberapa kandungan lainnya yang sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, buah alpukat ini bisa dijadikan buah penambah darah bagi kamu yang menderita tekanan darah rendah.

6. Jambu Biji

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Jambu Biji

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-6 adalah buah jambu biji. Tahukah kamu, jika jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi diantara buah-buahan lainnya, sehingga sangat berguna untuk meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh.

Meskipun buah jambu biji mempunyai beberapa jenis, namun buah jambu biji dengan daging berwarna merah inilah yang lebih efektif untuk menambah tekanan darah. Bahkan kandungan pada buah jambu biji tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah, melainkan juga dapat eningkatkan kadar trombosit dalam tubuh, sehingga sangat dianjurkan bagi para penderita demam berdarah.

7. Apel

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Apel

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-7 adalah buah apel. Selain beberapa buah diatas, buah apel ternyata juga dapat digunakan sebagai penambah darah dikarenakan mempunyai beberapa kandungan yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti mengandung kalium, zat besi, dan magnesium.

Tidak hanya itu saja, buah apel juga mempunyai beberapa kandungan yang dapat menutrisi tubuh, seperti vitamin A, B1, C, asam folat, natrium, dan lain sebagainya. Karena manfaatnya yang begitu banyak, membuat buah penambah darah satu ini kerap dimasukkan ke dalam menu saat program diet dikarenakan dapat mengontrol nafsu makan dengan memberikan rasa kenyang lebih lama.

8. Tomat

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Tomat

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-8 adalah buah tomat. Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat buah yang satu ini sebagai penambah darah. Namun tahukah kamu jika buah tomat ternyata mempunyai kandungan zat besi yang berguna untuk menambah sel darah merah dalam tubuh.

Selain itu, buah tomat juga mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin A, B, C, dan lain sebagainya, sehingga dengan mengonsumsi buah tomat secara rutin dapat menghidarkan tubuh dari beberapa penyakit, seperti batu ginjal, kolestrol, dan diabetes. Bahkan dengan mengonsumsi buat tomat juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh sekaligus juga melancarkan pencernaan.

9. Anggur

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Anggur

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-9 adalah buah anggur. Seara umum, buah anggur mempunyai beberapa kandungan yang dapat menigkatkan tekanan darah sekaligus memberikan nutrisi tubuh, seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin C, dan lain sebagainya.

Selain bermanfaat sebagai penambah darah, buah anggur ternyata juga dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit mengerikan, seperti kanker dan jantung koroner. Bahkan dengan mengonsumsi buah anggur secara rutin juga berdampak pada kecantikan, seperti mencerahkan dan melembabkan wajah.

10. Jeruk

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Jeruk

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-10 adalah buah jeruk. Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini? buah yang tekenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi ini ternyata juga dapat membantu di dalam proses pembentukan sel darah merah.

Selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga mempunyai beberapa kandungan lainnya, seperti asam folat, magnesium, zat besi, vitamin B1, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi buah jeruk secara rutin tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah, melainkan juga dapat mencegah munculnya berbagai penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, sariawan, kanker, dan lain sebagainya.

11. Jeruk nipis

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Jeruk nipis

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-11 adalah buah jeruk nipis. Secara umum, buah jeruk nipis mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya untuk menambah tekanan darah. Seperti yang diketahui jika buah jeruk nipis mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin A, B1, C, fosfor, kalsium, zat besi, lemak, karbohidrat, kalsium, dan energi.

Dengan mengonsumsi buah jeruk nipis secara rutin, tentunya tidak hanya dapat menambah tekanan darah dalam tubuh, melainkan juga dapat mengatasi gangguan pernapasan, mengatasi masalah asam urat, membantu meredakan demam, mengurangi resiko penyakit jantung, mengatasi gangguan kemih, dan lain sebagainya.

12. Lemon

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Lemon

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-12 adalah buah lemon. Tidak hanya jeruk dan jeruk nipis, lemon juga bisa digunakan untuk meningkatkan produksi darah di dalam tubuh. Seperti yang diketahui jika buah jeruk nipis mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin A, C, D, E, K, dan masih banyak lagi.

Dengan mengonsumsi buah jeruk nipis secara rutin, tentunya tidak hanya dapat menambah tekanan darah dalam tubuh, melainkan juga dapat mengatasi beberapa penyakit lainnya, seperti mengatasi sembelit, mencegah pembentukan batu ginjal, menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke, mencegah penyakit kanker, dan lain sebagainya.

13. Kurma

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Kurma

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-13 adalah buah kurma. Buah yang berasal dari timur tengah ini memang sudah terkenal akan khasiatnya, salah satunya adalah untuk menambah tekanan darah. Seperti yang diketahui jika buah kurma mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti zat besi, antioksidan, vitamin C, B kompleks, dan lain sebagainya.

Bahkan dengan mengonsumsi kurma secara rutin, tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah, melainkan juga dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit lainnya, seperti mencegah terjadinya stroke, penyakit jantung, alergi, kanker abdominal (kanker perut), dan lain sebagainya.

14. Semangka

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Semangka

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-14 adalah buah semangka. Tahukah kamu jika kandungan vitamin C pada buah semangaka bisa membantu penyerapan zat besi menjadi lebih cepat, sehingga dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin dapat menghindarkan tubuh dari kekurangan darah atau anemia.

Bahkan dengan mengonsumsi buah semangka tidak hanya dapat menambah tekanan darah, melainkan juga mendapatkan beberapa manfaat lainnya, seperti bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi masalah peradangan, membantu di dalam memerangi kanker, baik untuk penglihatan, dan masih banyak lagi.

15. Aprikot

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Aprikot

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-15 adalah buah aprikot. Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan supermarket terkemuka dan biasanya telah menjadi aprikot kering. Namun tahukah kamu jika buah yang satu ini juga dapat digunakan sebagai penambah darah. Selain itu, dengan mengonsumsi buah aprikot juga akan mendapatkan manfaat lainnya, seperti mengobati sembelit, mempercantik kulit, mencegah kanker, meningkatkan metabolisme tubuh, dan lain sebagainya.

16. Kismis

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Kismis

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-16 adalah buah kismis. Selain beberapa buah penambah darah diatas, buah kismis ternyata juga dapat meningkatkan produksi darah di dalam tubuh. Seperti yang diketahui jika buah kismis mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti kalium, kalsium, zat besi, dan dan nutrisi lainnya. Bahkan dengan mengonsumsi buah kismis secara rutin juga dapat mencegah beberapa penyakit lainnya, seperti mencegah terjadinya kanker, baik untuk mata, dan lain sebagainya.

17. Delima

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Delima

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-17 adalah buah delima. Mungkin belum banyak yang mengetahui jika buah yang satu ini juga dapat digunakan sebagai buah penambah darah. Bahkan penggunaan buah delima tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah, melainkan juga dapat memberikan khasiat lainnya, seperti meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker prostat, menjaga kesehatan gigi, dan lain sebagainya.

18. Kesemek

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Kesemek

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-18 adalah buah kesemek. Tahukah kamu, jika buah yang mempunyai julukan makanannya para dewa ini ternyata juga dapat menambah tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah kesemek mempunyai sekitar 2.5 mg zat besi yang dapat meningkatkan produksi darah. Selain itu, buah ini juga mempunyai beberapa kandungan lainnya yang sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya.

19. Mulberry

Buah penambah darah untuk penderita darah rendah - Mulberry

Buah penambah darah untuk darah rendah yang ke-19 adalah buah mulberry. Selain beberapa buah penambah darah diatas, buah mulberry juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan produksi darah. Seperti yang diketahui jika kandungan zat besi pada buah ini dapat menjauhkan penderita dari anemia. Dengan mengonsumsi buah ini, tidak hanya dapat meningkatkan produksi darah, melainkan juga dapat menjauhkan diri penyakit diabetes.

Nah itulah 19 buah penambah darah yang dapat kamu coba, terutama bagi kamu yang menderita tekanan darah rendah. Selain dengan mengonsumsi buah penambah darah, merubah gaya hidup sangat penting bagi kesehatan, seperti sering berolahraga secara teratur, beristirahat dengan cukup, dan lain sebagainya.

1 2 3 4 5