10 Binatang Atau Hewan Buas Yang Ada di Indonesia

10 Binatang Atau Hewan Buas Yang Ada di Indonesia
XASXUS.com - Menurut pengertiannya, hewan buas adalah hewan liar yang hidup di alam bebas dan biasanya memusuhi manusia. Berbicara mengenai hewan buas, tahukah kamu apa saja hewan buas asli dari Indonesia? Nah berikut ini rangkuman 10 binatang atau hewan buas yang ada di hutan Indonesia.
Daftar Isi

1. Harimau Sumatera

Hewan buas yang ada di Indonesia - Harimau Sumatera

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-1 adalah harimau sumatera. Umumnya, harimau tidak hanya ditakuti di Indonesia saja, di negara lain pun predator yang satu ini juga sangat ditakuti. Dinamakan harimau sumatera, sebab harimau yang satu ini merupakan salah satu dari subspesies harimau yang habitat aslinya berasal di pulau Sumatera, Indonesia.

Selain itu, hewan buas yang satu ini juga termasuk ke dalam 1 dari 6 sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup sampai saat ini. Bahkan komodo juga termasuk ke dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah serta masuk ke dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis oleh IUCN, yaitu lembaga konservasi dunia.

Saat ini saja, harimau sumatera hanya tersisa sekitar 250 ekor yang dipelihara di kebun binatang di seluruh dunia dan 400-500 ekor lagi di alam liar. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari perburuan liar, perdagangan harimau, dan lain sebagainya.

2. Komodo

Hewan buas yang ada di Indonesia - Komodo

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-2 adalah komodo. Secara umum, komodo atau biawak komodo merupakan salah satu hewan buas yang termasuk ke dalam spesies biawak besar. Predator buas yang satu ini hanya terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat, seperti di pulau Komodo, Gili Motang, Flores, Rinca, dan Gili Dasami.

Tahukah kamu, jika komodo ternyata merupakan kadal terbesar di dunia dengan beratnya yang mencapai 100 kg dan rata-rata panjangnya yang mencapai 2-3 meter. Selain itu, hewan buas yang satu ini juga termasuk ke dalam pemangsa puncak dihabitatnya disebabkan tidak diketahui apakah ada hewan karnivora besar lainnya di sebarang geografisnya selain komodo.

Sama seperti harimau sumatera, hewan komodo juga termasuk ke dalam spesies yang rentan terhadap kepunahan yang dirilis oleh IUCN, yaitu lembaga konservasi dunia. Selain itu, komodo juga termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan habitanya dijadikan sebagai taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi mereka, sebagaimana yang diketahui jika habitat asli dari komodo telah menyusut akibat aktivitas manusia.

3. Anoa

Hewan buas yang ada di Indonesia - Anoa

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-3 adalah anoa. Secara umum, anoa adalah hewan mamalia yang banyak hidup di daratan Pulau Sulawesi dan sekitar Pulau Buton. Hewan yang satu ini terdapat 2 spesies, yakni hewan anoa gunung dan juga anoa dataran rendah yang dibedakan berdasarkan jenis tanduk serta warna kulitnya. Jika dilihat secara sekilas, hewan anoa mirip sekali dengan kerbau namun dengan ukuran yang kecil atau yang disebut juga dengan kebau cebol.

Sama seperti harimau sumatera dan komodo, anoa juga termasuk ke dalam hewan yang terancam punah yang dirilis oleh IUCN, yaitu lembaga konservasi dunia. Meskipun anoa merupakan hewan harbivora, yaitu pemakan tumbuh-tumbuhan dan bukan pemakan daging seperti halnya hewan buas pada umumnya, namun anoa layak dikatakan buas dikarenakan cukup berbahaya dan juga mematikan saat bertahan diri dari serangan musuh.

4. Ikan hiu putih

Hewan buas yang ada di Indonesia - Ikan hiu putih

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-4 adalah ikan hiu putih. Berbeda dengan hewan buas sebelumnya, hewan buas yang satu ini merupakan seekor predator di laut yang sangat berbahaya sekaligus juga predator utama mamalia laut. Bahkan hiu putih juga masuk ke dalam diperingkat ke-1 dalam daftar jumlah serangan hewan yang tercatat terhadap manusia.

Saking buasnya hewan yang satu ini, membuatnya kerap dibuat dalam bentuk film. Hiu putih ini memang dikenal karena ukurannya yang sangat besar dan pajang serta giginya yang mencapai 300 buah yang tajam seperti tepian gergaji. Sama seperti hewan buas sebelumnya, hiu putih juga termasuk ke dalam spesies yang hampir punah yang dirilis oleh IUCN, yaitu lembaga konservasi dunia.

5. Macan dahan kalimantan

Hewan buas yang ada di Indonesia - Macan dahan kalimantan

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-5 adalah macan dahan kalimantan. Sesuai dengan namanya, hewan yang satu ini merupakan kucing liar berukuran sedang yang habitatnya banyak ditemukan di sekitar pulau Kalimantan. Meskipun mempunyai nama akhir kalimantan, namun hewan yang satu ini juga banyak ditemukan di pulau Sumatera.

Sama seperti hewan buas sebelumnya, macan dahan kalimantan juga termasuk ke dalam spesies yang rentan terhadap kepunahan yang dirilis oleh IUCN, yaitu lembaga konservasi dunia. Berdasarkan karakteristiknya, kucing dan pemangsa terbesar yang ada di Kalimantan ini mempunyai corak kulit yang sangat cantik berupa totol-totol seperti awan, berat sekitar 12 -25 kg, panjangnya yang mencapai 90 cm dan panjang gigi taringnya yang mencapai 2 inchi.

6. Buaya senyulong

Hewan buas yang ada di Indonesia - Buaya senyulong

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-6 adalah buaya senyulong. Buaya yang dikenal dengan nama buaya sepit ini merupakan salah satu spesies buaya, tetapi bukanlah anggota genus buaya sejati. Berbeda dengan spesies buaya pada umumnya, buaya senyulong umumnya mempunyai karakteristik seperti bentuk moncongnya runcing dan sempit, ukuran tubuhnya yang lebih kecil dan pendek, serta panjang maksimalnya yang mencapai 3,5 meter. Sama seperti hewan buas sebelumnya, buaya senyulong juga termasuk ke dalam daftar merah spesies rentan yang dirilis oleh IUCN, yaitu lembaga konservasi dunia.

7. Ular anang

Hewan buas yang ada di Indonesia - Ular anang

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-7 adalah ular anang. Ular anang atau yang disebut juga dengan king kobra ini termasuk ular berbisa terpanjang di dunia yang ternyata banyak ditemukan di Indonesia, terutama di Pulau Kalimantan, Sumatera, Bali, Jawa, Kepulauan Mentawai, Kepulauan Riau, Sulawesi, dan Bangka.

Tidak hanya di Indonesia saja, dinegara lain seperti India, Kamboja, Burma, Bangladesh, Cina selatan, Laos, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Semenanjung Malaya, juga banyak ditemukan hewan yang satu ini. Berdasarkan karakteristiknya, ular anang umumnya mempunyai panjang rata-rata sekitar 3-4,5 meter dengan sifatnya yang sangat agresif.

Tahukah kamu, jika hewan buas yang satu ini ternyata predator dari jenis ular lainnya, salah satunya adalah ular sanca (Python). Untuk habitatnya sendiri, ular anang atau king kobra banyak ditemukan di aneka habitat, mulai dari lahan pertanian, persawahan, area hutan, semak belukar, hutan pegunungan, dan lain sebagainya.

8. Kalajengking hutan asia

Hewan buas yang ada di Indonesia - Kalajengking hutan asia

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-8 adalah kalajengking hutan asia. Hewan yang satu ini merupakan serangga yang banyak ditemukan di kawasan Asia, terutama di Asia Selatan dan Indonesia. Kalajengking hutan asia termasuk hewan yang sangat agresif, terutama saat habitatnya sedang terancam dan diusik.

Selain itu, hewan yang satu ini juga termasuk hewan yang sangat beracun dan keberadaannya sangat mengancam, terutama dengan manusia dan hewan lainnya. Berdasarkan karakteristiknya, kalajengking hutan asia mempunyai ukuran sekitar 10-12 cm dengan capitnya yang besar dan dapat membuat musuhnya berdarah ketika terkena capitnya.

9. Burung elang Jawa

Hewan buas yang ada di Indonesia - Burung elang Jawa

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-9 adalah burung elang Jawa. Sesuai dengan namanya, burung elang Jawa merupakan salah satu spesies elang berukuran sedang yang habitatnya banyak ditemukan di sekitar pulau Jawa, tepatnya dari ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) sampai ujung timur di Semenanjung Blambangan Purwo.

Tahukah kamu, burung yang disebut juga dengan burung garuda ini termasuk ke dalam hewan karnivora atau pemakan daging yang sangat ditakuti oleh para mangsanya. Jika dilihat berdasarkan karakteristiknya, burung elang Jawa mempunyai panjang sekitar 60-70 cm (dari ujung paruh sampai ujung ekor) dengan ciri yaitu jambul tinggi menonjol, kepala berwarna coklat kemerahan (kadru), dan tengkuk yang coklat kekuningan (terkadang nampak keemasan jika terkena sinar matahari).

10. Beruang madu

Hewan buas yang ada di Indonesia - Beruang madu

Hewan buas yang ada di Indonesia yang ke-10 adalah beruang madu. Tahukah kamu, jika beruang madu ternyata adalah spesies beruang terkecil di dunia diantara 8 spesies beruang lainnya sekaligus juga fauna khas provinsi Bengkulu, Sumatera. Meskipun beruang madu terlihat sangat lucu dan menggemaskan, namun dibalik itu semua ternyata beruang termasuk ke dalam hewan buas yang sangat berbahaya.

Jika dilihat berdasarkan karakteristiknya, beruang madu mempunyai tinggi punggung hingga 70 cm dengan panjangnya yang mencapai 1,40 meter dan beratnya yang mencapai 50-65 kilogram. Keunikan dari beruang madu adalah bulunya yang pendek dan berwarna hitam (terkandang terlihat berkilau). Berbeda dengan beberapa hewan buas sebelumnya, beruang madu termasuk ke dalam hewan omnivora atau pemakan segalanya, seperti memakan aneka buah-buahan, madu, tanaman hutan hujan tropis, serangga, madu, burung, dan lain sebagainya.
Loading...