10 Tanda Tanda Haid atau Menstruasi Akan Segera Datang Dalam Waktu Dekat

XASXUS.com - Bagi wanita yang sudah mengalami masa pubertas pastinya akan mengalami yang namanya haid atau menstruasi. Secara umumnya, haid atau menstruasi merupakan suatu proses peluruhan pembuluh darah di dinding rahim yang diakibatkan oleh sel telur yang dilepaskan tidak mengalami pembuahan.

Fase haid atau menstruasi ini pada umumnya akan berlangsung dalam 3-10 hari setiap bulannya. Meskipun secara umum haid atau menstruasi datang secara teratur setiap bulannya, namun ada beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri yang bisa dikenali.

Nah bagi kamu yang belum tahu apa saja tanda-tanda haid atau menstruasi, berikut ini adalah 10 tanda-tanda haid atau menstruasi yang bisa kamu kenali.

Daftar Isi

1. Kram pada pinggang dan perut

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-1 adalah mengalami kram pada pinggang dan perut. Secara umum, tanda haid atau mentruasi yang satu ini memang kerap dialami oleh sebagian wanita pada saat menjelang datang bulan. Biasanya, tanda haid atau mentruasi yang satu ini akan dirasakan sekitar 2 hari sebelum datang bulan tiba.

Bahkan menurut beberapa penelitian, sekitar 15% wanita pasti akan mengalami tanda haid atau mentruasi yang satu ini. Memang akan terasa mengganggu aktifitas, namun jika kamu mengalaminya, ada baiknya untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri, seperti mengonsumsi ibuprofen atau pereda nyeri lainnya yang tentunya diajurkan oleh dokter.

2. Ingin makan sesuatu

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-2 adalah merasakan ingin makan sesuatu. Tidak hanya ibu hamil saja yang mengalami ngidam atau ingin makan sesuatu, wanita yang akan kedatangan bulan juga bisa mengalami tanda haid atau menstruasi. Namun uniknya wanita yang akan kedatangan bulan cenderung ingin makan makanan yang manis.

Hal ini pada umumnya wajar saja dan disebabkan oleh hormone reproduksi wanita itu sendiri, dimana hormon progesterone dan estrogen akan merangsang otak untuk meminta sesuatu yang manis. Oleh sebab itulah wanita yang akan kedatangan bulan cenderung ingin makan coklat atau makanan dengan rasa manis lainnya.

3. Mood berubah-ubah

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-3 adalah mengalami mood atau suasana hati yang berubah-ubah. Tanda haid atau mentruasi yang satu ini pastinya sudah bukan rahasia lagi, dimana wanita yang akan datang bulan cenderung merasakan mood atau suasana hati yang berubah-ubah, terkadang ia merasakan sedih, senang, merasa tidak nyaman, dan merasakan perasaan lain yang bercampur baur. Bahkan tanda haid atau mentruasi yang satu ini akan sangat dirasakan oleh orang lain, sehingga mereka akan menyadari bahwa kamu memang sedang mengalami PMS.

4. Timbulnya jerawat

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-4 adalah timbulnya jerawat. Tidak hanya mood saja, wanita yang akan datang bulan juga akan mengalami masalah kulit terutama jerawat. Hal ini pada umumnya wajar saja dan disebabkan oleh kadar hormon yang sangat tinggi dalam tubuh, dimana hormon ini akan merangsang kulit mengeluarkan lebih banyak minyak, sehingga akan membuat pori-pori wajah lebih mudah tersumbat dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Nah jika kamu mengalaminya, cobalah mengatasinya dengan rutin membersihkan wajah dan pakailah obat penghilang jerawat seperti salicylic acid.

5. Pegal-pegal

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-5 adalah merasakan pegal-pegal. Dalam beberapa kasus, sebagian wanita yang akan datang bulan juga akan mengalami rasa pegal-pegal dibagian tubuhnya, seperti dibagian payudara, punggung, dan lain sebagainya. Nah jika kamu mengalaminya sebelum menstruasi, cobalah mengatasinya dengan cara mengkonsumsi obat pereda nyeri atau jamu tradisional.

6. Perut kembung

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-6 adalah merasakan perut kembung. Terkadang wanita yang akan datang bulan juga akan mengalami perut kembung atau rasa mual. Tanda haid atau menstruasi yang satu ini pada umumnya wajar saja dan disebabkan oleh akumulasi cairan dalam lambung, sehingga akan mengakibatkan proses metabolism yang sedikit terhambat. Nah untuk mengatasinya, cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein, gula, dan garam.

7. Sulit tidur di malam hari

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-7 adalah sulit tidur di malam hari. Secara umum, tanda haid atau menstruasi yang satu ini banyak disebabkan oleh rasa nyeri dan pegal-pegal ketika akan datang bulan, sehingga wajar saja wanita yang akan datang bulan cenderung mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur dimalam hari.

Meskipun demikian, belum ada penjelasan secara ilmiah yang dapat menyimpulkan apa penyebab terjadinya insomnia atau kesulitan untuk tidur tersebut. Nah bagi kamu yang sedang mengalaminya, jangan khawatir sebab hal tersebut wajar dan normal. Untuk mengatasinya sendiri, ada baiknya untuk mandi dengan air hangat atau minumlah susu sebelum pergi tidur supaya bisa tertidur dengan pulas dan untuk mengurangi rasa nyeri.

8. Pusing dan sakit kepala

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-8 adalah mengalami rasa pusing dan sakit kepala. Dalam beberapa kasus, wanita yang akan datang bulan juga akan mengalami rasa using dan sakit kepala. Tanda haid atau menstruasi yang satu ini pada umumnya wajar dan diakibatkan oleh kadar hormon yang berubah-ubah dalam tubuh, sehingga memicu produksi senyawa prostaglandin yang memicu terjadinya sakit kepala dan pusing. Nah jika kamu mengalami hal ini, ada baiknya untuk mengkonsumsi obat sakit kepala atau bisa juga mengonsumsi obat herbal alami, seperti teh jahe.

9. Perasaan sensitif

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-9 adalah cenderung sensitif. Secara umum, wanita yang akan datang bulan juga akan mengalami perasaan yang sensitif dan mudah tersinggung. Bahkan wanita yang akan datang bulan juga cenderung mudah sekali menangis atau merasa galau walaupun hanya mengalami masalah yang sepele. Meskipun demikian, hal ini wajar saja dan tidak perlu dikhawatirkan.

10. Mudah lelah dan mengantuk

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang ke-10 adalah mudah merasakan lelah dan mengantuk. Apakah kamu mengalami rasa mudah lelah dan mengantuk yang sangat disiang hari meskipun cukup tidur malam? jika iya, jangan khawatir, sebab hal ini juga merupakan tanda-tanda haid atau menstruasi.

Dalam ilmiah, rasa mudah lelah dan mengantuk ini pada umumnya disebabkan karena peredaran darah menjelang menstruasi cenderung kurang lancar, sehingga untuk mengatasinya dianjurkan untuk sedikit melakukan aktifitas fisik, seperti berolahraga.

1 2