10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil - XASXUS.com

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 9 minggu atau sekitar 63 hari menandakan bahwa kamu tengah menjalani trisemester pertama dari 3 trisemester masa kehamilan. Sama seperti minggu sebelumnya, perkembangan janin 9 minggu cenderung masih sangat pesat dan menakjubkan.

Bahkan perkembangan yang terjadi pada janin 9 minggu juga akan bedampak pada sang ibu, baik itu perubahan psikologis maupun fisik. Nah berbicara mengenai kehamilan 9 minggu dan janin 9 minggu, berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 9 minggu dan janin 9 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Berat pada janin 9 minggu terus bertambah

Fakta 1 - Berat pada janin 9 minggu terus bertambah
Fakta 1 - Berat pada janin 9 minggu terus bertambah

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-1 adalah berat janin terus bertambah. Seiring dengan bertambahnya minggu-minggu masa kehamilan, janin umumnya akan mengalami pertumbuhan tinggi kaki yang mengakibatkan berat janin semakin bertambah. Namun tahukah kamu jika berat badan pada janin 9 minggu akan bertambah sampai 10 gram dari minggu sebelumnya.

Dengan bertambahnya berat janin tersebut membuktikan bahwa perkembangan janin pada trisemester pertama sungguh sangatlah pesat, sehingga juga berdampak pada peningkatan berat badan sang ibu. Meskipun hanya bertambah hingga 10 gram dari minggu sebelumnya, namun hal tersebut akan bertambah secara signifikan disetiap minggunya.

2. Pada usia 9 minggu, plasenta mulai mengalirkan nutrisi ke janin

Fakta 2 - Pada usia 9 minggu, plasenta mulai mengalirkan nutrisi ke janin
Fakta 2 - Pada usia 9 minggu, plasenta mulai mengalirkan nutrisi ke janin

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-2 adalah plasenta mulai mengalirkan nutrisi ke janin. Secara umum, plasenta atau yang sering disebut ari-ari akan mulai terhubung dengan janin pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke-7 serta akan mulai tumbuh dan berkembang pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke-8.

Namun tahukah kamu jika plasenta atau ari-ari tersebut baru akan mulai mengalirkan nutrisi ke janin pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke-9. Selain itu, plasenta atau ari-ari juga akan mulai berfungsi untuk menghalangi mikroorganisme dan zat-zat kimia pengganggu yang berbahaya bagi janin. Oleh sebab itulah, calon ibu dituntut untuk banyak mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola makannya supaya akan berdampak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan janin.

3. Kelopak mata pada janin 9 minggu mulai terbentuk

Fakta 3 - Kelopak mata pada janin 9 minggu mulai terbentuk
Fakta 3 - Kelopak mata pada janin 9 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-3 adalah kelopak mata janin mulai terbentuk. Secara umum, wajah janin sudah mulai terbentuk pada minggu ke-6 dan mulai menunjukkan kesempurnaan saat masa kehamilan memasuki minggu ke-8. Namun tahukah kamu jika kelopak mata janin sudah terbentuk sempurna saat usia kehamilan memasuki minggu ke-9.

Kelopak mata yang telah terbentuk tersebut pada umumnya akan menutupi keseluruhan mata janin dalam waktu yang cukup lama, yaitu sampai usia kehamilan memasuki usia ke-26 minggu. Kelopak mata yang masih menutupi tersebut umumnya merupakan proses dimana mata mengalami perkembangan untuk mencapai fungsi secara sempurna.

4. Janin 9 minggu dapat melenturkan pergelangan tangan

Fakta 4 - Janin 9 minggu dapat melenturkan pergelangan tangan
Fakta 4 - Janin 9 minggu dapat melenturkan pergelangan tangan

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-4 adalah janin sudah dapat melenturkan pergelangan tangan. Secara umum, janin yang sudah memasuki usia minggu ke-8 dan ke-9 sudah mengalami pergerakan, pergerakan tersebut merupakan salah satu tanda beberapa organ janin sudah dapat digerakkan oleh janin itu sendiri.

Namun tahukah kamu jika salah satu gerakan yang dapat digerakkan oleh janin itu sendiri adalah pergelangan tangannya yang dapat dilenturkan. Meskipun demikian, gerakan janin 9 minggu cenderung masih terlalu lemah dan kecil, sehingga pergerakannya masih belum bisa dirasakan oleh ibu hamil.

5. Jantung pada janin 9 minggu mulai dapat bekerja lebih sempurna

Fakta 5 - Jantung pada janin 9 minggu mulai dapat bekerja lebih sempurna
Fakta 5 - Jantung pada janin 9 minggu mulai dapat bekerja lebih sempurna

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-5 adalah jantung janin mulai bekerja lebih sempurna. Secara umum, jantung pada janin sudah mulai terbentuk saat masa kehamilan memasuki minggu ke-5. Namun tahukan kamu jika jantung pada janin baru dapat bekerja lebih sempurna saat masa kehamilan memasuki minggu ke-9, dimana jantung pada janin sudah mulai terbagi menjadi 4 ruang dan jantung juga sudah mulai terbentuk katup. Memang belum terlalu sempurna, namun seiring dengan berjalannya waktu janin akan berkembang sampai sempurna.

6. Pada usia 9 minggu, calon ibu sudah bisa mengetahui kondisi janin

Fakta 6 - Pada usia 9 minggu, calon ibu sudah bisa mengetahui kondisi janin
Fakta 6 - Pada usia 9 minggu, calon ibu sudah bisa mengetahui kondisi janin

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-6 adalah calon ibu sudah bisa mengetahui apakah janin dalam kondisi abnormal atau tidak. Jika minggu sebelumnya sang ibu belum dapat mengetahui kondisi janin, maka pada minggu ke-9 inilah sang ibu sudah bisa mengetahui apakah janin dalam kondisi abnormal atau tidak.

Oleh sebab itulah, calon ibu dituntut untuk rajin berkonsultasi dengan bidan atau dokter dan melakukan pemeriksaan guna mengambil sample darah yang berguna untuk memantau kesehatan janin dan sang ibunya. Selain itu, pemeriksaan tersebut juga dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan janin, terlebih lagi jika sang ibu memiliki riwayat penyakit yang dikhawatirkan dan dapat menjangkit janin.

7. Janin 9 minggu membutuhkan asupan makanan bergizi

Fakta 7 - Janin 9 minggu membutuhkan asupan makanan bergizi
Fakta 7 - Janin 9 minggu membutuhkan asupan makanan bergizi

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-7 adalah janin membutuhkan asupan makanan bergizi. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pada masa kehamilan 9 minggu janin juga masih sangat membutuhkan asupan makanan yang bergizi guna mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh sebab itulah, calon ibu dituntut untuk memperhatikan asupan makanannya.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, asam folat, dan zat besi. Selain itu, hidarilah makanan pedas dan terlalu asam, hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu perumbuhan janin. Seperti yang diketahui jika apa yang dimakan oleh ibu hamil juga akan terserap oleh janin di dalam rahim.

8. Perubahan fisik pada ibu hamil 9 minggu semakin terlihat

Fakta 8 - Perubahan fisik pada ibu hamil 9 minggu semakin terlihat
Fakta 8 - Perubahan fisik pada ibu hamil 9 minggu semakin terlihat

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-8 adalah perubahan fisik ibu hamil semakin terlihat. Tidak hanya janin yang mengalami perubahan, calon ibu yang hamil 9 minggu juga akan mengalami perubahan, terutama dalam hal perubahan fisik dibagian perut dan perubahan berat badan. Hal ini pada umumnya wajar dan berguna untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam rahim calon ibu.

9. Ibu hamil 9 minggu akan mengalami peningkatan hormon

Fakta 9 - Ibu hamil 9 minggu akan mengalami peningkatan hormon
Fakta 9 - Ibu hamil 9 minggu akan mengalami peningkatan hormon

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil akan mengalami peningkatan hormon. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, ibu yang hamil 9 minggu juga masih mengalami peningkatan hormon. Oleh sebab itulah, ibu hamil 9 minggu dituntut untuk selalu menjaga kebersihan tubuh terutama dibagian organ kewanitaan, hal ini dikarenakan ibu hamil 9 minggu rentan sekali menjadi pertumbuhan jamur. Namun tahukah kamu dengan menjaga pola makan, kebersihan, dan kesehatan secara tidak langsung dapat menghindarkan efek yang ditimbulkan oleh hormon.

10. Perubahan mood ibu hamil 9 minggu cenderung tidak terkontrol

Fakta 10 - Perubahan mood ibu hamil 9 minggu cenderung tidak terkontrol
Fakta 10 - Perubahan mood ibu hamil 9 minggu cenderung tidak terkontrol

Fakta kehamilan 9 minggu yang ke-10 adalah perubahan mood ibu hamil cenderung tidak terkontrol. Secara umum, perubahan psikologis yang terjadi pada ibu hamil yang satu ini diakibatkan oleh pelepasan hormon di dalam tubuh. Nah jika kamu mengalami perasaan lebih sensitif dan merasa ingin cepat marah pada masa kehamilan 9 minggu, maka hal tersebut wajar dan normal. Meskipun demikian, sebaiknya untuk selalu mengontrol emosional supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.
Loading...
Sponsored Ad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar