Bunga

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 8 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil


A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 8 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 8 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 8 minggu atau sekitar 56 hari perkembangan janin cenderung sangat pesat dan menakjubkan. Bahkan janin usia 8 minggu sudah mengalami pertumbuhan hingga menyerupai biji kacang tanah atau setara dengan 1,6 cm.

Memang belum sempurna, namun tahukah kamu jika beberapa organ pada janin 8 minggu sudah mulai berfungsi, seperti paru-paru, otak, dan jantung. Nah berbicara mengenai kehamilan 8 minggu dan janin 8 minggu, berikut ini adalah 10 fakta mengenai perkembangan kehamilan pada usia 8 minggu dan janin 8 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Plasenta mulai berkembang

Fakta 1 - Plasenta mulai berkembang
Fakta 1 - Plasenta mulai berkembang

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-1 adalah plasenta mulai berkembang. Secara umum, plasenta atau yang sering disebut ari-ari akan mulai terhubung dengan janin pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke-7. Namun tahukah kamu jika plasenta atau ari-ari tersebut sudah mulai tumbuh dan berkembang pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke-8, dimana plasenta atau ari- ari mulai membentuk struktur korionik vili yang bertugas untuk membantu melekatkan plasenta ke dinding rahim.

Seperti yang diketahui jika salah satu tugas dari plasenta atau ari-ari adalah menghalangi mikroorganisme dan zat-zat kimia pengganggu yang berbahaya bagi janin. Karena perannya yang sangat penting bagi kelangsungan hidup janin dan selalu beriringan di dalam menjaga janin, maka plasenta kerap disebut juga sebagai kakak dari janin.

2. Wajah pada janin 8 minggu mulai terbentuk sempurna

Fakta 2 - Wajah pada janin 8 minggu mulai terbentuk sempurna
Fakta 2 - Wajah pada janin 8 minggu mulai terbentuk sempurna

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-2 adalah wajah janin mulai terbentuk sempurna. Secara umum, wajah janin sudah mulai terbentuk pada minggu ke-6 akan tetapi masih berupa bintik hitam yang terdapat pada cikal bakal kepala bayi. Namun tahukah kamu jika wajah janin tersebut mulai menunjukkan kesempurnaan saat masa kehamilan memasuki minggu ke-8.

Beberapa organ di wajah janin 8 minggu juga mulai terlihat nampak jelas, seperti hidung, mata, telingga, dan lainnya. Selain itu, kepala janin 8 minggu sudah membentuk bulat dan bagian dahi dapat terlihat dengan sangat jelas menyerupai dahi pada manusia. Bahkan lekukan dibagian hidung janin 8 minggu juga sudah terlihat sangat jelas. Hal ini menunjukan bahwa masa kehamilan 2 minggu membuktikan bahwa janin mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menakjubkan.

3. Ekor embrio pada janin 8 minggu mulai menghilang

Fakta 3 - Ekor embrio pada janin 8 minggu mulai menghilang

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-3 adalah ekor embrio janin mulai menghilang. Secara umum, saat masa kehamilan memasuki minggu ke-6 janin masih berupa berudu yang berekor, namun tahukah kamu jika ekor pada janin tersebut akan mulai menghilang saat masa kehamilan memasuki 8 minggu.

Bagian ekor tersebut sebenarnya merupakan cikal bakal dari tulang belakang calon bayi nantinya, dimana dengan menghilangnya bagian ekor tersebut membuktikan bahwa janin 8 minggu mengalami pertumbuhan yang sempurna dikarenakan organ organ dan bagian tubuh yang lainnya akan terus berkembang dengan baik.

4. Kaki pada janin 8 minggu semakin memanjang

Fakta 4 - Kaki pada janin 8 minggu semakin memanjang
Fakta 4 - Kaki pada janin 8 minggu semakin memanjang

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-4 adalah kaki janin semakin memanjang. Secara umum, perkembangan janin 8 minggu cenderung sangat pesat dan menakjubkan. Begitupun dengan ukurannya, dimana seiring bertambahnya minggu-minggu masa kehamilan, janin akan mengalami pertumbuhan tinggi. Hal tersebut terlihat pada bagian kakinya, dimana janin 8 minggu bagian kakinya akan terus memanjang sehingga meningkatkan berat dan juga tinggi pada janin.

Selain itu, beberapa tulang rawan pada janin 8 minggu juga mulai tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Oleh sebab itu, saat masa kehamilan memasuki usia 8 minggu calon ibu dituntut untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium demi mendukunganya tumbuh kembang tulang pada janin.

5. Janin 8 minggu mulai terjadi pergerakan

Fakta 5 - Janin 8 minggu mulai terjadi pergerakan
Fakta 5 - Janin 8 minggu mulai terjadi pergerakan

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-5 adalah mulai terjadi pergerakan pada janin. Tahukah kamu ketika masa kehamilan memasuki minggu ke-8 janin sudah mengalami pergerakan, dimana pergerakan pada janin 8 minggu tersebut bahkan dapat terjadi sampai 60 kali per jam.

Meskipun demikian, pergerakan pada janin 8 minggu tersebut belum dapat dirasakan oleh calon ibu dikarenakan pergerakannya tergolong belum stabil dan sangat perlahan. Selain itu, janin 8 minggu masih tergolong terlalu lemah, sehingga pergerakannya masih belum bisa dirasakan oleh ibu hamil.

6. Lutut pada janin 8 minggu sudah mulai tumbuh

Fakta 6 - Lutut pada janin 8 minggu sudah mulai tumbuh
Fakta 6 - Lutut pada janin 8 minggu sudah mulai tumbuh

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-6 adalah lutut janin sudah mulai tumbuh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dimana saat masa kehamilan memasuki usia 8 minggu janin akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, terutama ukuran kakinya. Namun tahukah kamu jika lutut kaki pada janin tersebut akan mulai tumbuh dan membesar ketika masa kehamilan memasuki minggu ke-8.

Tidak hanya itu saja, siku di lengan dan pergelangan tangan pada janin 8 minggu juga mulai dapat dilenturkan. Bahkan terkadang, janin 8 minggu juga sudah mulai dapat melakukan pergerakan untuk melenturkan, seperti melenturkan siku, pergelangan tangan, dan lututnya secara perlahan. Sungguh menakjubkan bukan? Hal ini menandakan bahwa janin di dalam rahim tidak lama lagi akan menjadi sangat aktif.

7. Sel-sel syaraf dalam otak janin 8 minggu mulai aktif

Fakta 7 - Sel-sel syaraf dalam otak janin 8 minggu mulai aktif
Fakta 7 - Sel-sel syaraf dalam otak janin 8 minggu mulai aktif

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-7 adalah sel-sel syaraf dalam otak janin mulai aktif. Secara umum, otak janin di dalam rahim sudah mulai tumbuh pada minggu ke-6, namun tahukah kamu jika otak pada janin tersebut akan mulai berfungsi saat masa kehamilan calon ibu memasuki minggu ke-8, dimana sel-sel syaraf otak akan mulai bercabang dan saling terhubung satu sama lain, sehingga akan membentuk sebuah jalur syaraf primitif.

Meskipun sel-sel syaraf dalam otak janin mulai aktif, namun jalur syarafnya masih sangat sederhana, sehingga hanya beberapa kerja otak sajalah yang mulai berfungsi, seperti berfungsi untuk menggerakkan organ tubuh seperti jantung dan paru-paru. Namun jangan khawatir, syaraf otak pada janin tersebut akan saling berhubungan dan semakin kompleks seiring dengan bertambahnya umur janin.

8. Perubahan fisik pada ibu hamil 8 minggu semakin terlihat

Fakta 8 - Perubahan fisik pada ibu hamil 8 minggu semakin terlihat
Fakta 8 - Perubahan fisik pada ibu hamil 8 minggu semakin terlihat

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil semakin terlihat perubahan fisiknya. Tidak hanya janin yang mengalami perubahan, calon ibu yang hamil 8 minggu juga akan mengalami perubahan, terutama dalam hal perubahan fisik dibagian perut dan perubahan berat badan.

Tahukah kamu, pada saat kehamilan memasuki usia 8 minggu berat ibu hamil akan meningkat sekitar 1,3 sampai 1,8 kilogram. Bahkan volume darah pada ibu hamil juga akan meningkat sekitar 40%-50% dari biasanya. Hal ini umumnya berguna untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam rahim calon ibu.

9. Perubahan mood ibu hamil 8 minggu cenderung tidak terkontrol

Fakta 9 - Perubahan mood ibu hamil 8 minggu cenderung tidak terkontrol
Fakta 9 - Perubahan mood ibu hamil 8 minggu cenderung tidak terkontrol

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-9 adalah perubahan mood ibu hamil cenderung tidak terkontrol. Sama seperti mingu-minggu sebelumnya, ibu yang hamil 8 minggu juga masih sering mengalami rasa emosional dan cepat naik darah dengan kesalahan-kesalahan yang sepele. Secara umum, hal ini wajar saja dikarenakan janin yang ada di dalam kandungan mulai berkembang dan calon ibu juga belum terbiasa dengan keadaan tersebut.

Belum lagi dikarenakan pelepasan beberapa hormon saat masa kehamilan, seperti hormon progesteron, estrogen, dan hCG (hormon penanda kehamilan), dimana hormon tersebut akan berdampak pada perubahan psikologis dan juga perubahan fisik calon ibu. Meskipun hal tersebut normal dan wajar, sebaiknya untuk selalu mengontrol emosional supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

10. Janin 8 minggu sangat membutuhkan asupan makanan bergizi

Fakta 10 - Janin 8 minggu sangat membutuhkan asupan makanan bergizi
Fakta 10 - Janin 8 minggu sangat membutuhkan asupan makanan bergizi

Fakta kehamilan 8 minggu yang ke-10 adalah janin sangat membutuhkan asupan makanan bergizi. Tahukah kamu, jika pada masa kehamilan 8 minggu janin sangat membutuhkan asupan makanan yang bergizi guna mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh sebab itulah, calon ibu dituntut untuk memperhatikan asupan makanannya.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, asam folat, dan zat besi. Selain itu, hidarilah makanan pedas dan terlalu asam, hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu perumbuhan janin. Seperti yang diketahui jika apa yang dimakan oleh ibu hamil juga akan terserap oleh janin di dalam rahim.
Loading...
Sponsored Ad
Halaman :