10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 7 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil - XASXUS.com

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 7 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 7 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 7 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 7 minggu atau sekitar 49 hari perkembangan janin cenderung sangat pesat dan menakjubkan. Nah pada usia 7 minggu inilah calon ibu dituntut untuk mempersiapkan beberapa hal untuk kepentingan perkembangan dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Seperti yang diketahui jika janin yang masih berusia 7 bulan cenderung sangat sensitif dan rentan terhadap keguguran, sehingga calon ibu dituntut untuk benar-benar paham dan mengerti apa saja yang harus anda lakukan, seperti tetap menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang prima dan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi.

Nah berbicara mengenai kehamilan 7 minggu dan janin 7 minggu, berikut ini adalah 10 fakta mengenai perkembangan kehamilan pada usia 7 minggu dan janin 7 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Lengan dan kaki pada janin 7 minggu sudah mulai terbentuk

Fakta 1 - Lengan dan kaki pada janin 7 minggu sudah mulai terbentuk
Fakta 1 - Lengan dan kaki pada janin 7 minggu sudah mulai terbentuk

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-1 adalah lengan dan kaki janin mulai terbentuk. Secara umum, pertumbuhan dan perkembangan janin usia 7 minggu sangatlah pesat, dimana banyak sekali dari organ tubuh pada janin mulai terbentuk. Meskipun janin usia 7 minggu masih berukuran sangat kecil, namun tahukah kamu jika lengan dan kaki pada janin usia 7 minggu sudah mulai tumbuh sekitar 1,25 cm.

Bahkan terkadang janin usia 7 minggu bergerak namun belum stabil pergerakannya. Pergerakan tersebut pada umumnya menandakan bahwa janin 7 minggu tersebut sedang mengalami pertumbuhan. Meskipun demikian, hal tersebut bukan berarti menandakan bahwa janin usia 7 minggu sudah bisa bergerak.

2. Sistem pencernaan pada janin 7 minggu mulai terbentuk

Fakta 2 - Sistem pencernaan pada janin 7 minggu mulai terbentuk
Fakta 2 - Sistem pencernaan pada janin 7 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-2 adalah sistem pencernaan janin mulai terbentuk. Pada usia 7 minggu biasanya janin sudah mengalami pertumbuhan organ, seperti ginjal, hati, jantung, paru-paru, dan otak. Namun tahukah kamu saat usia janin memasuki 7 minggu, sistem pencernaannya akan mulai terbentuk.

Meskipun demikian, sistem pencernaan pada janin 7 minggu masih tergolong kecil dan masih terlihat secara transparan. Nah pada usia 7 minggu inilah calon ibu dituntun untuk mengonsumsi asupan makanan yang mendukung perkembangan tubuh janin, seperti hati ayam, telur, ikan, dan makanan protein lainnya.

3. Organ hati pada janin 7 minggu mulai berfungsi

Fakta 3 - Organ hati pada janin 7 minggu mulai berfungsi
Fakta 3 - Organ hati pada janin 7 minggu mulai berfungsi

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-3 adalah organ hati janin mulai berfungsi. Meskipun pada usia 7 minggu janin sudah mempunyai organ hati, namun tahukah kamu jika organ hati tersebut baru akan berfungsi ketika janin baru memasuki usia 7 minggu, dimana fungsi hati pada janin tersebut akan mulai bekerja memompa sel darah merah.

Secara umum, sel darah merah yang dipompa oleh organ hati tersebut akan mengalir dengan jumlah yang sangat besar hingga terbentuk sumsum tulang belakang yang nantinya akan difungsikan sebagai organ vital kedua setelah otak. Selain itu, banyaknya sel darah merah yang dipompa oleh organ hati tersebut juga akan berfungsi untuk beberapa pertumbuhan pada tubuh janin itu sendiri.

4. Alat kelamin pada janin 7 minggu mulai terbentuk

Fakta 4 - Alat kelamin pada janin 7 minggu mulai terbentuk
Fakta 4 - Alat kelamin pada janin 7 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-4 adalah alat kelamin janin mulai terbentuk. Tidak hanya sistem pencernaan saja yang mulai terbentuk, alat kelamin pada janin 7 minggu juga mulai terbentuk. Bahkan pertumbuhan alat kelamin pada janin 7 minggu cenderung sangat cepat disetiap detiknya hingga sempurna.

Meskipun demikian, alat kelamin pada janin 7 minggu belum bisa dilihat secara jelas dengan menggunakan USG dikarenakan ukurannya yang masih kecil. Nah jadi bagi calon ibu yang masih penasaran apa jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan, ada baiknya bersabar. Sebab jenis kelamin pada janin hanya akan bisa dilihat ketika usia janin sudah memasuki usia 5 bulan.

5. Kepala pada janin 7 minggu sudah mulai terlihat jelas menunduk

Fakta 5 - Kepala pada janin 7 minggu sudah mulai terlihat jelas menunduk
Fakta 5 - Kepala pada janin 7 minggu sudah mulai terlihat jelas menunduk

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-5 adalah kepala janin mulai terlihat sangat jelas menunduk. Tahukah kamu jika kepala janin yang sudah memasuki usia 7 minggu ternyata mulai tampak sangat jelas menunduk dan terlihat berada di dalam cairan yang disebut air ketuban yang berfungsi untuk membantu masa pertumbuhan janin dalam kandungan.

Tidak hanya kepalanya saja yang mulai terlihat sangat jelas, bentuk mata, lubang hidung, dan telinga pada janin 7 minggu dibagian kepala juga sudah mulai terlihat sangat jelas bentuknya. Selain itu, kulit pada janin 7 minggu juga masih terlihat sangat tipis dan transparan, sehingga organ yang ada di dalamnya masih terlihat jelas dari luar.

6. Janin 7 minggu mulai terhubung dengan plasenta

Fakta 6 - Janin 7 minggu mulai terhubung dengan plasenta
Fakta 6 - Janin 7 minggu mulai terhubung dengan plasenta

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-6 adalah janin mulai terhubung dengan plasenta. Secara umum, janin yang sudah memasuki usia 7 minggu akan mulai terhubung dengan plasenta atau yang biasa disebut ari-ari. Plasenta sendiri merupakan sekumpulan jaringan yang terbentuk menjadi satu dan berperan penting dalam kelangsungan hidup janin.

Seperti yang diketahui jika salah satu tugas dari plasenta atau ari-ari adalah menghalangi mikroorganisme dan zat-zat kimia pengganggu yang berbahaya bagi janin. Karena perannya yang sangat penting bagi kelangsungan hidup janin dan selalu beriringan di dalam menjaga janin, maka plasenta kerap disebut juga sebagai kakak dari janin.

7. Rahim pada ibu hamil 7 minggu mulai berkembang

Fakta 7 - Rahim pada ibu hamil 7 minggu mulai berkembang
Fakta 7 - Rahim pada ibu hamil 7 minggu mulai berkembang

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-7 adalah rahim ibu hamil mulai berkembang. Tidak hanya janin yang mulai mengalami perubahan, ibu yang mengandung janin juga akan mulai mengalami perubahan. Tahukah kamu jika rahim pada ibu yang hamil 7 minggu akan mulai berkembang sebesar buah melon, sehingga mengakibatkan perubahan fisik dibagian perut ibu hamil.

Secara umum, perkembangan rahim tersebut nantinya berfungsi untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang akan tumbuh semakin cepat dan pesat. Bahkan terkadang, pembesaran rahim yang dialami oleh calon ibu akan menimbulkan rasa yang tidak mengenakan, seperti mudah lelah dan lesu.

8. Ibu hamil 7 minggu perlu banyak istirahat

Fakta 8 - Ibu hamil 7 minggu perlu banyak istirahat
Fakta 8 - Ibu hamil 7 minggu perlu banyak istirahat

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil perlu banyak istirahat. Masih berkaitan dengan point sebelumnya, dimana ibu yang hamil usia 7 minggu cenderung akan mengalami rasa tidak mengenakan dan mengganggu aktivitas, seperti mudah lelah, lesu, mual-mual, dan muntah-muntah.

Maka dari itu, ibu yang hamil 7 minggu ada baiknya untuk banyak istirahat serta tidak melakukan pekerjaan yang berat, dan yang paling penting adalah jangan sampai stres. Jagalah kondisi tubuh sebisa mungkin dan perbanyak melakukan hal positif di waktu luang guna menjaga mood supaya tetap stabil dan tidak stres.

9. Ibu hamil 7 minggu masih sering emosional

Fakta 9 - Ibu hamil 7 minggu masih sering emosional
Fakta 9 - Ibu hamil 7 minggu masih sering emosional

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil masih sering emosional. Sama pada kehamilan 6 minggu, ibu yang hamil 7 minggu juga masih sering mengalami rasa emosional dan cepat naik darah dengan kesalaha-kesalahan yang sepele. Secara umum, hal ini wajar saja dikarenakan janin yang ada di dalam kandungan mulai berkembang dan calon ibu juga belum terbiasa dengan keadaan tersebut.

Belum lagi dikarenakan pelepasan beberapa hormon saat masa kehamilan, seperti hormon progesteron, estrogen, dan hCG (hormon penanda kehamilan), dimana hormon tersebut akan berdampak pada perubahan psikologis dan juga perubahan fisik calon ibu. Meskipun hal tersebut normal dan wajar, sebaiknya untuk selalu mengontrol emosional supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

10. Ibu hamil 7 minggu harus berhati-hati dengan mual atau pendarahan berlebihan

Fakta 10 - Ibu hamil 7 minggu harus berhati-hati dengan mual atau pendarahan berlebihan
Fakta 10 - Ibu hamil 7 minggu harus berhati-hati dengan mual atau pendarahan berlebihan

Fakta kehamilan 7 minggu yang ke-10 adalah harus berhati-hati dengan mual atau pendarahan berlebihan. Dalam beberapa kasus, calon ibu yang hamil 7 minggu juga akan mengalami rasa yang sangat mengganggu, seperti mual dan bahkan mengalami pendarahan. Namun apabila rasa mual dan pendarahan yang dialami tersebut sangat berlebihan, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter supaya diberi resep yang dapat mengurangi rasa mual dan juga pendarahan.
Loading...
Sponsored Ad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar