10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 6 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil - XASXUS.com

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 6 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 6 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 6 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 6 minggu atau sekitar 42 hari, perkembangan janin 6 minggu cenderung sangat pesat dan menakjubkan. Nah pada usia 6 minggu ini calon ibu diharuskan berhati-hati di dalam menjaga kesehatan dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Seperti yang diketahui jika janin yang belum menginjak umur 5 bulan cenderung sangat sensitif dan rentan terhadap keguguran. Selain itu, untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan calon ibu juga harus mengkosumsi makanan dan menjaga agar mood anda tetap stabil.

Nah berbicara mengenai kehamilan 6 minggu dan janin 6 minggu, berikut ini adalah 10 fakta mengenai perkembangan kehamilan pada usia 6 minggu dan janin 6 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Jantung pada janin 6 minggu mulai berdetak

Fakta 1 - Jantung pada janin 6 minggu mulai berdetak
Fakta 1 - Jantung pada janin 6 minggu mulai berdetak

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-1 adalah jantung janin mulai berdetak. Secara umum, janin usia 6 minggu sudah mempunyai ukuran sebesar biji kacang atau mempunyai panjang sekitar 3 mm. Meskipun janin masih berukuran sangat kecil, namun tahukah kamu jika jantung pada janin usia 6 minggu sudah mulai berdetak sampai 150 detak permenitnya. Bahkan terkadang janin usia 6 minggu akan berdetak lebih keras dua kali lipat dari detak jantung orang dewasa.

2. Wajah pada janin 6 minggu mulai terbentuk

Fakta 2 - Wajah pada janin 6 minggu mulai terbentuk
Fakta 2 - Wajah pada janin 6 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-2 adalah wajah janin mulai terbentuk. Tahukah kamu jika janin setiap waktu mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Bahkan pada minggu keenam masa kehamilannya saja janin sudah mulai memperlihatkan perkembangan dan pertumbuhan organ yang sangat signifikan, terutama pada bagian wajahnya.

Meskipun demikian, wajah pada janin usia 6 minggu hanya terlihat seperti bintik hitam yang terdapat pada cikal bakal kepala bayi, dimana bintik hitam tersebut nantinya akan berkembang dan menjadi mata. Tidak hanya itu saja, lekukan-lekukan pada bagian wajah juga sudah mulai terlihat pada usia 6 minggu, seperti telinga disisi kanan dan kiri, hidung, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, lekukan-lekukan tersebut sulit untuk terlihat dengan jelas.

3. Janin 6 minggu berbentuk seperti bulan sabit

Fakta 3 - Janin 6 minggu berbentuk seperti bulan sabit
Fakta 3 - Janin 6 minggu berbentuk seperti bulan sabit

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-3 adalah janin berbentuk seperti bulan sabit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika janin setiap waktu mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Bahkan pada minggu keenam masa kehamilannya saja janin sudah mulai memperlihatkan perkembangan dan pertumbuhan organ yang sangat signifikan, salah satunya perubahan dalam hal bentuknya.

Secara umum, janin 6 minggu mempunyai bentuk yang menyerupai bulan sabit atau menyerupai berudu yang mempunyai ekor dibagian belakangnya, dimana bagian kepalanya cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan badannya. Meskipun masih berukuran kecil dan belum sempurna, tahukah kamu jika pada usia 6 minggu inilah sangat menentukan pertumbuhan bayi kedepannya.

4. Otak pada janin 6 minggu mulai tumbuh

Fakta 4 - Otak pada janin 6 minggu mulai tumbuh
Fakta 4 - Otak pada janin 6 minggu mulai tumbuh

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-4 adalah otak janin mulai tumbuh. Tidak hanya wajah dan bentuknya saja yang mengalami pertumbuhan, otak pada janin usia 6 minggu juga mengalami perkembangan yang sangat siginifikan, dimana pada usia 6 minggu inilah otak pada janin mulai terbentuk.

Jika kamu dapat melihat perkembangan embrio dalam rahim, umumnya akan terlihat sangat jelas perkembangan otak janin secara transparan dikarenakan kulit janin pada umur 6 minggu ini masih transparan dan tipis. Dalam perkembangannya, sistem-sistem syaraf pada janin dibagian otak ini akan mulai tersusun dan tumbuh disetiap waktunya.

5. Organ tubuh utama pada janin 6 minggu mulai berkembang

Fakta 5 - Organ tubuh utama pada janin 6 minggu mulai berkembang
Fakta 5 - Organ tubuh utama pada janin 6 minggu mulai berkembang

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-5 adalah organ tubuh utama pada janin mulai berkembang. Selain otak, organ-organ dalam tubuh janin berusia 6 minggu juga akan mulai terbentuk, seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, sampai sistem-sistem syaraf pada tubuh. Meskipun demikian, organ-organ dalam tubuh janin tersebut belum berfungsi sebagaimana mestinya dan masih berupa jaringan yang belum sempurna. Akan tetapi, perkembangan organ-organ dalam tubuh janin tersebut tergolong cepat dan akan berfungsi sebagaimana mestinya.

6. Ibu hamil 6 minggu akan mengalami perubahan fisik

Fakta 6 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami perubahan fisik
Fakta 6 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami perubahan fisik

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-6 adalah ibu hamil akan mengalami perubahan fisik. Tidak hanya janin, calon ibu yang hamil 6 minggu juga mengalami perubahan, terutama dalam hal perubahan fisik dibagian perut. Meskipun demikian, perubahan tersebut tidak terlalu signifikan karena perkembangan rahim dan janin masih berukuran kecil, sehingga perubahan fisik pada perut ibu hamil belum terlihat sangat jelas.

7. Ibu hamil 6 minggu akan mengalami peningkatan hormon

Fakta 7 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami peningkatan hormon
Fakta 7 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami peningkatan hormon

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-7 adalah ibu hamil akan mengalami peningkatan hormon. Tahukah kamu, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim akan memberi dampak pada hormon di dalam tubuh ibu hamil, dimana hormon pada ibu yang hamil 6 minggu cenderung akan meningkat, seperti hormon progesteron, estrogen, dan hCG (hormon penanda kehamilan).

Selain itu, hormon pemicu perkembangan janin di dalam rahim juga akan mulai muncul, yaitu hormon HPL (human placental lactogen). Meskipun demikian, pelepasan pada beberapa hormon tersebut umumnya akan memberikan efek yang berbeda pada setiap individu.

8. Ibu hamil 6 minggu akan lebih sensitif

Fakta 8 - Ibu hamil 6 minggu akan lebih sensitif
Fakta 8 - Ibu hamil 6 minggu akan lebih sensitif

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil cenderung akan lebih sensitif. Secara umum, perubahan psikologis yang terjadi pada ibu hamil yang satu ini diakibatkan oleh pelepasan hormon di dalam tubuh. Nah jika kamu mengalami perasaan lebih sensitif dan merasa ingin cepat marah pada masa kehamilan 6 minggu, maka hal tersebut wajar dan normal. Meskipun demikian, sebaiknya untuk selalu mengontrol emosional supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

9. Ibu hamil 6 minggu akan mengalami mual-mual

Fakta 9 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami mual-mual
Fakta 9 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami mual-mual

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil akan mengalami mual-mual. Sama seperti point sebelumnya, rasa mual-mual yang dialami oleh ibu hamil umumnya diakibatkan oleh perubahan hormon dan juga perkembangan janin di dalam kandungan. Secara umum, perkembangan janin dalam kandungan juga akan menambah masa dalam rahim calon ibu sehingga membuat tubuh tidak terbiasa dan menyebabkan rasa mual. Uniknya, rasa mual tersebut umumnya akan terjadi dipagi hari atau yang kerap disebut dengan morning sickness. Meskipun demikian, ada juga yang mengalami mual-mual disiang ataupun disore hari.

10. Ibu hamil 6 minggu akan mengalami munculnya flek atau pendarahan

Fakta 10 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami munculnya flek atau pendarahan
Fakta 10 - Ibu hamil 6 minggu akan mengalami munculnya flek atau pendarahan

Fakta kehamilan 6 minggu yang ke-10 adalah ibu hamil akan mengalami munculnya flek atau pendarahan. Dalam beberapa kasus, 40% wanita hamin yang sudah memasuki usia 6 minggu pertama akan mendapatkan flek dan pendarahan di area kewanitaan. Meskipun hal tersebut merupakan salah satu gejala umum dari kehamilan di bulan-bulan pertama, namun sebagian wanita menganggapnya sebagai siklus menstruasi.

Nah jika kamu salah satu diantaranya yang mengalami, maka hal tersebut normal. Flek atau pendarahan tersebut biasanya tidak akan muncul terlalu banyak dan tidak akan terlalu sering. Namun jika pendarahan flek atau pendarahan tersebut cukup banyak dan mengganggu, maka segera konsultasikan kepada dokter.
Loading...
Sponsored Ad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar