10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 5 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu jika pada saat kehamilan memasuki usia 5 minggu banyak dari calon ibu yang belum menyadari bahwa dirinya tengah hamil. Bahkan beberapa diantaranya masih belum menyadari gejala-gejala kehamilan. Meskipun demikian, beberapa diantaranya sudah mengalami gejala awal kehamilan, seperti terlambat datang bulan, mudah lelah, dan morning sickness.

Meskipun terlihat sepele, mengetahui kehamilannya sedini mungkin sebenarnya sangat penting supaya kesehatan dan nutrisi janin dapat lebih terjaga. Nah berbicara mengenai kehamilan 5 minggu dan janin 5 minggu, berikut ini adalah 10 fakta mengenai perkembangan kehamilan pada usia 5 minggu dan janin 5 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Janin 5 minggu berukuran sebesar biji wijen

Fakta 1 - Janin 5 minggu berukuran sebesar biji wijen

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-1 adalah janin berukuran sebesar biji wijen. Secara umum, janin usia 5 minggu sudah mempunyai ukuran sebesar biji wijen atau mempunyai panjang sekitar 0,3 cm, dimana janin dalam kandungan berupa titik kecil dengan bentuknya yang menyerupai kecebong dan terdiri dari 3 lapisan, yaitu ektodermis, mesodermis, dan endodermis. Lapisan-lapisan tersebut pada umumnya akan berkembang dengan pesat disetiap minggunya sampai menjadi jaringan dan organ.

18 Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan

2. Jantung janin 5 minggu mulai terbentuk

Fakta 2 - Jantung janin 5 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-2 adalah jantung pada janin mulai terbentuk. Pada minggu kelima masa kehamilan jantung biasanya akan mulai terbentuk, dimana sistem pembuluh dan sirkulasi darah akan mulai terbentuk pada minggu ini. Selain itu, janin usia 5 minggu juga akan mempunyai tali pembuluh darah yang menghubungkan antara calon ibu dengan tubuh janin. Pada perkembangannya, tali pembuluh darah ini akan berkembang dan kemudian berubah menjadi tali pusat bayi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 6 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Ibu yang hamil 5 minggu mengalami gejala kehamilan terlambat datang bulan

Fakta 3 - Ibu yang hamil 5 minggu mengalami gejala kehamilan terlambat datang bulan

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-3 adalah ibu hamil akan mengalami salah satu gejala kehamilan. Pada masa kehamilan, banyak dari calon ibu yang mulai menyadari bahwa dirinya tengah hamil pada minggu ke-5 dikarenakan mengalami salah satu gejala hamil, yaitu terlambatnya datang bulan.

Nah apabila kalian mengalami gejala terlambatnya datang bulan, ada baiknya untuk segera melakukan test kehamilan dengan cara menggunakan testpack setidaknya 3 kali supaya hasil yang didapatkan lebih akurat. Jika hasil yang didapatkan menandakan positif hamil, maka sebaiknya segera lakukan konsultasi pada dokter atau bidan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 7 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Ibu yang hamil 5 minggu mengalami mual dan muntah

Fakta 4 - Ibu yang hamil 5 minggu mengalami mual dan muntah

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-4 adalah ibu hamil akan sering mengalami mual dan muntah. Fakta yang satu ini pada umum akan dialami semua calon ibu pada trimester awal kehamilan dan akan mereda dengan sendirinya setelah usia kehamilan mulain menginjak 3-4 bulan. Meskipun hal ini cukup menggangu bagi sebagian wanita dikerenakan mengganggu aktivitas, namun hal ini wajar dan normal. Namun jika gelaja tersebut sangat mengganggu, ada baiknya untuk konsultasikan ke dokter.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 8 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu yang hamil 5 minggu juga akan mengidam dan tidak suka makanan tertentu

Fakta 5 - Ibu yang hamil 5 minggu juga akan mengidam dan tidak suka makanan tertentu

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-5 adalah ngidam atau tidak suka makanan tertentu. Tidak hanya mengalami mual dan muntah, pada masa hamil 5 minggu calon ibu terkadang juga akan mengalami yang namanya ngidam atau menginginkan makanan tertentu. Bahkan fakta ini juga akan dibarengi dengan indera penciuman yang semakin tanjam sehingga menyebabkan calon ibu tidak suka pada makanan-makanan tertentu dan berbau menyengat, misalnya bau buah durian. Hal ini pada umumnya wajar dan normal dikarenakan adanya perubahan hormon pada wanita hamil.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Janin 5 minggu membutuhkan nutrisi makanan

Fakta 6 - Janin 5 minggu membutuhkan nutrisi makanan

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-6 adalah janin membutuhkan nutrisi makanan. Tahukah kamu jika janin usia 5 minggu sangat membutuhkan nutrisi makanan yang berguna bagi perkembangan janin. Meskipun pada kehamilan 5 minggu ini calon ibu akan mengalami mual dan muntah yang bisa mengganggu selera makan, namun ada baiknya nutrisi untuk janin tetap terjaga. Secara umum, wanita hamil memerlukan 300 kalori ekstra setiap hari untuk kesehatan janin, sehingga untuk mengatasinya perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, asam folat, dan zat besi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 10 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Ibu yang hamil 5 minggu sebaiknya stop merokok

Fakta 7 - Ibu yang hamil 5 minggu sebaiknya stop merokok

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-7 adalah si ibu hamil harus menghilangkan kebiasaan merokok. Tahukah kamu jika sebagian dari wanita masih banyak yang merokok. Bahkan menurut data kementerian kesehatan Indonesa, setiap tahunnya wanita perokok justru semakin meningkat.

Nah jika kalian termasuk diantaranya, sebaiknya hilangkan kebiasaan merokok. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan berbagai macam resiko buruk bagi perkembangan janin, seperti kelainan plasenta, kelahiran prematur, dan keguguran. Bahkan menurut beberapa penelitian, bibir sumbing pada bayi ada kaitannya dengan ibu yang merokok.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 11 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Tidak hanya rokok, ibu yang hamil 5 minggu juga harus menghindari minuman beralkohol

Fakta 8 - Tidak hanya rokok, ibu yang hamil 5 minggu juga harus menghindari minuman beralkohol

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-8 adalah si ibu hamil juga harus menghilangkan kebiasaan minuman beralkohol. Seperti yang diketahui jika kebiasaan minuman beralkohol juga dapat menimbulkan berbagai macam hal buruk, salah satunya bagi perkembangan janin. Tahukah kamu jika janin 5 minggu cenderung sangat rentan dalam hal apapun, termasuk dengan minuman beralkohol.

Terdapat beberapa resiko yang diakibatkan jika calon minum-minuman beralkohol pada saat hamil, seperti bayi kekurangan berat badan, meningkatkan resiko bayi terlahir dengan kesulitan berbicara, kesulitan belajar, kesulitan memfokuskan perhatian, dan bisa juga menyebabkan anak hiperaktif.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 12 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Jadwalkan konsultasi dengan dokter atau bidan

Fakta 9 - Jadwalkan konsultasi dengan dokter atau bidan

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-9 adalah si ibu hamil mulai menjadwalkan konsultasi dengan dokter atau bidan. Seperti yang diketahui sebelumnya, jika pada masa kehamilan banyak dari calon ibu yang mulai menyadari bahwa dirinya tengah hamil pada minggu ke-5 dikarenakan mengalami salah satu gejala hamil.

Nah pada saat hamil usia 5 minggu ini ada baiknya untuk segera konsultasikan kehamilan dengan dokter maupun bidan untuk menentukan hari perkiraan kelahiran bayi (HPL). Selain itu, dokter juga akan memantau berat badan dan tekanan darah ibu hamil. Lakukan konsultasi pada dokter maupun bidah setiap bulannya dan konsultasikan apa saja yang dikeluhankan supaya diberikan penanganan yang tepat oleh dokter maupun bidan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 13 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Janin 5 minggu membutuhkan asupan vitamin

Fakta 10 - Janin 5 minggu membutuhkan asupan vitamin

Fakta kehamilan 5 minggu yang ke-10 adalah janin membutuhkan asupan vitamin. Tahukah kamu jika janin 5 minggu sangat membutuhkan asupan vitamin untuk menunjang pertumbuhan janin. Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya calon itu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung multivitamin, asam folat, dan mineral.

Selain itu, saat konsultasi dengan dokter biasanya ibu hamil akan diberi resep vitamin untuk 1 bulan ke depan. Namun jika ingin mengkonsumsi vitamin sendiri, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya vitamin yang dikonsumsi tidak over dosis dan berakibat fatal.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 14 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3