10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Advertisment

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 33 minggu atau sekitar 231 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada perkembangan janin.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 33 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 33 minggu dan janin 33 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Ukuran janin 33 minggu semakin berkembang

Fakta 1 - Ukuran janin 33 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-1 adalah ukuran janin semakin berkembang. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, dimana pada tahap ini janin 33 minggu sudah berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 33 minggu?

Secara umum, janin 33 minggu sudah berukuran panjang sekitar 41-44 cm dengan beratnya sekitar 2 kg. Meskipun demikian, ukuran janin 33 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Organ internal janin 33 minggu sudah terbentuk

Fakta 2 - Organ internal janin 33 minggu sudah terbentuk

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-2 adalah organ internal janin sudah terbentuk. Selain mengalami perubahan dalam hal ukuran, janin 33 minggu juga mengalami perubahan pada bagian organ internalnya, dimana pada tahap ini organ internal janin seperti hati dan jantung sudah terbentuk dengan sempurna.

Bahkan pada fase ini, organ internal janin 33 minggu juga sudah bisa bekerja dengan baik dan siap digunakan oleh janin. Organ internal lainnya seperti paru-paru pun juga sudah terbentuk pada fase ini meskipun belum terlalu sempurna. Apabila pada tahap ini terjadi kelahiran, maka harapan hidup bayi pun tergolong sudah cukup tinggi dikarenakan organ-organ internalnya sudah dapat mendukung kehidupan bayi di dunia luar.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Kepala janin 33 minggu menghadap ke bawah

Fakta 3 - Kepala janin 33 minggu menghadap ke bawah

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-3 adalah kepala janin sudah menghadap ke bawah. Tidak hanya ukuran dan organ internalnya saja yang mengalami perubahan, posisi janin di dalam rahim pun juga mengalami perubahan dan sudah menghadap ke bagian bawah rahim.

Secara umum, hal tersebut normal dan memang seharusnya sudah berada di bagian bawah rahim guna mempersiapkan minggu-minggu kelahiran. Meskipun demikian, ada juga janin 33 minggu yang masih berubah-ubah posisi kepalanya dan belum menghadap ke bawah. Namun jangan khawatir, sebab proses ini masih membutuhkan waktu dan tentunya janin masih aktif bergerak.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Perkembangan otak janin 33 minggu mencapai puncaknya

Fakta 4 - Perkembangan otak janin 33 minggu mencapai puncaknya

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-4 adalah perkembangan otak janin sudah mencapai puncaknya. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 33 minggu, otak janin di dalam rahim ternyata sudah mencapai puncaknya dan saraf-sarafnya sudah terbentuk dengan sempurna. Oleh sebab itulah, pada fase ini ibu hamil 33 minggu dituntut untuk lebih banyak memberikan stimulasi kepada janin supaya perkembangan otaknya semakin pesat. Bahkan pada tahap ini, ukuran kepala janin sudah meningkat 1,3 cm hanya diminggu ini saja, menakjubkan bukan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Tulang janin 33 minggu semakin mengeras

Fakta 5 - Tulang janin 33 minggu semakin mengeras

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-5 adalah tulang janin semakin mengeras. Selain bagian otaknya yang mengalami perubahan, tulang janin di dalam rahim pun juga sudah semakin mengeras dan sehat. Walaupun begitu, bagian tengkorak kepala janin masih belum menyatu dan masih bersifat lentur.

Namun jangan khawatir, sebab hal tersebut wajar dan normal dikarenakan untuk memudahkan janin keluar melalui jalan lahir ketika proses kelahiran nantinya. Oleh sebab itu, ibu hamil 33 minggu sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan kalsium dan fosfor supaya tulang janin bisa tumbuh dengan baik.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Terdapat lemak di bawah kulit janin 33 minggu

Fakta 6 - Terdapat lemak di bawah kulit janin 33 minggu

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-6 adalah terdapat lemak di bawah kulit janin. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 33 minggu, dibawah kulit janin ternyata sudah terdapat lemak yang nantinya bisa diolah menjadi energi. Bahkan adanya lemak dibawah kulit tersebut justru akan membuat kulit janin lebih mulus dan halus.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 38 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Indera janin 33 minggu sudah berfungsi

Fakta 7 - Indera janin 33 minggu sudah berfungsi

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-7 adalah indera janin sudah berfungsi. Secara umum, indera janin 33 minggu sudah dapat berfungsi dengan baik pada fase ini. Bahkan janin 33 minggu juga sudah dapat merasakan beberapa hal di dalam rahim, seperti merasakan gerakan jari-jarinya sendiri, mengecap rasa air ketuban, mendengarkan detak jantung sang ibu, ataupun mendengarkan suara-suara dari dunia luar. Oleh sebab itulah, ibu hamil pada tahap ini sangat disarankan untuk selalu mengajak janin berinteraksi, entah itu memperdengarkan musik yang merangsang perkembangan otak, mengajak janin berbicara, atau membacakan buku.

15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat

8. Waktu yang tepat untuk melakukan senam hamil

Fakta 8 - Waktu yang tepat untuk melakukan senam hamil

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-8 adalah waktu yang tepat untuk melakukan senam hamil. Apakah kamu adalah seorang ibu hamil 33 minggu yang ingin melakukan persalinan normal? jika iya, maka ada baiknya mulailah mengikuti senam hamil. Sebenarnya ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan senam hamil saat kehamilannya sudah memasuki usia 7 bulan, namun tidak ada salahnya jika melakukan senam hamil saat kehamilan sudah memasuki usia 33 minggu.

10 Fakta Mengapa Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan

9. Ibu hamil 33 minggu disarankan untuk mengambil cuti hamil

Fakta 9 - Ibu hamil 33 minggu disarankan untuk mengambil cuti hamil

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil disarankan untuk mengambil cuti hamil. Apakah kamu adalah seorang ibu hamil 33 minggu dan merupakan wanita karier? jika iya, maka ada baiknya mulailah mengambil cuti hamil dari pekerjaan dan fokuslah untuk mempersiapkan diri untuk persalinan. Hal ini dilakukan supaya tubuh ibu tidak stres dan persalinan diharapkan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

24 Tanda dan Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki Yang Akurat dan Pasti

10. Ibu hamil 33 minggu disarankan untuk perhatikan nutrisinya

Fakta 10 - Ibu hamil 33 minggu disarankan untuk perhatikan nutrisinya

Fakta kehamilan 33 minggu yang ke-10 adalah ibu hamil disarankan untuk perhatikan nutrisinya. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 33 minggu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan nutrisinya, terutama dalam hal asupan protein dan lemak yang lebih banyak. Hal ini dilakukan supaya jaringan tubuh janin dapat berkembang dengan pesat. Meskipun demikian, jangan hentikan asupan asam lemak dan folat, sebab hal tersebut juga sangat berguna bagi perkembangan otaknya.

Inilah 6 Tanda Tanda Melahirkan Pembukaan 1

1 2 3