10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 32 minggu atau sekitar 224 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada perkembangan janin.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 32 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 32 minggu dan janin 32 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Posisi janin 32 minggu akan berpindah

Fakta 1 - Posisi janin 32 minggu akan berpindah

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-1 adalah posisi janin akan berpindah. Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 32 minggu, janin di dalam rahim ternyata akan berputar posisi dan kepalanya berada dibagian bawah pelvis sang ibu. Secara umum, hal tersebut normal dan terjadi secara alami. Hal ini dikarenakan janin di dalam rahim cenderung merasa lebih nyaman jika kepalanya berada dibagian bawah. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir, sebab posisi janin di dalam rahim akan berubah-ubah saat sebelum melahirkan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Siklus tidur janin 32 minggu mulai berubah

Fakta 2 - Siklus tidur janin 32 minggu mulai berubah

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-2 adalah siklus tidur janin mulai berubah. Selain berpindah posisi, siklus tidur janin 32 minggu juga sudah mulai berubah dan tengah mempersiapkan dirinya untuk bisa beradaptasi di luar rahim. Pada fase ini, janin 32 minggu biasanya lebih sering tidur dari pada gerak. Oleh sebab itulah ibu hamil 32 minggu akan lebih sering merasakan janin diam dibandingkan geraknya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Ibu hamil 32 minggu akan mengalami kontraksi braxton hicks

Fakta 3 - Ibu hamil 32 minggu akan mengalami kontraksi braxton hicks

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-3 adalah ibu hamil akan mengalami kontraksi braxton hicks. Tidak hanya janin yang mengalami perubahan, ibu hamil 32 minggu pun juga akan mengalami perubahan, terutama pada bagian perut yang mengalami kontraksi yang disebut braxton hicks. Kontraksi yang dialami ibu hamil 32 minggu ini biasanya menimbulkan rasa tiba-tiba mengeras dibagian perut dan pinggang.

Secara umum hal tersebut wajar dan normal dikarenakan perut dan pinggang tengah mempersiapkan untuk proses kehamilan. Meskipun demikian, kontraksi braxton hicks ini tergolong ringan, yaitu hanya berlangsung selama 15-30 detik saja dan akan berhenti jika sang ibu mengubah posisi tubuhnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Stretch marks Ibu hamil 32 minggu semakin banyak

Fakta 4 - Stretch marks Ibu hamil 32 minggu semakin banyak

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-4 adalah stretch marks ibu hamil semakin banyak. Tahukah kamu apa itu stretchmark? Secara umum, stretchmark adalah guratan atau garis kehamilan yang biasanya akan muncul dibeberapa bagian tubuh, mulai dibagian paha, payudara, bagian atas perut, bokong, dan lain sebagainya yang disebab oleh kulit merengang.

Jika dilihat secara sekilas, guratan atau garis kehamilan tersebut mungkin sedikit mengganggu penampilan. Namun bagi ibu hamil yang ingin menghilangkannya, sebaiknya berhati-hati di dalam menggunakan produk. Pastikan produk yang digunakan tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Namun sangat disarankan untuk bersabar dan mengobatinya saat sesudah melahirkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan janin.

Sebenarnya stretchmark yang dialami oleh ibu hamil tidak hanya terjadi pada minggu ke-32 saja, sebagian ibu hamil juga ada yang mengalami stretchmark di minggu-minggu sebelumnya, namun ada juga yang mengalaminya pada minggu ke-32.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu hamil 32 minggu dituntut untuk mulai peka terhadap tanda-tanda melahirkan

Fakta 5 - Ibu hamil 32 minggu dituntut untuk mulai peka terhadap tanda-tanda melahirkan

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil dituntut untuk mulai peka terhadap tanda-tanda melahirkan. Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 32 minggu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mulai peka terhadap tanda-tanda kelahiran, seperti adanya kontraksi dibagian rahim, pecahnya ketuban, atau pun diare. Jadi pada fase ini, ibu hamil dituntut untuk tidak menganggap remeh tanda-tanda yang dihadapi, namun jangan pula mudah panik jika sedang mengalami beberapa gejala tersebut.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Nafsu makan ibu hamil 32 minggu semakin meningkat

Fakta 6 - Nafsu makan ibu hamil 32 minggu semakin meningkat

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-6 adalah nafsu makan ibu hamil semakin meningkat. Selain mengalami kontraksi braxton hicks dan stretchmark, ibu hamil 32 minggu juga akan mengalami nafsu makan yang meningkat dan cenderung selalu merasa lapar serta memiliki keinginan untuk makan. Oleh sebab itulah, siapkan banyak makan-makanan bergizi pengganti makanan ringan supaya janin dapat berkembang lebih baik lagi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Ibu hamil 32 minggu akan sering mengalami konstipasi

Fakta 7 - Ibu hamil 32 minggu akan sering mengalami konstipasi

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-7 adalah ibu hamil akan sering mengalami konstipasi. Pada tahap ini, ibu hamil 32 minggu biasanya akan lebih sering mengalami konstipasi yang disebabkan oleh semakin membesarnya perut sehingga membuat sistem pencernaan lebih tertekan. Namun jangan khawatir, rasa tidak nyaman yang dialami ibu hamil tersebut bisa diatasi dengan cara melakukan olahraga secara rutin, seperti melakukan olahraga yoga khusus untuk ibu hamil dan pastinya tetap banyak minum air mineral.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 38 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Ibu hamil 32 minggu akan sering merasa lelah dan pusing

Fakta 8 - Ibu hamil 32 minggu akan sering merasa lelah dan pusing

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil akan sering merasakan lelah dan pusing. Sebagian ibu hamil 32 minggu biasanya akan sering merasa lelah dan pusing saat beraktivitas yang disebabkan oleh rendahnya kadar gula pada darah. Nah pada fase ini, ibu hamil sebaiknya mulai menyimpan makanan-makanan kecil yang sehat di dalam tas saat beraktivitas supaya kadar gula tetap stabil, seperti mengonsumsi granola bar atau makanan kecil sehat lainnya.

15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat

9. Ibu hamil 32 minggu akan sering mengalami kram kaki

Fakta 9 - Ibu hamil 32 minggu akan sering mengalami kram kaki

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil akan sering mengalami kram kaki. Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 32 minggu, ibu hamil biasanya akan sering mengalami kram kaki yang disebabkan oleh kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan zat besi.

Namun uniknya, rasa kram kaki yang dialami oleh ibu hamil 32 minggu cenderung sering terjadi pada saat di malah hari. Oleh sebab itulah, ibu hamil 32 minggu dituntut untuk rutin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dan zat besi yang tinggi.

10 Fakta Mengapa Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan

10. Kadar kolostrum pada payudara ibu hamil 32 minggu semakin banyak

Fakta 10 - Kadar kolostrum pada payudara ibu hamil 32 minggu semakin banyak

Fakta kehamilan 32 minggu yang ke-10 adalah kadar kolostrum pada payudara ibu hamil semakin banyak. Selain beberapa point perubahan diatas, ibu hamil 32 minggu juga akan mengalami perubahan dibagian payudaranya, dimana pada tahap ini kadar kolostrum pada payudara cenderung semakin banyak dan mengeluarkan cairan yang berwarna agak kekuningan, sehingga ibu hamil 32 minggu akan merasa tidak nyaman dengan payudaranya. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 32 minggu bisa mengatasi rasa tidak nyaman tersebut dengan mengenakan nursing pad.

16 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Semua Usia Kehamilan

1 2 3