10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 31 minggu atau sekitar 217 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada janin.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 31 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 31 minggu dan janin 31 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Kelima indera janin 31 minggu mulai berkembang

Fakta 1 - Kelima indera janin 31 minggu mulai berkembang

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-1 adalah kelima indera janin mulai berkembang. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 31 minggu, kelima indera janin di dalam rahim sudah mulai berkembang dan berfungsi. Hal ini dikarenakan otak janin 31 minggu sudah mengembangkan triliun hubungan antar syaraf, sehingga janin sudah bisa memproses informasi di dalam otaknya. Selain itu, pada minggu ke-31 ini janin di dalam kandungan juga sudah dapat mendeteksi cahaya dan juga sudah mulai menerima informasi dari kelima inderanya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Janin 31 minggu sudah dapat menendang dan menghisap jempolnya

Fakta 2 - Janin 31 minggu sudah dapat menendang dan menghisap jempolnya

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-2 adalah janin sudah dapat menendang dan menghisap jempolnya. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 31 minggu, janin di dalam rahim ternyata sudah dapat melakukan berbagai macam gerakan, mulai dari menggerakkan tangan, menggerakkan kaki, bersendawa, menelan, dan bahkan bernapas dengan organnya sendiri. Bahkan janin 31 minggu juga sudah dapat menghisap jempol tangannya sendiri. Hal ini pada umumnya dilakukan untuk beradaptasi dilingkungan luar janin setelah ia lahir nantinya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Ibu hamil 31 minggu akan mengalami pernapasan yang pendek

Fakta 3 - Ibu hamil 31 minggu akan mengalami pernapasan yang pendek

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-3 adalah ibu hamil akan mengalami pernapasan yang pendek. Tidak hanya janin, ibu hamil 31 minggu juga akan mengalami perubahan, salah satunya mengalami pernapasan yang pendek atau sesak napas. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh semakin membesarnya perut dan ukuran janin sehingga cenderung mendorong organ tubuh sang ibu ke bagian atas dan menyebabkan sulit untuk bernapas. Namun jangan khawatir, sebab sesak napas yang dialami oleh ibu hamil tersebut akan berkurang saat kehamilan mulai mendekati kelahiran.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Frekuensi buang air kecil ibu hamil 31 minggu semakin meningkat

Fakta 4 - Frekuensi buang air kecil ibu hamil 31 minggu semakin meningkat

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-4 adalah frekuensi buang air kecil ibu hamil semakin meningkat. Selain mengalami pernapasan yang pendek, ibu hamil 31 minggu juga akan mengalami sering buang air kecil. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh rahim sang ibu yang membesar sehingga lebih menekan kantung urin dan menyebabkan frekuesi buang air kecil meningkat. Meskipun pada fase ini ibu hamil 31 minggu lebih sering mengalami buang air kecil, namun jangan lupa untuk tetap sering minum air.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu hamil 31 minggu akan sering mengalami sakit kepala

Fakta 5 - Ibu hamil 31 minggu akan sering mengalami sakit kepala

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil akan sering mengalami sakit kepala. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 31 minggu, ibu hamil biasanya akan mulai sering mengalami sakit kepala. Meskipun hal tersebut wajar dan normal pada ibu hamil 31 minggu, sangat disarankan sekali untuk ibu hamil beristirahat dari kegiatan yang dilakukan saat mengalami sakit kepala atau hanya berbaring dan meluruskan kaki selama 15 menit.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Ibu hamil 31 minggu akan sering mengalami sakit punggung

Fakta 6 - Ibu hamil 31 minggu akan sering mengalami sakit punggung

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-6 adalah ibu hamil akan sering mengalami sakit punggung. Selain sering mengalami sakit kepala, ibu hamil 31 minggu ternyata juga akan akan sering mengalami sakit punggung. Namun jangan khawatir, sebab hal tersebut bisa diatasi dengan olahraga yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Olahraga ini umumnya lebih difokuskan pada kegiatan stretching supaya membuat otot ibu hamil semakin rilaks.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Ibu hamil 31 minggu akan sering mengalami clumsiness

Fakta 7 - Ibu hamil 31 minggu akan sering mengalami clumsiness

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-7 adalah ibu hamil akan sering mengalami clumsiness. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 31 minggu, ibu hamil biasanya akan sering mengalami kecerobohan yang disebut juga clumsiness. Kecerobohan atau clumsiness yang dialami oleh ibu hamil tersebut umunya disebabkan oleh perubahan postur tubuh ibu hamil dikarenakan perut yang makin membesar. Pada fase ini, ibu hamil sangat disarankan untuk selalu berhati-hato, terutama saat dikamar mandi atau berjalan di lantai yang licin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Volume otak ibu hamil 31 minggu mulai berkurang

Fakta 8 - Volume otak ibu hamil 31 minggu mulai berkurang

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-8 adalah volume otak ibu hamil mulai berkurang. Selain mengalami kecerobohan atau clumsiness, ibu hamil 31 minggu juga akan mengalami sulitnya mengingat dan menurunnya konsentrasi. Secara umum, hal tersebut diakibatkan oleh volume otak yang mulai berkurang.

Namun jangan khawatir, sebab hal tersebut akan kembali normal setelah sang ibu melahirkan janin di dalam kandungan. Oleh sebab itulah, pada tahap ini ibu hamil bisa mencoba menulis hal-hal penting di dalam agenda harian supaya dapat mengingat apa saja yang harus dilakukan sehari-hari.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Ibu hamil 31 minggu tidak nyenyak saat tidur

Fakta 9 - Ibu hamil 31 minggu tidak nyenyak saat tidur

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil tidak nyenyak saat tidur. Tidak hanya mengalami beberapa point diatas, ibu hamil 31 minggu juga akan mengalami tidak nyenyak saat tidur. Hal ini dikarenakan ibu hamil 31 minggu akan mengalami banyak masalah, seperti seringnya buang air kecil, kaki yang kram, dan seringnya mengalami kecemasan. Namun jangan khawatir, ibu hamil 31 minggu bisa meminta bantuan oleh orang-orang terdekat yang bisa memahami dan membantu mencarikan solusi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 38 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Frekuensi tidur janin 31 minggu semakin meningkat

Fakta 10 - Frekuensi tidur janin 31 minggu semakin meningkat

Fakta kehamilan 31 minggu yang ke-10 adalah frekuensi tidur janin semakin meningkat. Berbeda dengan sang ibu yang sedang mengalami susah tidur, janin 31 minggu justru mengalami hal sebaliknya, yaitu mengalami perpanjangan periode tidur. Bahkan hal tersebut pun juga bisa dirasakan sang ibu melalui diamnya yang cenderung lebih lama dibandingkan dengan gerakannya.

15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat

1 2 3