10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 30 minggu atau sekitar 210 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada janin dan ibu hamil.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 30 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 30 minggu dan janin 30 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Otak janin 30 minggu semakin membesar

Fakta 1 - Otak janin 30 minggu semakin membesar

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-1 adalah otak janin semakin membesar. Jika pada trisemester pertama otak janin mulai tumbuh dan trisemester kedua otak semakin berkembang, maka pada trisemester ketiga ini atau tepatnya pada minggu ke-30 otak janin sudah semakin membesar dan semakin berkembang di dalam membentuk otak yang mempunyai lebih banyak jaringan. Pada fase ini, umumnya pertumbuhan otak bisa dibilang sangat krusial. Hal ini dikarenakan jaringan otak pada janin 30 minggu akan membantunya mampu berpikir dan beradaptasi sesudah kelahiran.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Lanugo pada janin 30 minggu mulai menghilang

Fakta 2 - Lanugo pada janin 30 minggu mulai menghilang

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-2 adalah lanugo pada janin mulai menghilang. Jika pada minggu-minggu sebelumnya janin masih mempunyai lanugo atau rambut-rambut halus yang melindungi seluruh bagian tubuhnya, maka pada minggu ke-30 ini lanugo atau rambut-rambut halus tersebut sudah mulai menghilang dikarenakan sudah berkembangnya otak janin dan terbentuknya sel-sel lemak yang mampu mengontrol suhu tubuhnya. Meskipun demikian, lanugo atau rambut-rambut halus tersebut masih akan tersisa ketika calon bayi lahir, terutama dibagian pundak dan punggung.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Sumsum tulang janin 30 minggu mulai membentuk sel darah merah

Fakta 3 - Sumsum tulang janin 30 minggu mulai membentuk sel darah merah

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-3 adalah sumsum tulang janin mulai membentuk sel darah merah. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 30 minggu, sumsum tulang janin di dalam rahim ternyata sudah dapat memproduksi sel darah merahnya sendiri. Fase ini pada umumnya sangat krusial dikarenakan sel darah merah yang diproduksi tersebut sangat penting bagi tumbuh dan kembangnya setelah lahir.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Ibu hamil 30 minggu akan mengalami heartburn

Fakta 4 - Ibu hamil 30 minggu akan mengalami heartburn

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-4 adalah ibu hamil akan mengalami heartburn. Tahukah kamu apa itu heartburn? Secara umum heratburn adalah suatu perasaan panas yang dirasakan dibagian dada dan tenggorokan. Namun tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 30 minggu, ibu hamil terkadang akan merasakan perasaan panas dibagian dada dan tenggorokan.

Hal ini pada umumnya disebabkan oleh rahim sang ibu yang membesar sehingga menekan perut kebagian atas dan menyebakan dada terasa panas. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 30 minggu bisa mengatasinya dengan menghindari makanan-makanan berminyak, pedas, dan berlemak.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu hamil 30 minggu akan mengalami sesak napas

Fakta 5 - Ibu hamil 30 minggu akan mengalami sesak napas

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil akan mengalami sesak napas. Tidak hanya akan mengalami heartburn, ibu hamil 30 minggu juga akan mengalami sesak napas. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh janin yang berkembang semakin besar, sehingga menekan bagian diafragma sang ibu dan menyebabkan sesak nafas. Namun jangan khawatir, sebab hal tersebut normal dan bisa diatasi dengan melakukan posisi tidur agak duduk dengan menaruh beberapa bantal dibagian punggung.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Ibu hamil 30 minggu sebaiknya jangan menggunakan sepatu hak tinggi

Fakta 6 - Ibu hamil 30 minggu sebaiknya jangan menggunakan sepatu hak tinggi

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-6 adalah ibu hamil sebaiknya jangan menggunakan sepatu hak tinggi. Jika kamu adalah seseorang ibu hamil yang suka menggunakan sepatu hak tinggi, sebaiknya mulai sekarang hindarilah penggunaan sepatu hak tinggi tersebut. Hal ini dikarenakan ibu hamil 30 minggu biasanya cenderung mengalami kesulitan dalam menjaga keseimbangan tubuhnya dikarenakan perut semakin membesar sehingga berpotensi mengalami kecelakaan terjatuh.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Ibu hamil 30 minggu akan mengalami konstipasi

Fakta 7 - Ibu hamil 30 minggu akan mengalami konstipasi

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-7 adalah ibu hamil akan mengalami konstipasi. Selain mengalami heartburn dan sesak napas, ibu hamil 30 minggu juga akan mengalami konstipasi. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh janin dan rahim yang sudah semakin membesar. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 30 minggu bisa mengatasinya dengan memperbanyak minum air dan konsumsi yogurt untuk meningkatkan jumlah prebiotik untuk melancarkan sistem pencernaan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Ibu hamil 30 minggu mengalami stretch marks

Fakta 8 - Ibu hamil 30 minggu mengalami stretch marks

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil mulai mengalami stretch marks. Tahukah kamu apa itu stretchmark? Secara umum, stretchmark adalah guratan atau garis kehamilan yang biasanya akan muncul dibeberapa bagian tubuh, mulai dibagian paha, payudara, bagian atas perut, bokong, dan lain sebagainya yang disebab oleh kulit merengang.

Jika dilihat secara sekilas, guratan atau garis kehamilan tersebut mungkin sedikit mengganggu penampilan. Namun bagi ibu hamil yang ingin menghilangkannya, sebaiknya berhati-hati di dalam menggunakan produk. Pastikan produk yang digunakan tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Namun sangat disarankan untuk bersabar dan mengobatinya saat sesudah melahirkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan janin.

Sebenarnya stretchmark yang dialami oleh ibu hamil tidak hanya terjadi pada minggu ke-30, sebagian ibu hamil juga ada yang mengalami stretchmark di minggu-minggu sebelumnya, namun ada juga yang mengalaminya pada minggu ke-30.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Ibu hamil 30 minggu mulai mengalami pembengkakan kaki

Fakta 9 - Ibu hamil 30 minggu mulai mengalami pembengkakan kaki

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil mulai mengalami pembengkakan kaki. Tahukah kamu, jika sebanyak 75 persen ibu hamil 30 minggu akan mengalami pembengkakan dibagian kaki atau dipergelangan kakinya. namun jangan khawatir, sebab hal tersebut normal dan bisa diatasi dengan mengistirahatkan kaki dengan duduk atau berbaring. Selain itu, ibu hamil 30 minggu juga dituntut untuk mengenakan sepatu yang nyaman untuk menghindari rasa sakit dari pembengkakan kaki.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 38 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Ibu hamil 30 minggu cenderung lebih mudah merasakan lelah

Fakta 10 - Ibu hamil 30 minggu cenderung lebih mudah merasakan lelah

Fakta kehamilan 30 minggu yang ke-10 adalah ibu hamil cenderung lebih mudah merasakan lelah. Selain mengalami pembengkakan kaki, ibu hamil 30 minggu juga akan mengalami mudah lelah saat beraktivitas. Bahkan terkadang, ibu hamil 30 minggu juga akan mengalami insomnia atau susah tidur di malam hari sehingga menyebabkan rasa ngantuk di siang hari.

15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat

1 2 3