10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 28 minggu atau sekitar 196 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester terakhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada janin dan ibu hamil.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 28 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 28 minggu dan janin 28 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Janin 28 minggu mulai sensitif terhadap cahaya

Fakta 1 - Janin 28 minggu mulai sensitif terhadap cahaya

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-1 adalah janin mulai sensitif terhadap cahaya. Secara umum, kelopak mata janin 28 minggu sudah terbentuk di minggu-minggu sebelumnya, namun tahukah kamu jika retina mata janin juga sudah mulai berkembang disaat itu. Oleh sebab itulah, janin 28 minggu sudah mulai semakin sensitif, terutama terhadap cahaya, sehingga janin di dalam rahim akan bereaksi terhadap sinar-sinar yang terang. Bahkan pada usia 28 minggu ini janin juga sudah dapat berkedip dan terdeteksi rapid eye movement saat tidur, sehingga janin di dalam rahim sudah dapat bermimpi.

2. Ukuran janin 28 minggu sudah sebesar terong

Fakta 2 - Ukuran janin 28 minggu sudah sebesar terong

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-2 adalah ukuran janin sudah sebesar terong. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pada tahap ini janin 28 minggu juga sudah berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 28 minggu?

Secara umum, janin 28 minggu sudah berukuran panjang sekitar 37,6 cm dengan beratnya sekitar 1 kg. Meskipun demikian, ukuran janin 28 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin.

Pada fase ini, janin 28 minggu juga sudah bisa berekspresi, seperti menghisap, cegukan, batuk, dan bernafas dengan lebih baik. Selain itu, detak jantung janin yang sebelumnya sangat cepat justru saat ini sudah semakin lambat menjadi 2 kali lebih cepat dari pada detak jantung sang ibu, yaitu bisa sekitar 140 kali permenit.

3. Otak janin 28 minggu semakin berkembang

Fakta 3 - Otak janin 28 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-3 adalah otak janin semakin berkembang. Secara umum, otak janin 28 minggu sudah terbentuk di minggu-minggu sebelumnya, namun tahukah kamu jika pada minggu ke-28 ini otak janin justru semakin berkembang dengan pesat. Bahkan bagian otak yang bernama thalamocortical complex pada janin sedang sangat aktif-aktifnya, sehingga pada fase ini perkembangan janin akan semakin pesat sekali.

4. Janin 28 minggu sudah tidur dan bangun secara teratur

Fakta 4 - Janin 28 minggu sudah tidur dan bangun secara teratur

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-4 adalah janin sudah tidur dan bangun secara teratur. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 28 minggu, ibu hamil ternyata sudah dapat merasakan gerak dan diam janin dalam siklus yang lebih teratur. Hal ini pada umumnya bisa diketahui oleh sang ibu melalui dari gerakan janin di dalam kandungan yang muncul disaat-saat tertentu atau diwaktu-waktu tertentu saja. Itu artinya, janin di dalam rahim sedang tidur. Begitupun sebaliknya jika janin sudah bangun, maka sang ibu juga akan merasakan gerakannya.

5. Perut ibu hamil 28 minggu mengalami stretchmark

Fakta 5 - Perut ibu hamil 28 minggu mengalami stretchmark

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-5 adalah perut ibu hamil mengalami stretchmark. Tahukah kamu apa itu stretchmark? Secara umum, stretchmark adalah guratan atau garis kehamilan yang biasanya akan muncul dibeberapa bagian tubuh, mulai dibagian paha, payudara, bagian atas perut, bokong, dan lain sebagainya yang disebab oleh kulit merengang.

Jika dilihat secara sekilas, guratan atau garis kehamilan tersebut mungkin sedikit mengganggu penampilan. Namun bagi ibu hamil yang ingin menghilangkannya, sebaiknya berhati-hati di dalam menggunakan produk. Pastikan produk yang digunakan tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Namun sangat disarankan untuk bersabar dan mengobatinya saat sesudah melahirkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan janin.

Sebenarnya stretchmark yang dialami oleh ibu hamil tidak hanya terjadi pada minggu ke-28, sebagian ibu hamil juga ada yang mengalami stretchmark di minggu-minggu sebelumnya, namun ada juga yang mengalaminya pada minggu ke-28.

6. Dokter akan menyarankan ibu hamil 28 minggu tes kesehatan ulang

Fakta 6 - Dokter akan menyarankan ibu hamil 28 minggu tes kesehatan ulang

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-6 adalah dokter akan menyarankan ibu hamil melakukan tes kesehatan ulang. Pada fase ini, ibu hamil biasanya sangat disarankan untuk melakukan tes ulang guna mengetahui lebih awal perkembangan janin dan kondisi sang ibu, terutama untuk tes HIV, sifilis, dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir apabila selama ini ibu hamil sudah berupaya untuk hidup sehat.

7. Ibu hamil 28 minggu akan merasakan menggelitik pada kaki

Fakta 7 - Ibu hamil 28 minggu akan merasakan menggelitik pada kaki

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-7 adalah ibu hamil akan merasakan menggelitik dibagian kaki. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 28 minggu, ibu hamil biasanya akan mengalami sensasi aneh pada kakinya, seperti mengalami kedutan, ingin menendang, atau selalu ingin menggerakkan kakinya.

Hal tersebut pada umumnya wajar dan normal, namun untuk mengatasinya, ibu hamil bisa berolahraga secara teratur di pagi dan di siang hari supaya rasa aneh tersebut berkurang. Selain dapat mencegah kaki bengkak, melakukan olahraga secara teratur juga dapat membantu di dalam melancarkan proses persalinan nanti.

8. Terkadang ibu hamil 28 minggu mengalami hidung tersumbat dan gusi berdarah

Fakta 8 - Terkadang ibu hamil 28 minggu mengalami hidung tersumbat dan gusi berdarah

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-8 adalah terkadang ibu hamil mengalami hidung tersumbat dan gusi berdarah. Tidak hanya merasakan menggelitik dibagian kaki, ibu hamil 28 minggu juga akan mengalami hidung tersumbat dan gusi berdarah. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh tingginya estrogen dan progesteron pada ibu hamil sehingga menyebabkan aliran darah ke membran lendir di hidung meningkat.

Nah pada tahap ini ibu hamil biasanya akan rentan sekali terhadap infeksi kuman di mulut. Oleh sebab itulah, ibu hamil yang mengalami hidung tersumbat dan gusi berdarah ini sangat disarankan untuk menggosok gigi, gusi, dan lidah guna meminimalisir bertumpuknya kuman di mulut.

9. Ibu hamil 28 minggu akan mengalami chloasma

Fakta 9 - Ibu hamil 28 minggu akan mengalami chloasma

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil akan mengalami chloasma. Tahukah kamu, sekitar 50-70 persen ibu hamil akan mengalami chloasma atau yang kerap disebut dengan topeng kupu-kupu atau topeng kehamilan. Secara umum, chloasma sendiri merupakan bercak pigmentasi yang terletak dibagian wajah dan berwarna coklat tua.

Nah jika kamu mengalaminya, ada baiknya untuk segera menghindari kontak langsung dengan matahari supaya topeng kupu-kupu atau topeng kehamilan tersebut tidak semakin parah. Namun jangan khawatir, sebab chloasma atau topeng kupu-kupu tersebut akan hilang setelah ibu hamil melahirkan atau selesai menyusui.

10. Ibu hamil 28 minggu disarankan mulai mengikuti kursus melahirkan

Fakta 10 - Ibu hamil 28 minggu disarankan mulai mengikuti kursus melahirkan

Fakta kehamilan 28 minggu yang ke-10 adalah ibu hamil disarankan mulai mengikuti kursus melahirkan. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 28 minggu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengikuti kursus melahirkan yang biasanya banyak tersedia di rumah sakit.

Pada kursus ini, ibu hamil biasanya akan diajarkan bagaimana mengatur nafas dan mengejan yang benar. Selain itu, sang suami juga akan belajar bagaimana menghadapi ibu hamil yang kemungkinan besar akan mengalami kesakitan pada saat melahirkan.