10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 26 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Advertisment

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 26 minggu atau sekitar 182 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua tahap akhir dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada janin di dalam kandungan.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 26 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 26 minggu dan janin 26 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Ukuran janin 26 minggu sudah sebesar ketimun

Fakta 1 - Ukuran janin 26 minggu sudah sebesar ketimun

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-1 adalah ukuran janin sudah sebesar ketimun. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pada tahap ini janin 26 minggu juga sudah berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 26 minggu?

Secara umum, janin 26 minggu sudah berukuran panjang sekitar 35,56 cm dengan beratnya sekitar 0,9 kg. Meskipun demikian, ukuran janin 26 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin.

Oleh sebab itu, saat usia kehamilan memasuki usia 26 minggu ibu hamil sangat disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi supaya perkembangan janin semakin pesat.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 25 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Janin 26 minggu mulai membuka mata

Fakta 2 - Janin 26 minggu mulai membuka mata

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-2 adalah janin mulai membuka mata. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 26 minggu, janin di dalam kandungan ternyata sudah mulai membuka mata, dimana kelopak mata janin 26 minggu sudah mulai terpisah satu sama lain, sehingga retina mata akan mulai berkembang.

Meskipun pada fase ini pengelihatan janin belum sempurna, namun mata janin ternyata sudah cukup sensitif terhadap cahaya disekitarnya. Bahkan tidak jarang saat perut ibu hamil disenter janin di dalam kandungan akan bereakasi. Selain itu pengelihatan janin yang belum sempurna, iris mata janin pada fase ini juga belum mengalami pigmentasi yang sempurna.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Janin 26 minggu mulai bisa mendengar

Fakta 3 - Janin 26 minggu mulai bisa mendengar

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-3 adalah janin mulai bisa mendengar. Selain mata yang mulai mengalami perkembangan, pendengaran janin 26 minggu pun juga sudah semakin pesat dan baik, dimana pada usia ke-26 minggu ini janin sudah dapat mendengar suara. Bahkan janin di rahim juga sudah dapat bereaksi terhadap suara yang ia dengarkan melalui pergerakannya di dalam rahim atau meningkatnya detak jantung.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Kulit dan tubuh ibu hamil 26 minggu menjadi sensitif

Fakta 4 - Kulit dan tubuh ibu hamil 26 minggu menjadi sensitif

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-4 adalah kulit dan tubuh ibu hamil menjadi sensitif. Tidak hanya janin saja yang mengalami perubahan, ibu hamil 26 minggu pun juga mengalami banyak perubahan, salah satunya perubahan terhadap kulit tubuhnya yang menjadi lebih sensitif, seperti mengalami rasa gatal dan iritasi. Namun uniknya, bagi sebagian ibu hamil 26 minggu justru lebih mengalami kulitnya yang lebih halus dari biasanya.

Nah untuk mengatasi rasa gatal dan iritasi tersebut, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, supaya rasa gatal dan iritasi tersebut tidak meninggalkan bekas, sebaiknya ibu hamil jangan terlalu banyak menggaruk.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Menentukan posisi tidur ibu hamil 26 minggu yang baik

Fakta 5 - Menentukan posisi tidur ibu hamil 26 minggu yang baik

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil sudah harus menentukan posisi tidur yang baik. Tahukah kamu, saat masa kehamilan memasuki usia 26 minggu, ibu hamil dituntut untuk berhati-hati dalam bergerak maupun melakukan perubahan posisi, terutama posisi saat tidur. Hal ini lakukan dikarenakan bentuk tubuh ibu hamil sudah semakin membesar. Pada fase ini, ibu hamil 26 minggu sangat diajurkan untuk tidur menghadap ke sisi kiri dan tidak terlentang supaya tidak mengganggu perkembangan janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Kelamin janin 26 minggu mulai terbentuk (untuk anak laki-laki)

Fakta 6 - Kelamin janin 26 minggu mulai terbentuk (untuk anak laki-laki)

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-6 adalah kelamin janin sudah mulai terbentuk. Secara umum, kelamin janin 26 minggu sudah terbentuk di minggu-minggu sebelumnya, namun tahukah kamu jika janin berjenis kelamin laki-laki pada fase ini testikelnya sudah mulai terbentuk dan menyatu dengan skrotum, dimana proses ini nantinya akan membutuhkan waktu antara 2-3 minggu sampai selesai dengan sempurna, sehingga tidak perlu khawatir apabila ibu hamil melihat skrotum janin melalui USG tanpa pen!s.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Perut ibu hamil 26 minggu terasa kembung

Fakta 7 - Perut ibu hamil 26 minggu terasa kembung

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-7 adalah perut ibu hamil terasa kembung. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 26 minggu, perut ibu hamil cenderung akan merasakan kembung. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh uterus ibu hamil yang semakin berkembang sehingga membuatnya menekan perut dan usus. Namun jangan khwatir, sebab ibu hamil bisa mengatasinya dengan cara makan sedikit demi sedikit tetapi sering. Hal ini dilakukan supaya lambung dan usus ibu hamil tidak cepat penuh. Selain itu, supaya perut terasa lebih nyaman, ibu hamil 26 minggu juga bisa minum minuman seperti jeruk hangat atau teh.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Ibu hamil 26 minggu menjadi lebih ceroboh dan pikun

Fakta 8 - Ibu hamil 26 minggu menjadi lebih ceroboh dan pikun

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-8 adalah ibu hamil menjadi lebih ceroboh dan pikun. Tidak hanya mengalami perut kembung, ibu hamil 26 minggu terkadang juga cenderung menjadi lebih ceroboh dan pikun, seperti sering tersandung, terpeleset, sering lupa, dan bahkan sampai sering jatuh. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh tumpuan tubuh sang ibu yang berubah, bertambahnya beban, dan juga disebabkan oleh hormon. Nah jika memang demikian, ada baiknya ibu hamil lebih berhati-hati lagi di dalam beraktivitas, terutama saat kondisi ibu hamil kelelahan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Ibu hamil 26 minggu mengalami insomnia

Fakta 9 - Ibu hamil 26 minggu mengalami insomnia

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-9 adalah ibu hamil mengalami insomnia. Selain menjadi lebih ceroboh dan pikun, ibu hamil 26 minggu juga akan mengalami insomnia atau susah tidur. Hal ini umumnya dikarenakan beberapa faktor, seperti tidak nyaman tidur miring, merasakan kram dibagian kaki, dan bahkan merasakan detak jantung meningkat.

Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 26 minggu bisa mengatasinya dengan memperbanyak aktivitas disiang hari atau melakukan olahraga ringan supaya otot tidak kram. Selain itu, hindari pula minum terlalu banyak sebelum tidur supaya tidak bolak-balik ke kamar mandi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Ibu hamil 26 minggu disarankan untuk menyiapkan kamar bayi dan rencana melahirkan

Fakta 10 - Ibu hamil 26 minggu disarankan untuk menyiapkan kamar bayi dan rencana melahirkan

Fakta kehamilan 26 minggu yang ke-10 adalah iu hamil disarankan untuk menyiapkan kamar bayi dan rencana melahirkan. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 26 minggu, biasanya ibu hamil sangat disarankan untuk segera menyiapkan rencana melahirkan dengan sang suami, apakah ingin melahirkan di rumah sakit, di rumah, bersama bidan atau dokter.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk segera menyiapkan kamar atau perlengkapan bayi, sehingga sang suami tidak akan pusing memikirkan budget saat si kecil lahir kelak.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3