10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 25 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu atau sekitar 175 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada janin di dalam kandungan.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 25 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 25 minggu dan janin 25 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Gejala morning sickness ibu hamil 25 minggu mulai hilang

Fakta 1 - Gejala morning sickness ibu hamil 25 minggu mulai hilang

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-1 adalah gejala morning sickness ibu hamil mulai menghilang. Jika pada minggu-minggu sebelumnya ibu hamil cenderung mengalami gejala morning sickness, seperti gejala mual-mual, muntah, pusing, dan perasaan yang tidak nyaman di tubuh, maka pada kehamilan usia 25 minggu ini gejala morning sickness tersebut mulai hilang dikarenakan tubuh ibu hamil sudah dapat beradaptasi dengan perubahan fisik yang dialaminya. Oleh sebab itu, pada kehamilan 25 minggu ini ibu hamil cenderung merasa lebih santai dan bahagia walaupun masih beraktivitas dengan perut yang semakin membesar.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Selera makan ibu hamil 25 minggu mulai kembali

Fakta 2 - Selera makan ibu hamil 25 minggu mulai kembali

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-2 adalah selera makan ibu hamil mulai kembali. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, karena gejala morning sickness yang mulai menghilang, maka nafsu makan ibu hamil pun sudah kembali seperti biasanya. Oleh sebab itu, ibu hamil 25 minggu sudah dapat memanjakan lidah dan yang terpenting adalah gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 24 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Janin 25 minggu mulai tampak seperti bayi baru lahir

Fakta 3 - Janin 25 minggu mulai tampak seperti bayi baru lahir

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-3 adalah janin mulai tampak seperti bayi baru lahir. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu, janin di dalam kandungan ternyata sudah nampak seperti bayi yang baru lahir, seperti kulitnya yang sebelumnya berkeriput berubah menjadi halus, sudah mempunyai rambut di kepala, dan bahkan janin sudah mulai mengumpulkan baby fat yang membuatnya menjadi tembam.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 26 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Rambut ibu hamil 25 minggu menjadi lebih indah

Fakta 4 - Rambut ibu hamil 25 minggu menjadi lebih indah

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-4 adalah rambut ibu hamil menjadi lebih indah. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu, rambut ibu hamil ternyata cenderung berubah menjadi lebih indah, seperti menjadi lebih lebat dan halus saat disentuh. Bahkan rambut ibu hamil 25 minggu juga cenderung lebih lambat mengalami kerontokan. Namun jangan sampai bersedih saat persalinan, sebab ibu hamil yang telah melahirkan cenderung akan mengalami kerontokan dengan sendirinya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Detak jantung janin 25 minggu terdengar jelas

Fakta 5 - Detak jantung janin 25 minggu terdengar jelas

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-5 adalah detak jantung janin terdengar jelas. Pada fase ini, berat janin umumnya sudah mencapai sekitar 3 kg, namun tahukah kamu saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu, jantung janin cenderung berdetak lebih keras, sehingga bagi siapa pun yang menempelkan telinganya ke perut ibu hamil 25 minggu sudah dapat mendengarkan detak jantung janin. Oleh sebab itu, ibu hamil bisa meminta sang ayah janin mendengarkan detak jantungnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Janin 25 minggu mulai senang bergerak dalam kandungan

Fakta 6 - Janin 25 minggu mulai senang bergerak dalam kandungan

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-6 adalah janin mulai senang bergerak dalam kandungan. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu, janin di dalam rahim ternyata sudah mulai senang bergerak. Bahkan pada fase ini, ibu hamil 25 minggu juga sudah dapat aktivitas janin di dalam rahim.

Secara umum, janin 25 minggu sudah dapat melakukan berbagai macam gerakan, seperti melakukan gerakan membalik posisi tubuh, melakukan tendangan-tendangan kecil, mengepalkan tangannya, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, ibu hamil 25 minggu harus siap apabila mendapatkan tendangan lebih kuat di minggu-minggu berikutnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Jenis kelamin janin 25 minggu sudah nampak jelas

Fakta 7 - Jenis kelamin janin 25 minggu sudah nampak jelas

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-7 adalah jenis kelamin janin sudah nampak lebih jelas. Pada fase ini, jenis kelamin janin umumnya sudah terbentuk, namun tahukah kamu saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu ini jenis kelamin janin sudah nampak dengan jelas dan sempurna jika dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Oleh sebab itu, ibu hamil 25 minggu sudah dapat berbelanja pakaian bayi atau bisa juga menentukan nama calon bayi tanpa harus ragu-ragu lagi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Janin 25 minggu sudah dapat merespon rangsangan suara

Fakta 8 - Janin 25 minggu sudah dapat merespon rangsangan suara

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-8 adalah janin sudah dapat merespon rangsangan suara. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu, janin di dalam kandungan sudah dapat menerima rangsangan suara dengan baik dan akan bereaksi ke berbagai suara di luar perut ibunya. Oleh sebab itu, saat kehamilan memasuki usia 25 minggu ibu hamil sangat dianjutkan untuk berbicara lebih banyak dengan janin di dalam perut. Bahkan janin 25 minggu juga sudah dapat mengenali suara sang ibu.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Siklus tidur dan bangun janin 25 minggu mulai terasa

Fakta 9 - Siklus tidur dan bangun janin 25 minggu mulai terasa

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-9 adalah siklus tidur dan bangun janin mulai terasa. Jika pada minggu-minggu sebelumnya janin sudah menemukan pola tidur dan terjaganya, maka pada minggu ke-25 ini pola tidur dan bangun janin sudah semakin terasa. Bahkan tidak jarang pula ibu hamil 25 minggu akan menyadari jika apa yang dilakukannya baru saja membangunkan sang janin di dalam rahim.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Organ-organ janin 25 minggu mulai terbentuk

Fakta 10 - Organ-organ janin 25 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 25 minggu yang ke-10 adalah organ-organ janin mulai terbentuk. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 25 minggu, organ-organ janin di dalam kandungan sudah mulai terbentuk dengan sempurna meskipun belum benar-benar sangat sempurna, seperti organ paru-paru, otak, dan sistem pencernaan.

Namun jangan khawatir, sebab organ-organ janin tersebut akan semakin sempurna sampai waktu lahirnya tiba. Oleh sebab itu, ibu hamil 25 minggu sangat dianjurkan sekali untuk rutin melakukan kontrol ke dokter kandungan, sehingga tumbuh kembang janin dapat dikontrol dan mempersiapkan yang terbaik untuk proses persalinan yang akan datang.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3