10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 24 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 24 minggu atau sekitar 168 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada janin di dalam kandungan.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 24 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 24 minggu dan janin 24 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Ukuran janin 24 minggu sebesar telapak kaki orang dewasa

Fakta 1 - Ukuran janin 24 minggu sebesar telapak kaki orang dewasa

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-1 adalah ukuran janin sebesar telapak kaki orang dewasa. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pada tahap ini janin 24 minggu juga berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 24 minggu?

Secara umum, janin 24 minggu sudah berukuran panjang sekitar 30 cm dengan beratnya sekitar 600 gram. Meskipun demikian, ukuran janin 24 minggu tersebut umumnya berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, salah satunya kandungan gizi yang diserap oleh janin. Oleh sebab itu, saat usia kehamilan memasuki usia 24 minggu ibu hamil sangat disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi supaya perkembangan janin semakin pesat.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 21 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Janin 24 minggu mulai menemukan pola tidur dan terjaganya

Fakta 2 - Janin 24 minggu mulai menemukan pola tidur dan terjaganya

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-2 adalah janin mulai menemukan pola tidur dan terjaganya. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 24 minggu, janin di dalam kandungan ternyata mulai menemukan ritme pola tidur yang terjaga dengan jelas. Hal ini pada umumnya bisa diketahui oleh sang ibu dari gerakan janin di dalam kandungan yang muncul disaat-saat tertentu atau diwaktu-waktu tertentu. Begitupun sebaliknya, dimana sang ibu juga sudah dapat merasakan janin di dalam kandungan sedang diam atau tertidur.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Wajah janin 24 minggu mendekati sempurna

Fakta 3 - Wajah janin 24 minggu mendekati sempurna

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-3 adalah wajah janin mendekati sempurna. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 24 minggu, wajah janin ternyata sudah mendekati sempurna, seperti sudah mempunyai kelopak mata, hidung, alis, bibir, dan otot yang membentuk wajah. Jadi bisa dibilang, pada fase inilah hal yang paling menyenangkan bagi sang ibu dikarenakan sudah dapat melihat wajah bayi ketika melakukan pemeriksaan dengan menggunakan USG.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 25 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Rambut janin 24 minggu sudah tumbuh

Fakta 4 - Rambut janin 24 minggu sudah tumbuh

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-4 adalah rambut janin sudah tumbuh. Selain wajah janin yang sudah mendekati sempurna, pada fase ini rambut janin juga sudah tumbuh namun belum memiliki banyak pigmen. Meskipun demikian, pada usia ke-24 ini rambut janin sudah mulai menampakkannya warnanya, entah itu janin berambut coklat, hitam, atau bahkan pirang pada saat lahir nantinya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 26 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Kulit janin 24 minggu masih tipis dan transparan

Fakta 5 - Kulit janin 24 minggu masih tipis dan transparan

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-5 adalah kulit janin masih tipis dan transparan. Meskipun pada fase ini kulit janin sudah terbentuk dengan sempurna, namun tahukah kamu jika kulit janin ternyata masih tipis dan transparan. Hal ini dikarenakan kulit janin 24 minggu belum memiliki jaringan lemak dibawahnya dan belum menghasilkan pigmen warna kulit. Oleh sebab itulah, organ dalam janin masih dapat dilihat pada fase ini melalui kulitnya yang masih transparan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Telinga janin 24 minggu mulai sensitif

Fakta 6 - Telinga janin 24 minggu mulai sensitif

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-6 adalah telinga janin mulai sensitif. Secara umum, telinga janin 24 minggu sudah terbentuk dengan sempurna, namun tahukah jika indra pendengaran janin 24 minggu sudah semakin baik dan mulai lebih sensitif pada fase ini, sehingga janin di dalam kandungan sudah dapat merespon apa yang ia dengarkan, seperti sudah dapat mendengar detak jantung, gerakan lambung, dan suara sang ibu. Bahkan janin 24 minggu juga sudah dapat mendengar suara klakson mobil yang lewat didepan rumah.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Otak janin 24 minggu semakin berkembang pesat

Fakta 7 - Otak janin 24 minggu semakin berkembang pesat

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-7 adalah otak janin semakin berkembang pesat. Tidak hanya telinga saja yang sudah semakin berkembang, otak janin 24 minggu pun juga sudah berkembang pesat, sehingga hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan saraf janin dan juga jaringan lainnya di dalam tubuh janin. Karena itulah, ibu hamil 24 minggu dianjurkan untuk semakin sering mengkonsumsi makanan sehat guna mendukung pertumbuhan janin, terutama bagi perkembangan otak janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Gerakan janin 24 minggu semakin aktif

Fakta 8 - Gerakan janin 24 minggu semakin aktif

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-8 adalah gerakan janin semakin aktif. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, gerakan janin yang semakin aktif pada usia 24 minggu ini umumnya dikarenakan otak janin yang semakin berkembang pesat. Bahkan pada kehamilan 24 minggu ini ibu hamil akan sering diganggu oleh janin, terutama ketika janin sedang terjaga. Oleh sebab itu, ibu hamil 24 minggu jangan kaget apa bila janin membuat gerakan-gerakan yang tidak terduga.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Organ pernafasan janin 24 minggu semakin berkembang

Fakta 9 - Organ pernafasan janin 24 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-9 adalah organ pernafasan janin semakin berkembang. Meskipun pada minggu-minggu sebelumnya organ pernafasan janin telah terbentuk dengan baik dan janin sudah berlatih bernafas didalam rahim, namun tahukah kamu jika pada usia ke-24 ini justru organ pernafasan janin sudah semakin berkembang, dimana organ paru-paru janin sudah mulai membentuk percabangan, sehingga paru-paru janin akan lebih responsif terhadap udara yang sesungguhnya dan bukan lagi bernafas menggunakan cairan amnion.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Janin 24 minggu dikategorikan prematur

Fakta 10 - Janin 24 minggu dikategorikan prematur

Fakta kehamilan 24 minggu yang ke-10 adalah janin sudah dapat dikategorikan prematur. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 24 minggu, janin di dalam kandungan ternyata sudah dapat dikategorikan sebagai janin yang bisa bertahan hidup apabila dilahirkan ke dunia atau yang disebut juga dengan janin viable.

Maksudnya disini adalah janin yang terlahir saat baru memasuki usia 24 minggu dapat dikategorikan sebagai bayi prematur walaupun janin sudah dapat bertahan hidup. Meskipun demikian, janin 24 minggu tersebut masih tergolong rentan dan membutuhkan bantuan alat seperti incubator untuk bertahan hidup. Hal ini dilakukan supaya organ tubuh bayi dapat tumbuh dengan sempurna.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3