10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil
10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 22 minggu atau sekitar 154 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua dari 3 trisemester masa kehamilan yang akan dilewati. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, terutama pada janin di dalam kandungan.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 22 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang perkembangan kehamilan pada usia 22 minggu dan janin 22 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Ukuran janin 22 minggu sebesar buah pepaya

Fakta 1 - Ukuran janin 22 minggu sebesar buah pepaya
Fakta 1 - Ukuran janin 22 minggu sebesar buah pepaya

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-1 adalah ukuran janin sudah sebesar buah pepaya. Jika pada minggu-minggu sebelumnya janin sudah berukuran sebesar wortel, maka pada minggu ke-22 ini janin sudah berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 22 minggu? Secara umum, janin 22 minggu sudah berukuran sekitar 27 cm dengan beratnya yang sudah sekitar 500 gram atau sudah sebesar buah pepaya. Pada fase ini, ibu hamil 22 minggu biasanya akan sedikit merasakan beban dalam perutnya.

2. Gusi janin 22 minggu mulai tumbuh

Fakta 2 - Gusi janin 22 minggu mulai tumbuh
Fakta 2 - Gusi janin 22 minggu mulai tumbuh

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-2 adalah gusi janin mulai tumbuh. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 22 minggu, gusi janin di dalam kandungan mulai tumbuh dan nantinya akan ditumbuhi oleh gigi setelah bayi lahir ke dunia. Pada fase ini, gusi janin akan mempersiapkan dengan baik dan nantinya akan semakin berkembang pada minggu-minggu berikutnya.

3. Janin 22 minggu sudah dapat tidur dan bangun

Fakta 3 - Janin 22 minggu sudah dapat tidur dan bangun
Fakta 3 - Janin 22 minggu sudah dapat tidur dan bangun

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-3 adalah janin sudah dapat tidur dan bangun. Pada fase ini, perkembangan janin 22 minggu memang bisa dibilang cukup krusial. Seperti yang diketahui, jika pada fase ini biasanya janin sudah dapat tertidur dan bangun dengan ritme tertentu atau setidaknya janin di dalam kandungan akan tidur selama 12-14 jam sehari. Walaupun janin 22 minggu sudah dapat tidur dan bangun, akan tetapi waktunya tidak sama seperti ibunya. Jadi jangan heran apabila janin bangun dan kemudian menendang-nendang kecil di perut sang ibu ketika tidur di malam hari.

4. Pendengaran dan penglihatan janin 22 minggu semakin kuat

Fakta 4 - Pendengaran dan penglihatan janin 22 minggu semakin kuat
Fakta 4 - Pendengaran dan penglihatan janin 22 minggu semakin kuat

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-4 adalah pendengaran dan penglihatan janin semakin kuat. Pada kehamilan 22 minggu ini, pendengaran dan penglihatan janin di dalam kandungan juga sudah semakin kuat dan baik. Bahkan hal yang paling menyenangkan pada fase ini adalah sang ibu sudah dapat berinteraksi langsung dengan janin.

Seperti yang diketahui jika pada tahap ini janin sudah dapat mendengar cerita atau nyanyian sang ibu. Oleh sebab itulah, pada kehamilan 22 minggu ini ibu hamil disarankan untuk memperbanyak interaksi dengan janin agar perkembangan janin semakin optimal.

5. Pigmen mata janin 22 minggu belum terbentuk

Fakta 5 - Pigmen mata janin 22 minggu belum terbentuk
Fakta 5 - Pigmen mata janin 22 minggu belum terbentuk

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-5 adalah pigmen mata janin belum terbentuk. Meskipun pada kehamilan 22 minggu ini janin sudah mempunyai kelopak mata dan alis, tahukah kamu jika ternyata pigmen mata janin 22 minggu belum terbentuk, sehingga pada fase ini kita belum dapat mengetahui warna mata janin yang sesungguhnya. Meskipun demikian, pigmen mata janin tersebut baru akan terlihat dengan jelas diminggu-minggu berikutnya.

6. Janin 22 minggu mulai bernafas

Fakta 6 - Janin 22 minggu mulai bernafas
Fakta 6 - Janin 22 minggu mulai bernafas

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-6 adalah janin mulai bernafas. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 22 minggu, janin di dalam kandungan ternyata sudah mulai menghasilkan suatu senyawa yang disebut surfaktanke di dalam cairan ketuban, dimana senyawa surfaktanke ini berfungsi untuk memicu janin berlatih bernafas meskipun janin masih hidup dan tinggal di dalam rahim. Jadi bisa dibilang, janin usia 22 minggu sedang berlatih bernapas supaya nantinya dapat bernafas dengan normal saat lahir ke dunia.

7. Rambut janin 22 minggu mulai tumbuh

Fakta 7 - Rambut janin 22 minggu mulai tumbuh
Fakta 7 - Rambut janin 22 minggu mulai tumbuh

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-7 adalah rambut janin mulai tumbuh. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 22 minggu, janin di dalam kandungan ternyata sudah mulai tumbuh rambut dibagian kepala. Meskipun rambut yang tumbuh pada janin tersebut tergolong sangat halus, namun hal tersebut akan menentukan fase selanjutnya, entah itu akan semakin lebat atau sebaliknya.

8. Gerakan janin 22 minggu semakin kuat

Fakta 8 - Gerakan janin 22 minggu semakin kuat
Fakta 8 - Gerakan janin 22 minggu semakin kuat

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-8 adalah gerakan janin semakin kuat. Jika pada minggu-minggu sebelumnya gerakan janin tergolong tidak terlalu kuat, maka pada minggu ke-22 ini gerakan janin di dalam kandungan justru sudah semakin kuat, sehingga wajar saja jika pada kehamilan 22 minggu ibu hamil akan merasakan gerakan yang kuat dari dalam perut. Seperti yang diketahui jika pada usia 22 minggu ini janin cenderung berlatih dan bereksperimen dengan anggota tubuhnya.

9. Indra pengecap janin 22 minggu semakin berfungsi dengan baik

Fakta 9 - Indra pengecap janin 22 minggu semakin berfungsi dengan baik
Fakta 9 - Indra pengecap janin 22 minggu semakin berfungsi dengan baik

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-9 adalah indra pengecap janin semakin berfungsi dengan baik. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 22 minggu, indra pengecap janin ternyata semakin berfungsi dengan baik. Bahkan janin di dalam kandungan juga sudah dapat berekspresi saat sang ibu mengkonsumsi makanan pedas atau asam.

Oleh sebab itulah, ibu hamil 22 minggu dituntut untuk tetap mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain membuat janin lebih cepat tumbuh dan berkembang, mengonsumsi makanan sehat nantinya juga akan disukai oleh janin pada saat sudah lahir dan dewasa nanti.

10. Organ reproduksi janin 22 minggu semakin berkembang

Fakta 10 - Organ reproduksi janin 22 minggu semakin berkembang
Fakta 10 - Organ reproduksi janin 22 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 22 minggu yang ke-10 adalah organ reproduksi janin semakin berkembang. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 22 minggu, organ reproduksi janin sudah semakin berkembang. Untuk janin laki-laki usia 22 minggu biasanya akan memgalami perkembangan pada organ testis yang mengarah turun dari daerah pinggul menuju skrotum. Sementara janin perempuan usia 22 minggu akan mulai membentuk kelenjar susu dibagian dadanya.
Loading...
Sponsored Ad