10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 21 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 21 minggu atau sekitar 147 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua dari 3 trisemester masa kehamilan. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, baik itu pada janin di dalam kandungan maupun pada sang ibu sendiri.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 21 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 21 minggu dan janin 21 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Daftar Isi

1. Ukuran janin 21 minggu sebesar wortel

Fakta 1 - Ukuran janin 21 minggu sebesar wortel

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-1 adalah ukuran janin sudah sebesar wortel. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pada tahap ini janin 21 minggu juga berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 21 minggu? Secara umum, janin 21 minggu sudah berukuran sebesar wortel atau mempunyai panjang sekitar 21,6 cm dengan beratnya yang mencapai 340 gram. Pada fase ini, janin di dalam kandungan biasanya sudah dapat bergerak dan berenang dengan leluasa di dalam kandungan.

2. Janin 21 minggu sudah dapat merasakan rasa makanan

Fakta 2 - Janin 21 minggu sudah dapat merasakan rasa makanan

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-2 adalah janin sudah dapat merasakan rasa makanan. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 21 minggu, ternyata janin di dalam rahim sudah dapat merasakan rasa makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Oleh sebab itulah, ibu hamil pada usia ke-21 minggu dituntut untuk tetap mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain membuat janin lebih cepat tumbuh dan berkembang, mengonsumsi makanan sehat nantinya juga akan disukai oleh janin pada saat sudah lahir dan dewasa nanti.

3. Gerakan janin 21 minggu mulai terasa

Fakta 3 - Gerakan janin 21 minggu mulai terasa

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-3 adalah gerakan janin mulai terasa. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 21 minggu, ibu hamil sudah dapat merasakan gerakan janin di dalam rahim, seperti janin berputar-putar diperut, menendang-nendang perut, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, kaki dan tangan janin pun juga sudah terkoneksi dengan saraf, sehingga janin sudah dapat merasakan gerakannya sendiri.

4. Otak dan saraf janin 21 minggu mulai terkoneksi

Fakta 4 - Otak dan saraf janin 21 minggu mulai terkoneksi

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-4 adalah otak dan saraf janin mulai terkoneksi. Masih berkaitan dengan point sebelumnya. Secara umum, gerakan janin yang mulai terasa pada minggu ke-21 tersebut disebabkan oleh syaraf dan otak janin yang sudah berkembang dan terkoneksi. Bahkan perkembangan otak dan syaraf pada usia kehamilan 21 minggu cenderung sangat pesat dan cepat. Oleh sebab itulah, ibu hamil pada usia ke-21 minggu dituntut untuk tetap mengonsumsi lebih banyak makanan sehat guna mendukung pertumbuhan otak dan mental sang janin.

5. Janin 21 minggu mulai mempunyai alis dan kelopak mata

Fakta 5 - Janin 21 minggu mulai mempunyai alis dan kelopak mata

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-5 adalah janin mulai mempunyai alis dan kelopak mata. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 21 minggu, ternyata janin di dalam kandungan sudah mulai mempunyai alis dan kelopak mata yang berguna untuk melindungi mata dari cairan ketuban atau amnion. Meskipun pada fase ini mata janin masih tertutup, namun dengan mulai adanya alis dan kelopak mata justru menandakan bahwa janin di dalam kandungan masih dalam keadaan sehat dan normal.

6. Organ reproduksi janin 21 minggu mulai menampakkan jenis kelaminnya

Fakta 6 - Organ reproduksi janin 21 minggu mulai menampakkan jenis kelaminnya

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-6 adalah organ reproduksi janin mulai menampakkan jenis kelaminnya. Jika pada minggu-minggu sebelumnya jenis kelamin belum terlalu menampakan jenis kelaminnya, maka pada minggu ke-21 ini organ reproduksi sudah mulai menampakkan jenis kelaminnya dengan jelas, terutama bagi janin yang berjenis kelamin perempuan. Organ reproduksi tersebut pada umumnya akan terus berkembang diminggu-minggu berikutnya sampai sempurna.

7. Janin 21 minggu banyak minum cairan ketuban

Fakta 7 - Janin 21 minggu banyak minum cairan ketuban

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-7 adalah janin lebih banyak minum cairan ketuban. Seperti yang diketahui jika cairan ketuban merupakan sumber energi dan makan bagi janin yang ada di dalam kandungan. Namun tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 21 minggu, janin di dalam kandungan ternyata cenderung lebih banyak meminum cairan ketuban atau amnion. Bahkan pada fase ini, janin di dalam kandungan juga sudah membentuk feses dalam tubuhnya atau yang disebut dengan istilah meconicum.

8. Janin 21 minggu sudah dapat merasakan sentuhan

Fakta 8 - Janin 21 minggu sudah dapat merasakan sentuhan

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-8 adalah janin sudah dapat merasakan sentuhan. Tidak hanya mulai melakukan gerakan-gerakan kecil di dalam kandungan, janin 21 minggu ternyata juga sudah dapat merasakan sentuhan. Bahkan janin 21 minggu juga sudah dapat membalas sentuhan langsung dari sang ibu, terutama saat diusap bagian perut sang ibu. Oleh sebab itu, jangan heran apabila pada fase ini ibu hamil selalu mendapatkan balasan sentuhan dari sang janin.

9. Tulang dan paru-paru janin 21 minggu mulai terlihat saat USG

Fakta 9 - Tulang dan paru-paru janin 21 minggu mulai terlihat saat USG

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-9 adalah tulang dan paru-paru janin mulai terlihat saat USG. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 21 minggu, ternyata tulang dan paru-paru di dalam kandungan sudah bisa dilihat saat melakukan proses USG atau dengan menggunakan Ultrasonografi. Nah pada fase ini, sebaiknya perhatikan dengan baik hasil USG saat melakukan pemeriksaan.

10. Detak jantung janin 21 minggu lebih cepat dari ibunya

Fakta 10 - Detak jantung janin 21 minggu lebih cepat dari ibunya

Fakta kehamilan 21 minggu yang ke-10 adalah detak jantung janin lebih cepat dari ibunya. Tidak hanya tulang dan paru-paru, detak jantung janin pun juga sudah dapat ditangkap pada fase ini dengan menggunakan stetoskop. Namun tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 21 minggu, detak jantung janin ternyata lebih cepat jika dibandingkan dengan detak jantung sang ibu, yaitu berkisar antara 120-160 denyut jantung per-menitnya.
Loading...
Sponsored Ad
Halaman :