15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 20 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu atau sekitar 140 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua dari 3 trisemester masa kehamilan. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi dari hari ke hari, baik itu pada janin di dalam kandungan maupun ibu hamil sendiri.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 20 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 20 minggu dan janin 20 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Suhu tubuh ibu hamil 20 minggu meningkat

Fakta 1 - Suhu tubuh ibu hamil 20 minggu meningkat

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-1 adalah suhu tubuh ibu hamil meningkat. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu, suhu tubuh ibu hamil ternyata semakin meningkat hingga beberapa derajat, sehingga secara tidak langsung tubuh ibu hamil 18 minggu lebih berkeringat dan bahkan mengalami ruam dibeberapa area, seperti bagian payudara, bawah lengan, dan kaki.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya ibu hamil 18 minggu menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak membuat tubuh menjadi semakin panas, salah satunya adalah menggunakan pakaian berbahan dasar dari katun. Selain itu, ibu hamil 18 minggu juga bisa mengatasi ruam yang terjadi dibeberapa area tersebut dengan menggunakan bedak bayi.

16 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 17 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Ibu hamil 20 minggu akan mengalami topeng kupu-kupu

Fakta 2 - Ibu hamil 20 minggu akan mengalami topeng kupu-kupu

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-2 adalah ibu hamil akan mengalami topeng kupu-kupu. Tahukah kamu, sekitar 50-70 persen ibu hamil akan mengalami chloasma atau yang kerap disebut dengan topeng kupu-kupu atau topeng kehamilan. Secara umum, chloasma sendiri merupakan bercak pigmentasi yang terletak dibagian wajah dan berwarna coklat tua. Nah jika kamu mengalaminya, ada baiknya untuk segera menghindari kontak langsung dengan matahari supaya topeng kupu-kupu atau topeng kehamilan tidak semakin parah.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 18 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Ibu hamil 20 minggu mulai keluar kelenjar susu

Fakta 3 - Ibu hamil 20 minggu mulai keluar kelenjar susu

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-3 adalah ibu hamil mulai keluar kelenjar susu. Selain perubahan pada suhu tubuh dan kulit wajah, ibu hamil 20 minggu juga akan mengalami perubahan dibagian payudara, dimana kelenjar susu ibu hamil pada fase ini mulai muncul sedikit demi sedikit.

Hal ini pada umumnya wajar dan normal, sebab pada minggu ke-18 ini payudara ibu hamil sedang mempersiapkan ASI untuk calon banyinya nanti. Namun jika kamu tidak mengalami perubahan ini, jangan khawatir, sebab kelenjar susu akan tetap befungsi ketika telah melahirkan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 21 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Ibu hamil 20 minggu akan sering buang air kecil

Fakta 4 - Ibu hamil 20 minggu akan sering buang air kecil

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-4 adalah ibu hamil akan sering buang air kecil. Jika pada awal trisemester kedua ibu hamil cenderung normal dan jarang buang air kecil, maka pada minggu ke-20 inilah ibu hamil justru mulai sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Meskipun demikian, jangan khawatir, sebab hal tersebut wajar dan normal dikarenakan ginjal pada ibu hamil 20 minggu cenderung bekerja lebih aktif dibanding minggu-minggu sebelumnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Usia 20 minggu waktunya untuk mulai memikirkan proses persalinan

Fakta 5 - Usia 20 minggu waktunya untuk mulai memikirkan proses persalinan

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil sudah waktunya mulai memikirkan proses persalinan. Meskipun persalinan masih cukup lama, namun ada baiknya ibu hamil 20 minggu sudah mulai memikirkan proses persalinan. Pada fase ini, ada baiknya ibu hamil mulai berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan perihal persiapan persalinan. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengikuti kelas kehamilan guna menambah wawasan maupun bertukar informasi dengan teman sesama ibu hamil.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 24 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Tubuh janin 20 minggu semakin berkembang

Fakta 6 - Tubuh janin 20 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-6 adalah tubuh janin semakin berkembang. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pada tahap ini janin 20 minggu juga berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 20 minggu?

Secara umum, janin 20 minggu sudah berukuran sekitar 20 sampai 22 cm dengan beratnya sekitar 200-300 gram atau kira-kira sudah sebesar telapak tangan. Meskipun demikian, ukuran janin 20 minggu tersebut berbeda-beda satu sama lain dan tergantung dari berbagai faktor, mulai itu kandungan gizi yang diserap oleh janin dan lain sebagainya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 25 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Kulit janin 20 minggu semakin tebal

Fakta 7 - Kulit janin 20 minggu semakin tebal

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-7 adalah kulit janin semakin tebal. Jika pada minggu-minggu sebelumnya kulit janin cenderung masih transparan, maka pada minggu ke-20 inilah kulit janin di dalam kandungan telah semakin menebal sehingga transparasi kulitnya sudah semakin berkurang. Pada tahap ini, ibu hamil 20 minggu dituntut untuk tetap memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari demi perkembangan dan pertumbuhan janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 26 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Lapisan kulit janin 20 minggu mulai membentuk sel tubuh

Fakta 8 - Lapisan kulit janin 20 minggu mulai membentuk sel tubuh

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-8 adalah lapisan kulit janin mulai membentuk sel tubuh. Masih berkaitan dengan point sebelumnya, dimana pada usia ke-20 ini lapisan kulit janin juga sudah mulai membentuk sel tubuh. Secara umum, kulit dalam tubuh mempunyai 2 lapisan, yaitu lapisan dermis dan lapisan epidermis. Lapisan dermis sendiri merupakan lapisan yang membentuk sel-sel di dalam tubuh, seperti lemak dan sel pembuluh darah. Sedangkan lapisan epidermis sendiri adalah lapisan yang membentuk pola dibeberapa area tubuh janin, seperti di ujung telapak kaki, ujung jari, dan ujung telapak tangan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Sumsum tulang belakang janin 20 minggu semakin terbentuk

Fakta 9 - Sumsum tulang belakang janin 20 minggu semakin terbentuk

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-9 adalah sumsum tulang belakang janin semakin terbentuk. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu, ternyata sumsum tulang belakang pada janin sudah semakin terbentuk dengan kuat. Secara umum, sumsum tulang belakang pada janin berperan untuk mencerna kandungan gula yang bersumber dari cairan amniotik ibu sekaligus juga berperan dalam memproduksi sel darah dalam tubuh janin. Oleh sebab itulah, pada tahap ini ibu hamil dituntut untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi guna memaksimalkan pertumbuhan sumsum tulang belakang janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Gerakan janin 20 minggu semakin kuat

Fakta 10 - Gerakan janin 20 minggu semakin kuat

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-10 adalah gerakan janin semakin kuat. Jika pada minggu-minggu sebelumnya gerakan janin cenderung lemah dan tidak begitu terasa, maka pada minggu ke-20 ini justru gerakan janin semakin kuat. Bahkan pada tahap ini, gerakan janin di dalam kandungan cenderung membuat perut ibu hamil terasa bergerak-gerak, terutama saat dimalam hari. Hal ini dikarenakan janin akan melakukan gerakan sekitar 200 kali dalam sehari, akan tetapi beberapa diantaranya tidak dirasakan oleh sang ibu.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

11. Janin 20 minggu mulai dapat cegukan

Fakta 11 - Janin 20 minggu mulai dapat cegukan

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-11 adalah janin mulai dapat cegukan. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu, ternyata janin sudah dapat cegukan. Bahkan cegukan yang dialami oleh janin tesebut dapat dirasakan oleh sang ibu. Secara umum, cegukan yang dialami oleh janin tersebut disebabkan oleh diafragma dalam tubuhnya yang belum sempurna, sehingga janin sedikit mengalami kejang. Meskipun demikian, jangan khawatir, sebab hal tersebut tidak akan membahayakan kondisi janin di dalam rahim.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

12. Janin 20 minggu dilindungi lapisan vernix caseoda

Fakta 12 - Janin 20 minggu dilindungi lapisan vernix caseoda

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-12 adalah janin dilindungi oleh lapisan vernix caseoda. Tahukah kamu apa itu lapisan vernix caseoda? Secara umum, lapisan vernix caseoda adalah lapisan lemak yang berguna melindungi kulit janin selama dikelilingi oleh air ketuban sekaligus juga berguna untuk melancarkan proses persalinan saat waktunya tiba nanti. Oleh sebab itulah, janin di dalam kandungan akan tetap terlindungi dengan sangat baik hingga melahirkan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

13. Wajah janin 20 minggu mulai terlihat

Fakta 13 - Wajah janin 20 minggu mulai terlihat

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-13 adalah wajah janin mulai terlihat. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu, wajah janin ternyata sudah bisa dilihat melalui proses USG. Meskipun wajah saat proses USG sedikit terlihat samar-samar, tentunya hal ini akan menjadi ibu hamil merasakan bahagia. Oleh sebab itu, saat melakukan proses USG, sebaiknya ajak pasangan supaya bisa melihat calon buah hati dan tentunya menantinya bersama.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

14. Ginjal janin 20 minggu mulai terbentuk

Fakta 14 - Ginjal janin 20 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-14 adalah ginjal janin mulai terbentuk. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu, ginjal janin sudah mulai terbentuk dengan baik yang nantinya berfungsi untuk mengeluarkan urinnya sendiri. Selain itu, sistem imun tubuh janin juga sudah mulai terbentuk pada tahap ini dan berguna untuk melindungi janin dari berbagai macam infeksi maupun serang penyakit yang dapat membahayakan kondisi janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

15. Otak janin 20 minggu semakin berkembang

Fakta 15 - Otak janin 20 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 20 minggu yang ke-15 adalah otak janin semakin berkembang. Tidak hanya ginjal, otak pada janin pun juga mulai mengalami perkembangan yang cukup signifikan saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Pada fase ini, saraf-saraf pada otak janin akan semakin sensitif dan responsif, seperti janin semakin peka terhadap rangsangan cahaya dan sudah berkedip. Selain itu, indera pendengarannya pun juga semakin baik, seperti sudah bisa memberikan respon terhadap apa yang Anda ucapkan dan lakukan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 36 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3 4 5