15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 18 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 18 minggu atau sekitar 129 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua awal dari 3 trisemester masa kehamilan. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, baik itu pada janin di dalam kandungan maupun sang ibu sendiri.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 18 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 18 minggu dan janin 18 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Jantung ibu hamil 18 minggu bekerja lebih keras

Fakta 1 - Jantung ibu hamil 18 minggu bekerja lebih keras

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-1 adalah jantung ibu hamil mulai bekerja lebih keras. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 18 minggu, jantung pada ibu hamil cenderung bekerja lebih keras jika dibandingkan minggu-minggu sebelumnya, yaitu bisa mencapai 40-50 kali lebih keras, sehingga membuat ibu hamil 18 minggu cenderung mudah merasakan lelah walaupun hanya melakukan aktivitas kecil saja.

Nah jika kamu mengalami kondisi seperti ini, ada baiknya untuk beristirahat yang cukup dan jangan memaksakan diri. Selain itu, ibu hamil 18 minggu juga dituntut untuk berhati-hati dalam bergerak, sebab gerakan yang salah justru akan membuat tubuh merasakan nyeri dan bahkan sampai mengalami pusing.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 16 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Volume darah ibu hamil 18 minggu meningkat

Fakta 2 - Volume darah ibu hamil 18 minggu meningkat

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-2 adalah volume darah ibu hamil meningkat. Tidak hanya kerja organ jantunga saja yang mengalami perubahan, volume darah pada ibu hamil 18 minggu juga mengalami perubahan, yaitu cenderung lebih meningkat dari biasanya, sehingga membuat ibu hamil 18 minggu cenderung mudah merasakan pusing dan sakit ditubuh.

Nah jika kamu mengalami kondisi seperti ini, ada baiknya untuk tetap menjaga kadar darah dengan cara mengkonsumsi makanan begizi seperti, seperti buah-buahan, sayur, gandum, dan lain sebagainya. Secara umum, mengkonsumsi makanan sehat secara tidak langsung akan membuat gula darah di dalam tubuh tetap stabil.

16 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 17 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Otot punggung ibu hamil 18 minggu terasa lebih kencang

Fakta 3 - Otot punggung ibu hamil 18 minggu terasa lebih kencang

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-3 adalah otot punggung ibu hamil terasa lebih kencang. Selain jantung dan volume darah, perubahan lain yang dialami oleh ibu hamil 18 minggu adalah otot punggung yang lebih kencang dan sulit bergerak meskipun hanya ditekan lembut. Secara umum hal tersebut wajar dan normal, sebab bagian rahim ibu hamil 18 minggu sudah semakin terasa jelas terletak diantara pusar dan tulang pubis. Pada tahap ini, ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara teratur supaya ukuran rahim dapat dicek oleh dokter secara berkala.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 20 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Perut ibu hamil 18 minggu mulai mengalami stretch mark

Fakta 4 - Perut ibu hamil 18 minggu mulai mengalami stretch mark

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-4 adalah perut ibu hamil mulai mengalami stretch mark. Tahukah kamu apa itu stretch mark? Secara umum, stretch mark adalah guratan atau garis kehamilan yang biasanya akan muncul dibeberapa bagian tubuh, mulai dibagian paha, payudara, bagian atas perut, bokong, dan lain sebagainya yang diakibatkan oleh kulit yang meregang.

Jika dilihat secara sekilas, guratan atau garis kehamilan tersebut mungkin sedikit mengganggu penampilan. Namun bagi ibu hamil yang ingin menghilangkannya, sebaiknya berhati-hati di dalam menggunakan produk. Pastikan produk yang digunakan tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Namun sangat disarankan untuk bersabar dan mengobatinya saat sesudah melahirkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 21 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu hamil 18 minggu mulai mendengkur saat tidur

Fakta 5 - Ibu hamil 18 minggu mulai mendengkur saat tidur

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil mulai mendengkur saat tidur. Tahukah kamu, saat usia kehamilan sudah memasuki usia ke-18, ibu hamil cenderung mendengkur saat tidur. Hal ini pada umum wajar dikarenakan selaput lendir cenderung penuh, sehingga membuat hidung kerap tersumbat dan menyebabkan mendengkur saat tidur.

Namun jangan khawatir, sebab untuk mengatasinya adalah cukup memakai beberapa bantal menyangga kepala atau bisa juga memposisikan tidur miring. Meskipun demikian, ibu hamil 18 minggu dituntut untuk tetap berhati-hati di dalam berpindah posisi tidur. Sebab jika salah posisi tidur, justru akan menekan janin di dalam kandungan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Selera makan ibu hamil 18 minggu semakin meningkat

Fakta 6 - Selera makan ibu hamil 18 minggu semakin meningkat

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-6 adalah selera makan ibu hamil semakin meningkat. Tidak seperti trisemester pertama yang cenderung susah makan dikarenakan sering merasakan mual, pada minggu ke-18 atau tepatnya pada trisemester kedua ini justru selera makan ibu hamil cenderung semakin meningkat.

Nah pada fase ini, ibu hamil 18 minggu bisa menyetok makanan sehat di dapur, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan bergizi lainnya. Hal ini dilakukan supaya ibu hamil 18 minggu tidak akan membeli makanan sembarangan dan tentunya tidak akan membuat kebingungan saat ingin makan sesuatu.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 24 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Perubahan emosi ibu hamil 18 minggu menjadi lebih baik

Fakta 7 - Perubahan emosi ibu hamil 18 minggu menjadi lebih baik

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-7 adalah perubahan emosi ibu hamil menjadi lebih baik. Tahukah kamu, saat usia kehamilan sudah memasuki usia ke-18, emosi ibu hamil ternyata berubah menjadi lebih baik. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh sang ibu sendiri yang mulai merasakan keberadaan sang janin. Seperti yang diketahui, jika janin pada usia ke-18 cenderung melakukan gerakan-gerakan kecil di dalam rahim yang sudah dapat dirasakan oleh sang ibu.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 25 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Ukuran janin 18 minggu semakin berkembang

Fakta 8 - Ukuran janin 18 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-8 adalah ukuran janin semakin berkembang. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pada tahap ini janin 18 minggu juga berkembang dengan pesat, terutama dalam hal ukuran dan berat tubuhnya. Namun tahukah kamu berapa ukuran dan berat janin 18 minggu? Secara umum, janin 18 minggu sudah berukuran sekitar 4,5 sampai 5,5 inci dengan beratnya yang bertambah sekitar 5-7 ons. Pada fase ini, ibu hamil 18 minggu dituntut untuk tetap memperhatikan asupan makanannya demi perkembangan janin di dalam kandungan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 26 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Gerakan janin 18 minggu semakin terasa

Fakta 9 - Gerakan janin 18 minggu semakin terasa

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-9 adalah gerakan janin semakin terasa. Tahukah kamu, saat usia kehamilan sudah memasuki usia ke-18, janin di dalam kandungan sudah banyak melakukan gerakan-gerakan kecil. Bahkan beberapa ibu hamil 18 minggu akan merasakan geli yang menggelitik saat janin sedang mengalakukan gerakan-gerakan kecil. Selain itu, pada fase ini janin 18 minggu juga sudah dapat melakukan banyak ekspresi wajah.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Ruang gerak dalam rahim ibu hamil 18 minggu semakin sempit

Fakta 10 - Ruang gerak dalam rahim ibu hamil 18 minggu semakin sempit

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-10 adalah ruang gerak dalam rahim ibu hamil semakin sempit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika ukuran dan berat janin 18 minggu semakin bertambah. Namun tahukah kamu, jika ukuran dan berat janin 18 minggu yang semakin bertambah tersebut justru membuat rahim ibu semakin sempit. Meskipun demikian, jangan khawatir, sebab rahim akan membesar secara elastis dan menyesuaikan dengan janin yang ada di dalamnyas ehingga janin di dalam kandungan tidak akan kesulitan untuk bergerak.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

11. Janin 18 minggu mulai mengisap ibu jarinya

Fakta 11 - Janin 18 minggu mulai mengisap ibu jarinya

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-11 adalah janin mulai mengisap ibu jarinya. Tahukah kamu, saat usia kehamilan sudah memasuki usia ke-18, janin di dalam kandungan ternyata sudah mulai mengisap ibu jarinya sendiri. Meskipun demikian, gerakan mengisap ibu jari tersebut pada umumnya hanya dapat dilihat melalui proses USG dan itu pun jika kebetulan melihatnya saat proses USG.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

12. Kulit janin 18 minggu masih transparan

Fakta 12 - Kulit janin 18 minggu masih transparan

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-12 adalah kulit janin masih transparan. Meskipun janin 18 minggu sudah mengalami perubahan sangat signifikan, namun tahukah kamu jika kulit pada janin 18 minggu masih transparan, sehingga masih terlihat sangat jelas pembuluh darah yang ada di dalam tubuh janin. Namun jangan khawatir, sebab dalam minggu-minggu ke depannya kulit janin akan tumbuh hingga sempurna.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

13. Tulang janin 18 minggu semakin kuat

Fakta 13 - Tulang janin 18 minggu semakin kuat

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-13 adalah tulang janin semakin kuat. Seiring dengan bertambahnya usia janin, tahukah kamu jika tulang janin juga akan semaki kuat dan lebih padat. Oleh sebab itulah, ibu hamil 18 minggu diajurkan untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung banyak kalsium supaya tumbuh kembangnya semakin maksimal, seperti mengonsumsi yogurt, puding, keju, susu, dan makanan kalsium lainnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

14. Sistem pencernaan janin 18 minggu semakin berkembang

Fakta 14 - Sistem pencernaan janin 18 minggu semakin berkembang

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-14 adalah sistem pencernaan janin semakin berkembang. Tidak hanya tulangnya saja yang semakin berkembang, sistem pencernaan janin 18 minggu pun juga semakin berkembang. Meskipun janin 18 minggu belum diberi asupan berbentuk makanan, namun tahukah kamu jika janin di dalam kandungan sudah dapat menyerap gizi melalui air ketuban, dimana air ketuban yang ditelan janin tersebut akan memasuki perut dan ususnya, kemudian bercampur dengan sel-sel mati.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

15. Indera perasa janin 18 minggu semakin tajam

Fakta 15 - Indera perasa janin 18 minggu semakin tajam

Fakta kehamilan 18 minggu yang ke-15 adalah indera perasa janin semakin tajam. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 18 minggu, indera perasa janin ternyata sudah semakin tajam dan terasah, dimana janin 18 minggu sudah dapat membedakan rasa manis dan pahit dari apa yang diserapnya.

Oleh sebab itulah, banyak dari ibu hamil yang cenderung tiba-tiba tidak menyukai makanan tertentu. Hal tersebut kemungkinan besar dikarenakan janin di dalam kandungan sedang tidak menyukai makanan tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengimbangi makanan yang enak dan sehat pada usia kehamilan memasuki ke-18 ini.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3 4 5