16 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 17 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 17 minggu atau sekitar 122 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua awal dari 3 trisemester masa kehamilan. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, baik itu pada janin maupun sang ibu.

Namun tahukah kamu apa saja perubahan positif yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin usia 17 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 17 minggu dan janin 17 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Ibu hamil 17 minggu sering merasa gerah

Fakta 1 - Ibu hamil 17 minggu sering merasa gerah

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-1 adalah ibu hamil sering merasakan gerah. Tahukah kamu, saat masa kehamilan memasuki usia 17 minggu, ibu hamil cenderung sering merasakan gerah. Secara umum, hal tersebut wajar dan normal dikarenakan adanya kebutuhan supply darah yang banyak di dalam tubuh dan membuat ibu hamil 17 minggu cenderung sering merasakan gerah atau panas.

Bahkan rasa gerah yang dialami tersebut juga akan tetap terasa meskipun ibu hamil 17 minggu berada di tempat yang dingin sekalipun. Selain itu, kebutuhan supply darah yang banyak tersebut juga akan berdampak pada telapak tangan ibu hamil 17 minggu dan mengakibatkan telapak tangan muncul berwarna kemerahan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 15 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Kaki ibu hamil 17 minggu mudah sakit

Fakta 2 - Kaki ibu hamil 17 minggu mudah sakit

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-2 adalah kaki ibu hamil lebih mudah merasakan sakit. Tidak hanya akan merasa gerah, saat masa kehamilan memasuki usia 17 minggu, kaki ibu hamil juga akan mudah merasakan sakit, apalagi saat sedang berdiri terlalu lama. Secara umum, hal tersebut normal dan wajar dikarenakan pembuluh darah, terutama pembuluh darah dibagian kaki cenderung terlihat lebih jelas dari biasanya.

Bahkan, ibu hamil 17 minggu juga bisa mengalami pembekakan dan pelebaran pembuluh darah vena pada kaki atau yang disebut varises yang diakibatkan oleh penumpukan darah. Namun jangan khawatir, sebab ibu hamil 17 minggu dapat mengatasinya dengan cara memakai stocking antivarises atau yang disebut juga bebat kompresi.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 16 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Rambut ibu hamil 17 minggu terus rontok

Fakta 3 - Rambut ibu hamil 17 minggu terus rontok

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-3 adalah rambut ibu hamil terus rontok. Tahukah kamu, saat masa kehamilan memasuki usia 17 minggu, ibu hamil juga akan mengalami masalah terhadap rambutnya, yaitu mengalami kerontokan rambut yang bisa dibilang cukup parah dan sering.

Kerontokan yang dialami ibu hamil 17 minggu tersebut bahkan akan tetap terjadi walaupun sudah memakai shampo ataupun obat rambut sekalipun. Selain rambut, kuku pada ibu hamil 17 minggu juga cenderung lebih rapuh dari sebelumnya. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya ibu hamil bisa memakai vitamin untuk memperkuat rambut dan kuku.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 18 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Perut ibu hamil 17 minggu lebih besar dan berat badan naik

Fakta 4 - Perut ibu hamil 17 minggu lebih besar dan berat badan naik

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-4 adalah perut ibu hamil lebih besar dan berat badan ikut naik. Setiap minggu masa kehamilan, ibu hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badan dan perut nampak lebih besar. Namun tahukah kamu berapa kenaikan berat badan pada kehamilan 17 minggu? Secara umum, saat kehamilan memasuki usia 17 minggu ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 5–10 pon. Bahkan pada minggu ke-17 ini nafsu makan ibu hamil juga semakin meningkat dibanding minggu-minggu sebelumnya.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 20 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu hamil 17 minggu cenderung mengalami perubahan emosi

Fakta 5 - Ibu hamil 17 minggu cenderung mengalami perubahan emosi

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil cenderung mengalami perubahan emosi. Selain perubahan bentuk fisik, saat usia kehamilan memasuki ke-17 ibu hamil juga akan mengalami perubahan emosi, seperti menjadi lebih emosional dan sensitif. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh sesuatu yang belum terbiasa dilakukan oleh sang ibu, seperti merasa pakaian yang digunakan tidak cocok dengan perubahan bentuk tubuhnya dan lain sebagainya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 21 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Posisi tidur ibu hamil 17 minggu tidak sembarangan

Fakta 6 - Posisi tidur ibu hamil 17 minggu tidak sembarangan

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-6 adalah posisi tidur ibu hamil tidak boleh sembarangan. Tahukah kamu, saat masa kehamilan memasuki usia 17 minggu, ibu hamil dituntut untuk berhati-hati dalam bergerak maupun melakukan perubahan posisi, terutama posisi saat tidur dikarenakan bentuk tubuh sudah semakin membesar. Bahkan jika ibu hamil 17 minggu ingin berganti posisi, maka diharuskan untuk melakukannya secara perlahan-lahan guna menghindari rasa pusing, nyeri, atau bahkan pingsan mendadak.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Denyut nadi janin 17 minggu bisa diukur

Fakta 7 - Denyut nadi janin 17 minggu bisa diukur

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-7 adalah denyut nadi janin sudah bisa diukur. Tidak hanya sang ibu saja yang mengalami perubahan, janin 17 minggu juga mengalami perkembangan yang signifikan. Namun tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 17 minggu, detak jantung janin di dalam kandungan sudah bisa diukur.

Untuk cara mengukurnya sendiri sangat mudah, yaitu dengan mengukur denyut nadi sang ibu dengan cara memegang pergelangan nadinya sendiri lalu diukur berapa denyut nadi permenitnya. Jika sudah, total jumlah nadi permenitnya tadi kemudian kalikan dua, maka hasilnya tadi adalah perkiraan detak jantung janin 17 minggu permenitnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 24 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Kaki janin 17 minggu mulai tumbuh

Fakta 8 - Kaki janin 17 minggu mulai tumbuh

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-8 adalah kaki janin mulai tumbuh. Jika pada trisemester pertama kaki janin cenderung lebih pendek dari tangannya dan minggu ke-15 kaki mulai lebih panjang dari tangannya, maka pada minggu ke-17 inilah kaki janin mulai tumbuh dengan pesat. Meskipun ukurannya belum sesuai dengan ukuran tubuhnya, maka hal tersebut akan sesuai dengan ukurannya selama proses kehamilan sampai kelahiran nantinya. Oleh sebab itulah, ibu hamil 17 minggu disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, terutama makanan yang mengandung kalsium yang berguna bagi perkembangan janin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 25 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Jari dan tangan janin 17 minggu mulai terbentuk

Fakta 9 - Jari dan tangan janin 17 minggu mulai terbentuk

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-9 adalah jari dan tangan janin mulai terbentuk. Selain bagian kaki, bagian jari dan tangan ternyata juga mulai terbentuk saat usia kehamilan memasuki ke-17. Bahkan pada fase ini janin 17 minggu sudah bisa mengepalkan dan menggerakkan tangannya, seperti menarik tali pusar sang ibu yang melintang dan lain sebagainya. Selain itu, tahukah kamu saat kehamilan memasuki usia 17 minggu ternyata sidik jari janin sudah mulai terbentuk.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 26 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Jenis kelamin janin 17 minggu sudah dapat diketahui

Fakta 10 - Jenis kelamin janin 17 minggu sudah dapat diketahui

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-10 adalah jenis kelamin janin sudah dapat diketahui. Jika pada minggu-minggu sebelumnya alat kelamin janin belum dapat diketahui melalui proses USG, maka pada minggu ke-17 inilah janin di dalam kandungan sudah dapat diketahui alat kelaminnya melalui proses USG oleh dokter kandungan atau bidan. Apapun jenis kelaminnya, baik itu laki-laki maupun perempuan, maka sudah sepatutnya untuk mensyukuri.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 28 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

11. Tempurung kepala janin 17 minggu mulai mengeras

Fakta 11 - Tempurung kepala janin 17 minggu mulai mengeras

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-11 adalah tempurung kepala janin mulai mengeras. Jika pada minggu sebelumnya kepala janin sudah terbentuk namun belum sempurna, maka pada minggu ke-17 inilah tempurung kepala janin di dalam kandungan sudah mulai mengeras. Bahkan bentuk janin 17 minggu cenderung semakin terlihat proporsional dan lebih jelas dari minggu sebelumnya. Selain itu, saraf bagian tulang belakang janin 17 minggu juga ikut menguat dikarenakan telah dilindungi oleh lapisan mielin.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 30 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

12. Pertumbuhan tulang rawan janin 17 minggu mulai tumbuh padat dan kuat

Fakta 12 - Pertumbuhan tulang rawan janin 17 minggu mulai tumbuh padat dan kuat

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-12 adalah pertumbuhan tulang rawan mulai tumbuh padat dan kuat. Tidak hanya tempurung kepala dan tulang belakang saja yang mengalami perkembangan semakin mengeras, tulang rawan pada janin 17 minggu juga mengalami perkembangan, dimana pada minggu ke-17 ini tulang rawan mulai tumbuh dengan padat dan kuat.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 31 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

13. Plasenta janin 17 minggu mulai tumbuh tebal dan kuat

Fakta 13 - Plasenta janin 17 minggu mulai tumbuh tebal dan kuat

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-13 adalah plasenta mulai tumbuh tebal dan kuat. Selain tempurung kepala, tulang belakang, dan tulang rawan, plasenta pada janin 17 minggu juga semakin tebal dan kuat jika dibandingkan dengan fase sebelumnya. Seperti yang diketahui jika plasenta atau ari-ari merupakan organ yang dibentuk jaringan pembuluh darah yang berguna untuk memberi nutrisi pada janin dan berfungsi untuk melindungi janin dari infeksi sekaligus sebagai sarana pertukaran gas melalui asupan darah ibu.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 32 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

14. Kelenjar keringat janin 17 minggu mulai berkembang

Fakta 14 - Kelenjar keringat janin 17 minggu mulai berkembang

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-14 adalah kelenjar keringat janin mulai berkembang. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki minggu ke-17, kelenjar keringat pada janin ternyata sudah mulai berkembang dan yang nantinya berfungsi untuk menguatkan saluran tali pusat sebagai sumber makan janin di dalam kandungan.

Seperti yang diketahui, jika asupan yang konsumsi oleh ibu hamil akan diserap langsung oleh janin melalui saluran tali pusat. Oleh sebab itu, pada kehamilan 17 minggu ini sang ibu dituntut untuk terus memperhatikan kandungan makanan yang dikonsumsinya selama masa kehamilan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 33 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

15. Jaringan lemak tubuh janin 17 minggu mulai tumbuh

Fakta 15 - Jaringan lemak tubuh janin 17 minggu mulai tumbuh

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-15 adalah jaringan lemak tubuh janin mulai tumbuh. Tidak hanya kelenjar keringat yang mulai tumbuh berkembang, jaringan lemak pada janin 17 minggu juga mulai tumbuh berkembang. Secara umum, lemak terletak dibagian bawah kulit tubuh janin dan berfungsi sebagai nutrisi tambahan bagi janin serta digunakan untuk menjaga suhu tubuh ketika janin lahir nantinya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 34 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

16. Ibu hamil 17 minggu sudah dapat melakukan tes amniocentesis

Fakta 16 - Ibu hamil 17 minggu sudah dapat melakukan tes amniocentesis

Fakta kehamilan 17 minggu yang ke-16 adalah ibu hamil sudah dapat melakukan tes amniocentesis. Tahukah kamu apa itu tes amniocentesis? Secara umum, tes amniocentesis merupakan tes yang digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan cacat janin ketika lahir.

Tes amniocentesis ini umumnya sangat dianjurkan oleh dokter kepada ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun dikarenakan sangat beresiko gangguan pada janin, seperti down syndrome. Oleh sebab itu, ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun dianjurkan untuk berdiskusi pada dokter kandungan lebih lanjut mengenai tes amniocentesis.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 35 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3 4 5