10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 15 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 15 minggu atau sekitar 108 hari menandakan bahwa calon ibu tengah memasuki masa trisemester kedua awal dari 3 trisemester masa kehamilan. Pada tahap ini umumnya banyak hal positif yang akan terjadi, baik itu pada janin maupun sang ibu. Meskipun demikian, ada juga beberapa hal yang kurang mengenakan tentang kondisi ibu hamil.

Nah berbicara mengenai kehamilan usia 15 minggu dan janin 15 minggu, tahukah kamu apa saja perubahan yang akan terjadi pada ibu hamil dan janin? Berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 15 minggu dan janin 15 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Janin 15 minggu mempunyai berat 70 gram

Fakta 1 - Janin 15 minggu mempunyai berat 70 gram

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-1 adalah janin mempunyai berat 70 gram. Jika pada minggu sebelumnya janin masih berukuran panjang sekitar 8 cm dan beratnya yang mencapai 40 gram, maka pada minggu ke-15 ini janin di dalam kandungan sudah semakin besar. Meskipun demikian, perubahan pada minggu ke-15 memang tidak terlalu berbeda jauh dengan minggu ke-14, yaitu beratnya yang sudah mencapai 70 gram dengan panjangnya mencapai 9.1 cm terhitung dari kepala sampai kaki.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 13 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Janin 15 minggu sudah bisa cegukan

Fakta 2 - Janin 15 minggu sudah bisa cegukan

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-2 adalah janin sudah bisa cegukan. Jika pada minggu sebelumnya janin mulai memahami beberapa ekspresi, maka ekspresi yang bisa dilakukan pada minggu ke-15 ini adalah janin sudah dapat cegukan. Secara umum, cegukan yang terjadi pada janin tersebut merupakan pertanda bahwa janin sedang belajar untuk bernafas. Meskipun demikian, cegukan yang terjadi pada janin tersebut belum dapat dirasakan oleh ibu hamil dikarenakan tenggorokan janin 14 minggu masih berisi cairan dan bukanlah udara.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 14 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Berat ibu hamil 15 minggu bertambah sekitar 2.2 sampai 4.5 kg

Fakta 3 - Berat ibu hamil 15 minggu bertambah sekitar 2.2 sampai 4.5 kg

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-3 adalah Berat ibu hamil bertambah sekitar 2.2 sampai 4.5 kg. Tidak hanya janin saja yang mulai mengalami perkembangan dari sisi berat badan, ibu hamil 15 minggu juga mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah berat badannya yang bertambah sekitar 2.2 sampai 4.5 kg.

Meskipun sebagian ibu hamil tidak menyadari kenaikan berat badan tersebut, namun jangan khawatir, sebab kenaikan berat yang di alami oleh ibu hamil tersebut normal dan wajar.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 16 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Ukuran tubuh janin 15 minggu mulai proporsional

Fakta 4 - Ukuran tubuh janin 15 minggu mulai proporsional

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-4 adalah ukuran tubuh janin mulai proporsional. Jika pada trisemester pertama janin dalam kandungan cenderung berkembang pesat pada bagian kepala, maka pada trisemester ke-2 inilah janin cenderung lebih berkembang dibagian tubuhnya, sehingga tubuh janin akan lebih proporsional pada minggu ke-15. Bahkan jika pada minggu-minggu sebelumnya tangan janin lebih panjang dari kakinya, maka pada minggu ke-15 kaki janin lebih panjang dari kakinya.

16 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 17 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Alat kelamin janin 15 minggu sudah berkembang dengan baik

Fakta 5 - Alat kelamin janin 15 minggu sudah berkembang dengan baik

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-5 adalah alat kelamin janin sudah berkembang dengan baik. Jika pada minggu ke-7 alat kelamin janin mulai terbentuk, maka pada minggu ke-15 inilah alat kelamin pada janin sudah berkembang dengan baik. Bahkan jenis kelamin janin juga sudah dapat diketahui melalui pemeriksaan ultrasound. Meskipun demikian, dokter biasanya akan menyarankan untuk menunggu hingga usia kehamilan memasuki usia 18-22 minggu guna mengetahui secara pasti jenis kelamin janin dalam kandungan, apakah laki-laki atau perempuan.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 18 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Janin 15 minggu sudah bisa mendengar

Fakta 6 - Janin 15 minggu sudah bisa mendengar

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-6 adalah janin sudah bisa mendengar. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 15 minggu, janin di dalam kandungan sudah dapat merasakan dan menampilkan ekspresi berupa mendengar, termasuk mendengar suara detak jantung dan pencernaan sang ibu. Oleh sebab itulah mengapa dalam islam janin di dalam kandungan dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran. Bahkan pada tahap ini daun telinga janin 15 minggu sudah mulai berkembang.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 20 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Ibu hami 15 minggu sebaiknya mulai latihan olahraga

Fakta 7 - Ibu hami 15 minggu sebaiknya mulai latihan olahraga

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-7 adalah ibu hamil sebaiknya mulai latihan olahraga. Memang usia kehamilan masih memasuki trisemester kedua dan persalinan masih jauh. Namun tidak ada salahnya untuk mulai latihan olahraga sejak trisemester kedua guna menguatkan bagian kewanitaan sehingga proses persalinan menjadi mudah. Meskipun demikian, dalam berolahraga ada baiknya untuk di dampingi oleh seseorang yang ahli di dalamnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 21 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Jaringan tulang janin 15 minggu semakin kuat

Fakta 8 - Jaringan tulang janin 15 minggu semakin kuat

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-8 adalah jaringan tulang janin semakin kuat. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 15 minggu, jaringan tulang janin di dalam kandungan cenderung semakin kuat dan baik. Hal tersebut terlihat dari kuku janin yang mulai tumbuh, baik itu kuku dibagian tangan maupun kaki. Bahkan pada tahap ini janin 15 minggu juga sudah dapat mengepal dan mempunyai kemampuan mengendalikan otot-ototnya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 22 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Tubuh ibu hamil 15 minggu bakal mengalami banyak perubahan

Fakta 9 - Tubuh ibu hamil 15 minggu bakal mengalami banyak perubahan

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-9 adalah tubuh ibu hamil bakal mengalami banyak perubahan. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 15 minggu, beberapa ibu hamil akan mengalami banyak perubahan, seperti mudah terserang pilek, sering sekali meludah, dan bahkan sampai mengalami mimisan yang diakibatkan meningkatnya volume darah serta pembesaran saluran darah dibagian dalam hidung. Tidak jarang pula ibu hamil 15 minggu juga akan mengalami demam dikarenakan menyesuaikan dengan sistem kekebalan tubuh janin di dalam tubuh.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 24 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Konsentrasi ibu hamil 15 minggu semakin buruk

Fakta 10 - Konsentrasi ibu hamil 15 minggu semakin buruk

Fakta kehamilan 15 minggu yang ke-10 adalah konsentrasi ibu hamil semakin buruk. Tidak hanya tubuh saja yang cenderung mengalami perubahan dan mudah terserang beberapa penyakit, ibu hamil 15 minggu juga mudah sekali kehilangan konsentrasi.

Namun menurut penelitian, kehilangan konsentrasi yang di alami ibu hamil 15 minggu disebabkan oleh sang ibu sendiri yang terlalu memikirkan kehidupan baru setelah si bayi lahir. Nah jika memang demikian, ada baiknya ibu hamil 15 minggu mulai perbanyak istirahat dan membuat catatan kecil.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 25 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3