10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 12 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Advertisment

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 12 minggu atau sekitar 84 hari banyak hal positif yang akan terjadi, baik itu pada janin maupun sang ibu. Bahkan pada tahapan ini calon ibu sudah dapat lega dikarena gangguan mual dan muntah pagi hari akan sedikit berkurang.

Berbicara mengenai kehamilan 12 minggu dan janin 12 minggu, tahukah kamu apa saja hal positif yang akan dialami oleh ibu hamil 12 minggu dan janin 12 minggu? Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 12 minggu dan janin 12 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Janin 12 minggu sudah berukuran sebesar buah plum

Fakta 1 - Janin 12 minggu sudah berukuran sebesar buah plum

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-1 adalah janin sudah berukuran sebesar buah plum. Jika minggu sebelumnya janin berukuran sebesar buah jeruk limau, maka pada minggu ke-12 janin sudah berukuran sebesar buah plum atau prem, yaitu dengan panjang sekitar 2.1 inchi dan beratnya yang sudah mencapai 0.49 ons. Tahukah kamu, saat usia 12 minggu ini janin ternyata telah menyelelesaikan pembentukan sistem dan anggota tubuhnya, sehingga sang ibu hanya cukup menunggu kesempurnaannya lebih lanjut ke arah yang lebih proporsional lagi.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 10 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Janin 12 minggu menandakan sudah berusia 3 bulan

Fakta 2 - Janin 12 minggu menandakan sudah berusia 3 bulan

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-2 adalah janin sudah genap berusia 3 bulan. Tahukah kamu, jika sebagian wanita saat hamil cenderung tidak sadar kalau dirinya tengah hamil. Nah jika kamu saat ini sedang hamil usia 12 minggu, maka hal tersebut menandakan bahwa usia janin sudah genap berusia 3 bulan dan tengah memasuki trisemester pertama tahap akhir.

Pada usia kehamilan 12 minggu ini calon ibu biasanya cenderung lebih nyaman ketimbang minggu-minggu sebelumnya, seperti mulai berkurangnya rasa mual dan nafsu makannya yang meningkat, sehingga tidak heran jika ibu hamil 12 minggu cenderung menginginkan banyak hal atau yang sering disebut ngidam.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 11 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Kulit disekitar puting ibu hamil 12 minggu semakin gelap

Fakta 3 - Kulit disekitar puting ibu hamil 12 minggu semakin gelap

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-3 adalah kulit disekitar puting ibu hamil semakin gelap. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 12 minggu, sekitar puting ibu hamil yang sebelumnya putih akan berubah menjadi lebih gelap. Selain itu, wajah ibu hamil yang sebelumnya bersih mulai timbul flek-flek hitam bak cendawan. Bahkan garis hitam di tengah perut yang terjadi pada minggu sebelumnya akan semakit terlihat sangat jelas. Meskipun terlihat tidak enak dipandang, namun hal tersebut normal dan akan hilang dengan sendirinya.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 13 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Kulit ibu hamil 12 minggu akan cerah bersinar

Fakta 4 - Kulit ibu hamil 12 minggu akan cerah bersinar

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-4 adalah kulit ibu hamil akan cerah bersinar. Jika pada minggu ke-12 ibu hamil mengalami flek-flek hitam di wajah, namun tahukah kamu jika setelah itu kulit ibu hamil 12 minggu akan lebih baik dan bersinar. Secara umum, kondisi ini disebut juga dengan pregnancy glow yang disebabkan adanya peningkatan jumlah darah secara signifikan. Bahkan jerawat yang ada di wajah sebelumnya juga akan ikut hilang.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 14 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu hamil 12 minggu mulai jarang buang air kecil

Fakta 5 - Ibu hamil 12 minggu mulai jarang buang air kecil

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil mulai jarang buang air kecil. Jika pada minggu-minggu sebelumnya ibu hamil selalu merasakan buang air kecil, namun tahukah kamu jika frekuensi buang air kecil pada ibu hamil tersebut akan berkurang saat usia kehamilan memasuki usia 12 minggu.

Secara umum, hal tersebut dikarenakan uterus yang naik dan kemudian meninggalkan kandung kemih, sehingga membuat kandung kemih memiliki cukup ruang guna menampung air kencing. Bahkan, ibu hamil 12 minggu juga dapat meraba dan menemukan bagian atas dari uterus yang terdapat dibagian atas tulang kemaluan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 15 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Ibu hamil 12 minggu cenderung lebih energik

Fakta 6 - Ibu hamil 12 minggu cenderung lebih energik

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-6 adalah ibu hamil cenderung lebih energik. Jika pada minggu-minggu sebelumnya ibu hamil selalu merasa susah untuk beraktifitas, maka pada minggu ke-12 ini ibu hamil akan lebih merasa bertenaga dan bersemangat dikarenakan sudah terbebas dari rasa mual dan muntah. Bahkan nafsu makan ibu hamil 12 minggu sudah kembali normal dan justru meningkat, sehingga ibu hamil 12 minggu sudah dapat beraktivitas seperti biasa dan dapat merasakan lebih bahagia dikarenakan kembali seperti dahulu sebelum kehamilan terjadi.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 16 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Janin 12 minggu mulai lebih stabil

Fakta 7 - Janin 12 minggu mulai lebih stabil

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-7 adalah janin mulai lebih stabil. Jika pada minggu-minggu sebelumnya janin cenderung rentan terhadap keguguran, maka pada minggu ke-12 ini janin mulai meninggalkan masa kritisnya dan mulai stabil. Bahkan rasio keguguran pada minggu ke-12 cenderung berkurang secara signifikan, sehingga tidak jarang banyak dari pasangan yang mulai mengumumkan secara resmi pada keluarga jika mereka tengah menunggu kelahiran sang buah hati.

16 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 17 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Suasana hati ibu hamil 12 minggu naik turun

Fakta 8 - Suasana hati ibu hamil 12 minggu naik turun

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-8 adalah suasana hati ibu hamil naik turun. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, saat masa kehamilan sudah memasuki 12 minggu calon ibu biasanya masih mengalami suasanya hati naik turun. Secara umum, perubahan psikologis yang terjadi pada ibu hamil yang satu ini diakibatkan oleh pelepasan hormon di dalam tubuh.

Nah jika kamu mengalami perasaan lebih sensitif dan merasa ingin cepat marah pada masa kehamilan 12 minggu, maka hal tersebut wajar dan normal. Meskipun demikian, sebaiknya untuk selalu mengontrol emosional supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa melakukan aktivitas yang disukai, seperti bermain dengan hewan yang lucu, mengurus koleksi anggrek, dan lain sebagainya.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 18 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Bagi ibu hamil 12 minggu, penting menghindari alkohol pada tahap ini

Fakta 9 - Bagi ibu hamil 12 minggu, penting menghindari alkohol pada tahap ini

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-9 adalah pertumbuhan janin harus dijaga dengan menghindari minum alkohol. Meskipun janin 12 minggu mulai meninggalkan masa kritisnya dan mulai stabil, namun tahukah kamu jika pada minggu ke-12 ini janin sedang dalam pembentukan otak, sehingga ada baiknya untuk menghindari alkohol, merokok, dan obat-obatan pada tahap ini. Selain itu, plasenta juga mulai bekerja secara serius di dalam menfilter oksigen dan membawakan nutrisi yang dibutuhkan janin untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 20 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Janin 12 minggu mulai aktif bergerak

Fakta 10 - Janin 12 minggu mulai aktif bergerak

Fakta kehamilan 12 minggu yang ke-10 adalah janin mulai bergerak aktif. Sama seperti minggu sebelumnya, saat kehamilan sudah memasuki usia 12 minggu, janin di dalam kandungan masih aktif bergerak dengan baik di dalam kandungan, seperti melakukan tendangan, berputar, menggeliat, dan lain sebagainya. Selain itu, tahukah kamu jika janin 12 minggu dalam kandungan juga sudah bisa mengisap jempolnya sendiri.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 21 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3