10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 11 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 11 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 11 minggu atau sekitar 77 hari menandakan bahwa kamu tengah menjalani trisemester pertama dari 3 trisemester masa kehamilan. Sama seperti minggu sebelumnya, perkembangan janin 10 minggu cenderung masih sangat pesat dan menakjubkan.

Namun tahukah kamu jika gejala dan tanda yang terjadi pada ibu hamil 11 minggu maupun janin 11 minggu tidak berbeda jauh dengan minggu sebelumnya. Nah berbicara mengenai kehamilan 11 minggu dan janin 11 minggu, berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 11 minggu dan janin 11 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Janin 11 minggu sudah berukuran sebesar jeruk limau

Fakta 1 - Janin 11 minggu sudah berukuran sebesar jeruk limau

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-1 adalah janin sudah berukuran sebesar jeruk limau. Jika minggu sebelumnya janin berukuran sebesar buah strawberry, maka pada minggu ke-11 janin sudah berukuran sebesar buah jeruk limau, yaitu mempunyai berat 0.25 ons dengan panjang 1.6 inchi dan rasio 1:1 baik itu cewek maupun cowok. Rasionya memang sedikit aneh, namun jangan khawatir, sebab janin yang ada di dalam kandungan akan terus tumbuh kembang sampai sempurna.

2. Janin 11 minggu menandakan sudah berusia 2 bulan 14 hari

Fakta 2 - Janin 11 minggu menandakan sudah berusia 2 bulan 14 hari

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-2 adalah janin sudah berusia 2 bulan 14 hari. Tahukah kamu, jika sebagian wanita saat hamil cenderung tidak sadar kalau dirinya tengah hamil. Nah jika kamu saat ini sedang hamil usia 11 minggu, maka hal tersebut menandakan bahwa usia janin sudah memasuki 2 bulan 14 hari dan tengah memasuki trisemester pertama tahap kedua. Pada usia kehamilan 11 minggu ini pastinya calon ibu tidak banyak perubahan, baik itu secara fisik maupun emosional, dimana calon ibu masih akan mengalami sakit kepala, mual, muntah, mood naik turun, kream, dan lain sebagainya.

3. Ibu hamil 11 minggu mengalami rasa super capek

Fakta 3 - Ibu hamil 11 minggu mengalami rasa super capek

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-3 adalah ibu hamil akan mengalami rasa super capek. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 11 minggu biasanya calon ibu akan merasakan diserang secara bertubi-tubi dari dalam dan berada dititik kulminasi akut sehingga menyebabkan ibu hamil merasakn capek yang luar biasa. Nah jika memang demikian, ada baiknya untuk beristirahat dan berkonsultasi dengan dokter guna mengahadapi dan melewati masalah ini.

4. Ibu hamil 11 minggu akan sering kentut

Fakta 4 - Ibu hamil 11 minggu akan sering kentut

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-4 adalah ibu hamil mulai sering kentut. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 11 minggu biasanya calon ibu akan menjadi silence killer atau pembunuh tanpa suara dengan frekuensinya yang semakin lama semakin banyak. Secara umum, sering kentut atau buang gas yang terjadi pada ibu hamil tersebut wajar dan lumrah.

Hal ini dikarenakan gangguan pada pencernaan dan perut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses kehamilan. Oleh sebab itulah untuk mengurasi seringnya kentut atau buang gas, ibu hamil harus bisa mengontrol asupan makanan, seperti menghindari kubis, gorengan, hidangan pencuci mulit, dan kacang.

5. Kaki pada ibu hamil 11 minggu sering mengalami kram

Fakta 5 - Kaki pada ibu hamil 11 minggu sering mengalami kram

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil mulai sering mengalami kram dibagian kaki. Tidak hanya super capek dan sering kentut, saat kehamilan sudah memasuki usia 11 minggu biasanya calon ibu juga akan merasakan kram dibagian kaki ketika sedang tidur di malam hari.

Bahkan dalam beberapa kasus, frekuensi rasa kram yang di alami ibu hamil tersebut terus meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan. Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk sering melakukan stretching kaki guna melemaskan otot kaki dan memperbanyak minum air putih ketika siang hari. Selain itu, calon ibu juga dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandungan magnessium dan potassium.

6. Kulit ibu hamil 11 minggu cenderung jadi jelek

Fakta 6 - Kulit ibu hamil 11 minggu cenderung jadi jelek

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-6 adalah kulit ibu hamil cenderung jadi jelek. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 11 minggu biasanya calon ibu akan menemui garis hitam di tengah perut secara tiba tiba. Nah jika hal tersebut dialami saat ini, jangan khawatir, sebab hal tersebut normal dan wajar bagi ibu hamil. Secara umum, linea nigra atau garis hitam tersebut merupakan salah satu gejala normal kehamilan yang muncul diakibat perubahan hormon hormon dalam tubuh, dimana garis hitam tersebut tidak permanen dan akan akan tetap terlihat selama beberapa waktu, terutama pada saat ibu menyusui.

7. Cairan vagina ibu hamil 11 minggu masih diproduksi

Fakta 7 - Cairan vagina ibu hamil 11 minggu masih diproduksi

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-7 adalah cairan vagina ibu hamil masih diproduksi. Sama seperti minggu sebelumnya, saat masa kehamilan memasuki 11 minggu, bagian vagina calon ibu akan tetap mengalami peningkatan sirkulasi darah dengan disertai bertambahnya produksi estrogen.

Namun tahukah kamu jika peningkatan sirkulasi darah dan bertambahnya produksi estrogen tersebut bisa menyebabkan produksi serta pengeluaran leukorrea atau cairan bening tidak berbau di vagina. Jika memang demikian, ada baiknya untuk tidak panik dan khawatir. Sebab hal tersebut adalah kerja alami tubuh ibu hamil guna mengeluarkan bakteri. Akan tetapi, jika leukorrea atau cairan bening di vagina tersebut bercampur dengan sedikit darah dan berbau tidak sedap, maka ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan.

8. Suasana hati ibu hamil 11 minggu naik turun

Fakta 8 - Suasana hati ibu hamil 11 minggu naik turun

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-8 adalah suasana hati ibu hamil naik turun. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, saat masa kehamilan sudah memasuki 11 minggu calon ibu biasanya masih mengalami suasanya hati naik turun. Secara umum, perubahan psikologis yang terjadi pada ibu hamil yang satu ini diakibatkan oleh pelepasan hormon di dalam tubuh.

Nah jika kamu mengalami perasaan lebih sensitif dan merasa ingin cepat marah pada masa kehamilan 11 minggu, maka hal tersebut wajar dan normal. Meskipun demikian, sebaiknya untuk selalu mengontrol emosional supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa mengikuti yoga untuk menenangkan diri dan mengontrol emosi atau bisa juga meluangkan waktu untk menonton drama seri kesukaan.

9. Usia kehamilan 11 minggu saat yang tepat untuk babymoon

Fakta 9 - Usia kehamilan 11 minggu saat yang tepat untuk babymoon

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-9 adalah momen tepat melakukan babymoon. Tahukah kamu, saat janin sudah memasuki usia 11 minggu atau 2 bulan 14 hari, calon ibu sudah bisa melakukan babymoon alias pergi relaksasi. Hal ini dilakukan selain untuk menghindarkan diri dari stress, ibu hamil juga dapat sedikit bersenang dengan menghimpun tenaga dan melakukan persiapan mental guna melakukan pertarungan dibeberapa minggu ke depan.

10. Janin 11 minggu mulai bergerak bahagia

Fakta 10 - Janin 11 minggu mulai bergerak bahagia

Fakta kehamilan 11 minggu yang ke-10 adalah janin sudah mulai bergerak bahagia. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 11 minggu, janin di dalam kandungan sudah mulai bergerak dengan baik di dalam kandungan. Bahkan janin 11 minggu juga sudah mempunyai kulit meskipun transparan tapi juga terlihat sedikit buram. Selain itu, janin 11 minggu juga mulai membentuk folikel rambut, bakal gigi, dan bakal kuku.