10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 10 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Advertisment

XASXUS.com - Tahukah kamu, saat kehamilan memasuki usia 10 minggu atau sekitar 70 hari menandakan bahwa kamu tengah menjalani trisemester pertama dari 3 trisemester masa kehamilan. Sama seperti minggu sebelumnya, perkembangan janin 10 minggu cenderung masih sangat pesat dan menakjubkan.

Namun tahukah kamu apa saja perkembangan yang terjadi pada masa kehamilan 10 minggu. Nah berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai perkembangan kehamilan pada usia 10 minggu dan janin 10 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil.

Daftar Isi

1. Janin 10 minggu berukuran sebesar buah strawberry yang mungil

Fakta 1 - Janin 10 minggu berukuran sebesar buah strawberry yang mungil

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-1 adalah janin sudah berukuran sebesar buah strawberry yang mungil. Tahukah kamu jika janin usia 10 minggu sudah mempunyai ukuran sebesar buah strawberry atau mempunyai panjang sekitar1.2 inchi dengan beratnya yang mencapai 0.14 ons. Memang masih tergolong kecil, namun jangan khawatir, sebab janin akan berkembang dengan pesart pada 3 minggu ke depan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 8 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

2. Janin 10 minggu pertanda bahwa umur kehamilan sudah memasuki 2 bulan 7 hari

Fakta 2 - Janin 10 minggu pertanda bahwa umur kehamilan sudah memasuki 2 bulan 7 hari

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-2 adalah menandakan kehamilan sudah memasuki 2 bulan 7 hari. Tahukah kamu, jika sebagian wanita saat hamil cenderung tidak sadar kalau dirinya tengah hamil. Nah jika kamu saat ini sedang hamil usia 10 minggu, maka hal tersebut menandakan bahwa usia janin sudah memasuki 2 bulan 7 hari. Pada usia kehamilan 10 minggu ini pastinya calon ibu sudah merasakan banyak perubahan, baik itu secara fisik maupun emosional.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 9 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

3. Ibu hamil 10 minggu sering mengalami kram perut

Fakta 3 - Ibu hamil 10 minggu sering mengalami kram perut

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-3 adalah ibu hamil sering mengalami kram perut. Tahukah kamu, jika sebagian ibu hamil usia 10 minggu akan mengalami rasa kram dibagian perut atau disekitar perut. Secara umum hal tersebut wajar dan lumrah dikarenakan perut mengalami stretching untuk mengakomodasi pertumbuhan janin. Bahkan rasa kram yang dialami tersebut akan semakin intens apabila calon ibu menangandung bayi kembar.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 11 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

4. Payudara ibu hamil 10 minggu mulai berisi

Fakta 4 - Payudara ibu hamil 10 minggu mulai berisi

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-4 adalah payudara ibu hamil mulai berisi. Tahukah kamu, saat kehamilan sudah memasuki usia 10 minggu calon ibu akan merasakan lebih sensitif dan mengencang dibagian payudaranya. Hal tersebut pada umumnya wajar dan normal dikarenakan payudara tengah menampung produksi ASI bagi calon bayi. Selain itu, rasa kencang dan sensitif pada payudara juga akan dibarengi dengan rasa yang semakin lembut dibagian payudara.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 12 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

5. Ibu hamil 10 minggu akan mengalami mual-mual

Fakta 5 - Ibu hamil 10 minggu akan mengalami mual-mual

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-5 adalah ibu hamil masih mengalami mual-mual. Secara umum, rasa mual dan muntah pada ibu hamil memang sudah kerap terjadi diawal masa trisemester pertama dan tidak terkecuali pada usia 10 minggu. Namun tahukah kamu jika rasa mual dan muntah tersebut cenderung membuat sang ibu kepayahan dan banyak kehilangan berat badan. Nah jika hal tersebut terjadi, ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter kandungan guna memperoleh vitamin dan obat anti mual yang sesuai dengan kondisi calon ibu saat ini.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 13 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

6. Suasana hati ibu hamil 10 minggu naik turun

Fakta 6 - Suasana hati ibu hamil 10 minggu naik turun

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-6 adalah suasana hati ibu hamil naik turun. Secara umum, perubahan psikologis yang terjadi pada ibu hamil yang satu ini diakibatkan oleh pelepasan hormon di dalam tubuh. Nah jika kamu mengalami perasaan lebih sensitif dan merasa ingin cepat marah pada masa kehamilan 10 minggu, maka hal tersebut wajar dan normal. Meskipun demikian, sebaiknya untuk selalu mengontrol emosional supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 14 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

7. Ibu hamil 10 minggu akan merasa mudah lelah

Fakta 7 - Ibu hamil 10 minggu akan merasa mudah lelah

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-7 adalah ibu hamil cenderung merasa mudah lelah. Sama seperti point sebelumnya, perubahan psikologis yang terjadi pada ibu hamil yang satu ini diakibatkan oleh pelepasan hormon di dalam tubuh sehingga terkadang membuat calon ibu cenderung menangis secara tiba-tiba. Namun tahukah kamu jika menangis secara tiba-tiba tersebut diakibatkan oleh tubuh yang sudah sangat capek dalam menyokong pertumbuhan janin yang sedang giat giatnya tumbuh besar. Bahkan sebagaian wanita hamil sampai mengalami insomnia dan berakibat pada kebugaran secara keseluruhan.

10 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 15 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

8. Vagina ibu hamil 10 minggu mengeluarkan cairan lebih banyak

Fakta 8 - Vagina ibu hamil 10 minggu mengeluarkan cairan lebih banyak

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-8 adalah vagina ibu hamil mengeluarkan cairan lebih banyak. Saat masa kehamilan memasuki 10 minggu, bagian vagina calon ibu akan mengalami peningkatan sirkulasi darah dengan disertai bertambahnya produksi estrogen. Namun tahukah kamu jika peningkatan sirkulasi darah dan bertambahnya produksi estrogen tersebut bisa menyebabkan produksi serta pengeluaran leukorrea atau cairan bening tidak berbau di vagina.

Jika memang demikian, ada baiknya untuk tidak panik dan khawatir. Sebab hal tersebut adalah kerja alami tubuh ibu hamil guna mengeluarkan bakteri. Akan tetapi, jika leukorrea atau cairan bening di vagina tersebut bercampur dengan sedikit darah dan berbau tidak sedap, maka ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 16 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

9. Pembuluh darah ibu hamil 10 mingu berebut untuk muncul

Fakta 9 - Pembuluh darah ibu hamil 10 mingu berebut untuk muncul

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-9 adalah pembuluh darah ibu hamil berebut untuk muncul. Tahukah kamu saat masa kehamilan memasuki 10 minggu pembuluh vena ibu hamil cenderung bermunculan dan sangat kentara sekali.

Meskipun demikian, tidak perlu khawatir dan panik, sebab hal tersebut wajar dan normal. Hal ini dikarenaka pembuluh darah tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa suplai darah ke janin terjaga dengan sangat baik.

16 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 17 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

10. Organ vital janin 10 minggu sudah sempurna

Fakta 10 - Organ vital janin 10 minggu sudah sempurna

Fakta kehamilan 10 minggu yang ke-10 adalah organ vital janin sudah sempurna. Tahukah kamu, saat masa kehamilan memasuki 10 minggu organ vital pada janin sudah mulai terbentuk dengan sempurna dan sudah mulai difungsikan, seperti sendi dan tulang rawan tangan.

Bahkan kuku dan rambut pada janin 10 minggu juga sudah mulai muncul. Percaya atau tidak, pada masa kehamilan 10 minggu ini janin malah alah sibuk menelan dan menendang ringan di dalam kandungan.

15 Fakta Kehamilan dan Janin Usia 18 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

1 2 3