15 Contoh Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Bertelur atau Ovipar Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya

15 Contoh Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Bertelur atau Ovipar Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
XASXUS.com - Secara umum, hewan berkembang biak dengan 3 cara, yaitu ovipar (hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur), vivipar (hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan atau beranak), dan ovovivipar (hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan).

Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satunya saja, yaitu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar. Jika dilihat dari karakteristiknya, hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur mempunyai beberapa ciri, seperti tidak memiliki daun telinga, tidak memiliki kelenjar susu, tidak menyusui anaknya, dan yang pasti ada mengerami telurnya.

Nah berbicara mengenai hewan bertelur, berikut ini adalah 15 contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar beserta gambar dan ciri-cirinya.
Daftar Isi

1. Kura-kura

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Kura-kura

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-1 adalah kura-kura. Kura-kura merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam reptil dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Pada saat bertelur, kura-kura pada umumnya akan betelur cukup banyak dan diinkubasi di dalam pasir atau lumpur.

Uniknya, jenis kelamin pada telur kura-kura ini ditentukan dari suhu dalam inkubasi. Jika suhu dalam inkubasi rendah, maka akan menghasilkan kura-kura berjenis kelamin jantan. Sedangkan jika sebaliknya, yaitu inkubasi bersuhu lebih tinggi, maka akan menghasilkan kura-kura berjenis kelamin betina.

Untuk lama proses penetasannya sendiri biasanya tergantung dari spesies kura-kuranya itu sendiri, namun dasarnya berkisar antara 70-120 hari lamanya. Pada saat suduah menetas, bayi kura-kura akan secara perlahan-lahan menuju ke permukaan tanah dan berjalan ke perairan.

2. Buaya

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Buaya

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-2 adalah buaya. Sama dengan kura-kura, buaya juga merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam reptil dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Pada saat bertelur, buaya umumnya akan betelur cukup banyak, yaitu berkisar antara 7-95 telur tergantung pada spesiesnya.

Untuk tempat inkubasinya sendiri, buaya juga akan menginkubasi telurnya di dalam pasir atau gundukan tanah yang bercampur dengan serasah dedaunan. Sama seperti kura-kura, buaya juga memliki keunikan dalam bertelur, dimana jenis kelamin pada telur buaya juga ditentukan dari suhu dalam inkubasi.

Jika dalam inkubasi bersuhu 31,6°C, maka akan menghasilkan buaya berjenis kelamin jantan. Namun jika sebaliknya, yaitu lebih rendah atau bahkan lebih tinggi, maka akan menghasilkan buaya berjenis kelamin betina. Untuk masa pengeramannya sendiri, telur buaya biasanya akan memakan waktu hingga 80 hari dan tergantung dari suhu rata-rata dalam inkubasi atau sarang.

Pada saat telur buaya sudah menetas, bayi-bayi buasanya tersebut akan mulai saling memanggil dan berkomunikasi dengan saudaranya sejak masih di dalam cangkang. Pada saat itulah, sang induk yang mendengar suara tersebut akan langsung muncul dan menggali sarangnya. Hal ini dilakukan untuk membantu anak-anaknya keluar dari telur dan kemudian membawanya satu per satu ke air.

3. Kadal

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Kadal

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-3 adalah kadal. Sama seperti kura-kura dan buaya, kadal juga merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam reptil dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Namun dalam beberapa spesies kadal, ada juga yang berkembang biak dengan cara ovovivipar, yaitu bertelur dan melahirkan.

Maksudnya disini adalah telurnya akan tetap berada di dalam tubuh sang induknya hingga telur menetas dan akhirnya keluar dari tubuh sang induk atau disebut melahirkan. Secara umum, embrio pada telur kadal tidak mempunyai plasenta yang terhubung pada induknya, sehingga embrio tersebut akan mendapatkan nutrisi atau makanannya dari kantung kuning telur.

4. Ular

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Ular

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-4 adalah ular. Sama seperti kura-kura, buaya, dan kadal, ular juga merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam reptil dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Meskipun mayoritas spesies ular akan meninggalkan telurnya saat selesai dikeluarkan, namun ada beberapa spesies yang justru akan tinggal di daerah dekat inkubasi berlangsung, salah satunya adalah ular jenis king cora.

Bahkan beberapa spesies dari ular ada juga yang berkembang biak dengan cara ovovivipar, yaitu bertelur dan melahirkan. Dimana telurnya akan tetap berada di dalam tubuh sang induk hingga telur menetas dan akhirnya keluar dari tubuh sang induk atau disebut melahirkan. Untuk masa inkubasinya sendiri, telur ular akan memakan waktu antara 58-62 hari lamanya. Pada saat sudah menetas, bayi-bayi ular tersebut akan tetap berada didalam telur selama beberapa hari guna menyerap nutrisinya.

5. Ikan

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Ikan

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-5 adalah ikan. Berbeda dengan poin sebelumnya, dimana ikan merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) dan hidup di air serta bernapas dengan menggunakan insang.

Meskipun mayoritas ikan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur, namun ada beberapa jenis ikan yang justru berkembang biak dengan cara ovovivipar, yaitu berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan, seperti halnya jenis ikan guppies, angel sharks, dan coelacanths.

Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa jenisnya ada juga yang berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan, dimana induk ikan akan menyimpan dan menutrisi embrio dalam telur. Secara umum, ikan yang berkembang biak dengan cara vivipar akan mempunyai organ semacam plasenta yang terhubung dengan embrio mereka, seperti jenis ikan lemon shark, splitfins, dan surf-perches.

6. Burung

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Burung

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-6 adalah burung. Secara umum, burung merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam kelompok hewan bertulang belakang atau vertebrata yang mempunyai bulu dan sayap serta berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

Untuk karakteristiknya sendiri, telur burung cenderung berwarna putih atau pucat dengan cangkangnya yang keras dan terbuat dari kalsium karbonat. Sama seperti hewan bertelur lainnya, perkembangan anak-anak burung juga tergantung dari suhu pada inkubasi. Untuk masa inkubasinya, telur burung biasanya hanya membutuhkan waktu antara 11-64 hari tergantung dari spesies burungnya.

7. Bebek

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Bebek

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-7 adalah bebek. Secara umum, bebek merupakan salah satu hewan yang masih termasuk ke dalam spesies burung dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Berbeda dengan hewan betelur lainnya, bebek cenderung akan meninggalkan telurnya begitu saja setelah mereka menetas atau akan menggiring anak-anaknya ke perairan.

Bahkan jika ada salah satu anaknya yang terjebak oleh sesuatu dan tidak bisa keluar atau tertinggal, maka induk bebek akan meninggalkan begitu saja tanpa menunggunya. Meskipun demikian, ada juga beberapa bebek yang masih tetap protektif pada anak-anaknya.

8. Laba-laba

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Laba-laba

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-8 adalah laba-laba. Secara umum, laba-laba merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam ordo Araneae serta masih satu keluarga dengan ketonggeng, kalajengking, tungau, dan semuanya berkaki delapan. Dalam sekali bertelur, laba-laba umumnya akan bertelur sampai 3000 buah dan dijalinnya membentuk kantung untuk menjaga kelembapan telur.

Uniknya disini adalah ada beberapa spesies laba-laba yang akan mati setelah bertelur. Meskipun demikian, ada juga beberapa spesies lainnya yang akan melindungi kantung berisi telur dengan cara menggantungnya dijaring yang sudah mereka buat, atau menyimpannya ke dalam sarang.

9. Platipus

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Platipus

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-9 adalah platipus. Secara umum, platipus merupakan salah satu hewan mamalia semi-akuatik atau hewan yang banyak menghabiskan waktunya di dalam air yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Untuk telurnya sendiri, umumnya berkembang di rahim induknya selama kurang lebih 28 hari lamanya dan akan mengalami inkubasi selama sekitar 10 hari.

10. Lebah

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Lebah

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-10 adalah lebah. Secara umum, lebah merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam suku atau familia Apidae (serangga bersayap selaput) dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Dalam bertelur, ratu lebah umumnya dapat bertelur hingga 2.000 butir telur perhari.

Tidak seperti hewan bertelur lainnya yang merawat anaknya, telur lebah yang menetas dan menjadi larva justru akan diberi makan oleh lebah pekerja, seperti diberi royal jelly, madu, dan cairan lainnya yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan untuk siklus hidupnya, lebah bisa dikatakan mempunyai umur yang relatif pedek. Seperti halnya lebah pekerja yang hanya mempunyai umur 21 hari, lebah jantan yang hanya mempunyai umur sekitar 24 hari, dan ratu lebah yang hanya hidup selama 16 hari.

11. Burung unta

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Burung unta

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-11 adalah burung unta. Secara umum, burung unta merupakan salah satu hewan yang banyak ditemukan di Afrika Selatan dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Hewan yang termasuk ke dalam burung terbesar di dunia ini umumnya dapat menghasilkan sekitar 20 telur.

Uniknya, telur burung unta tidak hanya dierami oleh betina saja, melainkan juga dierami oleh burung unta jantan. Mereka akan berbagi tugas dalam mengerangi telur, dimana burung unta betina akan mengerami telur di siang hari, sedangkan sang jantan akan mengerami telur di malam hari. Untuk lama inkubasinya sendiri, telur unta biasanya membutuhkan waktur sekitar 35-45 hari lamanya.

12. Katak

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Katak

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-12 adalah katak. Secara umum, katak merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam amfibi dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Hewan yang banyak ditemukan air tawar atau di daratan ini umumnya akan menetaskan telurnya dalam bentuk larva atau kecebong di dalam air. Selanjutnya larva atau kecebong tersebut bermetamorfosis sehingga pada akhirnya terbentuk seutuhnya. Proses dari telur hingga menjadi katak ini biasanya akan memakan waktu sekitar kurang lebih 6-21 hari lamanya.

13. Mola-mola

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Mola-mola

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-13 adalah mola-mola. Secara umum, mola-mola merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam jenis ikan dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Sekali bertelur, hewan ini tergolong fantastis dan paling banyak di antara hewan vertebrata lainnya, yaitu bisa mencapai 300 juta telur. Untuk ukurannya sendiri, anak mola-mola bisa tumbuh sampai 60 kali ukuran mereka keetika dilahirkan. Bahkan pertumbuhan anak mola-mola ini bisa dibilang paling ekstrim diantara hewan bertulang belakang lainnya.

14. Naga air Australia

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Naga air Australia

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-14 adalah naga Air. Selain beberapa hewan bertelur diatas, hewan naga air australia juga termasuk ke dalam hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Pada saat akan bertelur, naga air betina cenderung akan mencari pasir atau tanah gembuk terbuka dan terpapar sinar matahari untuk menggali lubang sedalam 10-15 centimeter serta menaruh telurnya sebanyak 6-18 butir. Sama seperti kura-kura dan buaya, dimana suhu pada inkubasi akan menentukan jenis kelamin naga air.

15. Dinosaurus

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur - Dinosaurus

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yang ke-15 adalah dinosaurus. Pada saat belum punah, dinosaurus juga merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Telur-telur mereka pada umumnya akan ditaruh dalam sebuah sarang untuk dierami. Untuk masa inkubasinya sendiri, telur dinosaurus tergolong lama, yaitu berkisar antara 3-6 bulan lamanya. Sedangkan untuk ukuran telurnya sendiri tergantung dari spesiesnya, namun yang paling kecil adalah berukuran panjang 30 cm dan lebar 25 cm.
Loading...