17 Cara Menyembuhkan Dan Mengobati Sariawan Dengan Cepat (Di Lidah, Bibir, Gusi, dan Lainnya)

Advertisment

XASXUS.com - Secara umum, sariawan merupakan luka kecil yang kerap muncul di jaringan lunak dalam mulut, baik itu di bawah lidah, dasar gusi, atau sepanjang sisi rongga mulut yang menimbulkan rasa nyeri dan perih. Jika dilihat dari segi bentuknya, sariawan pada umumnya berbentuk bulat dan berwarna putih dengan lingkaran berwarna kemerahan disekitar area sariawan.

Meskipun pada dasarnya sariawan akan hilang sendiri setelah beberapa hari, namun seseorang yang mengalami sariawan pastinya akan merasakan nyeri saat berbicara maupun saat sedang makan, sehingga tidak mengherankan jika seseorang yang mengalami sariawan cenderung akan mencari tahu bagaimana cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan cepat.

Nah jika kamu mengalaminya, jangan khawatir. Sebab pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengobati sekaligus juga cara menyembuhkan dengan cepat dan tidak perih. Selain itu, bahan-bahan yang kita bahas kali ini adalah bahan alami tanpa menggunakan obat. Nah berikut ini adalah 17 cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan cepat.

Daftar Isi

1. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan madu

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan madu

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-1 adalah dengan menggunakan madu. Cara yang satu ini bisa dibilang cara menyembuhkan sariawan paling ampuh dan cepat. Seperti yang diketahui jika madu mempunyai kandungan anti radang dan anti bakteri, sehingga penggunaannya dapat mengurangi rasa perih dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan madu secukupnya dan oleskan ke bagian yang ada sariawan. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan madu ini secara rutin supaya sariawan cepat sembuh. Bahkan dengan mengoleskan madu juga akan mendapatkan manfaat lainnya, seperti untuk mempertahankan kelembapan bibir.

2. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan pisang

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan pisang

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-2 adalah dengan menggunakan pisang. Secara umum, pisang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan sariawan. Bahkan dalam penggunaannya akan lebih efektif lagi di dalam menyembuhkan sariawan jika mencampurkannya dengan madu.

Untuk caranya penggunaannya sendiri juga cukup mudah, yaitu cukup menghaluskan pisang hingga menjadi seperti pasta dan mencampurkannya dengan madu ,lalu aduk-aduk sampai merata. Jika sudah, oleskan hasil campuran kedua bahan tersebut ke bagian yang sariawan. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu kumur-kumur sampai bersih. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan pisang ini secara teratur supaya sariawan cepat sembuh.

3. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan lidah buaya

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan lidah buaya

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-3 adalah dengan menggunakan lidah buaya. Seperti yang diketahui jika lidah buaya mempunyai kandungan anti bakteri yang sangat ampuh dalam menyingkirkan sariawan. Bahkan dalam penggunaannya, lidah buaya tidak akan membuat sariawan terasa perih.

Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan lidah buaya asli yang telah dicuci sampai bersih. Selanjutnya, oleskan getah atau daging lidah buaya tersebut secukupnya langsung ke area yang mengalami sariawan. Diamkan hasil olesan tersebut selama kurang lebih 20 menit lamanya dan bilaslah dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan lidah buaya ini secara teratur supaya sariawan cepat sembuh.

4. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kelapa

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kelapa

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-4 adalah dengan menggunakan kelapa. Siapa sih yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Seperti yang diketahui jika bagian-bagian dari tanaman kelapa mempunyai berbagai macam manfaat, mulai itu dari daun, batang, buah, serabut, dan lain sebagainya. Bahkan minyak dan santannya dipercaya sangat amput di dalam menyembuhkan dan mengobati sariawan.

Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan air kelapa saja. Selanjutnya minum air kelapa tersebut atau bisa juga berkumur-kumur dengan air kelapa tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan santannya dengan campuran madu dan mengoleskannya ke bagian yang sariawan. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kelapa ini secara rutin 3-4 kali dalam sehari supaya sariawan cepat sembuh.

5. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan air garam

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan air garam

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-5 adalah dengan menggunakan air garam. Secara umum, garam mempunyai kandungan anti radang dan anti bakteri, sehingga penggunaannya dapat mengobati sekaligus menyembuhkan sariawan dengan cepat. Selain itu, penggunaan garam juga dapat menghindarkan jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi di mulut.

Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan satu gelas air hangat dan setengah sendok teh garam. Selanjutnya, larutkan garam tersebut ke dalam air hangat dan pakailah air tersebut untuk berkumur-kumur. Jika sudah, bilas dengan cara meminum air putih. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan garam ini secara rutin supaya sariawan cepat sembuh.

6. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kantong teh

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kantong teh

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-6 adalah dengan menggunakan kantong teh. Seperti yang diketahui jika teh mempunyai kandungan asam tanin yang dapat digunakan sebagai anti virus dan ampuh dalam menyembuhkan sariawan dengan cepat dan tidak menimbulkan rasa perih.

Selain itu, kantong teh juga mempunyai sifat basa yang mampu menetralisir lingkungan mulut yang asam sehingga tidak memperburuk rasa sakit pada sariawan tersebut. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan kantong teh bekas, lalu tempelkan ke bagian yang sariawan selama kurang lebih 15 menit.

7. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan plain yogurt

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan plain yogurt

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-7 adalah dengan menggunakan plain yogurt. Selain beberapa point diatas, kamu juga bisa menggunakan plain yogurt atau perasa. Seperti yang diketahui jika plain yogurt dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut, sehingga sangat ampuh di dalam menyembuhkan sariawan. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup meminumnya secara rutin atau bisa juga dengan cara meneteskan yogurt di area sariawan.

8. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan tea tree oil

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan tea tree oil

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-8 adalah dengan menggunakan tea tree oil. Seperti yang diketahui jika tea tree oil mempunyai kandungan anti jamur dan anti bakteri yang dapat mengobati sekaligus menyembuhkan sariawan dengan cepat. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup meneteskan tea tree oil ke air hangat sampai larut dan pakailah hasil larutan tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan tea tree oil secara rutin 2 kali sehari supaya sariawan cepat sembuh.

9. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan es batu

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan es batu

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-9 adalah dengan menggunakan es batu. Secara umum, es batu dapat meredakan rasa sakit. Begitu pun dengan sariawan, dimana es batu dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit sekaligus juga membuat sariawan menjadi kempis dan sembuh. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan atau bisa juga dengan cara menempelkan langsung ke area sariawan sampai mencair sepenuhnya.

10. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan susu

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan susu

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-10 adalah dengan menggunakan susu. Tahukah kamu jika kandungan kalsium pada susu mampu melawan bakteri yang disebabkan luka. Bahkan kandungan lemaknya juga bermanfaat sebagai anti virus yang berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, kandungan magnesium pada susu juga dapat menyembuhkan rasa sakit pada sariawan. Nah jika kamu sedang mengalami sariawan, cobalah rutin untuk mengonsumsi susu.

11. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kunyit

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kunyit

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-11 adalah dengan menggunakan kunyit. Seperti yang diketahui jika kunyit mempunyai kandungan antiinflamasi dan antibiotik yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan dan mengobati sariawan. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup mengoleskan kunyit dibagian area yang sariawan. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan kunyit ini secara rutin 2-3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

12. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan jus cranberry

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan jus cranberry

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-12 adalah dengan menggunakan jus cranberry. Menurut beberapa penelitian, jus cranberry juga bisa digunakan untuk mengobati sekaligus menyembuhkan sariawan. Bahkan kandungan di dalamnya dapat menghilangkan bakteri dan membuat luka sariawan lebih cepat sembuh. Nah jika kamu sedang sariawan, maka tidak ada salahnya untuk minum jus cranberry.

13. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan tomat

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan tomat

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-13 adalah dengan menggunakan tomat. Siapa sih yang tidak mengenal tomat? Buah yang mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi ini juga dapat mengobati sekaligus juga menyembuhkan sariawan. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup makan tomat mentah setidaknya 3-4 kali sehari dan lakukan secara rutin.

14. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun basil

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun basil

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-14 adalah dengan menggunakan daun basil. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup mengunyah daun basil dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Seperti yang diketahui jika daun basil mempunyai kandungan layaknya sifat obat.

15. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun kemangi

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun kemangi

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-15 adalah dengan menggunakan daun kemangi. Selain dijadikan lalapan, daun kemangi ternyata juga ampuh dalam mengobati sekaligus menyembuhkan sariawan. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup mengambil beberapa daun kemangi dan kunyahlah. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun kemangi ini setidaknya 3-4 kali dalam sehari sampai sariawan sembuh.

16. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun seledri

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun seledri

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-16 adalah dengan menggunakan daun seledri. Tidak hanya daun basil dan kemangi saja, daun seledri juga sangat ampuh dalam mengobati sekaligus menyembuhkan sariawan. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup mengambil beberapa daun seledri dan hancurkan. Selanjutnya oleskan daun seledri tersebut ke area yang sariawan. Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan daun seledri ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

17. Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan biji jeruk bali

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan biji jeruk bali

Cara menyembuhkan dan mengobati sariawan yang ke-17 adalah dengan menggunakan biji jeruk bali. Seperti yang diketahui jika ekstrak alami yang di dapatkan dari biji jeruk bali mempunyai sifat antibiotik yang sangat kuat, sehingga sangat ampuh dalam menghancurkan kuman yang memprovokasi infeksi pada mulut.

Bahkan kandungan antioksidan dan senyawa disinfektan pada esktrak biji jeruk bali dapat melindungi kulit yang terluka disekitar luka sembari mengurangi peradangan sekaligus juga mencegah bau saat sariawan. Untuk caranya penggunaannya sendiri juga sangat mudah, yaitu cukup menambahkan beberapa tetes ekstrak biji jeruk bali ke secangkir air hangat dan pakailah sebagai sebagai obat kumur setelah menggosok gigi.

Lakukan cara menyembuhkan dan mengobati sariawan dengan biji jeruk bali ini 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

1 2 3 4 5