9 Cara Mengatasi, Menghentikan, dan Mengobati Mimisan Secara Alami - XASXUS.com

9 Cara Mengatasi, Menghentikan, dan Mengobati Mimisan Secara Alami

A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
9 Cara Mengatasi, Menghentikan, dan Mengobati Mimisan Secara Alami
9 Cara Mengatasi, Menghentikan, dan Mengobati Mimisan Secara Alami

XASXUS.com - Secara umum, mimisan atau pendarahan yang terjadi di hidung banyak di alami oleh anak-anak. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa maupun remaja juga bisa mengalami mimisan. Terdapat beberapa penyebab seseorang mengalami mimisan, seperti kedinginan, flu,alergi, luka di hidung, perbedaan ketinggian, sampai udara yang kering.

Nah jika kamu sedang mengalami mimisan dan bingung bagaimana cara mengatasinya? jangan khawatir, berikut ini adalah 9 langkah-langkah cara mengatasi mimisan. Bahkan cara mengatasi mimisan ini juga bisa diterapkan pada anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.
Daftar Isi

1. Dilarang panik

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-1 adalah jangan panik. Meskipun terlihat berbahaya, namun tahukah kamu jika mimisan ternyata bukanlah pertanda penyakit yang serius. Bahkan menurut medis, beberapa faktor penyebab terjadinya mimisan juga kebanyakan tidaklah berbahaya, sehingga saat kamu mengalami mimisan ada baiknya untuk tidak panik.

2. Duduk dalam posisi tegak dan arahkan tubuh sedikit ke depan

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-2 adalah duduk dalam posisi tegak dan arahkan tubuh sedikit ke depan. Terkadang seseorang yang mengalami mimisan cenderung akan berbaring. Namun tahukah kamu jika hal yang dilakukan tersebut salah, hal ini dikarenakan ketika berbaring justru akan membuat darah masuk kembali ke dalam tubuh dan akan menyumbat jalannya pernapasan.

Nah jika kamu mengalami mimisan, ada baiknya untuk memposisikan tubuh untuk tetap tegak dan arahkan tubuh sedikit ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan dalam pembuluh darah dihidung, sehingga dengan posisi tegak sedikit ke depan akan menghambat perdarahan terjadi lebih banyak lagi.

3. Jika ada darah yang mengalir ke mulut, jangan ditelan

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-3 adalah jangan menelan darah mimisan. Dalam beberapa kasus, sebagian orang yang mengalami mimisan cenderung menelan darah mimisan. Nah jika kamu mengalami mimisan, ada baiknya untuk tidak menelan darah mimisan. Jika hal ini dilakukan, justru akan membuat perut teriritasi.

4. Pencet hidung dengan ibu jari dan telunjuk

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-4 adalah memencet hidung dengan ibu jari dan telunjuk. Meskipun terkadang mimisan hanya keluar pada satu lubang saja, namun saat mimisan ada baiknya untuk menjepit kedua lubang dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Pada saat melakukan cara ini, ada baiknya bernapas melalui mulut dahulu dan lakukan selama kurang lebih 10 menit lamanya. Cara ini dipercaya dapat memberikan tekanan pada sumber pendarahan sehingga membuat darah mimisan akan berhenti.

5. Jangan mengupil, bersin, atau bahkan memaksa darah segera keluar dari hidung

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-5 adalah jangan mengupil, bersin, atau bahkan memaksa darah mimisan untuk segera keluar dari hidung. Dalam beberapa kasus, seseorang yang mengelami mimisan cenderung tanpa sadar sengaja mengeluarkan darah dari hidung, entah itu dengan cara mengupil, bersin, atau cara lainnya.

Namun tahukah kamu jika hal tersebut justu akan membuat pendarahan atau mimisan sulit untuk berhenti. Bahkan hal tersebut juga akan kembali mencairkan darah-darah yang sudah mengering. Nah jika kamu mengalami mimisan, ada baiknya untuk tidak melakukan hal tersebut.

6. Kompres dengan es batu

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-6 adalah mengkompres hidung dengan es batu. Seperti yang diketahui jika es batu mempunyai berbagai macam manfaat, salah satunya untuk menenangkan pembuluh darah sehingga dapat menghentikan pendarahan dan meredakan peradangan. Untuk caranya sendiri sangat mudah, cukup hancurkan es batu dan membungkusnya ke dalam kantong, kain, atau handuk. Selanjutnya, tempelkan kompresan tersebut ke hidung yang mengalami pendarahan.

7. Bisa juga menggunakan cuka

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-7 adalah menggunakan cuka. Selain dengan menggunakan es batu, cuka juga bisa digunakan untuk menghentikan mimisan. Untuk caranya sangat mudah, yaitu cukup menyiapkan bola kapas dan cuka. Namun sebelum melakukan cara yang satu ini, sebaiknya bersihkan hidung terlebih dahulu dari darah yang sudah mengering. Jika sudah, celupkan bola kapas ke dalam cuka atau air garam, lalu letakan ke hidung yang mengalami pendarahan dan diamkan selama beberapa menit sampai pendarahan berhenti.

8. Air garam

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-8 adalah menggunakan air garam. Tidak hanya es batu dan cuka, larutan air garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan iritasi yang menyebabkan mimisan. Untuk caranya sendiri sangat mudah, cukup menyiapkan 1 cangkir berisi air hangat dan 1 sendok teh garam, lalu larutkan garam ke dalam air hangat dan basuhkan ke hidung.

9. Jika pendarahan sudah berhenti, jangan membungkuk

Cara mengatasi, menghentikan, dan mengobati mimisan yang ke-9 adalah jangan membungkuk. Nah jika pendarahan sudah berhenti, ada baiknya untuk tidak membungkuk dan membuang ingus. Hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk mencegah terjadinya iritasi pada hidung. Selain itu, sangat diajurkan untuk tidak melakukan berbagai macam aktivitas yang berat setidaknya selama seharian penuh atau 24 jam.
Jika ke-9 cara mengatasi mimisan tersebut tidak ampuh atau darah tidak berhenti selama 20 menit, ada baiknya untuk segera priksa ke dokter atau rumah sakit untuk ditangani secara medis, apalagi jika saat mimisan dibarengi rasa sesak napas, muntah, pusing.
Loading...
Sponsored Ad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar