18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya - XASXUS.com

18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya

A+
A
A-
Sponsored Ad
Sponsored Ad
Sponsored Ad
18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya
18 Manfaat Timun Untuk Wajah, Bibir, dan Mata Beserta Cara Menggunakannya

XASXUS.com - Mempunyai masalah kulit di wajah dan bingung cara mengatasinya? cobalah mengatasinya dengan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan timun. Seperti yang diketahui jika timun mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi wajah, seperti vitamin C, K, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai timun, tahukah kamu apa saja manfaat timun untuk wajah? Nah berikut ini adalah 18 manfaat timun untuk wajah, baik itu bermanfaat untuk kulit wajah, bibir, dan mata beserta cara menggunakannya.
Daftar Isi

1. Manfaat timun untuk wajah berjerawat

Manfaat timun untuk wajah yang ke-1 adalah mengatasi wajah berjerawat. Mempunyai jerawat di wajah tentunya akan membuat diri sendiri menjadi kurang percaya diri. Selain akan memengaruhi penampilan, jerawat di wajah juga dapat menimbulkan infeksi atau rasa gatal, sehingga wajar saja jika seseorang yang mempunyai masalah jerawat di wajah cenderung akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Nah bagi kamu mempunyai masalah jerawat di wajah, tidak perlu khawatir, cobalah mengatasinya dengan menggunakan timun. Seperti yang diketahui jika timun merupakan obat herbal yang terbukti ampuh untuk mengobati jerawat dikarenakan mempunyai kandungan zat aktif yang erguna untuk mendetoks, sehingga racun yang ada di dalam tubuh akan hilang.

Untuk cara menggunakannya sendiri bisa dibilang mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan 1 sendok yogurt tanpa rasa dan 1 buah mentimun segar dengan ukuran sedang. Bersihkan dahulu timun dan kemudian parut, lalu tambahkan yogurt yang telah disiapkan sebelumnya dan aduk-aduk sampai merata.

Jika sudah, pakai campuran bahan-bahan tersebut ke wajah dengan cara mengoleskannya secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air bersih. Jika ingin dalam pembuatan masker timus lebih bervariasi, juga bisa menggabungkan beberapa bahan alami lainnya, seperti air perasan lemon, tomat, dan lain sebagainya.

2. Manfaat timun untuk wajah kering

Manfaat timun untuk wajah yang ke-2 adalah mengatasi kulit wajah kering. Apakah kamu mempunyai masalah wajah kering? jika iya, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan timun. Secara umum, kulit kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor genetis, cuaca dingin, sampai terlalu lama berada di bawah AC.

Untuk cara menggunakannya sendiri juga bisa dibilang sangatlah mudah, dimana hanya perlu menyiapkan setengah cangkir mentimun potong, 1 putih telur, 2 sendok teh susu bubuk, dan setengah cangkir alpukat. Campur semua bahan tersebut dengan cara diblender sampai halus.

Jika sudah, pakai campuran bahan-bahan tersebut ke wajah dan leher dengan cara mengoleskannya secara merata sambil dipijat secara melingkar. Selanjutnya diamkan masker mentimun tersebut sampai mengering atau selama kurang lebih 30 menit lamanya dan bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

3. Manfaat timun untuk wajah berkomedo

Manfaat timun untuk wajah yang ke-3 adalah menghilangkan komedo di wajah. Seperti yang diketahui jika timun mempunyai banyak nutrisi baik dan kandungan air tinggi yang berguna di dalam mengangkat komedo di wajah. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah wajah komedo, cobalah mengatasinya dengan menggunakan timun.

Untuk cara menggunakannya umumnya sama seperti beberapa point diatas, yaitu hanya perlu menyiapkan 1 sendok yogurt tanpa rasa dan 1 buah mentimun segar dengan ukuran sedang. Bersihkan dahulu timun dan kemudian parut, lalu tambahkan yogurt yang telah disiapkan sebelumnya dan aduk-aduk sampai merata.

Jika sudah, pakai campuran bahan-bahan tersebut ke wajah dengan cara mengoleskannya secara merata. Selanjutnya diamkan masker wajah timun tersebut selama kurang lebih 15 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air bersih.

4. Manfaat masker timun untuk wajah berminyak

Manfaat timun untuk wajah yang ke-4 adalah mengatasi kulit wajah berminyak. Apakah kamu mempunyai masalah dengan wajah berminyak? jika iya, jangan khawatir, cobalah mengatasinya dengan timun. Seperti yang diketahui jika minyak berlebihan di wajah dapat menimbulkan berbagai masalah kulit wajah, salah satunya adalah timbulnya jerawat. Oleh sebab itulah, mengontrol minyak berlebihan di wajah merupakan hal yang harus dilakukan agar terhidar dari masalah di wajah.

Untuk cara menggunakannya sendiri cukup mudah, dimana hanya perlu menyiapkan setengah buah mentimun dan 1 sendoh teh air mawar. Selanjutnya, parut mentimun tersebut dan beri tambahan air mawar sebelumnya. Aduk-aduk bahan tersebut sampai membentuk pasta. Jika sudah, pakailah campuran bahan-bahan tersebut ke wajah dengan cara mengoleskannya secara merata dari dahi, hidung dan dagu. Diamkan masker wajah tersebut selama kurang lebih 15 menit dan bilaslah dengan menggunakan air hangat,

5. Manfaat timun untuk memutihkan wajah

Manfaat timun untuk wajah yang ke-5 adalah memutihkan sekaligus mencerahkan kulit di wajah. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai kulit wajah putih dan cerah. Apalagi jika kamu adalah seorang wanita dan dituntut untuk selalu tampil cantik.

Meskipun saat ini sudah banyak produk yang khusus digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan wajah, namun tahukah kamu jika bahan utama dalam pembuatan produk tersebut kebanyakan menggunakan bahan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Nah bagi kamu yang ingin memutihkan wajah sekaligus mencerahkannya secara alami, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan timun. Untuk cara menggunakannya sendiri juga cukup mudah, yaitu cukup menjadikan mentimun sebagai masker wajah.

Caranya, siapkan 2 timun segar yang telah dicuci bersih. Lalu parut timun sampai halus dan pakai hasil parutan tersebut ke wajah secara merata. Diamkan masker hingga mengering atau sekitar 20 menit lamanya dan cuci wajah hingga bersih dengan menggunakan air dingin. Agar hasil lebih maksimal, hasil parutan timun tersebut juga bisa dicampurkan beberapa bahan alami lainnya, seperti susu cair, lemon, putih telur, minyak mint, atau jeruk Nipis.

6. Manfaat timun untuk bintik hitam di wajah

Manfaat timun untuk wajah yang ke-6 adalah menghilangkan bintik hitam di wajah. Apakah kamu mempunyai masalah bintik hitam di wajah? Jika iya, jangan khawatir, cobalah menghilangkannya dengan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan timun. Untuk cara menggunakannya pun sangat mudah dan simpel, dimana kamu hanya perlu memarut mentimun dan menggunakan sebagai masker di wajah. Lakukan cara ini secara teratur dan rutin agar hasil yang di dapatkan maksimal.

7. Manfaat timun untuk wajah dari akibat sengatan matahari

Manfaat timun untuk wajah yang ke-7 adalah mengatasi penyebab kulit hitam terbakar matahari. Seperti yang diketahui jika kandungan pada mentimun mampu mendinginkan kulit dan menenangkan kulit serta mempercepat proses penyembuhan dari kulit yang terbakar matahari.

Nah bagi kamu yang mempunyai kulit wajah hitam yang disebabakan oleh sengatan matahari, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan mentimun. Untuk caranya juga sama seperti point-point sebelumnya, yaitu cukup menjadikannya sebagai masker wajah.

8. Manfaat timun untuk pori-pori wajah

Manfaat timun untuk wajah yang ke-8 adalah mengecilkan pori-pori kulit di wajah. Seperti yang diketahui jika pori-pori wajah yang cenderung besar justru menjadi faktor penyebab timbulnya berbagai masalah kulit wajah, seperti kulit berminyak, berjerawat, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dengan pori-pori wajah dan tidak ingin mempunyai masalah kulit wajah, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan timun. Selain alami, penggunaan timun juga sangat efektif dan tidak perlu diragukan lagi dikarenakan beberapa kandungannya dipercaya mampu mengecilkan pori-pori di wajah jika dilakukan secara rutin.

Untuk cara menggunakannya sendiri pun juga sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menjadikannya sebagai toner wajah dengan beberapa tambahan bahan alami lainnya, seperti dipadukan dengan beberapa tetes cuka apel, lidah buaya, tomat, atau bisa juga digunakan tanpa campuran apapun.

9. Manfaat timun untuk wajah sensitif

Manfaat timun untuk wajah yang ke-9 adalah merawat wajah sensitif. Seperti yang diketahui jika kulit wajah yang sensitif cenderung mengalami beberapa permasalahan wajah, seperti mudah mudah memerah, mengalami radang, mengelupas, dan bahkan sangat mudah berjerawat.

Nah jika kamu mempunyai wajah yang sensitif, maka cobalah merawatnya dengan cara yang satu ini, yaitu menggunakan timun. Untuk cara menggunakannya cukupu mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan potongan mentimun dan apel yang sudah dibersihkan secukupnya. Parut kedua bahan tersebut dan campurkan satu sendok oatmeal sampai merata. Jika sudah, pakailah campuran bahan-bahan tersebut ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 25 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air bersih.

10. Manfaat timun sebagai anti penuaan wajah

Manfaat timun untuk wajah yang ke-10 adalah sebagai anti penuaan. Seperti yang diketahui jika timun mempunyai beberapa kandungan yang dapat mencegah penuaan dini, mengatasi kulit yang rusak, dan juga mengurangi keriput, seperti kandungan caffeic acid dan vitamin C. Nah bagi kamu yang ingin tampak awet muda, maka cobalah menggunakan bahan alami satu ini, yaitu timun.

11. Manfaat timun untuk noda di wajah

Manfaat timun untuk wajah yang ke-11 adalah mengurangi noda di wajah. Mempunyai noda di wajah pastinya akan membuat diri sendiri menjadi kurang percaya diri dikarenakan bisa merusak penampilan. Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir, cobalah mengurangi noda di wajah dengan menggunakan timun.

Untuk caranya sendiri sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu menyiapkan 1 tetes minyak rosemary, 1 putih telur, dan 1 potong bagian kecil dari mentimun. Blender mentimun sampai halus dan tambahkan tetesan rosemary oil. Jika sudah, kocok terlebih dahulu putih telur sampai membentuk pasta dan campurkan ke dalam campur bahan-bahan sebelumnya. Pakailah bahan-bahan tersebut ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum membersihkannya dengan air bersih.

12. Manfaat timun untuk mata panda

Manfaat timun untuk wajah yang ke-12 adalah menghilangkan mata panda. Secara umum, kantung mata disebabkan oleh beberapa faktor, seperti efek kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya. Nah bagi kamu yang mempunyai kantung mata atau mata panda dan ingin menghilangkannya, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan timun. Untuk cara menggunakannya pun cukup mudah, dimana kamu cukup menempelkan hasil irisan timun ke kantung mata selama 20 menit lamanya dengan mata terpejam.

13. Manfaat timun untuk mata bengkak

Manfaat timun untuk wajah yang ke-13 adalah mengurangi bengkak pada mata. Seperti yang diketahui jika timun mempunyai kandungan asam askorbat yang dapat mengurangi retensi air di mata. Nah bagi kamu yang sedang mengalami mata bengkak, cobalah mengurangi bengkak pada mata tersebut dengan cara yang satu ini, yaitu dengan timun. Untuk cara menggunakannya hampir sama seperti point sebelumnya, yaitu cukup menempelkan hasil irisan timun yang telah didinginkan diatas mata.

14. Manfaat timun untuk mata merah

Manfaat timun untuk wajah yang ke-14 adalah mengatasi mata merah. Secara umum, mata merah biasanya disebabkan oleh iritasi. Nah jika saat ini kamu sedang mengalami mata merah, cobalah mengatasinya dengan timun. Seperti yang diketahui jika timun mempunyai kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah iritasi pada mata. Untuk caranya, cukup mengompres mata dengan menggunakan kapas yang telah direndam ke dalam jus mentimun.

15. Manfaat timun untuk keriput di bawah mata

Manfaat timun untuk wajah yang ke-15 adalah mencegah keriput di bawah mata. Bagi wanita, keriput dan tanda penuaan lainnya merupakan permasalahan yang sangat serius. Nah untuk mencegahnya, cobalah jadikan timun sebagai perawatan untuk menunda penuaan.

Seperti yang diketahui jika kandungan vitamin E dan potasium dalam mentimun mampu mencegah keriput di bawah mata. Untuk caranya, cukup parut mentimun dan oleskan ke wajah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

16. Manfaat timun untuk bibir kering

Manfaat timun untuk wajah yang ke-16 adalah mengatasi bibir kering. Secara umum, bibir kering disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kurangnya vitamin C. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dengan bibir kering, maka cobalah mengatasinya dengan timun. Untuk caranya penggunaannya sendiri bisa dibilang simpel dan mudah, dimana kamu hanya cukup mengoleskan bibir dengan irisan timun secara rutin.

17. Manfaat timun untuk memerahkan bibir

Manfaat timun untuk wajah yang ke-17 adalah memerahkan bibir. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai bibir merah merona secara alami? apalagi jika kamu adalah seorang wanita. Nah untuk kamu yang ingin membuat bibir menjadi merah merona, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan timun. Untuk caranya sendiri pun bisa dibilang mudah dan hampir sama seperti point sebelumnya, yaitu hanya perlu mengaplikasikan irisan timun ke area bibir secara rutin.

18. Manfaat mentimun untuk bibir hitam

Manfaat timun untuk wajah yang ke-18 adalah mengatasi bibir hitam. Masih berkaitan dengan point sebelumnya. Secara umum bibir hitam disebabkan oleh beberapa faktor, mulai seringnya merokok, penggunaan lipstik yang tidak beraturan, penggunaan lipsik yang terkontaminasi bahan kimia yang berbahaya, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir, cobalah mengatasinya dengan mentimun. Untuk caranya sendiri cukup mudah, yaitu bisa meminum jus timun secara langsung atau mengoleskanya dibibir secara rutin.
Loading...
Sponsored Ad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar