advertisement

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Gambar, Nama, Provinsi, Lengkap Dengan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
35 Rumah Adat Indonesia Beserta Gambar, Nama, Provinsi, Lengkap Dengan Penjelasannya
35 Rumah Adat Indonesia Beserta Gambar, Nama, Provinsi, Lengkap Dengan Penjelasannya

XASXUS.com - Sejak dahulu, Indonesia memang sudah terkenal sebagai bangsa yang mempunyai corak budaya yang sangat beraneka ragam. Hal tersebut terlihat dari aset bangsa yang masih lestari hingga saat ini, salah satunya adalah rumah adat Indonesia. Bahkan rumah adat di Indonesia bisa dibilang sangat banyak, dimana masing-masing daerah dan suku pastinya mempunyai rumah adatnya sendiri-sendiri.

Nah berbicara mengenai rumah adat Indonesia, tahukah kamu apa saja rumah adat Indonesia yang ada disetiap provinsi? Nah berikut ini adalah 35 rumah adat Indonesia beserta gambar, nama provinsi, lengkap dengan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Rumah Adat Aceh

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Aceh atau Rumah Krong Bade
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Aceh atau Rumah Krong Bade

Rumah adat Indonesia yang ke-1 adalah rumah adat dari Aceh. Rumah adat Aceh atau dikenal dengan nama Rumah Krong Bade merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Aceh ini keseluruhannya terbuat dari bahan dasar kayu kecuali bagian atapnya dan lantainya, dimana atap  pada rumah adat ini yang memakai bahan dari daun rumbia atau daun enau yang telah dianyam dan lantainya yang terbuat dari bambu.

Secara umum, rumah adat Aceh ini terdiri dari 3 bagian ruangan, diantaranya adalah ruang depan atau seuramoe keue yang difungsikan sebagai ruang bersantai, ruang tengah atau seuramoe teungoh yang difungsikan sebagai ruang pribadi, dan ruang belakang atau seurameo likot yang difungsikan sebagai tempat dapur, makan, atau tempat bercengkrama bagi sesama anggota keluarga

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, diantaranya adalah seperti adanya gentong air dibagian depan rumah, mempunyai tangga dengan anak tangganya berjumlah ganjil, mempunyai banyak ukiran dan lukisan dibagian dinding rumah, berbentuk persegi panjang dan membujur dari arah barat ke timur, dan masih banyak lagi.

2. Rumah Adat Sumatera Utara

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sumatera Utara atau Rumah Bolon
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sumatera Utara atau Rumah Bolon

Rumah adat Indonesia yang ke-2 adalah rumah adat dari Sumatera Utara. Rumah adat Sumatera Utara atau dikenal dengan nama Rumah Bolon merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sumatera Utara ini keseluruhannya terbuat dari bahan dasar alam, seperti tiang penopangnya yang terbuat dari kayu, dinding bangunannya yang terbuat dari bambu, dan atapnya yang terbuat dari bahan dasar daun rumbia atau ijuk.

Secara umum, rumah adat Sumatera Utara ini terdiri dari 6 bagian ruangan, diantaranya adalah ruangan jabu bong yang difungsikan sebagai ruangan khusus untuk kepala keluarga, ruangan jabu soding yang difungsikan untuk anak perempuan, ruangan jabu suhat yang difungsikan untuk anak lelaki tertua yang telah menikah, ruangan tampar piring yang difungsikan untuk menyambut tamu, ruangan jabu tonga rona ni jabu yang difungsikan untuk ruang keluarga, dan kolong rumah yang difungsikan untuk tempat penyimpanan bahan pangan sekaligus kandang ternak.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, diantaranya adalah seperti memiliki atap yang bentuknya seperti pelana kuda, ukuran dindingnya yang pendek dengan dilengkapi anyaman-anyaman, dan adanya gorga atau lukisan hewan dibagian atas pintu.

3. Rumah Adat Sumatera Barat

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sumatera Barat atau Rumah Gadang
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sumatera Barat atau Rumah Gadang

Rumah adat Indonesia yang ke-3 adalah rumah adat dari Sumatera Barat. Rumah adat Sumatera Barat atau dikenal dengan nama Rumah Gadang merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sumatera Barat ini keseluruhannya terbuat dari bahan dasar alam, seperti tiang penyangga, dinding, dan lantai yang terbuat dari papan kayu dan bambu, serta atapnya yang terbuat dari ijuk.

Secara umum, rumah adat Sumatera Barat ini terdiri dari 2 bagian ruangan, yaitu ruang lepas dan kamar tidur. Untuk jumlah kamarnya sendiri umumnya tergantung dari jumlah wanita yang tinggal di dalamnya, misalnya untuk perempuan dalam keluarga yang sudah bersuami, perempuan tua dan perempuan yang masih anak-anak, dan gadis remaja, dimana masing-masing perempuan tersebut mendapatkan 1 buah kamar.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, diantaranya adalah bentuk puncak atapnya selalu runcing dan tampak menyerupai tanduk kerbau, mempunyai tangga dibagian depan, serta dindingnya dihiasi oleh beragam motif ukiran yang diberi warna kuning, merah, dan hitam yang umumnya bernuansa flora dan fauna.

4. Rumah Adat Riau

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Riau atau Rumah Selaso Jatuh Kembar
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Riau atau Rumah Selaso Jatuh Kembar

Rumah adat Indonesia yang ke-4 adalah rumah adat dari Riau. Rumah adat Riau atau dikenal dengan nama Rumah Selaso Jatuh Kembar merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Riau ini keseluruhannya terbuat dari bahan dasar alam, seperti atapnya yang terbuat dari daun rumbia, dan bagian lainnya yang terbuat dari kayu-kayu berkualitas terbaik.

Secara umum, rumah Selaso Jatuh Kembar ini tidak difungsikan sebagai tempat tinggal, melainkan difungsikan sebagai balai pertemuan adat. Karena fungsinya yang hanya dijadikan sebagai balai pertemuan, maka rumah adat Riau ini hanya terdiri dari beberapa bagian ruangan saja, seperti ruangan yang difungsikan untuk bermusyawarah dalam pertemuan adat, ruangan untuk menyimpan benda-benda adat, ruangan untuk tidur, dan dapur.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, diantaranya adalah mempunyai silangan dibagian ujung atapnya, mempunyai loteng (lantai tingkat 2) yang dilengkapi dengan lubang-lubang angin berukuran besar, adanya hiasan berupa ukiran-ukiran etnik Melayu dengan motif flora fauna dibagian depan rumah, dan posisi rumahnya yang selalu menghadap ke badan sungai.

5. Rumah Adat Kepulauan Riau

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kepulauan Riau atau Rumah Belah Bubung
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kepulauan Riau atau Rumah Belah Bubung

Rumah adat Indonesia yang ke-5 adalah rumah adat dari Kepulauan Riau. Rumah adat Kepulauan Riau atau dikenal dengan nama Rumah Belah Bubung merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Kepulauan Riau ini keseluruhannya terbuat dari bahan dasar alam, seperti dinding dan lantai yang menggunakan papan, atapnya yang terbuat dari daun nipah atau daun rumbia, dan lainnya yang terbuat dari kayu.

Secara umum, rumah adat Kepulauan Riau ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, seperti selasar atau pendopo yang difungsikan sebagai tempat menerima tamu atau tempat bersantai, ruang muka yang difungsikan untuk ibu dan anak perempuan yang masih berumur dibawah 7 tahun, ruang tengah yang difungsikan untuk tempat tidur anak laki-laki yang sudah berumur 7 tahun atau lebih, ruang dalam yang difungsikan untuk tempat tidur orang tua, dan penganggah yang difungsikan sebagai dapur atau telo.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, salah satunya adalah adanya beragam hiasan atau ukiran dengan motif-motif khusus pada dinding rumahnya, seperti motif flora, fauna, alam, kaligrafi, abstrak, dan lain sebagainya.

6. Rumah Adat Jambi

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jambi atau Rumah Kajang Lengko
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jambi atau Rumah Kajang Lengko

Rumah adat Indonesia yang ke-6 adalah rumah adat dari Jambi. Rumah adat Jambi atau dikenal dengan nama Rumah Kajang Lengko merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Jambi ini keseluruhannya terbuat dari bahan dasar alam.

Secara umum, rumah adat Jambi ini terdiri dari 7 bagian ruangan, diantaranya adalah ruang pelamban yang difungsikan sebagai ruang tunggu bagi para tamu yang datang namun belum diijinkan masuk rumah, ruang gaho yang difungsikan untuk tempat menyimpan barang, ruang masinding yang difungsikan untuk tempat menggelar musyawarah atau untuk ritual kenduri, ruang tengah yang masih satu bagian dengan ruang masinding, ruang balik menalam atau ruang dalam yang difungsikan untuk berkumpulnya keluarga, ruang bauman yang difungsikan untuk tempat memasak pada waktu kenduri, dan ruang balik malintang yang ada disebelah kanan rumah.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, seperti berstruktur rumah panggung tapi memiliki 2 buah tangga, mempunyai berbagai macam ukiran pada dindingnya, dan bentuk atapnya yang seperti perahu dengan adanya cabang yang melengkung serta saling bertemu.

7. Rumah Adat Sumatera Selatan

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sumatera Selatan atau Rumah Limas
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sumatera Selatan atau Rumah Limas

Rumah adat Indonesia yang ke-7 adalah rumah adat dari Sumatera Selatan. Rumah adat Sumatera Selatan atau dikenal dengan nama Rumah Limas merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sumatera Selatan ini keseluruhannya terbuat dari alam, yaitu terbuat dari kayu tembesu.

Secara umum, rumah adat Sumatera Selatan ini terdiri dari 3 bagian, diantaranya adalah bagian depan atau ruangan utama yang difungsikan sebagai tempat menggelar acara atau hajat, bagian tengah yang difungsikan untuk tempat keluarga dan bersifat privat, serta bagian belakang yang difungsikan sebagai tempat memasak atau bisa dibilang ruang dapur.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, seperti memiliki pagar di bagian berandanya, memiliki tingkatan-tingkatan yang berundak (kekijing), serta dibangun dengan menghadap timur dan barat.

8. Rumah Adat Bangka Belitung

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Bangka Belitung atau Rumah Panggong
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Bangka Belitung atau Rumah Panggong

Rumah adat Indonesia yang ke-8 adalah rumah adat dari Bangka Belitung. Rumah adat Bangka Belitung atau dikenal dengan nama Rumah Panggong merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Bangka Belitung ini keseluruhannya terbuat dari alam, seperti tiangnya yang terbuat dari kayu, dindingnya terbuat dari bambu atau kulit kayu, dan atapnya yang terbuat dari daun rumbia atau ijuk.

Secara umum, rumah adat Bangka Belitung ini terdiri dari 3 bagian, diantaranya adalah ruang depan (ruang utama) yang difungsikan untuk menerima tamu atau bersantai, ruangan loss yang terdiri dari kamar-kamar penghuni rumah, dan dapur yang difungsikan untuk aktivitas masak memasak.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, seperti berbentuk rumah panggung dengan desain atap berbentuk pelana kuda, mempunyai dinding dengan penampilan yang lusuh, terbagi atas beberapa ruangan yang mempunyai fungsi masing-masing, dan adanya tangga dibagian depan rumah yang difungsikan sebagai jalan untuk naik dan memasuki rumah.

9. Rumah Adat Bengkulu

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Bengkulu atau Rumah Bubungan Lima
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Bengkulu atau Rumah Bubungan Lima

Rumah adat Indonesia yang ke-9 adalah rumah adat dari Bengkulu. Rumah adat Bengkulu atau dikenal dengan nama Rumah Bubungan Lima merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Bengkulu ini keseluruhannya terbuat dari alam.

Secara umum, rumah adat Bengkulu ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang berendo atau beranda rumah yang difungsikan untuk tempat menerima tamu yang belum dikenal, ruang hall yang difungsikan untuk menerima tamu yang dikenal baik, bilik gedang atau bilik induk yang difungsikan sebagai kamar tidur bagi kepala keluarga dan istrinya, bilik Gadis yang difungsikan sebagai kamar tidur anak gadis yang sudah dewasa, ruang tengah yang difungsikan untuk tempat bersantai sekaligus tempat tidur bagi anak bujang, ruang makan yang difungsikan sebagai tempat untuk menyajikan makanan, dan masih banyak lagi.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, seperti atapnya yang berbentuk limas dengan tinggi atap mencapai 3,5 meter, dan berstrukturkan rumah panggung dengan anak tangga yang berjumlah ganjil.

10. Rumah Adat Lampung

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Lampung atau Rumah Nuwou Sesat
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Lampung atau Rumah Nuwou Sesat

Rumah adat Indonesia yang ke-10 adalah rumah adat dari Lampung. Rumah adat Lampung atau dikenal dengan nama Rumah Nuwou Sesat merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Lampung ini keseluruhan bangunannya terbuat dari alam, yaitu berbahan dasar kayu dan papan.

Secara umum, rumah adat Lampung ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang pusiban yang difungsikan sebagai ruang untuk tempat musyawarah, ruang tetabuhan yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan alat musik tradisional dan pakaian adat Lampung, ruang gajah merem yang difungsikan sebagai tempat penyimbang beristirahat, dan ruang kebik tengah yang difungsikan sebagai tempat tidur untuk anak penyimbang.

Meskipun terlihat hampir sama seperti beberapa rumah adat di Sumatera lainnya, namun ada beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini, salah satunya adalah adanya beragam ornamen yang kerap dipajang di setiap bilik rumahnya. Menurut masyarakat Lampung, ornamen-ornamen yang dipajang tersebut berisikan tentang petuah yang diambil dari kitab kuno peninggalan leluhur masyarakat Lampung yang bernama kitab Kuntara Raja Niti.

11. Rumah Adat Banten

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Banten atau Rumah Sulah Nyanda
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Banten atau Rumah Sulah Nyanda

Rumah adat Indonesia yang ke-11 adalah rumah adat dari Banten. Rumah adat Banten atau dikenal dengan nama Rumah Sulah Nyanda merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku baduy. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Banten ini keseluruhan bangunannya terbuat dari alam, tiangnya yang terbuat dari kayu, dindingnya terbuat dari anyaman bambu, dan atapnya yang terbuat dari ijuk.

Secara umum, rumah adat Banten ini terdiri dari 3 bagian ruangan, diantaranya adalah ruang sosoro terletak di bagian depan rumah yang difungsikan untuk menerima tamu atau tempat bersantai, ruang tepas yang difungsikan sebagai tempat untuk pertemuan keluarga, dan ruang ipah yang terletak dibelakang serta difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan persediaan makanan sekaligus juga sebagai tempat memasak.

12. Rumah Adat Jakarta

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jakarta atau Rumah Kebaya
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jakarta atau Rumah Kebaya

Rumah adat Indonesia yang ke-12 adalah rumah adat dari Jakarta. Rumah adat Jakarta atau dikenal dengan nama Rumah Kebaya merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku Betawi. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Betawi ini keseluruhan bangunannya terbuat dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari genteng tanah liat, batu sebagai pondasinya, dan lainnya yang terbuat dari kayu atau bambu.

Secara umum, rumah adat Betawi ini terdiri dari 5 bagian ruangan, diantaranya adalah teras atau jejogan yang difungsikan untuk menerima tamu sekaligus tempat bersantai bagi anggota keluarga, paseban yang difungsikan untuk tempat ibadah sholat, pangkeng yang difungsikan untuk untuk menyimpan perabotan rumah tangga, kamar tidur yang difungsikan untuk beristirahat anggota keluarga, dan srondoyan atau dapur yang difungsikan sebagai tempat aktivitas memasak.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti desain pintu dan jendelanya yang memiliki jalusi atau lubang angin yang disusun secara horizontal, pintu dan jendelanya juga memiliki 2 daun yang bisa dibuka kanan dan kiri, memiliki ragam hias pada tepi atapnya, dan teras rumah yang dipagar dengan kayu keliling.

13. Rumah Adat Jawa Barat

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jawa Barat atau Rumah Jolopong
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jawa Barat atau Rumah Jolopong

Rumah adat Indonesia yang ke-13 adalah rumah adat dari Jawa Barat. Rumah adat Jawa Barat atau dikenal dengan nama Rumah Jolopong merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku sunda. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Jawa Barat ini keseluruhan bangunannya terbuat dari alam, seperti kayu dan bambu.

Secara umum, rumah adat Jawa Barat ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah emper atau tepas yang difungsikan untuk menerima tamu, ruangan tengah yang difungsikan untuk berkumpulnya keluarga, ruangan samping atau pangkeng, dan ruangan belakang yang difungsikan untuk aktivitas memasak.

14. Rumah Adat Jawa Tengah

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jawa Tengah atau Rumah Joglo
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jawa Tengah atau Rumah Joglo

Rumah adat Indonesia yang ke-14 adalah rumah adat dari Jawa Tengah. Rumah adat Jawa Tengah atau dikenal dengan nama Rumah Joglo merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku Jawa. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Jawa Tengah ini keseluruhan bangunannya terbuat dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari genting tanah atau ijuk, dan lainnya yang terbuat dari kayu keras, yaitu kayu jati.

Secara umum, rumah adat Jawa Tengah ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang pendapa yang difungsikan sebagai tempat pertemuan atau tempat digelarnya acara adat, ruang pringitan yang difungsikan sebagai tempat jalan masuk atau lorong, ruang emperan atau teras depan yang difungsikan untuk menerima tamu atau tempat bersantai, ruang omah njero yang difungsikan untuk berkumpulnya anggota keluarga, dan masih banyak lagi.

15. Rumah Adat Yogyakarta

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Yogyakarta atau Rumah Bangsal Kencono
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Yogyakarta atau Rumah Bangsal Kencono

Rumah adat Indonesia yang ke-15 adalah rumah adat dari Yogyakarta. Rumah adat Yogyakarta atau dikenal dengan nama Rumah Bangsal Kencono merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang sekaligus juga istana bagi raja Ngayogyakartan Hadiningrat dari dulu hingga sekarang. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Yogyakarta ini bahan bangunannya terbuat kayu berkualitas dengan atapnya yang terbuat dari bahan sirap atau genting tanah.

Secara umum, rumah adat Yogyakarta ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah bagian depan, bagian inti, dan bagian belakang. Bagian depan pada rumah adat ini biasa terdiri dari Gladhag Pangurakan atau gerbang utama, alun-alun lor, dan Kompleks Mesjid Gedhe Kasultanan. Sedangkan bagian inti pada rumah adat ini terdiri dari Bangsal Pagelaran, Siti Hinggil Ler, Kamandhungan Ler, Sri Manganti, Kedhaton, Kemagangan, Siti Hinggil Kidul. Sementara bagian belakang terdiri dari Alun-Alun Kidul dan Plengkung Nirbaya.

16. Rumah Adat Jawa Timur

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jawa Timur atau Rumah Tanean Lanjhang
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Jawa Timur atau Rumah Tanean Lanjhang

Rumah adat Indonesia yang ke-16 adalah rumah adat dari Jawa Timur. Rumah adat Jawa Timur atau dikenal dengan nama Rumah Tanean Lanjhang merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang menggambarkan kehidupan sosial masyarakat Madura di Jawa Timur.

Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Jawa Timur ini bukanlah sebutan untuk satu rumah saja, melainkan mencakup beberapa rumah dan juga kelengkapannya dalam satu lingkungan, dimana dalam satu Tanean Lanjhang ini terdapat beberapa rumah yang tersusun secara berjajar dan memanjang dengan dilengkapi oleh mushola sebagai tempat ibadah keluarga beserta kandang ternak, sumur, dan halaman yang memanjang.

17. Rumah Adat Bali

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Bali atau Rumah Gapura Candi Bentar
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Bali atau Rumah Gapura Candi Bentar

Rumah adat Indonesia yang ke-17 adalah rumah adat dari Bali. Rumah adat Bali atau dikenal dengan nama Rumah Gapura Candi Bentar merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang sarat akan nilai-nilai Hindu dengan berbagai macam ukirannya yang sangat khas.

Secara umum, rumah adat Bali ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang panginjeng karang yang difungsikan untuk memuja yang menjaga pekarangan, ruang bale manten yang difungsikan sebagai tempat tidur kepala keluarga beserta keluarganya, ruang bale gede atau bale adat yang difungsikan untuk upacara lingkaran hidup, ruang bale dauh yang difungsikan sebagai tempat untuk bekerja atau digelarnya pertemuan, dan masih banyak lagi.

18. Rumah Adat NTB (Nusa Tenggara Barat)

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat NTB (Nusa Tenggara Barat) atau Rumah Dalam Loka
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat NTB (Nusa Tenggara Barat) atau Rumah Dalam Loka

Rumah adat Indonesia yang ke-18 adalah rumah adat dari NTB (Nusa Tenggara Barat). Rumah adat NTB atau dikenal dengan nama Rumah Dalam Loka merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan kediaman raja-raja Sumbawa pada masa silam. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat NTB ini ditopang oleh sekitar 99 tiang yang melambangkan 99 sifat allah.

Secara umum, rumah adat NTB ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang lunyuk agung yang difungsikan sebagai tempat musyawarah atau acara pertemuan adat, ruang lunyuk mas yang difungsikan sebagai ruangan khusus permaisuri atau istri-istri menteri, ruang dalam sebelah barat yang difungsikan sebagai tempat untuk shalat, ruang dalam sebelah timur yang difungsikan sebagai kamar bagi putra dan putri raja yang sudah menikah, dan masih banyak lagi.

19. Rumah Adat NTT (Nusa Tenggara Timur)

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat NTT (Nusa Tenggara Timur) atau Rumah Musalaki
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat NTT (Nusa Tenggara Timur) atau Rumah Musalaki

Rumah adat Indonesia yang ke-19 adalah rumah adat dari NTT (Nusa Tenggara Timur). Rumah adat NTT atau dikenal dengan nama Rumah Musalaki merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang hanya difungsikan sebagai tempat tinggal kepala suku atau ketua adat Ende.

Jika dilihat secara sekilas, rumah adat NTT ini keseluruhan bangunannya terbuat dari alam, mulai dari batu-batuan, kayu, sampai daun-daunan. Secara umum, rumah adat NTT ini terdiri dari 4 bagian utama, yaitu Kuwu Lewa (Pondasi), Maga (Lantai), dan Atap.

20. Rumah Adat Kalimantan Utara

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Utara atau Rumah Baloy
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Utara atau Rumah Baloy

Rumah adat Indonesia yang ke-20 adalah rumah adat dari Kalimantan Utara. Rumah adat Kalimantan Utara atau dikenal dengan nama Rumah Baloy merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku Tidung dengan struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung.

Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Kalimantan Utara ini mirip seperti rumah adat Lamin dari Kalimantan Timur, sehingga banyak yang mengatakan jika Rumah Baloy merupakan pengembangan dari rumah adat Lamin. Secara umum, rumah adat Kalimantan Utara ini tidak difungsikan sebagai rumah tinggal, melainkan difungsikan sebagai balai adat atau tempat tinggal bagi kepala adat.

Menurut penataan ruang bagian dalamnya, rumah adat ini terdiri dari 4 bagian, diantaranya adalah ruang ambir kiri atau alad kait yang difungsikan sebagai tempat untuk menerima seseorang atau masyarakat yang akan mengadukan perkara, ruang ambir tengah atau lamin bantong yang difungsikan sebagai tempat bagi pemuka adat bersidang dalam memutuskan perkara adat, ruang ambir kanan atau ulad kemagot yang difungsikan untuk beristirahat atau ruang untuk berdamai setelah perkara adat selesai diputuskan, dan ruang lamin dalom yang difungsikan sebagai singgasana bagi kepala adat besar dayak tidung.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti dilengkapi dengan beragam ukiran terutama dibagian atap, dan terbagi menjadi beberapa ruangan yang fungsinya selalu terkait dengan kehidupan sosial kemasyarakatan.

21. Rumah Adat Kalimantan Barat

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Barat atau Rumah Panjang
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Barat atau Rumah Panjang

Rumah adat Indonesia yang ke-21 adalah rumah adat dari Kalimantan Barat. Rumah adat Kalimantan Barat atau dikenal dengan nama Rumah Panjang merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Kalimantan Barat ini keseluruhan bangunannya terbuat dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari bahan ijuk atau genting tanah, dan lainnya yang terbuat dari kayu ulin.

Secara umum, rumah adat Kalimantan Barat ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang pante yang difungsikan sebagai teras yang digunakan untuk bersantai, ruang samik yang difungsikan sebagai ruang tamu dan sebagai tempat berkumpul penghuni rumah, ruang bilik yang difungsikan sebagai kamar tidur bagi penghuni rumah, dan ruang Uakng Mik yang difungsikan sebagai aktivitasa memasak semua penghuni rumah.

22. Rumah Adat Kalimantan Tengah

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Tengah atau Rumah Betang
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Tengah atau Rumah Betang

Rumah adat Indonesia yang ke-22 adalah rumah adat dari Kalimantan Tengah. Rumah adat Kalimantan Tengah atau dikenal dengan nama Rumah Betang merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Kalimantan Tengah ini keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu ulin.

Secara umum, rumah adat Kalimantan Tengah ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang pusat atau poros yang difungsikan sebagai tempat berkumpul dalam kegiatan adat, ruang tidur yang tersusun berjajar, ruang dapur yang difungsikan untuk aktivitas memasak, ruang pante yang difungsikan sebagai tempat menjemur padi atau pakaian, ruang serambi yang difungsikan sebagai tempat bersantai, dan ruang sami yang difungsikan sebagai tempat menerima tamu atau tempat menyelenggarakan kegiatan adat.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti Hulu rumah menghadap arah Timur dan Hilirnya menghadap Barat, dinding rumah terbuat dari kayu berukir dan atap rumah berbentuk pelana memanjang, memiliki tangga yang dinamakan hejot berjumlah ganjil dan satu pintu masuk, dekat pintu masuk biasanya terdapat sebuah patung (totem) yang dinamakan rancak, serta bagian tengah rumah biasanya dihuni oleh Pembakas Lewu atau tetua adat.

23. Rumah Adat Kalimantan Selatan

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Selatan atau Rumah Bubungan Tinggi
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Selatan atau Rumah Bubungan Tinggi

Rumah adat Indonesia yang ke-23 adalah rumah adat dari Kalimantan Selatan. Rumah adat Kalimantan Selatan atau dikenal dengan nama Rumah Bubungan Tinggi merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Kalimantan Selatan ini keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu.

Secara umum, rumah adat Kalimantan Selatan ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang serambi atau pelatar yang difungsikan sebagai tempat bersantai dan terletak di paling depan, ruang panampik kecil atau pacira yang difungsikan sebagai tempat menyimpan beragam perkakas, ruang panampik basar atau paluaran yang difungsikan sebagai tempat acara kemasyarakatan, ruang palendangan yang difungsikan untuk kaum wanita saat adanya acara adat, ruang anjungan kanan yang difungsikan untuk tempat istirahat dan tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti bentuk atap bagian tengah menjulang tinggi dan melancip, atap yang memanjang kedepan tidak dilengkapi dengan plafon, tangga naik selalu memiliki jumlah anak tangga yang ganjil, serta ruang pamedangan diberi pagar kelilingnya yang berukir Kandang Rasi.

24. Rumah Adat Kalimantan Timur

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Timur atau Rumah Lamin
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Kalimantan Timur atau Rumah Lamin

Rumah adat Indonesia yang ke-24 adalah rumah adat dari Kalimantan Timur. Rumah adat Kalimantan Timur atau dikenal dengan nama Rumah Lamin merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Kalimantan Timur ini keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu ulin.

Secara umum, rumah adat Kalimantan Timur ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang tidur, ruang tamu, dan ruang dapur. Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti terdapat totem atau patung-patung dewa di sekitar halaman rumah, ukurannya sangat besar dengan jumlah penghuni yang juga sangat banyak, dan memiliki ukiran-ukiran pada dinding, ujung atap, pagar, tangga, dan bagian rumah lainnya.

25. Rumah Adat Sulawesi Utara

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Utara atau Rumah Walewangko
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Utara atau Rumah Walewangko

Rumah adat Indonesia yang ke-25 adalah rumah adat dari Sulawesi Utara. Rumah adat Sulawesi Utara atau dikenal dengan nama Rumah Walewangko merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sulawesi Utara ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari daun rumbia, dan lainnya yang terbuat dari kayu.

Secara umum, rumah adat Sulawesi Utara ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang lesar atau bagian depan yang difungsikan sebagai tempat para tetua adat dan kepala suku ketika hendak memberikan wejangan atau maklumat pada para warga, ruang sekey atau serambi depan yang difungsikan sebagai tempat untuk menerima tamu, serta ruang pores yang difungsikan untuk menerima kerabat dekat dan tempat bercengkrama bersama keluarga.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti adanya 2 tangga sebagai pintu masuk yang arahnya saling berlawanan, desainnya yang simetris dari tampak depan, dan adanya pagar berukir yang mengelilingi ruang serambi depan.

26. Rumah Adat Sulawesi Barat

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Barat atau Rumah Boyang
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Barat atau Rumah Boyang

Rumah adat Indonesia yang ke-26 adalah rumah adat dari Sulawesi Barat. Rumah adat Sulawesi Barat atau dikenal dengan nama Rumah Boyang merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sulawesi Barat ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari daun rumbia, dan lainnya yang terbuat dari kayu.

Secara umum, rumah adat Sulawesi Barat ini terdiri dari beberapa bagian ruangan, diantaranya adalah ruang samboyang yang difungsikan sebagai ruang tamu, ruang tangnga boyang yang difungsikan sebagai tempat berkumpul dan melakukan aktivitas di malam hari bersama keluarga, ruang bui’ boyang yang terdiri dari beberapa kamar (songi), ruang tapang yang difungsikan tempat penyimpanan barang (gudang), ruang paceko yang difungsikan sebagai tempat untuk memasak dan menyimpan persediaan makanan, dan masih banyak lagi.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti mempunyai tiang balok berukuran besar, dilengkapi oleh 2 buah tangga yang terdapat di bagian depan dan belakang rumah, mempunyai atap berbentuk pelana yang memanjang dari depan ke belakang menutupi rumah, dibangun menghadap ke timur (arah matahari terbit), beberapa bagian rumah dihiasi oleh ragam ornamen.

27. Rumah Adat Sulawesi Tengah

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Tengah atau Rumah Tambi
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Tengah atau Rumah Tambi

Rumah adat Indonesia yang ke-27 adalah rumah adat dari Sulawesi Tengah. Rumah adat Sulawesi Tengah atau dikenal dengan nama Rumah Tambi merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sulawesi Tengah ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari daun rumbia, dan lainnya yang terbuat dari kayu bonati.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti mempunyai tiang penyangga pendek berukuran kurang dari 1 meter, mempunyai atap berbentuk prisma dengan sudut sempit dibagian atasnya, serta bagian tangga, pintu dan dindingnya terdapat beberapa ornamen-ornamen berupa pahatan motif khas suku Kaili.

28. Rumah Adat Sulawesi Tenggara

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Tenggara atau Rumah Banua Tada
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Tenggara atau Rumah Banua Tada

Rumah adat Indonesia yang ke-28 adalah rumah adat dari Sulawesi Tenggara. Rumah adat Sulawesi Tenggara atau dikenal dengan nama Rumah Banua Tada merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sulawesi Tenggara ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam.

Secara umum, rumah adat Sulawesi Tenggara ini terdiri dari 3 jenis, diantaranya adalah kamali atau malige, banua tada tare pata pale, dan banua tada tare talu pale. Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti jumlah tingkatan rumahnya yang dapat mencapai 4 tingkat, kekokohan bangunan meskipun hanya dibuat tanpa logam dan paku sebagai penguat, dan pembagian ruangannya yang sangat memperhatikan kearifan lokal.

29. Rumah Adat Sulawesi Selatan

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Selatan atau Rumah Tongkonan
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Sulawesi Selatan atau Rumah Tongkonan

Rumah adat Indonesia yang ke-29 adalah rumah adat dari Sulawesi Selatan. Rumah adat Sulawesi Selatan atau dikenal dengan nama Rumah Tongkonan merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Sulawesi Selatan ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari bahan ijuk atau daun rumbia, dan lainnya yang terbuat dari kayu.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti memiliki ukiran dibagian dinding dengan 4 warna dasar (merah, putih, kuning dan hitam), dibagian depan rumah terdapat susunan tanduk kerbau yang dipakai sebagai hiasan sekaligus ciri tingkat strata sosial si pemilik rumah, dan dibagian yang terpisah dari rumah tongkonan terdapat sebuah bagunan yang berfungsi sebagai lumbung padi atau disebut alang sura.

30. Rumah Adat Gorontalo

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Gorontalo atau Rumah Dolohupa
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Gorontalo atau Rumah Dolohupa

Rumah adat Indonesia yang ke-30 adalah rumah adat dari Gorontalo. Rumah adat Gorontalo atau dikenal dengan nama Rumah Dolohupa merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Gorontalo ini keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu.

Menurut sejarahnya, rumah adat ini dahulu difungsikan sebagai tempat untuk bermusyawarah guna mencapai mufakat dalam perkara adat dimasa pemerintahan raja-raja Gorontalo. Karena fungsinya tersebut, maka rumah adat ini tidak terbagi menjadi beberapa ruangan layaknya rumah adat Indonesia pada umumnya, melainkan langsung berupa satu ruangan plong berukuran besar.

31. Rumah Adat Maluku

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Maluku atau Rumah Baileo
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Maluku atau Rumah Baileo

Rumah adat Indonesia yang ke-31 adalah rumah adat dari Maluku. Rumah adat Maluku atau dikenal dengan nama Rumah Baileo merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Maluku ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam.

Menurut fungsi, rumah adat ini tidak difungsikan sebagai rumah tinggal, melainkan difungsikan sebagai balai adat  tempat dilangsungkannya pertemuan adat, upacara adat, dan kegiatan keagamaan. Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti desain rumah yang tidak berdinding, lantai rumah dibuat lebih tinggi dari tanah, dan adanya ornamen berupa ukiran.

32. Rumah Adat Maluku Utara

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Maluku Utara atau Rumah Sasadu
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Maluku Utara atau Rumah Sasadu

Rumah adat Indonesia yang ke-32 adalah rumah adat dari Maluku Utara. Rumah adat Maluku Utara atau dikenal dengan nama Rumah Sasadu merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang difungsikan sebagai balai adat atau tempat pertemuan bagi seluruh masyarakat suku Sahu ketika ada kegiatan adat. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Maluku Utara ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam, seperti atapnya yang terbuat dari ijuk atau anyaman daun sagu, dan lainnya yang terbuat dari batang kayu sagu.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti terbuka tanpa dinding dengan banyak pintu, rangka atap terdapat sepasang kain merah dan putih yang digantung, adanya bola-bola berbungkus ijuk yang digantung di kerangka atap dekat kain, ujung atap rumah bagian bawah dibuat lebih pendek dari langit-langit, dan ujung atapnya memiliki ukiran berbentuk perahu.

33. Rumah Adat Papua

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Papua atau Rumah Honai
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Papua atau Rumah Honai

Rumah adat Indonesia yang ke-33 adalah rumah adat dari Papua. Rumah adat Papua atau dikenal dengan nama Rumah Honai merupakan salah satu rumah adat Indonesia berbentuk seperti kerucut dan dibangun dari material yang murni 100% dari alam. Secara umum, Rumah Honai terbagi ke dalam 3 jenis berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah rumah bagi wanita (Ebei), rumah bagi Pria (yang disebut Honai), dan rumah yang khusus dipakai untuk kandang hewan atau babi (Wamai).

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti struktur bangunannya tidak termasuk ke dalam rumah panggung seperti rumah adat Indonesia pada umumnya, lantai berupa tanah, terdiri dari 2 lantai, dan  tidak dilengkapi dengan jendela.

34. Rumah Adat Papua Barat

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Papua Barat atau Rumah Mod Aki Aksa
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Papua Barat atau Rumah Mod Aki Aksa

Rumah adat Indonesia yang ke-34 adalah rumah adat dari Papua Barat. Rumah adat Papua Barat atau dikenal dengan nama Rumah Mod Aki Aksa merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Papua Barat ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam.

Terdapat beberapa keunikan dan ciri khas dari rumah adat ini yang membedakannya dengan rumah adat Indonesia lainnya, diantaranya seperti tidak memiliki satu jendela pun di dindingnya, hanya memiliki 2 pintu di bagian depan dan belakang rumah, dibagian depan dan belakang rumah terdapat tangga yang terbuat dari rangka kayu yang diikat menggunakan rotan, serta pada tingkat masyarakat adat tertentu (biasanya kepala suku) bagian tiang rumah diukur sebagain dengan ukiran-ukiran berupa patung.

35. Rumah Adat Teluk Cendrawasih

Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Teluk Cendrawasih atau Rumah Lgkojei
Gambar rumah adat Indonesia - Rumah adat Teluk Cendrawasih atau Rumah Lgkojei

Rumah adat Indonesia yang ke-35 adalah rumah adat dari Kepulauan Teluk Cendrawasih. Rumah adat Teluk Cendrawasih atau dikenal dengan nama Rumah Lgkojei merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang struktur bangunannya termasuk ke dalam rumah panggung. Jika dilihat secara sekilas, rumah adat Teluk Cendrawasih ini keseluruhan bangunannya berasal dari alam.

Secara umum, rumah adat ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan rumah Mod Aki Aksa atau rumah Kaki Seribu khas Papua Barat namun bentuknya lebih mirip rumah panggung dengan dilengakpi oleh ventilasi udara dan lubang cahaya, serta atapnya yang lebih tinggi. Jadi, rumah adat Lgkojei ini bisa dibilang merupakan perkembangan dari rumah adat Mod Aki Aksa.
Suka artikel berjudul 35 Rumah Adat Indonesia Beserta Gambar, Nama, Provinsi, Lengkap Dengan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: