advertisement

10 Nama Binatang Pemakan Semut Beserta Gambar dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Nama Binatang Pemakan Semut Beserta Gambar dan Penjelasannya
10 Nama Binatang Pemakan Semut Beserta Gambar dan Penjelasannya

XASXUS.com - Semut merupakan serangga berukuran kecil yang terkenal sangat kuat. Seperti yang diketahui jika semut dapat menopang beban dengan berat 50 kali dari berat badannya sendiri. Meskipun semut ini merupakan binatang terkuat di dunia, namun keberadaan semut juga tidak terlepas dari incaran para predator.

Berbicara mengenai predator semut, tahukah kamu apa saja binatang pemakan semut tersebut? Nah berikut ini adalah 10 nama binatang pemakan semut beserta gambar, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Trenggiling Raksasa (Giant Anteater)

Binatang pemakan semut - Trenggiling Raksasa (Giant Anteater)
Binatang pemakan semut - Trenggiling Raksasa (Giant Anteater)

Nama binatang pemakan semut yang ke-1 adalah Trenggiling Raksasa. Trenggiling Raksasa atau yang mempunyai nama ilmiah Myrmecophaga tridactyla merupakan salah satu binatang pemakan semut yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai panjang sekitar 182-217 centimeter dengan beratnya yang bisa mencapai 41 kilogram, sehingga membuatnya sebagai trenggiling paling besar diantara anggota keluarganya.

Jika dilihat dari segi fisiknya, Trenggiling Raksasa ini mempunyai ciri-ciri seperti lidahnya yang panjang, cakar depan yang panjang, ekor yang lebat, moncongnya yang panjang, dan rona kulit yang khas. Menurut habitatnya, binatang pemakan semut ini dapat ditemukan di beberapa habitat, seperti di padang rumput, hutan hujan, dan lain sebagainya.

2. Trenggiling Sutra (Silky Anteater)

Binatang pemakan semut - Trenggiling Sutra (Silky Anteater)
Binatang pemakan semut - Trenggiling Sutra (Silky Anteater)

Nama binatang pemakan semut yang ke-2 adalah Trenggiling Sutra. Trenggiling Sutra atau yang mempunyai nama ilmiah Cyclopes didactylus merupakan salah satu binatang pemakan semut yang banyak ditemukan di Meksiko selatan, dan Amerika Tengah dan Selatan. Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai panjang sekitar 36-45 centimeter dengan beratnya yang mencapai 400 gram.

Jika dilihat dari segi fisiknya, Trenggiling Sutra ini mempunyai ciri-ciri seperti mempunyai bulu yang padat dan lembut berwarna abu-abu ke kekuningan dengan kemilau keperakan. Menurut habitatnya, binatang pemakan semut ini biasanya dapat ditemukan di berbagai jenis hutan yang berbeda, termasuk semi-desidris, hijau tropis, dan hutan bakau.

Trenggiling Sutra ini pada umumnya termasuk ke dalam hewan nokturnal, yakni hewan yang berburu atau mencari mangsa di malam hari. Keunikan dari binatang pemakan semut satu ini adalah bisa berpindah-pindah ke tempat yang berbeda tanpa harus turun dari pohon terlebih dahulu.

3. Tamandua Utara (Northern Tamandua)

Binatang pemakan semut - Tamandua Utara (Northern Tamandua)
Binatang pemakan semut - Tamandua Utara (Northern Tamandua)

Nama binatang pemakan semut yang ke-3 adalah Tamandua Utara. Tamandua Utara merupakan salah satu binatang pemakan semut yang termasuk ke dalam anggota keluarga Myrmecophagidae. Menurut habitatnya, Tamandua Utara ini banyak ditemukan di hutan tropis dan subtropis dari Meksiko selatan, melalui Amerika Tengah, dan ke tepi Andes utara.

Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai panjang sekitar 102-130 centimeter dengan beratnya yang mencapai 5,4 kilogram. Jika dilihat dari segi fisiknya, Tamandua Utara ini mempunyai ciri-ciri seperti mata yang kecil, telinga yang kecil, dan moncongnya yang panjang.

Keunikan dari binatang pemakan semut ini adalah terletak pada bulu yang ada ditubuhnya, dimana Tamandua Utara ini mempunyai bulu berwarna kuning pucat di sebagian besar tubuhnya dengan bercak khas bulu hitam di atas panggul, punggung, dan bahunya, sehingga bentuk bulu hitam tersebut menyerupai rompi.

4. Tamandua Selatan (Southern Tamandua)

Binatang pemakan semut - Tamandua Selatan (Southern Tamandua)
Binatang pemakan semut - Tamandua Selatan (Southern Tamandua)

Nama binatang pemakan semut yang ke-4 adalah Tamandua Selatan. Tamandua Selatan merupakan salah satu binatang pemakan semut yang berasal dari Amerika Selatan. Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai panjang hingga 155 centimeter dan beratnya yang mencapai 8,4 kilogram.

Jika dilihat dari segi fisiknya, Tamandua Selatan ini mempunyai ciri-ciri seperti mempunyai cakarnya yang panjang, ujung ekornya yang tidak berbulu, moncongnya yang panjang, dan lidahnya yang menonjol. Menurut habitatnya, binatang pemakan semut ini dapat ditemukan di beberapa hutan, seperti di hutan basah dan kering, termasuk hutan hujan tropis, savana, dan semak duri.

5. Armadillo Raksasa (Giant Armadillo)

Binatang pemakan semut - Armadillo Raksasa (Giant Armadillo)
Binatang pemakan semut - Armadillo Raksasa (Giant Armadillo)

Nama binatang pemakan semut yang ke-5 adalah Armadillo Raksasa. Armadillo Raksasa atau yang mempunyai nama ilmiah Priodontes maximus ini merupakan salah satu binatang pemakan semut yang berasal dari Amerika Selatan. Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai panjang hingga 100 centimeter dan beratnya yang bisa mencapai 80 kilogram.

Jika dilihat dari segi fisiknya, Armadillo Raksasa ini mempunyai ciri-ciri seperti tubuhnya berwarna coklat gelap, kepalanya yang pucat, mempunyai sekitar 80-100 gigi, cakarnya yang sangat panjang, ekornya yang ditutupi sisik bulat kecil, dan hampir seluruh tubuhnya tidak berbulu.

6. Armadillo Peri Merah Muda (Pink Fairy Armadillo)

Binatang pemakan semut - Armadillo Peri Merah Muda (Pink Fairy Armadillo)
Binatang pemakan semut - Armadillo Peri Merah Muda (Pink Fairy Armadillo)

Nama binatang pemakan semut yang ke-6 adalah Armadillo Peri Merah Muda. Armadillo Peri Merah Muda atau yang mempunyai nama ilmiah Chlamyphorus truncatus ini merupakan salah satu binatang pemakan semut yang berasal dari Argentina tengah. Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai ukuran tubuh yang mungil dengan panjangnya yang hanya sekitar 115 mm dan beratnya yang hanya mencapai 120 gram.

Jika dilihat dari segi fisiknya, Armadillo Peri Merah Muda ini mempunyai ciri-ciri seperti matanya kecil, bulunya berwarna putih kekuningan, dan cangkang punggungnya yang fleksibel. Menurut habitatnya, binatang pemakan semut ini dapat ditemukan di beberapa tempat, seperti di dataran berpasir, bukit pasir, dan padang rumput yang semak belukar.

7. Babi Tanah (Aardvark)

Binatang pemakan semut - Babi Tanah (Aardvark)
Binatang pemakan semut - Babi Tanah (Aardvark)

Nama binatang pemakan semut yang ke-7 adalah Babi Tanah. Babi Tanah atau yang mempunyai nama ilmiah Orycteropus afer ini merupakan salah satu binatang pemakan semut yang berasal dari Afrika. Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai ukuran tubuh dengan panjangnya yang mencapai 2,2 meter dan beratnya yang mencapai 80 kilogram.

Jika dilihat dari segi fisiknya, Babi Tanah ini mempunyai ciri-ciri seperti kaki belakang lebih panjang dari kaki depan, memiliki kuku yang besar dan kuat, moncongnya yang panjang, dan punggungnya yang melengkung. Menurut habitatnya, binatang pemakan semut ini dapat ditemukan di beberapa tempat, seperti di sabana, padang rumput, hutan dan semak-semak.

8. Numbat

Binatang pemakan semut - Numbat
Binatang pemakan semut - Numbat

Nama binatang pemakan semut yang ke-8 adalah Numbat. Numbat atau yang mempunyai nama ilmiah Myrmecobius fasciatus merupakan salah satu binatang pemakan semut yang banyak dijumpai di Australia selatan, Australia Barat, hingga di barat laut New South Wales. Secara umum, binatang pemakan semut ini mempunyai ukuran tubuh dengan panjangnya yang mencapai 45 centimeter dan beratnya yang mencapai 700 gram.

Jika dilihat dari segi fisiknya, Numbat ini mempunyai ciri-ciri seperti mempunyai lidah yang sangat panjang, warna tubuhnya berwarna-warni, ekor yang menonjol dan lebat, memiliki lima jari di kaki depan, dan empat di kaki belakang. Menurut habitatnya, binatang pemakan semut ini dapat ditemukan di beberapa tempat, seperti di hutan semiarid, padang rumput spinifex, dan bahkan di dataran yang didominasi oleh bukit pasir.

9. Babi Duri (Ekidna)

Binatang pemakan semut - Babi Duri (Ekidna)
Binatang pemakan semut - Babi Duri (Ekidna)

Nama binatang pemakan semut yang ke-9 adalah Babi Duri. Babi Duri merupakan salah satu binatang pemakan semut yang banyak ditemukan di hutan dan kerap bersembunyi dibawah vegetasi, akar, atau tumpukan puing-puing. Secara umum, Babi Duri ini merupakan hewan mamalia yang berasal dari New Guinea dan Australia.

Jika dilihat dari segi fisiknya, binatang pemakan semut ini mempunyai ciri-ciri seperti berwarna hitam atau coklat, matanya merah jambu, berduri putih, memiliki moncong yang memanjang dan ramping, kakinya sangat pendek, cakarnya besar, dan rahang yang ompong.

10. Trenggiling Bersisik (Pangolin)

Binatang pemakan semut - Trenggiling Bersisik (Pangolin)
Binatang pemakan semut - Trenggiling Bersisik (Pangolin)

Nama binatang pemakan semut yang ke-10 adalah Trenggiling Bersisik. Trenggiling Bersisik merupakan salah satu binatang pemakan semut yang termasuk ke dalam mamalia dari ordo Pholidota dan banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara bagian barat hingga Samudra Atlantik di Afrika.

Sesuai dengan namanya, dimana binatang pemakan semut ini mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai bersisik lempeng yang tumpang tindih dengan teksturnya yang sangat keras namun lembut pada trenggiling yang baru lahir. Jika dalam keadaan berbahaya, Trenggiling Bersisik ini umumnya akan mengeluarkan bahan kimia yang berbau berbahaya dan berasal dari kelenjar di dekat anusnya, mirip seperti semprotan sigung.
Suka artikel berjudul 10 Nama Binatang Pemakan Semut Beserta Gambar dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: