Bunga

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya


A+
A
A-
20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya
20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

XASXUS.com - Mempunyai masalah kulit di wajah dan bingung cara mengatasinya? cobalah mengatasinya dengan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan tomat. Seperti yang diketahui jika tomat mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi wajah, seperti vitamin A, vitamin C, folat, kalium, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan tembaga dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai tomat, tahukah kamu apa saja manfaat tomat untuk wajah? Nah berikut ini adalah 20 manfaat tomat untuk wajah yang dapat kamu terapkan beserta cara pemakaiannya.
Daftar Isi

1. Manfaat tomat untuk memutihkan wajah

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-1 adalah menjadikan kulit wajah putih secara alami. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai kulit wajah putih. Apalagi jika kamu adalah seorang wanita dan dituntut untuk selalu tampil cantik. Meskipun saat ini sudah banyak produk yang khusus digunakan untuk memutihkan wajah, namun tahukah kamu jika bahan utama dalam pembuatan produk tersebut kebanyakan menggunakan bahan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping.

Nah bagi kamu yang ingin memutihkan wajah secara alami, cobalah cara memutihkan wajah dengan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan tomat. Hal ini dikarenakan tomat mempunyai kandungan zat pemutih kulit secara alami sehingga membuat wajah tampak lebih putih. Selain itu, penggunaan tomat juga tidak memiliki efek samping apapun.

Untuk cara pemakaiannya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga dijadikan masker wajah. Jika kamu ingin membuat masker tomat, maka siapkan terlebih dahulu buah tomat yang sudah matang secukupnya. Cucilah buah tomat tersebut sampai benar-benar bersih dan tumbuk atau haluskan tomat sampai teksturnya benar-benar lembut.

Setelah itu oleskan hasil tumbukan tomat tersebut ke wajah secara merata dan berilah pijatan-pijatan lembut. Diamkan masker wajah tersebut sekitar 20 menit lamanya dan bilaslah dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Manfaat tomat untuk wajah berjerawat

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-2 adalah mengatasi masalah jerawat di wajah. Mempunyai jerawat di wajah tentunya akan membuat diri sendiri menjadi kurang percaya diri. Bahkan seseorang yang mempunyai masalah jerawat di wajah cenderung akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Nah bagi kamu mempunyai masalah jerawat di wajah, tidak perlu khawatir, cobalah mengatasinya dengan menggunakan tomat. Seperti yang diketahui jika beberapa kandungan yang ada pada tomat dapat menghilangkan jerawat secara alami. Untuk cara pemakaiannya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan tomat ke area wajah berjerawat dengan memberikan sedikit penekanan dan diamkan sampai mengering sebelum membersihkannya.

3. Manfaat tomat untuk wajah bekas jerawat

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-3 adalah menghilangkan bekas jerawat di wajah. Tidak hanya dapat mengatasi wajah berjerawat, tomat ternyata juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Seperti yang diketahui jika kandungan pada buah tomat dapat memperbaiki kulit di wajah sampai ke level sel, sehingga penggunaanya mampu mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Untuk cara pemakaiannya sendiri pada dasarnya sama seperti cara menghilangkan jerawat dengan tomat, yaitu kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan tomat ke area wajah bekas jerawat dengan memberikan sedikit penekanan dan diamkan sampai mengering sebelum membersihkannya dengan menggunakan air.

4. Manfaat tomat untuk wajah bopeng

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-4 adalah menghilangkan bopeng di wajah. Apakah kamu mempunyai masalah muka bopeng? jika iya, jangan khawatir, cobalah mengatasinya dengan menggunakan tomat. Seperti yang diketahui jika tomat mempunyai kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat untuk menyehatkan kulit wajah, salah satunya menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Untuk cara pemakaiannya sendiri juga sama seperti point sebelumnya, yaitu kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan tomat ke area kulit wajah yang bermasalah atau yang bopeng dengan cara memberikan sedikit penekanan dan diamkan sampai mengering sebelum membersihkannya dengan menggunakan air.

5. Manfaat tomat untuk flek hitam di wajah

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-5 adalah menghilangkan flek hitam di wajah. Apakah kamu mempunyai cukup banyak flek hitam di wajah? jika iya, cobalah mengatasinya dengan menggunakan tomat. Bahkan cara yang satu ini sudah terbukti sangat ampuh di dalam menghilangkan flex hitam di wajah. Untuk cara menggunakannya sendiri pun juga sama seperti sebelumnya, yaitu kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan tomat ke area kulit wajah yang bermasalah.

6. Manfaat tomat untuk pori-pori wajah

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-6 adalah mengecilkan pori-pori kulit pada wajah. Seperti yang diketahui jika pori-pori wajah yang cenderung besar justru menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dengan pori-pori wajah dan tidak ingin wajah berjerawat, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan tomat ini.

Selain alami, penggunaan tomat juga sangat efektif dan tidak perlu diragukan lagi. Untuk cara penggunannya sendiri juga sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menjadikannya masker wajah dengan diselingi mengkonsumsi tomat secara rutin untuk mendapatkan wajah dengan pori-pori yang kencang dan terhidar dari pori-pori besar.

7. Manfaat tomat untuk wajah berkomedo

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-7 adalah menghilangkan komedo. Apakah kamu mempunyai masalah dengan komedo? jika iya, jangan khawatir, cobalah mengatasinya dengan menggunakan tomat. Seperti yang diketahui jika wajah berkomedo pastinya akan mengganggu penampilan dan juga membuat diri sendiri menjadi tidak percaya diri.

Penggunaannya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu perlu menjadikannya masker wajah dengan cara menyiapkan terlebih dahulu buah tomat yang sudah matang secukupnya. Cucilah buah tomat tersebut sampai benar-benar bersih dan tumbuk atau haluskan tomat sampai teksturnya benar-benar lembut.

Setelah itu oleskan hasil tumbukan tomat tersebut ke wajah secara merata dan berilah pijatan-pijatan lembut. Diamkan masker wajah tersebut sekitar 20 menit lamanya dan bilaslah dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Manfaat tomat untuk wajah berminyak

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-8 adalah mengatasi kulit wajah berminyak. Tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah berjerawat, flex hitam, dan memutihkan wajah, nutrisi yang terkandung pada tomat ternyata juga dapat mengatasi muka berminyak. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah muka berminyak, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan tomat. Untuk cara penggunaannya sendiri juga sama seperti point sebelumnya, yaitu menjadikannya sebagai masker wajah.

9. Manfaat tomat untuk kulit wajah kering

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-9 adalah mengatasi kulit kering. Apakah kamu mempunyai masalah wajah kering? jika iya, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan tomat. Secara umum, kulit kering disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor genetis, cuaca dingin atau terlalu lama berada di bawah AC.

Untuk cara penggunaannya sendiri juga sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menggosokkan irisan tomat ke wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsinya secara rutin untuk memperbaiki kesehatan kulit dari dalam dikarenakan memiliki kandungan zat besi dan vitamin yang sangat baik bagi kulit.

10. Manfaat tomat untuk menghaluskan kulit wajah

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-10 adalah menjadikan kulit wajah halus. Nah bagi kamu yang ingin mempunyai kulit halus secara alami, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan tomat. Untuk cara penggunaannya sangat mudah, dimana kamu perlu membuatnya sebagai masker wajah dengan campuran putih telur.

Caranya, siapkan terlebih dahulu buah tomat yang sudah matang dan telur yang telah diambil putihnya. Selanjutnya cucilah buah tomat tersebut sampai benar-benar bersih dan tumbuk atau haluskan tomat sampai teksturnya benar-benar lembut. Jika sudah campurkan hasil tumbukan tomat dengan putih telur ke dalam wadah. Oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke wajah secara merata dan diamkan sekitar 20 menit lamanya sebelum membilasnya dengan air.

11. Manfaat tomat untuk kesehatan kulit wajah

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-11 adalah melindungi kulit dari radikal bebas. Seperti yang diketahui jika tomat mempunyai kandungan antioksidan berupa senyawa flavonoid dan zea-xanthin yang sangat baik bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah mampu melindungi kulit, termasuk kulit wajah dari dampak radikal bebas yang bisa menyebabkan rusaknya sel-sel kulit.

12. Manfaat tomat untuk mencegah kerusakan sel

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-12 adalah mencegah kerusakan sel. Masih berkaitan dengan point sebelumnya, dimana kandungan antioksidan berupa senyawa flavonoid dan zea-xanthin pada tomat mampu melindungi kulit dari dampak radikal bebas yang bisa menyebabkan rusaknya sel-sel kulit. Sehingga dengan rutin mengonsumsi tomat tentunya menghidarkan kulit dari kerusakan sel, termasuk kulit wajah.

13. Manfaat tomat untuk penuaan dini

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-13 adalah membuat wajah tampak awet muda. Seperti yang diketahui tomat mempunyai kandungan lycopene yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan mempercepat proses regenerasi sel, sehingga membuat kulit, termasuk kulit wajah tampak menjadi awet muda dan terhindar dari penuaan dini. Untuk cara penggunaannya sendiri juga sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengonsumsi tomat secara teratur.

14. Manfaat tomat untuk mendinginkan kulit wajah

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-14 adalah mendinginkan kulit wajah. Terlalu lama terkena paparan sinar matahari tentunya akan membuat wajah menjadi terasa panas dan tidak nyaman. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tomat untuk mendinginkan kuli wajah. Untuk caranya sendiri cukup mudah, yaitu cukup mengompres wajah dengan irisan tomat atau dengan menempelkan irisan tomat ke wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air.

15. Manfaat tomat untuk sinar ultraviolet (UV)

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-15 adalah melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet (UV). Seperti yang diketahui jika sinar ultraviolet (UV) sangat berbahaya bagi kulit. Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kolagen kulit termasuk kulit wajah.

Nah bagi kamu yang tidak ingin terkena dampak sinar ultraviolet (UV), maka ada baiknya untuk selalu rutin mengonsumsi tomat. Selain itu, ada baiknya juga memakai tabir surya yang biasanya dioleskan pada wajah guna menghindarkan efek dari sinar ultraviolet (UV) yang cenderung kuat.

16. Manfaat tomat untuk menyegarkan mata

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-16 adalah untuk menyegarkan mata. Mempunyai mata yang segar dan sehat tentunya akan menunjang penampilan. Oleh sebab itulah menjaga agar mata tetap segar merupakan hal yang harus dilakukan setelah melakukan berbagai macam aktivitas yang melelahkan. Untuk caranya sendiri cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menempelkan hasil irisan buah tomat ke kantung mata setelah lelah seharian beraktivitas.

17. Manfaat tomat untuk menghilangkan kantung mata atau mata panda

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-17 adalah untuk menghilangkan kantung mata atau mata panda. Secara umum, kantung mata disebabkan oleh beberapa faktor, seperti efek kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya. Nah bagi kamu yang mempunyai kantung mata atau mata panda dan ingin menghilangkannya, cobalah menggunakan cara yang satu ini. Untuk cara pemakaiannya pun sama seperti poin sebelumnya, yaitu cukup menempelkan hasil irisan buah tomat ke kantung mata.

18. Manfaat tomat untuk kulit yang meradang

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-18 adalah menyembuhkan kulit yang meradang. Secara umum, kulit meradang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya terlalu sering terkena cahaya matahari secara langsung sehingga kulit wajah nampak bintik-bintik kemerahan dan terasa gatal.

Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, maka atasilah dengan menggunakan masker tomat dengan campuran yogurt. Caranya, siapkan terlebih dahulu buah tomat yang sudah matang dan yogurt sebanyak 1 sendok makan. Selanjutnya cucilah buah tomat tersebut sampai benar-benar bersih dan potonglah menjadi beberapa bagian. Blender tomat sampai teksturnya benar-benar lembut, lalu campurkan jus tomat dengan yogurt tadi ke dalam wadah dan aduk-aduk.

Jika sudah, oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke wajah secara merata dan berilah pijatan-pijatan lembut. Diamkan masker wajah tersebut sekitar 20 menit lamanya sebelum membilasnya dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara membuat masker tomat campuran yogurt ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

19. Manfaat tomat untuk bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-19 adalah mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Apakah kamu mempunyai masalah bibir kering dan pecah-pecah? jika iya, cobalah mengatasinya dengan tomat. Seperti yang diketahui, jika tomat mempunyai kandungan vitamin C yang sangat melimpah serta berguna untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Untuk cara penggunaannya sendiri pun bisa dibilang mudah, dimana kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan tomat ke area bibir secara rutin.

20. Manfaat tomat untuk memerahkan bibir

Manfaat tomat untuk wajah yang ke-20 adalah memerahkan bibir secara alami. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai bibir merah merona secara alami? apalagi jika kamu adalah seorang wanita. Nah untuk kamu yang ingin membuat bibir menjadi merah merona, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan tomat. Untuk caranya sendiri pun bisa dibilang mudah dan sama seperti point sebelumnya, yaitu hanya perlu mengaplikasikan irisan tomat ke area bibir secara rutin.
Halaman :