Bunga

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya


A+
A
A-
21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya
21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

XASXUS.com - Mempunyai masalah kulit di wajah dan bingung cara mengatasinya? cobalah mengatasinya dengan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan lemon. Seperti yang diketahui jika lemon mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi wajah, seperti vitamin A, C, D, E, K, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai lemon, tahukah kamu apa saja manfaat lemon untuk wajah? Nah berikut ini adalah 21 manfaat lemon untuk wajah yang dapat kamu terapkan beserta cara menggunakannya.
Daftar Isi

1. Manfaat lemon untuk wajah berjerawat

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-1 adalah mengatasi wajah berjerawat. Mempunyai jerawat di wajah tentunya akan membuat diri sendiri menjadi kurang percaya diri. Selain akan memengaruhi penampilan, jerawat di wajah juga dapat menimbulkan infeksi atau rasa gatal, sehingga wajar saja jika seseorang yang mempunyai masalah jerawat di wajah cenderung akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Nah bagi kamu mempunyai masalah jerawat di wajah, tidak perlu khawatir, cobalah mengatasinya dengan menggunakan lemon. Seperti yang diketahui jika beberapa kandungan seperti zat anti bakteri dan zat anti peradangan pada lemon dapat membunuh bakteri dan mensterilkan jerawat. Hal ini dikarenakan lemon berfungsi sebagai pembunuh kuman dan jamur yang secara alami.

Untuk cara menggunakannya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan lemon ke area wajah berjerawat dengan memberikan sedikit penekanan atau bisa juga dengan menggunakan cotton bud.

2. Manfaat lemon untuk flek hitam di wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-2 adalah menghilangkan flek hitam di wajah. Apakah kamu mempunyai cukup banyak flek hitam di wajah? jika iya, cobalah mengatasinya dengan menggunakan lemon. Bahkan cara yang satu ini sudah terbukti sangat ampuh dikarenakan lemon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga penggunaan lemon sangat ampuh di dalam menghilangkan flex hitam di wajah.

Untuk cara menggunakannya pun juga sama seperti point sebelumnya, dimana kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan lemon ke area kulit wajah yang mengalami flex hitam. Lakukan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan lemon ini secara rutin sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Manfaat lemon untuk memutihkan dan mencerahkan wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-3 adalah memutihkan sekaligus mencerahkan kulit di wajah. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai kulit wajah putih dan cerah. Apalagi jika kamu adalah seorang wanita dan dituntut untuk selalu tampil cantik.

Meskipun saat ini sudah banyak produk yang khusus digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan wajah, namun tahukah kamu jika bahan utama dalam pembuatan produk tersebut kebanyakan menggunakan bahan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Nah bagi kamu yang ingin memutihkan wajah sekaligus mencerahkannya secara alami, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan lemon. Hal ini dikarenakan lemon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga berguna untuk membuat wajah tampak lebih lebih putih dan cerah secara alami. Selain itu, penggunaan lemon juga tidak memiliki efek samping apapun seperti halnya produk-produk berbagan kimia.

Untuk cara menggunakannya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan air dari perasan lemon, air mawar, dan madu murni. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai membentuk pasta. Jika sudah, oleskan hasil campuran tersebut ke wajah dengan menggunakan kuas. Selanjutnya diamkan masker wajah tersebut selama kurang lebih 15 menit dan bilaslah dengan menggunakan air. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Manfaat lemon untuk pori-pori wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-4 adalah mengecilkan pori-pori kulit pada wajah. Seperti yang diketahui jika pori-pori wajah yang cenderung besar justru menjadi faktor penyebab timbulnya berbagai masalah kulit wajah, seperti kulit berminyak, berjerawat, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dengan pori-pori wajah dan tidak ingin wajah berjerawat, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan lemon ini. Selain alami, penggunaan lemon juga sangat efektif dan tidak perlu  diragukan lagi dikarenakan beberapa kandungannya dipercaya mampu mengecilkan pori-pori di wajah jika dilakukan secara rutin.

Untuk cara menggunakannya sendiri pun juga sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menjadikannya air perasan lemon sebagai toner. Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya membersihkan wajah terlebih dahulu. Sebaliknya, jika sudah menggunakan, ada baiknya membersihkan wajah dengan air dingin.

5. Manfaat lemon untuk wajah berminyak

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-5 adalah mengatasi kulit wajah berminyak. Apakah kamu mempunyai masalah dengan wajah berminyak? jika iya, jangan khawatir, cobalah mengatasinya dengan lemon. Seperti yang diketahui jika minyak berlebihan di wajah dapat menimbulkan berbagai masalah kulit wajah, salah satunya adalah timbulnya jerawat. Oleh sebab itulah, mengontrol minyak berlebihan di wajah merupakan hal yang harus dilakukan.

Untuk cara menggunakannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu mengaplikasikan irisan lemon ke area wajah selama 15 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air dingin. Pastikan sebelum mengaplikasikan ke wajah, ada baiknya membersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.

6. Manfaat lemon untuk wajah kering

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-6 adalah mengatasi kulit kering. Apakah kamu mempunyai masalah wajah kering? jika iya, maka cobalah mengatasinya dengan menggunakan lemon. Secara umum, kulit kering disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor genetis, cuaca dingin, sampai terlalu lama berada di bawah AC.

Untuk cara penggunaannya sendiri juga sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan air perasan lemon, madu, timun, dan alpukat. Selanjutnya blederlah keempat bahan tersebut sampai halus dan mengental. Setelah itu diamkan bahan-bahan tersebut ke dalam lemari es selama beberapa menit untuk mendapatkan sensasi dingin menyegarkan. Jika sudah, oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke wajah selama beberapa menit sebelum membilasnya.

7. Manfaat lemon untuk wajah berkomedo

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-7 adalah menghilangkan komedo. Seperti yang ketahui jika kandungan asam sitrat pada lemon berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang mampu membantu di dalam menghilangkan komedo di wajah. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dengan komedo, cobalah mengatasinya dengan menggunakan lemon.

Untuk cara menggunakannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu perlu menyiapkan kapas atau cotton bud dan air perasan lemon secukupnya. Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya membersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya celupkan kapas atau cotton tersebut ke dalam air perasan lemon dan gosokan ke area wajah berkomedo. Dalam melakukan hal ini, ada baiknya hindari kulit merah, iritasi, atau kulit yang terluka.

8. Manfaat lemon untuk radikal bebas

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-8 adalah menangkal radikal bebas. Nah bagi kamu yang ingin kulit wajah terhindar dari radikal bebas, seperti polusi kendaraan, kotoran, dan debu, maka cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan lemon. Untuk cara menggunakannya sendiri juga sangat mudah, yaitu bisa mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai toner pelembab.

9. Manfaat lemon untuk kesehatan kulit wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-9 adalah mencegah datangnya penyakit kulit. Seperti yang diketahui jika lemon mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat menjaga kebersihan kulit wajah dari berbagai bakteri maupun jamur, seperti gatal-gatal, panu, kudis, kurap, berbintil berisi air, jerawat meradang dan lain sebagainya. Nah supaya terhindar dari segala macam penyakit kulit, ada baiknya rutin mengonsumsi lemon ataupun menjadikannya masker ke area kulit yang bermasalah.

10. Manfaat lemon untuk kebersihan wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-10 adalah membersihkan wajah dari kotoran. Seperti yang diketahui jika lemon mempunyai kandungan anti bakteri yang sangat berguna di dalam membersihkan wajah. Untuk cara menggunakannya sendiri sangatlah mudah, yaitu kamu cukup menjadikan sebagai toner pembersih wajah dengan campuran air mawar.

11. Manfaat lemon untuk wajah kusam

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-11 adalah menghaluskan permukaan kulit yang kusam. Secara umum, wajah kusam dan kotor disebabkan oleh debu dan asap ketika beraktivitas. Jadi supaya kulit wajah terhindar dari kusam dan kotor, maka ada baiknya rutin mengoleskan air perasan lemon secara rutin ke wajah.

12. Manfaat lemon untuk mengencangkan kulit wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-12 adalah mengencangkan kulit wajah. Apakah kamu ingin mempunyai kulit wajah kencang? jika iya, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan lemon. Seperti yang diketahui jika kandungan vitamin C pada lemon bertindak sebagai antioksidan yang dapat memperkuat otot-otot wajah serta memperlancar peredaran darah sekitar wajah dan leher, sehingga membuat wajah tampak kencang.

13. Manfaat lemon untuk penuaan dini

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-13 adalah membuat wajah tampak awet muda. Masih berkaitan dengan point sebelumnya, dimana lemon mempunyai berbagai macam kandungan yang dapat bergabung menjadi zat anti penuaan, seperti vitamin vitamin B1, B2, B3, B5, dan C. Bahkan beberapa kandungan vitamin tersebut dipercaya sangat efektif di dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak serta meningkatkan sel sel kulit menjadi lebih aktif, sehingga membuat wajah tampak menjadi lebih muda baik dari dalam maupun luar.

14. Manfaat lemon untuk kesegaran wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-14 adalah mampu mengusir tampilan wajah yang lelah. Manfaat yang satu ini mungkin sudah banyak yang mengetahui. Nah bagi kamu yang ingin wajah tampak segar meskipun lelah beraktivitas seharian, maka cobalah menggunakan lemon ini agar terhindar dari wajah yang kelelahan. Untuk caranya sendiri cukup mengoleskan air jeruk lemon ke wajah setelah lelah seharian beraktivitas.

15. Manfaat lemon untuk kesehatan mata

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-15 adalah untuk kesehatan mata. Mungkin terdengar aneh, namun menurut beberapa penelitian baru-baru ini, buah lemon ternyata dapat membentuk efek perlindungan terhadap katarak dan degenerasi makula. Hal ini dikarenakan lemon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan antioksidan. Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat tersebut, maka minumlah lemon secara rutin.

16. Manfaat lemon untuk kantung mata

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-16 adalah menghilangkan kantung mata atau mata panda. Secara umum, kantung mata disebabkan oleh beberapa faktor, seperti efek kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya. Nah bagi kamu yang mempunyai kantung mata atau mata panda dan ingin menghilangkannya, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan lemon. Untuk cara menggunakannya pun cukup mudah, dimana kamu cukup menempelkan hasil irisan buah lemon ke kantung mata selama beberapa menit dengan mata terpejam.

17. Manfaat lemon untuk bibir kering

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-17 adalah mengatasi bibir kering. Secara umum, bibir kering disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kurangnya vitamin C. Nah bagi kamu yang mempunyai masalah dengan bibir kering, maka cobalah mengatasinya dengan lemon.

Seperti yang diketahui jika lemon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat melimpah serta berguna untuk mengatasi bibir kering. Untuk caranya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya cukup mengoleskan bibir dengan air perasan lemon secara rutin.

18. Manfaat lemon untuk memerahkan bibir

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-18 adalah memerahkan bibir secara alami. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai bibir merah merona secara alami? apalagi jika kamu adalah seorang wanita. Nah untuk kamu yang ingin membuat bibir menjadi merah merona, cobalah menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan lemon. Untuk caranya sendiri pun bisa dibilang mudah dan hampir sama seperti point sebelumnya, yaitu hanya perlu mengaplikasikan irisan lemon ke area bibir secara rutin.

19. Manfaat lemon untuk bibir hitam

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-19 adalah mengatasi bibir hitam. Masih berkaitan dengan point sebelumnya. Secara umum bibir hitam disebabkan oleh beberapa faktor, mulai seringnya merokok, penggunaan lipstik yang tidak beraturan, penggunaan lipsik yang terkontaminasi bahan kimia yang berbahaya, dan lain sebagainya. Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir, cobalah mengatasinya dengan lemon. Untuk caranya sendiri cukup mudah, yaitu bisa meminuma air perasan lemon secara langsung atau mengoleskanya pada bibir secara rutin.

20. Manfaat lemon untuk bibir pecah-pecah

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-20 adalah menghaluskan bibir pecah-pecah. Apakah kamu mempunyai masalah bibir pecah-pecah? jika iya, cobalah mengatasinya dengan lemon. Seperti yang diketahui, jika lemon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat melimpah serta berguna untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Untuk cara penggunaannya sendiri juga sama seperti point sebelumnya, yaitu cukup mengaplikasikan irisan lemon ke area bibir secara rutin.

21. Manfaat lemon untuk mengencangkan bibir

Manfaat lemon untuk wajah yang ke-21 adalah mengencangkan area bibir. Seperti yang diketahui jika seiring bertambahnya usia kuli akan mengeriput, termasuk bibir. Nah agar bibir tetap terlihat kencang dan sehat, maka cobalah memanfaatkan buah lemon. Untuk caranya sendiri bisa dengan mengonsumsi jus lemon secara teratur atau bisa juga dengan mengoleskan perasan lemon ke area bibir secara rutin.
Halaman :