advertisement

15 Contoh Hewan Karnivora atau Hewan Pemakan Daging Beserta Gambar, Nama, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
15 Contoh Hewan Karnivora atau Hewan Pemakan Daging Beserta Gambar, Nama, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya
15 Contoh Hewan Karnivora atau Hewan Pemakan Daging Beserta Gambar, Nama, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Menurut pengertiannya, hewan karnivora merupakan sekelompok hewan pemakan daging dan mempunyai kemampuan di dalam memburu mangsa untuk dimakan dagingnya. Jadi secara umum, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini bisa dikatakan ke dalam kategori hewan buas. Meskipun demikian, sebagian kecil dari hewan karnivora atau hewan pemakan daging tersebut juga ada yang termasuk ke dalam hewan tidak berbahaya.

Berbicara mengenai hewan karnivora atau hewan pemakan daging, tahukah kamu apa saja hewan karnivora atau hewan pemakan daging tersebut? Nah berikut ini adalah 15 hewan karnivora atau hewan pemakan daging beserta gambar, nama, contoh, ciri-ciri, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Singa

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Singa
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Singa

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-1 adalah Singa. Hewan Singa merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam spesies mamalia. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam felidae atau jenis kucing besar yang hidup secara berkelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari 1 singa jantan dan beberapa singa betina.

Meskipun setiap kelompok singa terdapat 1 singa jantan, namun dalam berburu justru singa betinalah yang cenderung lebih produktif jika dibandingkan dengan singa Jantan. Hal ini dikarenakan singa jantan cenderung mempunyai sifat tenang dan lebih meminta bagian dari hasil buruan singa betina. Walaupun singa jantan mempunyai sifat tenang, namun singa jantan dipercaya lebih perkasa dan juga lebih buas dari kucing besar lainnya.

2. Harimau

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Harimau
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Harimau

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-2 adalah Harimau. Hewan Harimau merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam hewan mamalia bertulang belakang dan berdarah panas. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam felidae atau jenis kucing besar, bahkan ukurannya paling besar diantara jenis kucing lainnya, seperti singa, citah, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam kucing tercepat setelah saudaranya yaitu citah. Dalam berburu, hewan harimau cenderung mencari mangsa yang ukurannya agak besar, seperti babi, zebra, domba, kijang, rusa, dan hewan mamalia lainnya. Namun jika hewan-hewan tesebut tidak ditemukan, biasanya harimau cenderung mencari hewan yang ukurannya lebih kecil, seperti landak, dan lain sebagainya.

3. Anjing

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Anjing
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Anjing

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-3 adalah Anjing. Hewan Anjing merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam mamalia. Secara umum, hewan pemakan daging ini telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu, atau kemungkinan sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan beberapa bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA.

Meskipun hewan Anjing ini termasuk ke dalam hewan karnivora atau hewan pemakan daging, namun tidak jarang pula hewan ini dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan anjing bagi sebagai orang mempunyai bulu dan rambut yang indah, sehingga sangat cocok menjadi hewan peliharaan. Bahkan menurut beberapa penelitian, hewan anjing ini mempunyai kecerdasan dan lihai apabila dilatih dengan baik.

4. Kucing

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Kucing
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Kucing

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-4 adalah Kucing. Hewan Kucing merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam mamalia. Secara umum, hewan pemakan daging ini mempunyai berbagai macam jenis dan beberapa variasi warna bulu.

Meskipun hewan Kucing ini termasuk ke dalam hewan karnivora atau hewan pemakan daging, namun tidak jarang pula hewan ini dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan selain ukuran tubuhnya yang kecil dan tidak terlalu membahayakan manusia, kucing juga dianggap mempunyai tingkah yang lucu dan unik. Bahkan menurut beberapa sumber, hewan kucing ini sudah bersanding dengan manusia selama 6000 tahun.

5. Macan Dahan

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Macan Dahan
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Macan Dahan

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-5 adalah Macan Dahan. Hewan Macan Dahan merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam spesies mamalia. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam felidae atau jenis kucing besar dengan panjangnya yang bisa mencapai 95 cm.

Jika dilihat secara sekilas, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai ciri yaitu mempunyai bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan awan dan bintik-bintik berwarna hitam ditubuhnya. Sama seperti kucing besar lainnya, dimana Macan Dahan ini juga mempunyai telapak kaki yang besar dan ekor yang panjang.

Menurut penyebarannya, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini banyak hidup di daerah dataran rendah dan pegunungan, seperti di Tiongkok, kawasan Asia Tenggara, India dan Semenanjung Melayu. Macan Dahan ini pada umumnya termasuk ke dalam hewan nokturnal, yakni hewan yang berburu atau mencari mangsa di malam hari.

6. Beruang Madu

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Beruang Madu
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Beruang Madu

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-6 adalah Beruang Madu. Hewan Beruang Madu merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam kelompok hewan ursidae, yakni salah satu hewan terkecil diantara 8 jenis beruang yang ada di dunia.

Secara umum, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini adalah hewan asli Bengkulu, Indonesia, sekaligus juga menjadi simbol daerah tersebut. Tidak hanya dibengkulu saja, bahkan di Kota Balikpapan pun hewan Beruang Madu ini juga dijadikan sebagai maskotnya.

Jika dilihat secara sekilas, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai tinggi sekiatar 70 cm, panjang 1,4 meter, beratnya yang mencapai 50-65 kilogram, mempunyai bulu berwarna hitam, berkilau dan berbulu pendek. Menurut penyebarannya, hewan Beruang Madu ini umumnya banyak tersebar di hutan primer, sekunder, dan di daerah pertanian.

7. Citah

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Citah
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Citah

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-7 adalah Citah. Hewan Citah merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam spesies mamalia. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam felidae atau jenis kucing besar yang tekenal dengan kecepatannya saat berburu.

Seperti yang diketahui jika hewa Citah ini merupakan salah satu hewan tercepat di dunia dan paling cepat diantara keluarga kucing besar, dimana kecepatannya bisa sampai 110 km/jam. Jika dilihat dari segi penyebarannya, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini umumnya banyak tersebar di hutan liar untuk mencari makanannya, seperti kijang, rusa, zebra, dan lain sebagainya.

8. Serigala

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Serigala
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Serigala

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-8 adalah Serigala. Hewan Serigala merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam spesies mamalia. Secara umum, hewan pemakan daging ini mempunyai bentuk tubuh yang cenderung kecil dan hampir sama seperti hewan Anjing.

Meskipun hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai kemiripan dengan Anjing, namun sifat dari kedua hewan tersebut berbeda. Jika anjing mempunyai sifat yang cenderung lebih jinak dan bisa berbaur dalam kehidupan manusia, namun serigala sebaliknya, yakni mempunyai sifat yang cenderung ganas, sehingga tidak cocok dijadikan hewan peliharaan.

9. Musang

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Musang
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Musang

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-9 adalah Musang. Hewan Musang merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam mamalia pemangsa dari suku viverridae. Secara umum, hewan pemakan daging ini merupakan hewan nokturnal atau hewan malam dengan kemampuan memanjatnya yang sangat baik.

Jika dilihat secara sekilas, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan tergolong hewan yang sangat gesit. Keunikan dari hewan musang ini adalah cara melindungi dirinya, dimana jika dalam keadaan terjepit biasanya musang akan berpura-pura mati supaya musuhnya terkecoh. Jika dilihat dari penyebarannya sendiri, hewan musang ini banyak dijumpai di pemukiman warga termasuk diperkotaan.

10. Macan Tutul

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Macan tutul
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Macan tutul

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-10 adalah Macan tutul. Hewan Macan tutul merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam spesies mamalia. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam felidae atau jenis kucing besar.

Jika dilihat secara sekilas, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai ukuran tubuh yang sama seperti singa atau harimau, namun dilengkapi oleh bulu berwarna kuning dengan bintik-bintiknya yang berwarna hitam disekujur tubuhnya. Menurut persebarannya, hewan macam tutul ini banyak tersebar di seluruh Benua Asia dan Benua Afrika, terutama di hutan tropis, gurun, pegunungan, dan lain sebagainya.

11. Elang

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Elang
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Elang

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-11 adalah Elang. Hewan Elang merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam suku accipitridae dari genus Aquila. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk hewan yang berdarah panas, dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

Jika dilihat secara sekilas, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan kerap memangsa hewan seperti tupai, tikus, ikan, kadal, dan berbagai macam jenis serangga lainnya. Menurut persebarannya, burung elang ini banyak dijumpai di seluruh wilayah di Indonesia, yang mana sebagian besarnya hidup di darat dan sebagaian kecilnya hidup di daerah perairan.

12. Rajawali Totol

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Rajawali Totol
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Rajawali Totol

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-12 adalah Rajawali Totol. Hewan Rajawali Totol merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang banyak tersebar di hutan dataran rendah di Benua Eropa dan Benua Asia, seperti di Finlandia sampai ke Tiongkok.

Secara umum, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai ciri yaitu, berukuran antara 62-74 centimeter, mempunyai bulu berwarna gelap pucat, dan bentuknya yang ramping. Kelebihan dari Rajawali Totol ini adalah dapat terbang tinggi dalam waktu yang lama.

13. Buaya

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Buaya
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Buaya

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-13 adalah Buaya. Hewan Buaya merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam anggota hewan reptile. Secara umum, hewan pemakan daging ini juga termasuk ke dalam hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang dan berkembang biak secara ovovivipar.

Untuk persebarannya, hewan karnivora atau hewan pemakan daging biasanya banyak dijumpai di perairan tawar, seperti di sungai, rawa dan lahan basah lainnya. Meskipun demikian, ada pula beberapa jenis buaya yang hidup di perairan air payau atau danau.

14. Ikan Hiu

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Ikan Hiu
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Ikan Hiu

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-14 adalah Ikan Hiu. Hewan Ikan Hiu merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam kelompok superordo Selachimorpha, yaitu ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap.

Secara umum, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini bernafas dengan mengunakan 5-7 liang insang tergantung dari spesiesnya. Selain itu, hiu juga dilapisi oleh kulit demal denticles yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari kerusakan dan juga untuk menambah dinamika air.

15. Komodo

Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Komodo
Gambar hewan karnivora atau hewan pemakan daging - Komodo

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-15 adalah Komodo. Hewan Komodo merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang termasuk ke dalam spesies kadal terbesar di dunia. Secara umum, hewan pemakan daging ini mempunyai ukuran tubuh yang besar dengan panjangnya yang bisa mencapai 3 meter.

Menurut persebarannya, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini hanya bisa ditemukan di pulau komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Untuk cara berkembang biaknya sendiri, hewan komodo ini berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur.
Suka artikel berjudul 15 Contoh Hewan Karnivora atau Hewan Pemakan Daging Beserta Gambar, Nama, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: