advertisement

15 Contoh Alat Musik Ritmis Beserta Gambar, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
15 Contoh Alat Musik Ritmis Beserta Gambar, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya
15 Contoh Alat Musik Ritmis Beserta Gambar, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Menurut pengertiannya, alat musik ritmis merupakan istilah yang ditujukan bagi alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu. Jadi bisa dibilang alat musik ritmis ini adalah alat musik yang hanya difungsikan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu.

Berbicara mengenai alat musik ritmis, tahukah kamu apa saja alat musik ritmis tersebut? Nah berikut ini adalah 15 contoh alat musik ritmis beserta gambar, fungsi, cara memainkan, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Alat Musik Ritmis Drum

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Drum
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Drum

Contoh alat musik ritmis yang ke-1 adalah Drum. Alat musik Drum merupakan salah satu alat musik ritmis modern yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau sebuah tongkat (stick). Secara umum, alat musik ritmis ini termasuk ke dalam kelompok alat musik perkusi.

Dalam musik pop, jazz, dan rock, alat musik drum ini mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang terdiri dari tom-tom, snare drum, cymbal, bass drum, hi-hat, dan terkadang ditambah dengan berbagai alat musik drum listrik.

2. Alat Musik Ritmis Kendang

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Kendang

Contoh alat musik ritmis yang ke-2 adalah Kendang. Alat musik Kendang merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang dimainkan dengan cara ditabuh. Secara umum, alat musik ritmis berupa Kendang ini terbuat dari bahan dasar kayu nangka atau cempedak dan dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan jari-jemari atau telapak tangan dengan ketukan atau irama tertentu.

Jika dilihat secara sekilas, 1 set alat musik ritmis ini terdiri dari 3 jenis, yakni kendang ketipung, kendang ciblon atau kebar, dan kendang kalih. Ketiga jenis alat musik kendang tersebut pada umumnya dibedakan berdasarkan ukuran dan bunyi atau suaranya. Untuk kendang ciblon atau kebar sendiri adalah kendang berukuran besar yang biasanya ditaruh dibagian tengah. Sedangkan sisanya adalah kendang ketipung, dan kendang kalih.

Untuk nadanya sendiri, biasanya tergantung dari kencang kendurnya ikatan tali rotan yang mengikat kulit dibagian alat musik kendang. Dalam memainkannya, alat musik ritmis ini kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan yang sudah profesional dan sesuai dengan naluri seorang pengendang.

3. Alat Musik Ritmis Marakas

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Marakas
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Marakas

Contoh alat musik ritmis yang ke-3 adalah Marakas. Alat musik Marakas merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang termasuk ke dalam alat musik perkusi. Secara umum, kerangka dari alat musik ritmis ini terbuat dari bahan dasar kulit kering atau labu kering dengan berisikan biji-bijian atau bahan yang dapat beresonansi terhadap kulit luarnya.

Namun dalam perkembangannya, kerangka pada alat musik ritmis ini mulai mengalami perubahan, dimana kerangka pada alat musik ini mulai ada yang terbuat dari bahan dasar batok kelapa, kayu, plastik, jerami, atau sejenis buah squash. Untuk cara memainkannya sendiri, alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara digoyangkan atau diguncangkan. Hal ini dilakukan supaya material yang ada di dalamnya kerangka saling membentur dinding bagian dalam sehingga menghasilkan bunyi khas berupa suara nan tajam.

4. Alat Musik Ritmis Kastanyet

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Kastanyet
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Kastanyet

Contoh alat musik ritmis yang ke-4 adalah Kastanyet. Alat musik Kastanyet merupakan salah satu alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara menggesek-gesekkannya menggunakan ibu jari. Secara umum, alat musik ritmis ini terdiri dari sepasang kepingan kayu keras cekung atau gading dengan dilengkapi tali kecil atau semacam karet yang difungsikan untuk mengencangkan pegangan.

5. Alat Musik Ritmis Simbal

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Simbal
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Simbal

Contoh alat musik ritmis yang ke-5 adalah Simbal. Alat musik Simbal merupakan salah satu alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul. Menurut sejarahnya, alat musik ritmis berupa Simbal ini sudah dimainkan sejak Zaman kuno. Secara umum, alat musik simbal ini termasuk ke dalam alat musik perkusi dan juga termasuk ke dalam jenis alat musik bertempo cadas. Jika dilihat secara sekilas alat musik ritmis ini terbuat dari bahan dasar campuran logam dengan rumus campuran tetap dan dijaga kerahasianya.

6. Alat Musik Ritmis Konga

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Konga
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Konga

Contoh alat musik ritmis yang ke-6 adalah Konga. Alat musik Konga merupakan salah satu alat musik ritmis yang termasuk ke dalam alat musik perkusi. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik ritmis berupa Konga ini mempunyai ciri-ciri yaitu bentuknya mirip seperti alat musik kendang, namun dengan ukurannya yang memanjang ke atas, sempit, dan berkepala tunggal.

Secara umum, alat musik Konga ini terbuat dari bahan dasar kayu atau cangkang fiberglass dengan kepalanya yang dikencangkan menggunakan sekrup. Selain itu, alat musik Konga ini juga dilengkapi dengan rak atau penyangga, sehingga memungkinkan para pemainnya bermain sambil berdiri.

Untuk cara memainkannya sendiri, alat musik ritmis ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul. Terdapat 5 pukulan dasar pada alat musik Konga, diantaranya nada terbuka, nada bisu (tono ahogado), nada bas (tono bajo), nada menepak (tono seco), nada sentuh (toque de punta).

7. Alat Musik Ritmis Rebana

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Rebana
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Rebana

Contoh alat musik ritmis yang ke-7 adalah Rebana. Alat musik Rebana atau yang dalam bahasa jawa dinamakan Tebang merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang dimainkan dengan cara ditepuk atau ditabuh. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik ritmis ini mempunyai ciri-ciri yaitu berbentuk bundar dan pipih.

Secara umum, alat musik Rebana ini terbuat dari bahan dasar kayu yang telah dibubut dengan salah satu sisinya berlapiskan kulit kambing. Menurut beberapa sumber, alat musik ritmis ini adalah alat musik khas suku melayu dan kerap dimainkan di dalam mengiringi tarian zapin. Namun dalam perkembangannya, Rebana tidak hanya difungsikan sebagai pengiring tarian saja, melainkan juga digunakan untuk melantunkan kasidah dan hadroh.

8. Alat Musik Ritmis Tifa

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Tifa
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Tifa

Contoh alat musik ritmis yang ke-8 adalah Tifa. Alat musik Tifa merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik ritmis ini bentuknya yang beraneka ragam, mulai itu dari yang bundar melebar sampai dengan ukuran ramping memanjang. Dalam perkembangannya, Tifa ini tidak hanya dapat ditemukan di Maluku saja, namun juga bisa ditemukan di Papua.

Meskipun mempunyai bentuk dan nama yang sama, ternyata terdapat beberapa perbedaan pada alat musik Tifa dari Maluku ini dengan alat musik Tifa dari Papua, salah satunya terletak pada motif yang ada disekeliling badan Tifa. Dimana alat musik Tifa dari Maluku ini cenderung tidak mempunyai motif atau polos, sedangkan alat musik tifa dari Papua disekeliling badannya dipenuhi dengan ukiran motif khas Papua.

9. Alat Musik Ritmis Timpani

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Timpani
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Timpani

Contoh alat musik ritmis yang ke-9 adalah Timpani. Alat musik Timpani merupakan salah satu alat musik ritmis yang termasuk ke dalam alat musik perkusi. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik ritmis ini mempunyai ciri-ciri seperti menyerupai alat musik drum dan bentuknya seperti mangkuk besar.

Secara umum, alat musik ritmis ini tersebut dari bahan dasar tembaga dan kepalanya yang terbuat dari kulit. Sama seperti alat musik pukul drum, alat musik Timpani ini juga dimainkan dengan cara dipukul dibagian kepalanya dengan menggunakan stik drum khusus yang disebut stik timpani atau timpani mallet.

10. Alat Musik Ritmis Triangle

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Triangle
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Triangle

Contoh alat musik ritmis yang ke-10 adalah Triangle. Alat musik Triangle merupakan salah satu alat musik ritmis yang termasuk ke dalam alat musik perkusi. Secara umum, alat musik ritmis ini termasuk ke dalam jenis idiofon, yaitu sebuah alat musik yang suara atau bunyinya berasal dari getaran seluruh badan alat musiknya itu sendiri.

Jika dilihat secara sekilas, alat musik ritmis ini terbuat dari bahan dasar batang logam yang telah dibentuk menjadi segitiga dengan dilengkapi pegangan dibagian atasnya. Secara teoritis, alat musik Triangle ini adalah nada tak tentu dikarena nada fundamentalnya dikaburkan oleh nada nonharmoniknya.

Untuk cara memainkannya, alat musik ini umumnya dimainkan dengan cara dipukul. Meskipun terlihat mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti jangan menyentuh badan alat musik ini ketika sedang dibunyikan. Hal ini lakukan supaya tidak mengurangi daya getar sekaligus juga respon ketukan dari alat musik ini.

11. Alat Musik Ritmis Ketipung

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Ketipung
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Ketipung

Contoh alat musik ritmis yang ke-11 adalah Ketipung. Alat musik Ketipung merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang dimainkan dengan cara ditapuk atau ditabuh. Jika dilihat secara sekilas, alat musik ritmis berupa Ketipung ini mempunyai bentuk seperti Gendang namun dengan ukurannya yang lebih kecil.

Secara umum, alat musik Ketipung ini terbuat dari bahan dasar kayu yang telah dibubut dengan lubang dibagian tengahnya yang berdiameter 20-40 centimeter. Dalam perkembangannya, alat musik ritmis ini kerap dimainkan di dalam genre musik seperti Keroncong, Dangdut, dan Melayu.

12. Alat Musik Ritmis Tamborin

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Tamborin
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Tamborin

Contoh alat musik ritmis yang ke-12 adalah Tamborin. Alat musik Tamborin merupakan salah satu alat musik ritmis yang termasuk ke dalam alat musik perkusi. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik ritmis berupa Tamborin ini mempunyai bentuk bundar dan pipih dengan dilengkapi oleh beberapa simbal atau kerincingan disekeliling bingkainya.

Secara umum, alat musik ritmis ini tersebut dari bahan dasar kayu dengan membran pelapisnya yang terbuat dari kulit sapi atau plastik. Tamborin biasanya dimainkan dengan cara dipegang secara vertikal dan digoyang dengan salah satu tangan disertai tabuhan pada membran kulit dengan menggunakan tangan yang lainnya.

13. Alat Musik Ritmis Ceng-Ceng

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Ceng-Ceng
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Ceng-Ceng

Contoh alat musik ritmis yang ke-13 adalah Ceng-Ceng. Alat musik Ceng-Ceng merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Bali. Secara umum, alat musik ritmis ini terbuat dari bahan dasar tembaga dan kayu nangka. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Ceng-Ceng ini mirip seperti alat musik simbal dengan dilengkapi seutas tali yang difungsikan sebagai tempat memegang. Alat musik Ceng-ceng ini umumnya dimainkan dengan cara dibenturkan satu sama lainnya sampai terdengar bunyi seperti ceng... ceng..

14. Alat Musik Ritmis Gong

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Gong
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Gong

Contoh alat musik ritmis yang ke-14 adalah Gong. Alat musik Gong merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional Jawa yang dimainkan dengan cara dipukul. Secara umum, alat musik ritmis berupa Gong ini merupakan alat musik pukul yang terbuat dari bahan dasar campuran logam kuningan dengan bentuknya yang besar seperti kuali masak, dan diposisikan digantung.

Dalam memainkannya, alat musik Gong ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul dibagian yang menonjol dan hanya dimainkan di akhir tembang. Tidak hanya itu saja, dalam perkembangannya hingga saat ini tidak jarang pula alat musik ritmis Gong ini difungsikan sebagai tanda pembukaan suatu acara atau untuk mengawali suatu kegiatan.

15. Alat Musik Ritmis Dol

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Dol
Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Dol

Contoh alat musik ritmis yang ke-15 adalah Dol. Alat musik Dol merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Bengkulu. Secara umum, alat musi ritmis ini termasuk dalam alat musik kategori membranofon yang dimainkan dengan cara dipukul.

Menurut beberapa sumber, alat musik Dol ini terbuat dari bahan dasar bonggol pohon kelapa, dimana bonggol pohon kelapa tersebut dilubangi tengahnya dan ditutupi dengan kulit lembu atau kulit kambing sebagai selaput penghasil bunyi. Dalam perkembangannya, alat musik ritmis ini kerap dimainkan sebagai musik pengiring dalam tari-tarian tradisional di Bengkulu.
Suka artikel berjudul 15 Contoh Alat Musik Ritmis Beserta Gambar, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: