Bunga

8 Cara Mudah Mengaktifkan WiFi di Laptop dan Komputer Windows 7, 8, dan 10


A+
A
A-
8 Cara Mudah Mengaktifkan WiFi di Laptop dan Komputer Windows 7, 8, dan 10
8 Cara Mudah Mengaktifkan WiFi di Laptop dan Komputer Windows 7, 8, dan 10

XASXUS.com - Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua merk laptop saat ini sudah dibekali dengan adapter WiFi yang difungsikan sebagai media internet. Meskipun cara penggunaan WiFi bisa dibilang mudah, ternyata masih ada beberapa orang masih kebingungan bagaimana cara mengaktifkan WiFi di laptop dan komputer, terutama bagi yang baru mengenal laptop atau komputer.

Nah bagi kamu yang masih kebingungan di dalam bagaimana cara mengaktifkan WiFi di laptop dan komputer. Berikut ini adalah 8 cara mudah mengaktifkan WiFi di laptop dan komputer Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 serta bisa digunakan disemua merk laptop, seperti Acer, Asus, HP, Axioo, Compaq, Lenovo, Dell, dan lain sebagainya.
Daftar Isi

1. Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol WiFi
Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-1 adalah dengan menggunakan tombol WiFi. Cara mengaktifkan WiFi di laptop satu ini bisa dibilang cara paling mudah dan simpel. Meskipun demikian, kekurangan dari cara ini adalah tidak semua jenis laptop menyediakan tombol yang khusus difungsikan untuk mematikan dan menghidupkan WiFi. Jadi hanya beberapa merk laptop sajalah yang bisa memakai cara ini, seperti merek HP, Compaq, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol WiFi:

  • Cari terlebih dahulu tombol WiFi dibagian samping keyboard atau dibagian atas keyboard. Posisi tombol WiFi tersebut umumnya tergantung dari merk laptop yang dipakai.
  • Jika sudah menemukan tombol WiFi tersebut, selanjutnya tekanlah tombol WiFi tersebut hingga lampu indikator pada tombol tersebut menyala.
  • Untuk cara mematikannya, kamu hanya perlu menekan kembali tombol WiFi tersebut sampai lampu indikator pada tombol WiFi tersebut mati.

2. Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol function WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol function WiFi
Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol function WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-2 adalah dengan menggunakan tombol function WiFi. Jika dilihat secara sekilas, cara mengaktifkan WiFi di laptop ini hampir sama seperti point sebelumnya, namun bedanya adalah tombol WiFi tersebut terletak dibagian tombol function. Tombol function sendiri umumnya terletak dibagian atas tombol angka dan terdiri dari kode F1 sampai F12. Kekurangan dari cara ini adalah tidak semua jenis laptop mempunyai fitur seperti ini.

Langkah-langkah cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol function WiFi:

  • Cari terlebih dahulu tombol function dari F1 sampai F12 yang terdapat icon WiFi ().
  • Selanjutnya, tekan tombol function tersebut selama beberapa detik lalu lepas.
  • Jika laptop yang kamu gunakan terdapat lampu indikator dan berhasil mengaktifkan WiFi, maka lampu indikator tersebut akan menyala.
  • Untuk cara mematikannya sendiri, kamu hanya perlu mengulangi cara tersebut sampai WiFi tidak aktif kembali.

Jika cara ini tidak berhasil, berarti laptop yang kamu gunakan tidak mempunyai fitur seperti cara diatas.

3. Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol FN

Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol FN
Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol FN

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-3 adalah dengan menggunakan tombol FN. Jika dilihat secara sekilas, cara mengaktifkan WiFi di laptop ini hampir sama seperti point nomer 2, namun bedanya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol FN. Kelebihan dari cara ini adalah hampir semua jenis laptop sudah dilengkapi dengan tombol FN.

Langkah-langkah cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan tombol FN:

  • Cari terlebih dahulu tombol FN dan function dari F1 sampai F12 yang terdapat icon WiFi ().
  • Selanjutnya tekan tombol FN dan function WiFi tersebut secara bersamaan. Misalnya tombol WiFi tersebut terletak di F2, maka kamu menekan tombol FN + F2 secara bersamaan.
  • Jika diatas tombol function tersebut terdapat lampu indikator dan berhasil mengaktifkan WiFi, maka lampu indikator tersebut akan menyala.
  • Untuk cara mematikannya sendiri, kamu hanya perlu mengulangi cara tersebut sampai WiFi tidak aktif kembali.

4. Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan Windows Mobility Center

Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan Windows Mobility Center
Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan Windows Mobility Center

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-4 adalah dengan menggunakan Windows Mobility Center. Jika cara mengaktifkan WiFi di laptop sebelumnya tidak berhasil, cobalah pakai cara ini. Setiap sistem operasi windows, baik itu Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 umumnya sudah dilengkapi oleh fitur ini. Bahkan untuk komputer yang telah dipasangi wireless card juga bisa mengikuti cara ini.

Langkah-langkah cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan Windows Mobility Center:

  • Bukalah terlebih dahulu Windows Mobility Center dengan cara mencarinya dikolom pencarian windows. Untuk windows 7, kamu hanya tinggal mengetikan nama "Windows Mobility Center" dikolom pencarian, sedangkan untuk Windows 8, kamu hanya perlu menekan tombol windows lalu ketik "Windows Mobility Center" lalu pencet enter.
  • Jika sudah, maka akan muncul jendela yang berisi berbagai macam ikon, seperti ikon display, volume, baterai, Wireless, kecerahan, dan lainnya.
  • Selanjutnya perhatikan pada bagian Wireless, ubahlah wireless menjadi on dengan cara mengklik tombol "Turn wireless on" sampai tombol berubah menjadi "Turn wireless off".
  • Untuk mematikanya sendiri, kamu hanya perlu merubah wireless menjadi off dengan cara mengklik tombol "Turn wireless off" sampai tombol berubah menjadi "Turn wireless on".

5. Cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 8

Cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 8
Cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 8

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-5 adalah dengan menggunakan menu pengaturan di sistem operasi Windows 8 dan 8.1. Bagi kamu yang mempunyai laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows 8 dan 8.1, kamu juga bisa mengaktifkan WiFi di laptop dengan menggunakan cara ini.

Langkah-langkah cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 8:

  • Geserkan kursor ke kanan layar sampai muncul charms bar.
  • Jika sudah muncul, pilih ikon settings.
  • Selanjutnya pilih opsi "Change PC Settings", lalu pilih "Network".
  • Pilih menu Airplane Mode dan pastikan Airplane Mode dalam kondisi mati atau off. Hal ini dikarenakan WiFi tidak bisa aktif jika Airplane Mode masih dalam kondisi menyala atau aktif.
  • Setelah itu, perhatikan bagian "Wireless Device", nyalakan WiFi dengan cara merubah opsi WiFi menjadi On.

6. Cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 10

Cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 10
Cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 10

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-6 adalah dengan menggunakan menu pengaturan di sistem operasi Windows 10. Bagi kamu yang mempunyai laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows 10, kamu juga bisa mengaktifkan WiFi di laptop dengan menggunakan cara ini. Bahkan cara ini bisa dibilang cukup mudah dan simpel.

Langkah-langkah cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 10:

  • Klik ikon network di taskbar (biasanya ada dibagian kanan bawah layar dengan ikon WiFi dan berdekatan dengan ikon volume).
  • Jika sudah muncul, pastikan Airplane Mode dalam kondisi mati atau off.
  • Selanjutnya, nyalakan WiFi dengan cara mengklik ikon WiFi sampai warnanya berubah menjadi aktif.

7. Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan mengaktifkan Adapter WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan mengaktifkan Adapter WiFi
Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan mengaktifkan Adapter WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-7 adalah dengan dengan mengaktifkan Adapter WiFi. Jika cara mengaktifkan WiFi di laptop sebelumnya masih belum bisa, cobalah untuk mengaktifkan Adapter WiFi. Cara ini umumnya bisa diterapkan disemua Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Langkah-langkah cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan mengaktifkan Adapter WiFi:

  • Bukalah terlebih dahulu Control Panel dengan cara mencarinya dikolom pencarian menu start windows. Untuk windows 7 dan 10, kamu hanya tinggal mengetikan nama "Control Panel" dikolom pencarian, sedangkan untuk Windows 8, kamu hanya perlu menekan tombol windows lalu ketik "Control Panel" lalu pencet enter.
  • Jika sudah, maka akan muncul berbagai macam kategori, pilihlah Network and Internet -> Networking and Sharing Centre.
  • Pilih opsi "Change adapter settings" yang terletak di kolom sebelah kiri.
  • Carilah ikon wireless yang dipakai, selanjutnya klik kanan dan pilihlah opsi "Enable".
  • WiFi pun sudah bisa dipakai.

8. Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan menginstal Wireless Driver

Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan menginstal Wireless Driver
Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan menginstal Wireless Driver

Cara mengaktifkan WiFi di laptop yang ke-8 adalah dengan menginstal Wireless Driver. Jika keenam cara mengaktifkan WiFi laptop diatas tetap tidak berhasil, maka kemungkinan besar permasalahannya ada pada Wireless Driver adapternya yang belum diinstal atau instal-an drivernya yang mengalami kerusakan sehingga mengharuskan instal ulang.

Untuk cara menginstalnya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu memasukan DVD Driver yang biasanya diberikan dalam paket ketika membeli laptop atau bisa juga dengan mengunduh driver tersebut disitus resmi vendor laptop atau wireless adapternya.

Jika sudah menginstal Wireless Driver, maka kamu bisa mencoba kembali cara mengaktifkan WiFi di laptop pada point nomer 1 sampai 7.

Nah itulah 8 cara mengaktifkan WiFi di laptop dan komputer yang bisa kamu coba.
Halaman :