Bunga

11 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Secara Alami dan Aman


A+
A
A-
11 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Secara Alami dan Aman
11 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Secara Alami dan Aman

XASXUS.com - Kotoran telinga atau yang dikenal dengan serumen merupakan gumpalan lunak alami yang berasal dari kelenjar minyak liang telinga dan berfungsi untuk melindungi telinga, seperti menghambat pertumbuhan kuman, berperan memerangkap debu, dan menjaga supaya air tidak masuk ke dalam telinga.

Kotoran telinga sebenarnya tidak akan menyebabkan gangguan, namun jika jumlahnya tidak berlebihan tentunya dapat menyumbat telinga sampai menyebabkan nyeri pada telinga dan gangguan pendengaran. Nah bagi kamu yang ingin membersihkan kotoran teliga namun tidak tahu bagaimana cara yang benar, berikut ini adalah 11 cara membersihkan kotoran telinga secara alami dan aman.
Daftar Isi

1. Cara membersihkan kotoran telinga dengan hidrogen peroksida

Cara membersihkan kotoran telinga dengan hidrogen peroksida
Cara membersihkan kotoran telinga dengan hidrogen peroksida

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-1 adalah dengan cara menggunakan hidrogen peroksida. Cara ini mungkin terdengar seperti cara kimiawi, namun sebenarnya cara membersihkan kotoran telinga dengan hidrogen peroksida ini adalah cara alami untuk membersihkan kotoran telinga dikarenakan menggunakan bahan-bahan alami. Komponen ekstra oksigen yang ada pada zat satu ini mampu membantu di dalam mengurai kotoran telinga secara cepat sekaligus juga menjauhkan dari infeksi.

Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mencampurkan peroksida dengan air komposisi yang sama, kemudian dituagkan cairan tersebut ke dalam kapas, lalu peras kapas tersebut, dan yang terkahir masukanlah cairan tersebut ke dalam telinga. Ulangi cara tersebut dengan menggunakan kapas bersih hingga tidak ada lagi kotoran ditelinga.

2. Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak kelapa

Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak kelapa
Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak kelapa

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-2 adalah dengan cara menggunakan minyak kelapa. Seperti yang diketahui jika minyak kelapa mempunyai berbagai macam manfaat, salah satunya untuk membersihkan kotoran telinga. Seperti yang diketahui jika kandungan rantai medium asam lemak pada minyak kelapa mampu membersihkan kotoran telinga sekaligus juga dapat membantu melawan infeksi dan berbagai macam bakteri.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan pipet tetes dan minyak kelapa saja. Pertama, panaskan sedikit minyak kelapa. Selanjutnya pakailah pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bersihkanlah memakai kapas pembersih telinga.

Jika kamu kurang suka dengan cara membersihkan kotoran telinga diatas, cobalah dengan cara yang satu ini, yaitu hanya perlu menyiapkan minyak kelapa, sendok, dan lilin. Pertama nyalakan lilin dengan menggunakan korek, tuangkan minyak kelapa ke dalam sendok, panaskan sendok berisikan minyak kelapa dengan api lilin.

Jika minyak kelapa dirasa sudah agak hangat, selanjutnya celupkan bola kapas, hilangkan kelebihan minyak, dan pasanglah kapas berukuran kecil di telinga. Panas dari minyak kelapa tersebut nantinya akan merontokkan kotoran ditelinga.

3. Cara membersihkan kotoran telinga dengan cuka apel

Cara membersihkan kotoran telinga dengan cuka apel
Cara membersihkan kotoran telinga dengan cuka apel

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-3 adalah dengan cara menggunakan cuka apel. Seperti yang diketahui jika cuka apel mempunyai berbagai macam manfaat, salah satunya untuk membersihkan kotoran telinga. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu meneteskan 2 atau 3 tetes cuka apel dengan posisi kepala miring kesamping. Selanjutnya gulung bola kapas di telinga dan biarkan selama satu jam lamanya. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga merasa nyaman.

4. Cara membersihkan kotoran telinga dengan campuran alkohol dan cuka

Cara membersihkan kotoran telinga dengan campuran alkohol dan cuka
Cara membersihkan kotoran telinga dengan campuran alkohol dan cuka

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-4 adalah dengan menggunakan campuran alkohol dan cuka. Seperti yang diketahui jika kedua bahan tersebut mempunyai berbagai macam manfaat, seperti alkohol yang bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran telinga, sedangkan cuka yang bermanfaat untuk menjaga telinga dari infeksi.

Untuk cara sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan kedua bahan tersebut dan mencampurkannya menjadi satu. Selanjutnya kamu hanya perlu meneteskan 2 atau 3 tetes ke telinga dan ambilah kapas yang bersih dan lembut untuk digunakan pembersih telinga. Ulangi cara tersebut sampai kotoran yang ditelinga benar-benar bersih.

5. Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak almond

Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak almond
Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak almond

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-5 adalah dengan cara menggunakan minyak almond. Seperti yang diketahui jika minyak almond mempunyai berbagai macam manfaat, salah satunya untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras, sehingga penggunaan minyak almond ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran telinga.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu memasukkan minyak almod ke dalam telinga dengan pipet tetes dan diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya bersihkan kotoran telinga tersebut dengan menggunakan kapas yang bersih dan lembut.

6. Cara membersihkan kotoran telinga dengan baby oil

Cara membersihkan kotoran telinga dengan baby oil
Cara membersihkan kotoran telinga dengan baby oil

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-6 adalah dengan cara menggunakan baby oil. Seperti yang diketahui jika baby oil mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik, salah satunya untuk menyingkirkan kotoran telinga. Bahkan penggunaan baby oil untuk membersihkan kotoran telinga bisa dibilang tidak ada efek samping apapun untuk setiap jenis kulit. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu meneteskan 2 atau 3 tetes ke telinga dan tutuplah telinga selama beberapa menit.

7. Cara membersihkan kotoran telinga dengan baking soda

Cara membersihkan kotoran telinga dengan baking soda
Cara membersihkan kotoran telinga dengan baking soda

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-7 adalah dengan cara menggunakan baking soda. Seperti yang diketahui jika baking soda mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik, seperti sebagai terapi alami di dalam menyingkirkan kotoran telinga, melunakkan kotoran telinga, dan mencegah pembentukan kembali.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air untuk kemudian membubuhkan beberapa tetes ke dalam telinga dan diamkan beberapa menit sebelum membersihkannya menggunakan kapas lembut.

8. Cara membersihkan kotoran telinga dengan air garam

Cara membersihkan kotoran telinga dengan air garam
Cara membersihkan kotoran telinga dengan air garam

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-8 adalah dengan cara menggunakan air garam. Seperti yang diketahui jika air garam mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik, salah satunya untuk membersihkan kotoran telinga. Bahkan penggunaan air garam bisa dibilang sama kuatnya dengan obat tetes yang diresepkan oleh para dokter, sehingga sangat dianjurkan.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan garam ke dalam air. Selanjutnya rendamlah kapas ke dalam air campuran garam tersebut untuk kemudian meneteteskan beberapa tetes ke dalam telinga. Pastikan pada saat melakukan hal ini, ada baiknya menjaga air supaya tidak mengalir keluar selama beberapa saat. Ulangilah cara ini sebanyak yang diperlukan sampai telinga bersih.

9. Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak zaitun

Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak zaitun
Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak zaitun

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-9 adalah dengan cara menggunakan minyak zaitun. Seperti yang diketahui jika minyak zaitun mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik, salah satunya untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras, sehingga kotoran telinga menjadi lebih mudah untuk mencair dan mudah untuk dibersihkan.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyelupkan sepotong kapas yang bersih dan lembut ke dalam minyak zaitu hangat. Selanjutnya peraslah kelebihan minyak tersebut dan tempatkan kapas tersebut ditelinga. Biarkan kapas tersebut menempel selama 15 menit dan keluarkan kapas. Lakukan cara ini secara berulang-ulang sampai kotoran telinga bersih.

10. Cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih

Cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih
Cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-10 adalah dengan cara menggunakan minyak bawang putih. Seperti yang diketahui jika minyak bawang putih mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik, salah satunya untuk membersihkan kotoran telinga. Selain itu, kandungan antibiotik pada minyak bawang putih tersebut dapat membantu orang yang sudah mencapai tahap sakit akibat kotoran telinga yang menumpuk.

Untuk caranya sendiri bisa dibilang agak ribet, dimana kamu perlu memanaskan 3-4 siung bawang putih diatas penggorengan dengan minyak sampai bawang putih sedikit menghitam. Ketika bawang putih tersebut sudah menyerap minyak yang ada, maka langkah selanjutnya sisihkan dan remas-remaslah secara perlahan supaya minyak yang ada di dalam bawang putih tersebut menetes keluar, sehingga bisa langsung diteteskan ke dalam telinga. Lakukan cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih ini ketika akan tidur.

11. Cara membersihkan kotoran telinga dengan gliserin

Cara membersihkan kotoran telinga dengan gliserin
Cara membersihkan kotoran telinga dengan gliserin

Cara membersihkan kotoran telinga yang ke-10 adalah dengan cara menggunakan gliserin. Gliserin sendiri merupakan pelembap dan pelumas yang sangat efektif di dalam membersihkan kotoran telinga. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menuangkan 2-3 tetes gliserin ke telinga dan bersihkan telinga dengan menggunakan bola kapas. Lakukan cara membersihkan kotoran telinga dengan gliserin ini secara beulang sampai telinga bersih.
Halaman :