advertisement

20 Sikap, Perilaku, dan Karakteristik Kewirausahaan / Wirausaha


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
20 Sikap, Perilaku, dan Karakteristik Kewirausahaan
20 Sikap, Perilaku, dan Karakteristik Kewirausahaan

XASXUS.com - Wirausaha merupakan seseorang yang bebas dan mempunyai kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya. Seorang wirausaha juga bebas menentukan, merancang, mengelola dan juga mengendalikan semua usahanya.

Seseorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu ke waktu, seorang wirausaha selalu meningkatkan usahanya. Nah berbicara mengenai kewirausahaan, berikut ini adalah sifat, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan.
Daftar Isi

1. Mempunyai rasa percaya diri

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-1 adalah mempunyai rasa percaya diri. Seperti yang diketahui jika rasa percaya diri bagi seorang wirausaha merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting di dalam kehidupan dan tentunya dapat dibentuk dengan cara selalu membiasakan diri di dalam menyelesaikan masalah tanpa bergantung kepada orang lain.

Hal ini dikarenakan rasa percaya diri dari seorang wirausaha akan membantu untuk tidak mudah putus asa, tidak takut gagal, tidak ragu-ragu dalam memecahkan masalah, dan tentunya selalu merasa bahwa dirinya mampu di dalam bisnisnya. Selain itu, rasa percaya diri tersebut juga menunjukkan bahwa seorang wirausaha mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi, emosinya ebih stabil, kritis, dan tidak mudah tersinggung.

2. Berorientasi pada tugas dan hasil

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-2 adalah berorientasi pada tugas dan hasil. Maksudnya disini adalah seorang wirausaha diharuskan untuk memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang telah dibebankan kepadanya. Tidak hanya itu saja,  seorang wirausaha juga harus mempunyai sikap tanggung jawab terhadap hasil dari tugas yang dibebankannya.

3. Berani menanggung risiko

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-3 adalah berani di dalam menanggung risiko. Bagi seorang wirausaha, berani menanggung risiko merupakan hal yang harus dilakukannya. Tidak hanya itu saja, seorang wirausaha juga harus berani di dalam menghadapi resiko apapun terhadap langkah yang telah diambilnya.

Bahkan beberapa orang mengatakan jika seseorang tidak akan pernah memulai sesuatu jika belum pernah mengalami kegagalan. Maka dari itu, dalam bertindak seorang wirausaha harus memikirkan tindakannya secara matang, sehingga risiko yang akan terjadi bisa diperkirakan.

4. Mempunyai jiwa kepemimpinan atau leadership

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-4 adalah mempunyai jiwa kepemimpinan atau leadership. Bagi seorang wirausaha, jiwa kepemimpinan atau leadership merupakan sikap yang harus dimiliki. Hal ini dikarenakan seorang wirausaha akan dituntut mampu memimpin anak-anak buahnya atau pegawainya. Jadi seseorang yang tidak mempunyai jiwa kepemimpinan atau leadership, baik itu memimpin diri sendiri maupun memimpin orang lain bisa dibilang tidak akan mampu menjadi seorang wirausaha.

5. Keorisinalan atau keaslian

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-5 adalah keorisinalan atau keaslian. Maksudnya disini adalah seorang wirausaha dituntut untuk mempunyai ide-ide kreatif yang murni dari dirinya dan bukanlah hasil meniru karya dari orang lain atau bisa dibilang hasil dari plagiat.

6. Berorientasi ke masa depan

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-6 adalah berorientasi ke masa depan. Maksudnya disini adalah seorang wirausaha dituntut untuk mempunyai visi ke depan untuk meraih kesuksesan dimasa mendatang. Selain itu itu, seorang wirausaha juga dituntut untuk dapat memprediksi akan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang sangat dibutuhkan oleh mangsa pasarnya dikemudian hari.

Maka dari itulah seorang wirausaha dituntut untuk mampu menyusun perencanaan dan strategi yang matang supaya jelas langkah-langkah yang akan dilaksanakan ke depannya. Jadi intinya adalah seorang wirausaha harus mempunyai kemampuan di dalam menciptakan sesuatu yang baru dan tentunya berbeda dengan yang sudah ada saat ini.

7. Jujur dan tekun

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-7 adalah jujur dan tekun. Seperti yang diketahui jika kejujuran dan ketekunan merupakan kunci kesuksesan dalam segala hal, terutama bagi seorang wirausaha. Jadi supaya mencapai kesuksesan, seorang wirausaha sangat dituntut untuk mempunyai sikap jujur dan tekun.

Maksudnya disini adalah seorang wirausaha dituntut untuk bersikap jujur dengan diri sendiri, keluarga, pegawainya, dan masyarakat. Tidak hanya itu saja, seorang wirausaha juga dituntut untuk tekun di dalam mencari ide-ide baru yang lebih kreatif dari ide-ide yang sudah ada. Jadi seseorang yang tidak mempunyai sikap jujur dan tekun, maka bisa dipastikaan seseorang tersebut tidak akan berhasil dalam hal apapun, termasuk dalam hal usahanya.

8. Mempunyai kreativitas tinggi

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-8 adalah mempunyai kreativitas tinggi. Menurut pengertiannya, kreativitas merupakan kemampuan di dalam berpikir tentang hal baru dan berbeda dari sebelumnya. Seperti yang diketahui jika kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam kewirausahaan.

Hal ini dikarenakan seorang wirausaha yang mempunyai kreativitas tinggi dapat menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang terletak pada penerapan kreativitas dan inovasi di dalam memecahkan masalah, sehingga meraih peluang yang dihadapi setiap hari.

9. Mempunyai komitmen dalam pekerjaan, etos kerja dan tanggung jawab

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-9 adalah mempunyai komitmen dalam pekerjaan, etos kerja dan tanggung jawab. Seperti yang diketahui jika seorang wirausaha dituntut untuk mempunyai jiwa komitmen dalam usahanya dan juga tekad yang bulat di dalam mencurahkan seluruh perhatiannya terhadap usaha yang dijalaninya.

Tidak hanya itu saja, seorang wirausaha juga dituntut untuk mempunyai tekad yang menggebu-gebu dan juga mempunyai semangat yang tinggi di dalam mengembangkan usahanya. Artinya adalah dalam menjalani usahanya, seorang wirausaha dituntut untuk tidak pernah setengah-setengah dalam berusaha, selalu bekerja keras, berani menanggung resiko, dan tidak takut menghadapi peluang-peluang yang ada.

Seperti yang diketahui jika usaha yang tidak dilakukan dengan bersungguh-sungguh, wirausaha sehebat apapun pastinya akan menemui jalan kegagalan di dalam usahanya. Maka dari itulah, sangat penting sekali bagi seorang wirausaha untuk mempunyau komitmen terhadap usaha dan juga pekerjaan yang dijalaninya.

10. Selalu mencari peluang

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-10 adalah selalu mencari peluang. Seperti yang diketahui jika esensi kewirausahaan yaitu tanggapan yang positif terhadap peluang untuk memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik pada pelanggan dan masyarakat, cara yang etis dan produktif untuk mencapai tujuan, serta sikap mental untuk merealisasikan tanggapan yang positif tersebut. Pengertian itu juga menampung wirausaha yang bukan pengusaha, termasuk yang mengelola organisasi nirlaba yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan atau masyarakat.

11. Mandiri dan tidak ketergantungan pada orang lain

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-11 adalah mandiri dan tidak ketergantungan pada orang lain. Sesuai dengan inti dari jiwa kewirausahaan, dimana seseorang wirausaha dituntut untuk mempunyai kemampuan kreatif di dalam mengembangkan ide dan pikirannya, terutama di dalam menciptakan peluang usaha yang dijalaninya tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Selain itu, seorang wirausaha juga dituntut untuk mampu menciptakan hal-hal baru dengan cara mengkombinasikan sumber-sumber yang ada disekitarnya, seperti halnya menemukan pengetahuan baru, mengembangkan teknologi baru, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, menemukan cara baru di dalam menghasilkan barang dan jasa yang jauh lebih efisien, menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan konsumen, dan lain sebagainya. Jadi artinya seorang wirausaha dituntut untuk selalu mandiri dan tidak bergantung pada orang lain supaya bisa lebih berkreasi dan juga berinovasi dengan kemampuannya.

12. Mempunyai kemampuan manajerial

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-12 adalah mempunyai kemampuan manajerial atau mengurus usaha yang sedang digelutinya. Seperti yang diketahui jika seorang wirausaha dituntut untuk mampu mengurus usahanya, seperti mengorganisasikan usaha, perencanaan usaha, mengelola usaha dan sumber daya manusia, memvisualisasikan usaha, mengontrol usaha, kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaannya, dan lain sebagainya. Jadi seorang wirausaha yang tidak mempunyai kemampuan manajerial atau mengurus usahanya dengan baik akan mengalami kegagalan atau bisa dibilang tidak akan mendapat keberhasilan.

13. Disiplin

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-13 adalah disiplin. Dalam melakukan kegiatan atau pekerjaannya, seorang wirausaha umumnya dituntut untuk mempunyai kedisiplinan yang sangat tinggi. Maksudnya disini adalah seorang wirausaha dituntut mempunyai ketepatan komitmen wirausaha terhadap tugas maupun pekerjaannya, seperti ketepatan terhadap waktu, sistem kerja, kualitas pekerjaan, dan lain sebagainya.

14. Realistis

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-14 adalah realistis. Seseorang bisa dikatakan realistis jika orang tersebut dapat memakai fakta atau realita sebagai landasan di dalam pengambilan keputusan maupun tindakannya. Seorang wirausaha yang tidak mempunyai landasan pemikiran realistis bisa dikatakan akan mengalami kegagalan.

Hal ini umumnya banyak terjadi pada calon wirausaha yang lebih sering berpikir tidak realistis, obyektif, dan rasional di dalam pengambilan keputusan bisnisnya. Maka dari itu, sikap realistis dalam kewirausahaan sangat menentukan tingkat keberhasilan usaha yang sedang dirintis.

15. Mempunyai motif berprestasi tinggi

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-15 adalah mempunyai motif berprestasi tinggi. Seperti yang diketahui jika seseorang mempunyai minat dalam berwirausaha dikarenakan adanya motif tertentu, yakni motif berprestasi. Motif berprestasi ini merupakan suatu nilai sosial yang menekankan kepada hasrat guna mencapai yang terbaik untuk mencapai kepuasan secara pribadi, dimana faktor yang mendasarinya adalah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kebutuhan berprestasi di dalam wirausaha umumnya terlihat dalam bentuk tindakan di dalam melakukan sesuatu yang lebih baik dan juga lebih efisien lagi. Wirausaha yang mempunyai motif berprestasi biasanya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti ingin mengatasi sendiri kesulitan dan juga persoalan-persoalan yang timbul pada dirinya, selalu memerlukan umpan balik yang segera untuk melihat keberhasilan atau kegagalan, memiliki tanggung jawab personal yang tinggi, berani menghadapi resiko dengan penuh perhitungan, serta menyukai tantangan dan melihat tantangan secara seimbang.

16. Mempunyai mimpi

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-16 adalah mempunyai mimpi. Seperti yang diketahui jika tidak mungkin seorang yang berwirausaha tidak memiliki mimpi. Seorang wirausaha umumnya memiliki visi dan misi ke depan disertai dengan kemampuan di dalam mewujudkan impian tersebut.

17. Mempunyai ketegasan

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-17 adalah mempunyai ketegasan. Seorang wirausaha pada umumnya dituntut untuk memliki hasrat ingin maju, energik, tegas, tidak bekerja lambat, dan penuh semangat. Selain itu, seorang wirausaha juga dituntut untuk mempunyai kecepatan dan ketepatan di dalam mengambil keputusan. Seperti yang diketahui jika mempunyai ketegasan merupakan salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.

18. Mempunyai determination (ketetapan hati atau kebulatan tekad)

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-18 adalah mempunyai ketetapan hati atau kebulatan tekad. Seorang wirausaha umumnya dituntut untuk memiliki keteguhan hati dan juga rasa tanggung jawab yang tinggi. Tidak hanya itu saja, seorang wirausaha juga harus mempunyai sikap tidak pantang menyerah di dalam menghadapi persoalan meskipun dihadapkan dengan halangan dan rintangan yang tidak mungkin diatasi.

19. Mempunyai dedication atau pengabdian

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-19 adalah mempunyai dedication atau pengabdian. Seorang wirausaha yang cerdas pada umumnya memiliki dedikasi yang sangat tinggi pada bisnisnya. Hal ini dikarenakan dedikasi yang tinggi pada seorang wirausaha merupakan salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.

20. Dapat mengendalikan emosi

Sikap, perilaku, dan karakteristik kewirausahaan yang ke-20 adalah dapat mengendalikan emosi. Seorang wirausaha umumnya juga harus dituntut untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, salah satunya adalah mampu mengendalikan dirinya dari amarah dan tetap tenang di dalam menghadapi segala permasalahan.
Suka artikel berjudul 20 Sikap, Perilaku, dan Karakteristik Kewirausahaan / Wirausaha, Yuk bagikan ke: