advertisement

7 Senjata Tradisional Jawa Tengah Beserta Gambar, Nama, Jenis, dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
7 Senjata Tradisional Jawa Tengah Beserta Gambar, Nama, Jenis, dan Penjelasannya
7 Senjata Tradisional Jawa Tengah Beserta Gambar, Nama, Jenis, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada paling tengah di pulau Jawa. Dalam kebudayaannya, masyarakat Jawa Tengah ini bisa dibilang merupakan salah satu kebudayaan tertua di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari jejak peninggalannya yang masih ada hingga saat ini, seperti pakaian adat, rumah adat, sampai senjata tradisionalnya.

Berbicara mengenai senjata tradisional Jawa Tengah, sebenarnya ada banyak sekali ragam jenisnya. Bahkan dalam hal senjata tradisional, Jawa Tengah bisa dibilang selangkah lebih maju dibandingkan dengan senjata tradisional dari masyarakat di wilayah lainnya.

Walaupun demikian, senjata tradisional Jawa Tengah tersebut hanya tersisa beberapa saja yang masih bisa ditemukan sampai saat ini. Nah berikut ini adalah 7 senjata tradisional Jawa Tengah beserta nama, fungsi, jenis dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Senjata Tradisional Jawa Tengah Keris

Nama senjata tradisional Jawa Tengah yang ke-1 adalah Keris. Senjata Keris merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang difungsikan sebagai alat pertahanan diri. Seperti yang diketahui jika senjata tradisional Jawa Tengah berupa Keris ini mampu melumpuhkan lawan dari jarak dekat, sehingga dalam penggunaannya senjata Keris ini tidak bisa dianggap remeh.

Secara umum, senjata tradisional Jawa Tengah Keris ini tidak hanya ditemukan di Jawa Tengah saja, melainkan juga bisa ditemukan dibeberapa wilayah yang banyak dihuni oleh entitas Melayu, seperti di Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, bahkan di Negeri Jiran, Malaysia pun juga ada senjata tradisional yang dari segi bentuknya sama dengan senjata tradisional Jawa Tengah Keris ini.

Jadi meskipun senjata tradisional ini bisa ditemukan dimana saja, namun senjata keris dari Jawa Tengah ini cenderug jauh lebih populer dibandingkan dengan senjata keris dari wilayah lain. Hal ini dikarenakan senjata tradisional Jawa Tengah Keris ini dianggap mempunyai tuah tersendiri.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Tengah berupa Keris ini banyak ditemukan dalam berbagai macam bentuk, mulai itu senjata keris yang tidak mempunyai lekukan atau luk, lekukan 3,5,7, dan seterusnya berjumlah ganjil.

Tidak hanya itu saja, bahkan banyak dari para wisatawan baik itu wisatawan mancanegara maupun domestik mulai mengkoleksi senjata tradisional Jawa Tengah Keris ini. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk kekagumannya pada setiap corak tempahan yang terpahat pada bilah senjata keris.

2. Senjata Tradisional Jawa Tengah Wedhung

Nama senjata tradisional Jawa Tengah yang ke-2 adalah Wedhung. Senjata Wedhung merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah berupa senjata tikam yang difungsikan sebagai alat pertahanan diri. Secara umum, senjata tradisional Jawa Tengah Wedhung ini memiliki ciri yaitu bentuknya seperti pisau yang dilengkapi dengan satu mata bilah yang sangat tajam.

Selain itu, senjata tradisional Jawa Tengah berupa Wedhung ini juga dilengkapi oleh serangka yang terbuat dari bahan dasar kayu jati. Dalam perkembangannya hingga saat ini, meskipun senjata tradisional Jawa Tengah Wedhung ini kalah populer dengan senjata Keris, ternyata dahulu senjata Wedung ini merupakan senjata yang paling sering digunakan oleh masyarakat setempat.

3. Senjata Tradisional Jawa Tengah Tombak

Nama senjata tradisional Jawa Tengah yang ke-3 adalah Tombak. Senjata Tombak merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang difungsikan sebagai alat pertahanan diri. Menurut sejarahnya, senjata tradisional Jawa Tengah berupa Tombak ini dahulunya kerap digunakan untuk berperang.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Tengah Tombak ini sudah tidak difungsikan sebagai alat pertahanan diri lagi, melainkan lebih difungsikan untuk berburu atau dikeramatkan seperti yang terjadi pada senjata tombak bernama Tombak Kyai Pleret.

4. Senjata Tradisional Jawa Tengah Plintheng

Nama senjata tradisional Jawa Tengah yang ke-4 adalah Plintheng. Senjata Plintheng atau yang dalam bahasa Indonesia artinya ketapel merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang difungsikan sebagai sarana hiburan anak-anak di masa lampau.

Secara umum, senjata tradisional Jawa Tengah berupa Plintheng ini memiliki ciri yaitu terbuat dari bahan dasar kayu bercagak 2 dengan dilengkapi karet dan selembar kulit hewan sebagai tempat pelurunya. Peluru yang digunakan tersebut pada umumnya hanyalah berupa batu tau kerikil. Untuk cara penggunaannya sendiri pun mudah, yaitu hanya perlu menarik karet sekuat-kuatnya sehingga akan menciptakan gaya pegas yang sangat kuat.

5. Senjata Tradisional Jawa Tengah Thulup

Nama senjata tradisional Jawa Tengah yang ke-5 adalah Thulup. Senjata Thulup merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang difungsikan sebagai alat berburu. Secara umum, senjata tradisional Jawa Tengah berupa Thulup ini hampir sama seperti senjata tradisional Kalimantan Barat bernama sumpit.

Meskipun dari segi bentuk dan prinsip kerjanya sama, namun senjata Thulup ini ukurannya sedikit lebih pendek jika dibandingkan dengan senjata tradisional Kalimantan Barat bernama sumpit tersebut. Menurut sejarahnya, sebelum menggunakan senjata Thulup ini biasanya anak Thulup ditendam dahulu ke dalam cairan racun untuk menambah efek sakit.

6. Senjata Tradisional Jawa Tengah Condroso

Nama senjata tradisional Jawa Tengah yang ke-6 adalah Condroso. Senjata Condroso merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang difungsikan sebagai alat pertahanan diri. Secara umum, senjata tradisional Jawa Tengah berupa Condroso ini tidaklah berbentuk senjata, melainkan lebih kepada tusok konde yang sering dipakai wanita Jawa pada zaman dahulu. Dilihat dari segi bentuknya, Condroso ini mempunyai bentuk dengan ujung tusuknya yang sangat tajam, sehingga bisa dijadikan senjata bagi wanita Jawa di dalam melindungi diri dari tindak kejahatan.

7. Senjata Tradisional Jawa Tengah Kudhi

Nama senjata tradisional Jawa Tengah yang ke-7 adalah Kudhi. Senjata Kudhi merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang mempunyai banyak fungsi. Menurut sejarahnya, selain digunakan sebagai alat pertahanan diri, senjata tradisional Jawa Tengah berupa Kudhi ini juga sering digunakan sebagai simbol-simbol.
Suka artikel berjudul 7 Senjata Tradisional Jawa Tengah Beserta Gambar, Nama, Jenis, dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: