advertisement

11 Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Fungsi, Jenis, dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
11 Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Fungsi, Jenis, dan Penjelasannya
11 Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Fungsi, Jenis, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesa yang letaknya berada paling barat di pulau Jawa. Dalam kebudayaannya, masyarakat sunda di Jawa Barat bisa dibilang sudah cukup tua. Hal tersebut terlihat dari jejak sejarahnya dengan adanya kerajaan-kerajaan di Jawa Baratm seperti Kerajaan Tarumanegara, Pajajaran, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, bahkan peninggalan perkakas dalam kehidupan masyarakat sunda di Jawa Barat menunjukan bahwa kemajuan pola kehidupannya di zaman dahulu, salah satunya adalah peninggalan senjata tradisionalnya. Berbicara mengenai senjata tradisional Jawa Barat, tahukah kamu apa saja tradisional Jawa Barat tersebut? Nah berikut ini adalah 11 senjata tradisional Jawa Barat beserta nama, fungsi, jenis dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Senjata Tradisional Jawa Barat Kujang

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-1 adalah Kujang. Senjata Kujang merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat berupa senjata tikam. Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat Kujang ini mempunyai desainnya yang sangat unik dan berbeda dari senjata tradisional lainnya yang ada di Indonesia, yaitu hanya mempunyai ukuran sekitar 20-25 centimeter.

Menurut sejarahnya, senjata tradisional Jawa Barat Kujang ini sudah ada sejak pada abad ke-8 Masehi atau lebih tepatnya ketika dimasa kejayaan kerajaan Tarumanegara. Dahulu, senjata kujang ini difungsikan sebagai sarana perlindungan diri bagi kaum pria dan juga digunakan sebagai perlengkapan pakaian adat.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat Kujang ini sudah mengalami berbagai macam perubahan dan juga modifikasi. Perubahan tersebut umumnya sering dilakukan oleh para pembuatnya sendiri. Bahkan hingga saat ini sudah ada berbagai macam bentuk kujang, seperti bentuk ayam jago (kujang jago), burung ciung (kujang ciung), bangkong atau kodok (kujang bangkong), burung kuntul (kujang kuntul), badak (kujang badak), ular naga (kujang naga), kujang dengan bentuk agak kurus (kujang kudi), dan lain sebagainya.

2. Senjata Tradisional Jawa Barat Balincong

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-2 adalah Balincong. Senjata Balincong merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang difungsikan sebagai alat untuk menggali tanah atau pemecah batu-bebatuan. Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat Balincong ini memiliki ciri yaitu mempunyai 2 buah sisi mata yang arah ketajamannya saling berlawanan. Dimana 1 matanya searah dengan gagang atau pengangan senjata, dan mata satunya lagi tegak lurus dengan gagang.

3. Senjata Tradisional Jawa Barat Patik

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-3 adalah Patik. Senjata Patik atau yang dalam bahasa Indonesia artinya kapak merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang difungsikan sebagai alat untuk menebang dan membelah kayu. Menurut sejarahnya, dahulu senjata tradisional Jawa Barat Patik atau Kapak ini banyak digunakan untuk kegiatan berat, seperti untuk mencari kayu bakar, membuka hutan, dan lain sebagainya. Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat Patik atau Kapak ini masih kerap dipakai oleh masyarakat sunda, terutama masyarakat sunda yang tinggal di pedesaan.

4. Senjata Tradisional Jawa Barat Bedog

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-4 adalah Bedog. Senjata Bedog atau yang dalam bahasa Indonesia artinya Golok merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang mempunyai banyak fungsi. Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat berupa Bedog atau Golok ini mempunyai ciri yaitu bentuk ujungnya yang melengkung ke arah mata.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat Bedog atau Golok ini masih kerap digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk bekerja di kebun, menyembelih hewan, atau sebagai alat berburu lainnya. Tidak hanya itu saja, bahkan hingga saat ini senjata tradisional Jawa Barat Bedog atau Golok ini masih sering digunakan sebagai sarana pertahanan diri.

5. Senjata Tradisional Jawa Barat Congkrang

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-5 adalah Congkrang. Senjata Congkrang merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang difungsikan sebagai alat untuk menyiangi rumput kecil di kebun. Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat berupa Congkrang ini mempunyai bentuk layaknya cangkul namun berukuran kecil.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat Congkrang ini masih kerap digunakan oleh masyarakat sunda dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi ibu-ibu di dalam membantu suaminya bekerja di areal pertanian atau sebagai alat untuk membersihkan rumput yang tubuh disekitar di halaman rumah.

6. Senjata Tradisional Jawa Barat Arit

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-6 adalah Arit. Senjata Arit merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang difungsikan sebagai alat untuk memotong rumput. Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat berupa Arit ini mempunyai ciri yaitu bentuknya yang melengkung seperti hal beberapa senjata tradisional Indonesia lainnya, seperti senjata Celurit dari Madura, senjata sabit dari Betawi, dan lain sebagainya.

Dalam perekembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat Arit ini masih kerap digunakan oleh masyarakat sunda dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk para peternak di dalam mencari rumput untuk hewan ternaknya. Seperti yang diketahui jika senjata tradisional Jawa Barat Arit ini memang khusus dibuat untuk mempermudahkan para peternak di dalam mencari rumput.

7. Senjata Tradisional Jawa Barat Sulimat

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-7 adalah Sulimat. Senjata Sulimat merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang difungsikan sebagai alat untuk mengupas kulit kelapa. Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat berupa Sulimat ini mempunyai ciri yaitu bentuknya yang runcing dan kerap ditancapkan ditanah. Namun dalam perekembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat Sulimat ini bisa dibilang sudah langka dan sulit dijumpai.

8. Senjata Tradisional Jawa Barat Baliung

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-8 adalah Baliung. Senjata Baliung merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang difungsikan sebagai alat untuk menebang pohon besar. Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat berupa Baliung ini mempunyai bentuk yang hampir sama seperti kapak dengan panjangnya yaitu sekitar 30 sampai 35 centimeter.

9. Senjata Tradisional Jawa Barat Ani-ani (Ketam)

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-9 adalah Ani-ani atau Ketam. Senjata Ani-ani atau yang dikenal juga dengan nama Ketam ini merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat berupa pisau kecil yang difungsikan sebagai alat untuk memanen padi. Menurut sejarahnya, senjata tradisional Jawa Barat Ani-ani atau Ketam ini sudah ada sejak dahulu.

Hal ini dikarenakan menurut beberapa cerita dahulu masyarakat sunda tidak diperbolehkan menggunakan arit atau golok di dalam memanen padi, sehingga alternatifnya adalah menggunakan senjata Ani-ani atau Ketam ini. Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat berupa Ani-ani atau Ketam ini sudah tidak digunakan untuk memanen padi lagi dikarenakan memakan waktu yang lama.

10. Senjata Tradisional Jawa Barat Gacok

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-10 adalah Gacok. Senjata Gacok atau yang dikenal juga dengan Cangkul Garpu merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang kerap digunakan oleh para petani di dalam mengerjakan berbagai keperluan.

Secara umum, senjata tradisional Jawa Barat berupa Gacok ini mempunyai ciri yaitu bentuknya yang mirip seperti garpu dan gagangnya yang mirip seperti pacul. Dalam perkembangannya hingga saat ini, beberapa masyarakat sunda masih menggunakan senjata tradisional Jawa Barat Gacok ini untuk mengumpulkan jerami, rerumputan kering, dan lain sebagainya.

11. Senjata Tradisional Jawa Barat Bajra dan Gada

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang ke-11 adalah Bajra dan Gada. Senjata Bajra dan Gada merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yang konon dahulu difungsikan sebagai alat pertahanan diri. Dalam perkembangannya hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat berupa Bajra dan Gada sudah sangat jarang ditemukan.
Suka artikel berjudul 11 Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Fungsi, Jenis, dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: