advertisement

15 Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
15 Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh
15 Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh

XASXUS.com - Kol atau yang sering disebut juga dengan kubis merupakan salah satu tanaman sayuran berdaun hijau atau ungu yang berasal dari jenis Brassica oleracea. Sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia ini umumnya mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Namun tahukah kamu apa saja manfaat kol atau kubis tersebut? Nah berikut ini adalah 15 manfaat kol atau kubis bagi kesehatan tubuh.
Daftar Isi

1. Manfaat kol untuk sel darah merah

Manfaat kol yang ke-1 adalah untuk membantu pembentukan sel darah merah. Seperti yang diketahui jika kol mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah membantu pembentukan sel darah merah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada kol mampu membentuk sel darah merah lebih produktif lagi, sehingga menghindarkan diri dari gejala anemia. Tidak hanya itu saja, bahkan jika kol dikombinasikan dengan jus jeruk, maka manfaat kol bagi tubuh akan lebih maksimal.

2. Manfaat kol untuk kanker

Manfaat kol yang ke-2 adalah untuk mencegah kanker. Seperti yang diketahui jika kol mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah mencegah terjadinya kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kol dapat memerangi sel kanker di dalam tubuh dan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Bahkan menurut beberapa penelitian di China, seorang wanita yang rutin mengonsumsi sayur-sayuran seperti kol dan brokoli mampu menurunkan resiko terjadinya gejala kanker payudara.

3. Manfaat kol untuk hipertensi

Manfaat kol yang ke-3 adalah untuk mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apakah kamu sedang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi? jika iya, maka ada lebih baiknya rutin mengosumsi kol. Seperti yang diketahui jika kandungan kalium yang ada pada kol mampu mengurangi gejala hipertensi, sehingga penggunaan kol ini sangat disarankan bagi seseorang yang mengalami darah tinggi atau hipertensi.

4. Manfaat kol untuk kulit

Manfaat kol yang ke-4 adalah untuk merawat kesehatan kulit. Dalam menjaga kesehatan kulit, ternyata tidak hanya buah-bauh saja yang bermanfaat di dalam merawat kulit. Selain jeruk, apel, dan anggur, ternyata kol juga mampu merawat kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada pada kol sangat bermanfaat di dalam merawat kesehatan kulit dan menjadikan sistem imun lebih kuat.

5. Manfaat kol untuk diet

Manfaat kol yang ke-5 adalah untuk menurunkan berat badan. Apakah kamu sedang melakukan program menurunkan badan atau diet? jika iya, maka salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kol. Hal ini dikarenakan kol mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, sehingga sangat diajurkan sekali bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami dan juga menyehatkan.

6. Manfaat kol untuk detoksifikasi tubuh

Manfaat kol yang ke-6 adalah untuk membantu menghilangkan racun (radikal bebas). Seperti yang diketahui jika radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya beberapa penyakit, seperti penyakit kulit, arthritis, rematik, asam urat, dan lain sebagainya. Nah bagi kamu yang ingin sehat dan terbebas dari racun atau radikal bebas, maka ada baiknya untuk rutin mengonsumsi kol. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur dan vitamin C yang sangat tinggi pada kol mampu membantu di dalam menghilangkan racun atau radikal bebas.

7. Manfaat kol untuk otak

Manfaat kol yang ke-7 adalah untuk kesehatan otak. Seperti yang diketahui jika kol atau kubis mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin K yang mampu membantu di dalam kesehatan mental dan konsentrasi otak. Tidak hanya itu saja, bahkan kandungan tersebut juga mampu mencegah kerusakan saraf, mencegah penyakit demensia dan alzheimer. Jadi bagi kamu yang ingin otak tetap dalam keadaan sehat, maka ada baiknya untuk rutin mengonsumsi kol.

8. Manfaat kol untuk mata

Manfaat kol yang ke-8 adalah untuk kesehatan mata. Seperti yang diketahui jika kol atau kubis sangat kaya akan beta-karoten yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, seperti mampu mencegah degenerasi makula, mencegah pembentukan katarak, dan bisa meningkatkan kesehatan mata. Jadi penggunaan kol ini sangat baik bagi orang yang mengalami masalah pada kesehatan mata, terutama bagi orang yang sudah berumur.

9. Manfaat kol untuk kulit

Manfaat kol yang ke-9 adalah untuk kesehatan kulit. Menurut beberapa penelitian, kol mempunyai berbagai macam manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kol atau kubis mempunyai kandungan anti inflamasi yang mampu mengurangi efek dari berbagai macam penyakit kulit, seperti iritasi, peradangan, alergi, demam, nyeri sendi, dan lain sebagainya.

10. Manfaat kol untuk tulang

Manfaat kol yang ke-10 adalah untuk kesehatan tulang. Seperti yang diketahui jika kol atau kubis mempunyai kandungan yang sangat baik bagi tulang. Hal ini dikarenakan kol atau kubis mempunyai kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium yang baik bagi kesehatan tulang.

11. Manfaat kol untuk sakit kepala

Manfaat kol yang ke-11 adalah untuk mengatasi sakit kepala. Apakah kamu sedang mengalami sakit kepala? jika iya, maka salah satu caranya adalah mengompres kepala dengan menggunakan daun kol. Selain itu, kamu juga bisa menghancurkan daun kol tersebut dan kemudian meletakannya ke dahi. Namun jika kamu mengalami sakit kepala kronis, maka ada baik mengonsumsi kol tersebut dengan cara di jus supaya meringankan atau bahkan membasmi sakit kepala tersebut.

12. Manfaat kol untuk buang air besar (BAB)

Manfaat kol yang ke-12 adalah untuk melancarkan buang air besar atau BAB. Seperti yang diketahui jika kol atau kubis mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah melancarkan buang air besar atau BAB. Nah bagi kamu yang sedang mengalami susah buang air besar, maka ada baiknya untuk mengonsumsi kol atau kubis.

13. Manfaat kol untuk pencernaan

Manfaat kol yang ke-13 adalah untuk kesehatan pencernaan. Hampir sama seperti point sebelumnya, dimana kol atau kubis mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menyehatkan pencernaan. Hal ini dikarenakan kol atau kubis sangat kaya akan serat.

14. Manfaat kol untuk ibu hamil

Manfaat kol yang ke-14 adalah untuk kesehatan janin bagi ibu hamil. Apakah kamu sedang hamil? jika iya, cobalah untuk rutin mengonsumsi kol atau kubis. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat pada kol mampu memenuhi kebutuhan gizi pada janin.

15. Manfaat kol untuk jantung

Manfaat kol yang ke-15 adalah untuk kesehatan jantung. Seperti yang diketahui jika kol mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu saja, bahkan kol atau kubis juga mampu menjaga peredaran darah supaya tetap sehat serta terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.
Suka artikel berjudul 15 Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh, Yuk bagikan ke: