advertisement

15 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
15 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah
15 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

XASXUS.com - Kentang atau yang mempunyai nama ilmiah Solanum tuberosum L merupakan salah satu jenis umbi-umbian dari suku Solanaceae yang banyak ditemukan di Indonesia dan terkenal akan segudang manfaatnya. Seperti yang diketahui jika kentang mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin B6, kalium, serat, kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan lain sebagainya.

Dengan kandungan yang sangat luar biasa banyaknya tersebut, namun tahukah kamu apa saja manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan? Nah berikut ini adalah 15 manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan wajah.
Daftar Isi

1. Manfaat kentang untuk alzheimer

Manfaat kentang yang ke-1 adalah untuk mencegah alzheimer. Menurut beberapa penelitian, kentang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah penyakit demensia, seperti alzheimer. Seperti yang diketahui jika alzheimer umumnya banyak menyerang orang lanjut usia yang ditandai dengan turunnya fungsi otak dan fungsi kognitif yang mencakup daya ingat, penglihatan, berbicara, serta kelumpuhan saraf bagi penderitanya.

Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Karena efeknya yang begitu mengerikan, maka ada baiknya mulai mencegah penyakit alzheimer di usia dini dengan cara mengonsumsi kentang secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan zat asam alpha lipoic dan koenzim pada ketang mampu membantu di dalam meningkatkan fungsi kognitif dan juga mampu mencegah kelumpuhan fungsi pada otak dan syaraf.

2. Manfaat kentang untuk jantung

Manfaat kentang yang ke-2 adalah untuk mencegah penyakit jantung. Menurut beberapa penelitian, kentang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kentang mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi jantung, seperti zat anthocyanin yang berfungsi sebagai antioksidan alami, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat yang bermanfaat di dalam mendukung terapi atau pengobatan bagi para pasien penderita sakit jantung kronis.

Tidak hanya itu saja, bahkan kentang juga tidak mempunyai kandungan kolesterol apabila tidak dimasak dengan cara menggunakan minyak goreng. Seperti yang diketahui jika penumpukan lemak atau kolesterol yang ada di dalam pembuluh darah merupakan penyebab utama seseorang terkena penyakit jantung. Nah bagi kamu yang ingin meningkatkan kesehatan jantung dan tidak ingin terkena penyakit jantung, maka ada baiknya untuk rutin mengonsumsi kentang secara rutin.

3. Manfaat kentang untuk hipertensi

Manfaat kentang yang ke-3 adalah untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apakah kamu menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi? jika iya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi kentang secara rutin. Menurut beberapa penelitian, seseorang terkena darah tinggi atau hipertensi sebaiknya mengonsumsi kentang.

Hal ini dikarenakan kandungan klorogent dan anthocyanin pada kentang mampu mengatur tekanan darah, sehingga tetap berada di angka normal. Selain itu, kandungan pada kentang juga bisa menetralkan kadar natrium di dalam tubuh. Meskipun demikian, begizi atau tidaknya ketang tergantung dari cara memasaknya, dimana jika memasak dengan cara direbus, maka manfaat yang akan didapatkan semakin baik dan tetap terjaga. Namun jika digoreng, tentu malah membuat kentang mempunyai kandungan kolestrol.

4. Manfaat kentang untuk anti inflamasi

Manfaat kentang yang ke-4 adalah untuk anti inflamasi. Menurut sebuah buku berjudul "Healing Foods" kentang dipercaya mempunyai efek anti inflamasi atau anti radang yang sangat bermanfaat di dalam membantu meringkan radang atau luka dalam, seperti radang tenggorokan, asam lambung, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah bagi kamu yang mengalami sakit tersebut ada baiknya untuk  mengkonsumsi kentang rebus secara teratur supaya rasa sakit tersebut dapat diredakan.

5. Manfaat kentang untuk pencernaan

Manfaat kentang yang ke-5 adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Apakah kamu mengalami masalah dengan pencernaan? jika iya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi kentang secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan mineral, kalium dan serat pada kentang mampu mengatasi gangguan pada pencernaan. Seperti yang diketahui jika pencernaan merupakan organ yang sangat rentan dikarenakan fungsinya yang harus mencerna makanan. Jadi supaya pencernaan kamu tetap sehat, maka ada baiknya rutin mengonsumsi kentang.

6. Manfaat kentang untuk insomnia

Manfaat kentang yang ke-6 adalah untuk mengatasi insomnia. Apakah kamu mengalami insomnia? jika iya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi kentang secara rutin supaya terhindar dari insomnia parah. Hal ini dikarenakan kandungan zat triptofan sebagai herbal alami pada kentang mampu membantu seseorang tidur menjadi lebih nyenyak. Tidak hanya itu saja, bahkan kentang juga mempunyai kandungan kalium yang berperan di dalam memberikan efek relaksasi otot sehingga kualitas tidur menjadi meningkat.

7. Manfaat kentang untuk kolesterol

Manfaat kentang yang ke-7 adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang diketahui jika kentang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan zat potassium yang ada pada kentang mampu menurunkan kadar kolesterol. Karena kandungan kentang tidak mempunyai kolesterol sama sekali, sehingga penggunaan kentang ini bisa dijadikan sebagai alternatif sumber karbohidrat untuk menggantikan nasi dan tentunya aman untuk dikonsumsi.

8. Manfaat kentang untuk ginjal

Manfaat kentang yang ke-8 adalah untuk mengatasi batu ginjal. Seperti yang diketahui jika faktor utama penyebab batu ginjal adalah disebabkan oleh tubuh yang kurang mengkonsumsi sayur-sayuran dan serat. Jadi apabila kamu menderita penyakit ini, maka ada baiknya untuk mengonsumsi kentang secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium yang ada pada kentang mampu menolak zat besi dan kalsium yang menjadi pemicu terjadinya batu ginjal.

9. Manfaat kentang untuk kanker

Manfaat kentang yang ke-9 adalah untuk mencegah kanker. Seperti yang diketahui jika kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia. Nah bagi kamu yang tidak ingin terkena kanker, maka ada baiknya untuk rutin mengonsumsi kentang. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa aktif dan berbagai macam vitamin pada kentang sangat ampuh di dalam melawan pembentukan sel kanker dalam tubuh, terutama pada kanker prostat. Tidak hanya itu saja, bahkan kandungan vitamin B6 pada kentang dapat membantu di dalam mengurangi penyebaran sel kanker bagi para penderitanya.

10. Manfaat kentang untuk gigi

Manfaat kentang yang ke-10 adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Menurut beberapa penelitian, kentang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan kalsium pada kentang sangat baik bagi gigi dan tentunya mampu membantu di dalam menjaga kesehatan gigi.

11. Manfaat kentang untuk tulang

Manfaat kentang yang ke-11 adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Hampir sama seperti sebelumnya, dimana kentang juga sangat bermanfaat di dalam  menjaga kesehatan tulang dan melindunginya dari proses pengeroposan usia dini. Hal ini dikarenakan selain mempunyai kandungan kalium dan kalsium, kentang juga mempunyai kandungan magnesium dan fofor yang terbukti sangat dibutuhkan sekali oleh tulang. Jadi bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan tulang, terutama bagi para manula, maka ada baiknya untuk mengonsumsi kentang secara rutin.

12. Manfaat kentang untuk jerawat

Manfaat kentang yang ke-12 adalah untuk mengatasi jerawat. Apakah kamu mengalami masalah dengan jerawat membandel dan kambuhan? jika iya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi kentang secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B6 pada kentang mampu mengobati jerawat. Tidak hanya itu saja, bahkan kandungan anti inflamasi pada kentang juga mampu meredakan bengkak dan perih yang diakibatkan oleh jerawat meradang. Untuk caranya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan kentang secukupnya dan diiris untuk kemudian ditempelkan dibagian jerawat.

13. Manfaat kentang untuk mencerahkan warna kulit

Manfaat kentang yang ke-13 adalah untuk mencerahkan warna kulit. Seperti yang diketahui jika kentang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mencerahkan warna kulit. Selain murah dan tidak banyak menguras kantong, penggunaan kentang untuk kulit bisa bilang herbal dan alami. Hal terjadi dikarenakan kandungan protein dan vitamin yang ada pada kentang dapat menutrisi kulit, sehingga regenerasi kulit cenderung dapat berjalan lancar.

14. Manfaat kentang untuk menghaluskan kulit

Manfaat kentang yang ke-14 adalah untuk menghaluskan kulit. Tidak hanya mencerahkan warna, ternyata kentang juga mempunyai manfaat untuk menghaluskan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin C yang ada pada kentang dipercaya mampu menutrisi kulit. Untuk caranya sendiri cukup mudah, dimana kamu hanya perlu mengubah kentang menjadi masker dan menempelkannya ke area kulit yang diinginkan. Jika hal ini dilakukan secara teratur, maka dipercaya dapat membantu mengaluskan dan juga melindungi kelembaban kulit tubuh.

15. Manfaat kentang untuk penuaan dini

Manfaat kentang yang ke-15 adalah untuk mencegah penuaan dini. Manfaat ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, dimana kentang bermanfaat sekali di dalam menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan vitamin A dipercaya sangat di dalam meremajakan kulit, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.
Suka artikel berjudul 15 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah, Yuk bagikan ke: