advertisement

10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan
10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

XASXUS.com - Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah-buah yang kerap dikonsumsi, terutama bagi masyarakat Indonesia. Rasa yang asam dan menyegarkan, membuat buah ini sangat cocok sekali diolah menjadi makanan yang menyegarkan, seperti manisan, asinan, rujak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, bentuk buahnya yang unik terkadang juga sering dimanfaatkan sebagai ornamen penghias makanan dan minuman. Meskipun buah ini sering diolah menjadi berbagai macam makanan maupun ornamen penghias makanan dan minuman, namun tahukah kamu apa saja manfaat buah belimbing ini. Nah berbicara mengenai manfaat buah belimbing, berikut ini adalah 10 manfaat buah belimbing bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Manfaat buah belimbing untuk kanker

Manfaat buah belimbing yang ke-1 adalah untuk mencegah penyakit kanker. Menurut beberapa penelitian, buah belimbing mempunyai berbagai macam manfaat, salah satunya bisa membantu mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid polifenol yang ada pada buah belimbing dapat membantu di dalam melawan efek mutagenik yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tidak hanya itu saja, bahkan kandungan tersebut akan membuang radikal bebas dari tubuh, sehingga seseorang yang mengonsumsi buah belimbing akan terhidar dari risiko penyakit kronis.

2. Manfaat buah belimbing untuk kulit

Manfaat buah belimbing yang ke-2 adalah untuk kesehatan kulit. Seperti yang diketahui jika buah belimbing mempunyai kandungan antioksidan dan flavonoid yang sangat tinggi, sehingga mampu mengurangi risiko peradangan kulit, termasuk dermatitis dan psoriasis. Tidak hanya itu saja, buah belimbing juga mempunyai kandungan vitamin yang sangat melimpah yang mampu membantu membersihkan racun di dalam tubuh dan memaksimalkan produksi kolagen di dalam kulit. 

3. Manfaat buah belimbing untuk jantung

Manfaat buah belimbing yang ke-3 adalah untuk memelihara kesehatan jantung. Jika sebelumnya buah belimbing mempunyai kandungan antioksidan dan flavonoid yang sangat tinggi, ternyata buah belimbing juga mempunyai kandungan zat natrium dan kalium yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat sekali sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh.

Jadi dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin dipercaya bisa membantu di dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tidak hanya itu saja, bahkan dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin juga dipercaya bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mampu membersihkan plak-plak yang ada di pembuluh darah.

4. Manfaat buah belimbing bagi ibu hamil

Manfaat buah belimbing yang ke-4 adalah untuk merangsang produksi ASI bagi ibu hamil. Seperti yang diketahui jika buah belimbing mempunyai berbagai macam manfaat, salah satunya dapat merangsang produksi air susu ibu (ASI) pada ibu muda. Hal ini dikarenakan buah belimbing mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat di dalam melancarkan kelenjar susu yang tersumbat. Jadi dengan mengonsumsi buah belimbing dipercaya dapat memaksimalkan produktivitas ASI. 

5. Manfaat buah belimbing untuk diet atau berat badan

Manfaat buah belimbing yang ke-5 adalah untuk menurunkan berat badan. Menurut beberapa penelitian, buah belimbing ternyata sangat minim sekali akan kandungan kalori. Meskipun demikian buah belimbing ternyata sangat kaya akan serat, sehingga dengan mengonsumsi buah belimbing dapat membantu seseorang di dalam menjalani program penurunan berat badan.

Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin, ternyata juga mampu memaksimalkan sistem metabolisme, sehingga mampu mempercepat penurunan berat badan. Seperti yang diketahui jika serat yang ada pada buah belimbing dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

6. Manfaat buah belimbing untuk kekebalan tubuh

Manfaat buah belimbing yang ke-6 adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang diketahui jika 1 buah belimbing utuh mampu memenuhi sekitar 50% vitamin C harian, sehingga dengan mengonsumsi buah belimbing dapat meningkatkan sistem kekebalan. Jadi dengan mengonsumsi buah belimbing sama saja dengan mencegah risiko penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

7. Manfaat buah belimbing untuk tekanan darah

Manfaat buah belimbing yang ke-7 adalah untuk mengontrol tekanan darah. Seperti yang diketahui jika buah belimbing mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi tubuh, seperti mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah dan arteri, mencegah risiko terjadinya serangan jantung, oaterosklerosis, dan lain sebagainya. Jadi dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin dipercaya sangat ampuh di dalam mengontrol tekanan darah.

8. Manfaat buah belimbing untuk sistem pencernaan

Manfaat buah belimbing yang ke-8 adalah untuk gangguan sistem pencernaan. Seperti yang diketahui jika kandungan serat pada buah belimbing sangat baik bagi kesehatan pencernaan, sehingga dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin dipercaya mampu merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan. Tidak hanya itu saja, bahkan mengonsumsi buah belimbing juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh, mengurangi gejala kembung, sembelit, kram, diare, dan lain sebagainya.

9. Manfaat buah belimbing untuk tulang dan gigi

Manfaat buah belimbing yang ke-9 adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Menurut beberapa penelitian, buah belimbing ternyata mepunyai beragam kandungan mineral, mulai itu dari magnesium, zat besi, seng, fosfor, sampai kalium. Seperti yang diketahui jika keseluruhan zat tersebut sangat bermanfaat di dalam meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu saja, buah belimbing juga bermanfaat di dalam mengurangi risiko penyakit tulang, seperti radang sendi dan osteoporosis.

10. Manfaat buah belimbing untuk diabetes

Manfaat buah belimbing yang ke-10 adalah untuk mengontrol diabetes. Seperti yang diketahui jika buah belimbing ternyata mempunyai kandungan serat tak larut yang dapat membantu mencegah pelepasan glukosa yang berasal dari makanan. Jadi dengan mengonsumsi buah belimbing dipercaya dapat meminimalisir peningkatan kadar insulin yang merupakan penyebab dari memburuknya kondisi diabetes.
Suka artikel berjudul 10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Yuk bagikan ke: