advertisement

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

XASXUS.com - Bengkoang atau mempunyai nama ilmiah Pachyrhizus erosus ini merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang banyak ditemukan di Indonesia yang terkenal akan segudang manfaatnya. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti protein, serat, lemak, karbohidrat, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, flavonoid, saponin dan lain sebagainya.

Dengan kandungan yang sangat luar biasa banyaknya tersebut, namun tahukah kamu apa saja manfaat bengkoang bagi tubuh dan kecantikan? Nah berikut ini adalah 12 manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.
Daftar Isi

1. Manfaat bengkoang untuk mencegah dehidrasi

Manfaat bengkoang yang ke-1 adalah untuk mencegah dehidrasi. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini dikarenakan bengkoang mempunyai kandungan air yang sangat melimpah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi bagi kamu yang ingin terhidar dari dehidrasi, maka salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi bengkoang.

2. Manfaat bengkoang untuk diet

Manfaat bengkoang yang ke-2 adalah untuk menurunkan berat badan atau diet. Apakah kamu sedang melakukan program diet atau sedang ingin menurunkan berat badan? jika iya, maka salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi bengkoang. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik untuk diet, seperti karbohidrat, lemak dengan kadar rendah, beberapa vitamin, dan mineral.

3. Manfaat bengkoang untuk maag

Manfaat bengkoang yang ke-3 adalah untuk membantu mengobati maag. Apakah kamu sedang menderita penyakit maag? jika iya, maka cobalah untuk mengonsumsi bengkoang. Hal ini dikarenakan kandungan alkali yang ada pada bengkoang mampu menghambat produksi asam lambung. Meskipun demikian, janganlah mengonsumsi bengkoang secara berlebihan, supaya tidak memicu terjadinya iritasi pada lambung.

4. Manfaat bengkoang untuk pencernaan

Manfaat bengkoang yang ke-4 adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan bengkoang sangat kaya akan serat sehingga mampu memaksimalkan kinerja organ pencernaan, baik itu untuk mencerna maupun menyerap sari-sari makanan.

Jadi bagi kamu mempunyai masalah dengan pencernaan, seperti sembelit dan lain sebagainya, maka ada baiknya untuk mulai mengonsumsi bengkoang supaya pencernaan menjadi lebih sehat serta pembuangan feses menjadi lebih teratur dan mudah.

5. Manfaat bengkoang untuk tubuh

Manfaat bengkoang yang ke-5 adalah untuk membantu pembentukan enzim di dalam tubuh. Seperti yang diketahui jika kandungan zat besi pada bengkoang dapat mengaktifkan beberapa jenis enzim yang sangat diperlukan oleh tubuh, dimana hal ini mampu membantu di dalam proses metabolisme yang jauh lebih baik dikarenakan enzim bersifat sebagai katalisator atau disebut juga dengan pemercepat proses.

6. Manfaat bengkoang untuk sariawan

Manfaat bengkoang yang ke-6 adalah untuk membantu mengobati dan mencegah sariawan. Apakah kamu sedang menderita sariawan? jika iya, maka salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi bengkoang. Hal ini dikarenakan bengkoang mempunyai kandungan vitamin C yang mampu mengobati sariawan. Tidak hanya itu saja, bahkan bagi kamu yang tidak menderita sariawan namun tidak ingin terkena sariawan, maka bengkoang juga bermanfaat di dalam mencegah terjadinya sariawan.

7. Manfaat bengkoang untuk tulang dan gigi

Manfaat bengkoang yang ke-7 adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan bengkoang mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan tulang dan gigi. Nah bagi kamu yang tidak ingin terkena kelainan tulang seperti osteoporosis, maka ada baiknya untuk rutin mengonsumsi bengkoang.

8. Manfaat bengkoang untuk kulit

Manfaat bengkoang yang ke-8 adalah untuk membuat kulit tampak sehat. Manfaat ini bisa dibilang sudah banyak yang mengetahuinya. Dimana bengkoang sangat bermanfaat sekali di dalam membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah. Hal ini dikarenakan bengkoang mempunyai kandungan antioksidan yang dapat membantu kulit tahan terhadap radikal bebas maupun zat berbahaya lainnya yang bisa merusak kulit.

Tidak hanya itu saja, bahkan bengkoang juga bermanfaat di dalam menjaga kelembaban kulit, sehingga respirasi dan regenerasi sel kulit mati bisa berlangsung dengan cepat. Hal ini umumnya terjadi disebabkan oleh kandungan air pada bengkoang yang sangat melimpah, sehingga bengkoang sangat bermanfaat sekali di dalam mencegah penuaan dini.

9. Manfaat bengkoang untuk jantung

Manfaat bengkoang yang ke-9 adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan zat besi pada bengkoang dapat membantu pengangkutan oksigen sehingga akan berpengaruh pada kinerja jantung secara keseluruhan.

10. Manfaat bengkoang untuk kolestrol

Manfaat bengkoang yang ke-10 adalah untuk mencegah terjadinya kolestrol. Apakah kamu sedang terkena kolestrol? jika iya, maka ada baiknya untuk rutin mengonsumsi bengkoang. Hal ini dikarenakan kandungan pada bengkoang mampu membuat darah menjadi bersih lagi dan menghindarkan tubuh dari terjadinya penumpukan lemak atau kolesterol.

11. Manfaat bengkoang untuk diabetes

Manfaat bengkoang yang ke-11 adalah aman dikonsumsi bagi penderita diabetes mellitus. Apakah kamu sedang menderita diabetes? jika iya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi bengkoang. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai kadar karbohidrat yang tidak begitu tinggi dan tidak begitu banyak mengandung glukosa, sehingga bengkoang relatif aman bagi para penderita diabetes mellitus.

12. Manfaat bengkoang untuk ginjal

Manfaat bengkoang yang ke-12 adalah untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Seperti yang diketahui jika bengkoang mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan fosfor dan serat pada bengkoang mampu membantu di dalam mencegah terjadinya endapan garam di daerah sistem ekskresi. Tidak hanya itu saja, bahkan kandungan tersebut juga bisa melancarkan sistem pembuangan urin untuk mencegah terjadinya kristalisasi garam supaya tidak membentuk batu ginjal.
Suka artikel berjudul 12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh, Yuk bagikan ke: