advertisement

14 Manfaat Bekam Kering dan Basah Bagi Kesehatan Tubuh


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
14 Manfaat Bekam Kering dan Basah Bagi Kesehatan Tubuh
14 Manfaat Bekam Kering dan Basah Bagi Kesehatan Tubuh

XASXUS.com - Terapi bekam merupakan salah satu pengobatan alternatif tertua yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit di tubuh. Menurut sejarahnya, terapi ini berasal dan berkembang pertama kali di Mesir, China, dan Timur Tengah. Berbicara mengenai terapi bekam, tahukah kamu apa saja manfaat bekam? nah berikut ini adalah 14 manfaat bekam kering dan basah bagi kesehatan tubuh.
Daftar Isi

1. Manfaat bekam untuk kolesterol

Manfaat bekam yang ke-1 adalah membuang kolesterol di lapisan kulit. Seperti yang diketahui jika kolesterol merupakan salah satu penyebab dari munculnya beberapa penyakit. Dalam penggunaan bekam sendiri, umumnya tidak hanya bermanfaat membuang kolesterol saja, namun juga akan membuang racun dan angin yang ada dikulit.

Hal ini terjadi dikarenakan racun, angin, dan kolesterol secara umum berkumpul bersamaan dengan darah yang ada di lapisan kulit. Jadi dengan cara menyedot darah kotor atau bekam tentunya akan menarik ketiga hal tersebut secara bersamaan sehingga membuat darah menjadi lebih bersih dan terbebas dari kolestrol.

2. Manfaat bekam untuk peredaran darah

Manfaat bekam yang ke-2 adalah untuk melancarkan peredaran darah. Hampir sama seperti point sebelumnya, dimana bekam juga mempunyai manfaat di dalam melancarkan peredaran darah. Bahkan terapi bekam ini sudah terbukti memberikan efek positif bagi peredaran darah di tubuh, dimana penyedotan darah kotor atau bekam mempunyai dampak terhadap peningkatan aliran darah, sehingga penggunaan bekam akan membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat. Tidak hanya itu saja, penyedotan darah kotor tersebut juga akan membuat darah yang tersumbat menjadi lebih lancar.

3. Manfaat bekam untuk demam

Manfaat bekam yang ke-3 adalah untuk mengatasi demam. Apakah kamu sedang menderita demam? jika iya, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan bekam. Hal ini dikarenakan faktor patogen yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan metode terapi bekam melalui darah kotor dan angin, sehingga demam yang kamu derita akan cepat sembuh.

4. Manfaat bekam untuk mengatasi kelelahan

Manfaat bekam yang ke-4 adalah untuk mengatasi kelelahan. Merasa lelah pastinya pernah di alami semua orang. Namun tahukah kamu jika selain beristirahat, terapi pijatan, dan menjaga pola diet, terapi bekam ternyata juga bisa mengatasi rasa lelah. Hal ini dikarenakan syaraf-syaraf yang kaku ketika merasa lelah akan diredakan dengan terapi bekam, sehingga membuat tubuh menjadi bugar kembali.

5. Manfaat bekam untuk nyeri dan keluhan

Manfaat bekam yang ke-5 adalah untuk meredakan nyeri dan keluhan. Merasakan rasa nyeri dan sakit, baik itu di bahu, dada, pinggang, perut, punggung, dan encok pastinya pernah dialami sebagian dari kita. Namun tahukah kamu jika rasa nyeri dan sakit tersebut bisa diredakan dengan cara di bekam. Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa keluhan lain seperti migrain, sakit gigi, hipertensi, dan lain sebagainya juga dapat disembuhkan dengan cara melakukan terapi bekam.

6. Manfaat bekam untuk kulit

Manfaat bekam yang ke-6 adalah untuk mengobati banyak masalah kulit. Apakah kamu sedang menderita gangguan kulit, seperti jerawat, gatal-gatal, memar, bisul, atau luka nanah? jika iya, maka cobalah untuk melakukan terapi bekam ini. Hal ini dikarenakan terapi bekam terkenal ampuh mengatasi berbagai macam masalah berkaitan dengan kulit.

7. Manfaat bekam untuk sistem tubuh

Manfaat bekam yang ke-7 adalah untuk memperbaiki beberapa sistem tubuh. Terapi bekam umumnya tidak hanya mampu meredakan nyeri maupun mengobati penyakit, namun juga dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem tubuh maupun kualitas organ ditubuh, seperti meningkatkan aktivitas saraf tulang belakang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, serta menajamkan penglihatan.

8. Manfaat bekam untuk sihir

Manfaat bekam yang ke-8 adalah untuk menghilangkan sihir. Manfaat ini bisa dibilang tidak ada di dalam literatur ilmiah. Meskipun demikian terapi bekam sudah terkenal akan manfaatnya di dalam menghilangkan sihir. Hal ini dikarenakan sihir yang dikirim ke dalam tubuh seseorang akan masuk ke dalam darah, sehingga mengeluarkan darah kotor melalui terapi bekam dipercaya mampu menyedot sihir yang ada di dalam tubuh.

9. Manfaat bekam untuk sakit kepala

Manfaat bekam yang ke-9 adalah untuk menyembuhkan sakit kepala. Apakah kamu sedang menderita sakit kepala, baik itu migren, sakit kepala ringan, maupun sedang? jika iya, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan terapi bekam. Seperti yang diketahui jika terapi bekam biasa dilakukan dibeberapa bagian, seperti di badan, bahu atas, atau kepala.

Untuk bagian kepala sendiri biasa rambut harus dicukur terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ada beberapa titik yang berkaitan langsung dengan sakit kepala yang akan diobati menggunakan terapi bekam. Darah kotor maupun udara dari titik ini umumnya mampu meringankan sakit kepala sekaligus juga meredakan rasa lelah dan masuk angin.

10. Manfaat bekam untuk diet

Manfaat bekam yang ke-10 adalah untuk menurunkan berat badan atau diet. Manfaat ini umumnya belum banyak yang mengetahuinya. Dalam melakukan program diet dengan terapi bekam, ada baiknya untuk memilih bekam kering dari pada bekam basah. Untuk prosesnya sendiri, bekam akan mengeluarkan semua jaringan lemak dari dibagian pori-pori tubuh, sehingga terapi bekam ini mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh yang tentunya dapat menurunkan lemak. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ada baiknya untuk menambah beberapa proses tambahan, seperti latihan rutin setiap hari.

11. Manfaat bekam untuk racun di dalam tubuh

Manfaat bekam yang ke-11 adalah untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Manfaat ini bisa dibilang sudah banyak yang mengetahuinya, dimana terapi bekam dapat mengeluarkan racun dari tubuh, baik itu racun yang berasal dari makanan maupun minuman yang dikomsumsi selama ini. Seperti yang diketahui jika racun terus menerus menumpuk di dalam tubuh dapat mempengaruhi metabolisme dan juga sistem kerja organ tubuh.

Salah satu ukuran bahwa tubuh mempunyai banyak racun umumnya bisa dilihat dari warna darah yang keluar. Jika darah tersebut berwarna kehitaman, maka bisa dibilang tubuh sedang mempunyai banyak racun. Begitu pula sebaliknya jika darah tersebut masih berwarna merah dan tidak kehitaman, maka tubuh tidak mempunyai banyak racun. Bagi kamu yang ingin menggunakan terapi bekam di dalam mengeluarkan racun dari tubuh, maka ada baiknya dilakukan secara rutin.

12. Manfaat bekam untuk pembuluh darah

Manfaat bekam yang ke-12 adalah untuk menyehatkan pembuluh darah. Seperti yang diketahui jika pembuluh darah berfungsi untuk menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh dan tempat dimana mengalirnya nutrisi ke beberapa bagian tubuh. Karena fungsinya yang begitu penting, menjaga kesehatan pembuluh darah merupakan hal yang harus dilakukan, dimana cara yang paling aman adalah dengan menggunakan teknik bekam. Hal ini dikarenakan terapi bekam mampu mengeluarkan semua sumbatan pada pembuluh darah.

13. Manfaat bekam untuk pernafasan

Manfaat bekam yang ke-13 adalah untuk menjaga pernafasan agar sehat. Apakah kamu sedang menderita penyakit pernafasan, baik itu penyakit asma atau lainnya? jika iya, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan terapi bekam. Seperti yang diketahui jika berbagai macam penyakit yang tabung pernafasan dapat diatasi dengan menggunakan jenis bekam kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka ada baiknya melakukan terapi bekam ini secara rutin.

14. Manfaat bekam untuk hipertensi

Manfaat bekam yang ke-14 adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apakah kamu sedang menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi? jika iya, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan terapi bekam. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sangat komplek dikarenakan dapat meningkatkan beberapa resiko terjadinya penyakit lain, seperti jantung, diabetes, ginjal dan lain sebagainya. Meskipun demikian, ada baiknya melakukan terapi ini kepada orang sudah berpengalaman.
Suka artikel berjudul 14 Manfaat Bekam Kering dan Basah Bagi Kesehatan Tubuh, Yuk bagikan ke: