advertisement

10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

XASXUS.com - Bawang merah merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia dan sering dijadikan sebagai bumbu masakan. Selain dapat memberikan cita rasa yang nikmat terhadap makanan, kandungan bawang merah ternyata juga mempunyai beberapa manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang diketahui jika bawang merah sudah terbukti ampuh dan membawa banyak kebaikan bagi tubuh, mulai itu bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, dan sampai mencegah terjadinya kanker. Nah berbicara mengenai manfaat bawang merah bagi kesehatan, berikut ini adalah 10 manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh.
Daftar Isi

1. Manfaat bawang merah untuk jantung

Manfaat bawang merah yang ke-1 adalah untuk menyehatkan jantung. Menurut beberapa penelitian, bawang merah mempunyai beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan  bawang merah mempunyai kandungan asam amino sulfur dan sufida methylallyl yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu membuka arteri yang tersumbat dan mengontrol tekanan darah tinggi.

2. Manfaat bawang merah untuk pencernaan

Manfaat bawang merah yang ke-2 adalah untuk mengatasi sembelit. Apakah kamu sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar? jika iya, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bawang merah. Seperti yang diketahui jika bawang merah mempunyai kandungan yang mampu membantu dalam proses pembuangan racun di dalam tubuh, sehingga membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Manfaat bawang merah untuk tenggorokan

Manfaat bawang merah yang ke-3 adalah untuk mengatasi radang tenggorokan. Seperti yang diketahui jika radang tenggorokan pada umumnya terjadi disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan pada tenggorokan. Nah jika kamu mengalami hal ini, mengonsumsi bawang merah merupakan hal yang harus kamu lakukan. Hal ini dikarenakan kandungan quercetin yang ada pada bawang merah mampu menurunkan radang pada tenggorokan.

4. Manfaat bawang merah untuk mata

Manfaat bawang merah yang ke-4 adalah untuk memperkuat pengelihatan. Tidak hanya wortel saja yang sangat baik untuk kesehatan mata, bawang merah ternyata juga sangat baik bagi kesehatan mata. Hal ini dikarenakan bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang mampu merangsang produksi protein berupa glutathione. Seperti yang diketahui jika protein berupa glutathione tersebut memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi mata. Tidak hanya itu saja, bahkan vitamin E yang ada dibawang merah ternyata juga sangat baik bagi kesehatan mata.

5. Manfaat bawang merah untuk meningkatkan kualitas tidur

Manfaat bawang merah yang ke-5 adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Apakah kamu sedang mengalami susah tidur? jika iya, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bawang merah. Seperti yang diketahui jika bawang merah mempunyai kandungan probiotik yang mampu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres, sehingga dengan mengonsumsi bawang merah tentunya akan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

6. Manfaat bawang merah untuk diet

Manfaat bawang merah yang ke-6 adalah untuk diet atau menurunkan berat badan. Menurut beberapa penelitian, bawang merah mempunyai beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan kromium yang ada pada bawang merah mampu menurunkan berat badanmu, sehingga bawang merah ini sangat cocok untuk dimasukan ke dalam menu dietmu. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, rutinlah mengonsumsi bawang merah 3-4 siung bawang merah perharinya.

7. Manfaat bawang merah untuk kanker

Manfaat bawang merah yang ke-7 adalah untuk mencegah kanker. Seperti yang diketahui jika kanker merupakan penyakit yang paling mematikan dan membuat sebagian penderitanya berujung pada kematian. Nah agar terhindar dari penyakit berbahaya ini, maka ada baiknya mengonsumgsi bawang merah secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan belerang dan senyawa aktif yang ada pada bawang merah mampu menghambat dan mencegah sel kanker yang ada di dalam tubuh.

8. Manfaat bawang merah untuk diabetes

Manfaat bawang merah yang ke-8 adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Apakah kamu sedang menderita diabetes? jika iya, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bawang merah. Seperti yang diketahui jika bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Bahkan bagi kamu yang tidak menderita diabetes dan tidak ingin terkena penyakit ini, mengonsumsi bawang merah merupakan cara terbaik agar tubuh tetap sehat dan kadar gula darah tetap normal.

9. Manfaat bawang merah untuk tulang

Manfaat bawang merah yang ke-9 adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Seperti yang diketahui jika tulang merupakan salah satu komponen paling penting di dalam tubuh dan berfungsi sebagai penopang tubuh kita. Karena fungsinya yang sangat penting, menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang harus dilakukan, dimana selain mengonsumsi minuman dan makanan yang mempunyai kandungan kalsium seperti susu, mengonsumsi bawang merah ternyata juga dipercaya mampu menjaga massa tulang dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

10. Manfaat bawang merah untuk sistem imun

Manfaat bawang merah yang ke-10 adalah untuk meningkatkan sistem imun. Seperti yang diketahui jika sistem imun merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan sistem imun sangat berperan di dalam menyerang virus, kuman, maupun bakteri yang masuk dari luar tubuh. Nah bagi kamu ingin terhidar dari berbagai macam penyakit, mengonsumsi bawang merah merupakan cara terbaik, dimana kandungan selenium yang ada pada bawang merah dipercaya mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.
Suka artikel berjudul 10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk bagikan ke: