advertisement

11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan
11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

XASXUS.com - Bagi tubuh, air merupakan salah satu komponen paling penting. Hal ini dikarenakan substansi cairan pada tubuh terdapat sekitar 55-78 persen yang harus dipenuhi. Karena pentingnya air bagi tubuh, namun tahukah kamu apa saja manfaat air putih? Nah berikut ini adalah 11 manfaat air putih, seperti manfaat air putih untuk kecantikan, manfaat air putih untuk usus, manfaat air putih untuk diet, dan lain sebagainya.
Daftar Isi

1. Manfaat air putih untuk mengurangi rasa lelah

Manfaat air putih yang ke-1 adalah untuk mengurangi rasa lelah. Apakah kamu sering merasa lesu dan lelah secara berlebihan? jika iya, maka ada baiknya untuk memperbanyak minum air putih minimal. Hal ini dikarenakan seseorang yang merasa lesu dan lelah secara berlebihan merupakan pertanda bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan cairan. Seperti yang diketahui jika kelelahan merupakan pertanda paling utama bahwa seseorang mengalami dehidrasi.

Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, umumnya tidak hanya jantung saja yang akan bekerja jauh lebih keras di dalam memompa darah, namun juga beberapa organ penting lainnya, sehingga lama kelamaan organ tubuh akan akan bekerja kurang maksimal. Jadi jika kamu merasa mudah lesu dan lelah, maka ada baiknya minum air putih minimal 3 gelas dan kemudian biarkan tubuh beristirahat guna menantikan reaksi positif dari air putih yang diminum tadi.

2. Manfaat air putih untuk meningkatkan mood

Manfaat air putih yang ke-2 adalah untuk meningkatkan mood. Menurut beberapa penelitian, air putih mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satu adalah untuk meningkatkan mood. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami kekurangan cairan terus-terusan atau dehidrasi bisa memengaruhi situasi hati dan manfaat cognitive. Jadi bagi kamu yang sedang dalam situasi hati tidak baik, maka cobalah untuk memperbanyak minum air putih, sehingga mood akan kembali positif setelah memperoleh cairan dengan jumlah yang cukup.

3. Manfaat air putih untuk meredakan sakit kepala

Manfaat air putih yang ke-3 adalah untuk meredakan sakit kepala. Apakah kamu sedang merasakan sakit kepala, seperti migren dan lain sebagainya? jika iya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi air putih. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami sakit kepala disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dehidrasi atau kekurangn cairan. Bahkan menurut beberapa studi, air putih dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Manfaat air putih untuk usus atau pencernaan

Manfaat air putih yang ke-4 adalah untuk kesehatan pencernaan. Seperti yang diketahui jika air putih mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan air sangat berperan di dalam membantu sistem pencernaan menjadi lebih baiknya, seperti melancarkan buang air besar, melancarkan makanan yang masuk kedalam usus, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, bahkan air putih juga dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi bagi kamu yang ingin pencernaan tetap dalam kondisi sehat, maka ada baiknya untuk rutin minum air putih.

5. Manfaat air putih untuk meningkatkan nafsu makan

Manfaat air putih yang ke-5 adalah meningkatkan nafsu makan. Apakah kamu sedang mengalami penurunan nafsu makan? jika iya, maka ada baiknya mulailah untuk mencari solusi. Seperti yang diketahui jika nafsu makan dapat membahayakan tubuh dikarenakan tidak memperoleh konsumsi nutrisi dari makanan yang seharusnya dikonsumsi. Menurut beberapa penelitian, ternyata mengonsumsi air putih dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi supaya nafsu makan kembali meningkat, ada baiknya untuk meminum air putih 1 gelas sebelum mulai makan.

6. Manfaat air putih untuk diet

Manfaat air putih yang ke-6 adalah untuk menurunkan berat badan atau diet. Seperti yang diketahui jika air putih mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan seseorang yang cukup mengkonsumsi air putih mengalami kecenderungan untuk makan banyak jadi lebih kecil, sehingga akan membuat berat badan menjadi turun.

7. Manfaat air putih untuk mengeluarkan toksin tubuh

Manfaat air putih yang ke-7 adalah untuk mengeluarkan toksin tubuh. Seperti yang diketahui jika dalam tubuh terdapat toksin yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Jadi untuk memaksimalkan toksin keluar dari tubuh, maka ada baiknya memperbanyak minum air putih supaya zat-zat beresiko lainnya dapat keluar melalui keringat atau melalui sistem buang air kecil.

8. Manfaat air putih untuk ginjal

Manfaat air putih yang ke-8 adalah untuk menghindar batu ginjal. Seperti yang diketahui jika air putih mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Hal ini dikarenakan air putih mampu mengencerkan garam dan mineral di dalam urin yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Meskipun demikian, ada baiknya untuk tidak terlalu banyak minum air putih dikarenakan akan memengaruhi kekuatan ginjal di dalam menyaring kotoran.

9. Manfaat air putih untuk suhu tubuh

Manfaat air putih yang ke-9 adalah untuk mengontrol suhu tubuh. Menurut beberapa penelitian, air yang sesuai dengan keperluan tubuh dipercaya mampu mengontrol suhu tubuh dikarenakan air berbentuk termal yang mempunyai kemampuan di dalam melepas panas tubuh waktu mengeluarkan keringat. Jadi bisa dibilang mengonsumsi air putih secukupnya dapat mengontrol suhu tubuh.

10. Manfaat air putih untuk mengurangi dampak negatif dari alkohol

Manfaat air putih yang ke-10 adalah untuk mengurangi dampak negatif dari alkohol. Apakah kamu pecandu minuman ini? jika iya, maka ada baiknya untuk sering minum air putih. Hal ini dikarenakan kandungan pada minuman keras tersebut mempunyai efek negatif bagi tubuh. Jadi supaya efek negatif pada minuman keras tersebut hilang, perbanyaklah minum air putih sebelum tidur.

11. Manfaat air putih untuk menangani napas bau

Manfaat air putih yang ke-11 adalah untuk menangani napas bau. Apakah kamu mengalami napas bau? jika iya, maka ada baiknya untuk memperbanyak minum air putih. Seperti yang diketahui jika bau mulut umumnya disebabkan oleh kurangnya air minum. Hal ini dikarenakan seseorang yang kurang minum air putih membuat mulut menjadi lebih lembab dan tidak dapat menyapu partikel makanan serta mempercepat perkembangan bakteri penyebabnya bau mulut.
Suka artikel berjudul 11 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan, Yuk bagikan ke: