advertisement

15 Jenis Alat Musik Papua Beserta Sejarah, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
15 Jenis Alat Musik Papua Beserta Sejarah, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya
15 Jenis Alat Musik Papua Beserta Sejarah, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Papua merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sudah terkenal akan kebudayaan yang etnik dan juga sangat unik. Bahkan jika dilihat dari beberapa aspek, kebudayaan dari masyarakat Papua ini memanglah terbilang jauh berbeda jika dibandingkan semua kebudayaan masyarakat dibeberapa Provinsi lainnya di Indonesia yang lebih ketal akan nilai-nilai Melayunya.

Tidak hanya itu saja, bahkan dalam aspek kesenian, kebudayaan dari masyarakat Papua ini juga jauh berbeda jika dibandingkan semua kebudayaan masyarakat lainnya di Indonesia, salah satunya terlihat pada alat musik tradisionalnya.Nah berbicara mengenai alat musik Papua, tahukah kamu apa saja alat musik Papua tersebut? Berikut ini adalah 15 alat musik Papua beserta nama, jenis, sejarah, fungsi, cara memainkan, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Alat Musik Papua Pikon

Nama alat musik Papua yang ke-1 adalah Pikon. Alat musik Pikon merupakan salah satu alat musik Papua yang dimainkan dengan cara ditiup dan terbuat dari bahan dasar bambu. Menurut beberapa sumber, nama pikon dari alat musik Papua ini berasal dari kata "Pikonane" dan dipercaya berasal dari logat daerah Baliem.

Kata "Pikonane" berdasarkan asal mula alat musik Papua tersebut umumnya mempunyai arti yaitu alat musik berbunyi. Seperti yang diketahui jika alat musik Papua ini akan berbunyi ketika ditiup. Meskipun terlihatnya mudah, ternyata membunyikan alat musik Papua ini cukup rumit dan hanya orang tertentu saja yang bisa memainkannya.

2. Alat Musik Papua Yi

Nama alat musik Papua yang ke-2 adalah Yi. Alat musik Yi merupakan salah satu alat musik Papua yang terbuat dari bahan dasar kayu gelondongan dan mempunyai rongga dibagian dalam badannya. Menurut beberapa sumber, alat musik Papua Yi ini difungsikan sebagai sarana di dalam memanggil para warga di desa untuk segera mendekat dan berkumpul.

Biasanya alat musik ini hanya dimainkan ketika ada acara penting saja dan menyangkut para penduduk desa, seperti hal ketua adat mengadakan upacara adat, memberikan pengumuman, dan lain sebagainya yang menyangkut keberlangsungan penduduk desa. Untuk cara memainkannya pun umumnya sangat mudah dan simpel, yaitu hanya cukup memukulnya dengan keras ke bagian badan alat musik Yi.

3. Alat Musik Papua Triton

Nama alat musik Papua yang ke-3 adalah Triton. Alat musik Triton merupakan salah satu alat musik Papua yang terbuat dari bahan dasar kerang besar. Secara umum, alat musik Papua Triton ini mempunyai fungsi yang hampir sama seperti alat musik Papua Yi, yaitu sebagai sarana di dalam memanggil para warga di desa untuk segera mendekat dan berkumpul.

Meskipun mempunyai fungsi yang sama, namun kedua alat musik Papua ini dimainkan dengan cara yang berbeda. Jika alat musik Yi dimainkan dengan cara dipukul, maka alat musik Papua Triton ini dimainkan dengan cara ditiup. Menurut beberapa sumber, banyak yang menganggap bahwa alat musik Papua Triton ini adalah persebaran dari Kabupaten Biak.

4. Alat Musik Papua Fuu

Nama alat musik Papua yang ke-4 adalah Fuu. Alat musik Fuu merupakan salah satu alat musik Papua yang terbuat dari bahan dasar bambu dan dimainkan dengan cara ditiup. Menurut sejarahnya, alat musik Papua Fuu ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku Asmat. Dalam perkembangannya dari zaman dahulu hingga saat ini, alat musik Papua Fuu ini difungsikan sebagai alat musik pengiring dari tari-tarian adat Papua.

5. Alat Musik Papua Kecapi Mulut

Nama alat musik Papua yang ke-5 adalah Kecapi Mulut. Alat musik Kecapi Mulut merupakan salah satu alat musik Papua yang terbuat dari bahan dasar bambu wuluh berukuran kecil. Menurut sejarahnya, alat musik Papua Kecapi Mulut ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku Dani di Daerah lembah Baliem, Jaya Wijaya. Alat musik Papua ini umumnya akan mengeluarkan nada nada tertentu.

6. Alat Musik Papua Eme

Nama alat musik Papua yang ke-6 adalah Eme. Alat musik Eme merupakan salah satu alat musik Papua yang dilihat dari segi bentuknya sangat unik. Menurut sejarahnya, alat musik Papua Eme ini merupakan alat musik Papua yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Kamoro, Papua. Dalam proses pembuatannya, alat musik Papua ini bisa dibilang sangat unik dikarenakan memakai bahan dasar campuran kapur dari biawak dan darah manusia. 

Untuk dapat menghasilkan nada atau bunyi yang berbeda, kulit pada alat musik Papua ini umumnya akan ditempeli oleh getah damar yang telah dibentuk menjadi bulatan kecil. Bahkan semakin banyak getah damar yang ditempelkan dibagian kulit alat musik Papua tersebut, maka suara atau bunyi yang dihasilkannya pun akan semakin rendah.

7. Alat Musik Papua Guoto

Nama alat musik Papua yang ke-7 adalah Guoto. Alat musik Guoto merupakan salah satu alat musik Papua yang berasal dari kebudayaan masyarakat di wilayah Papua Bagian Barat. Menurut beberapa sumber, alat musik Papua berupa Guoto ini merupakan alat musik petik yang biasa dimainkan ketika sedang ada upacara atau acara adat lainnya yang digelar oleh kepala suku.

8. Alat Musik Papua Sekakas

Nama alat musik Papua yang ke-8 adalah Sekakas. Alat musik Sekakas merupakan salah satu alat musik Papua yang biasa dimainkan di acara acara adat di Papua. Menurut sejarahnya, alat musik Papua berupa Sekakas ini difungsikan untuk menarik perhatian ikan ikan hiu yang ada dilaut. Tidak hanya itu saja, terkadang alat musik Papua ini juga dimainkan untuk menghibur diri sendiri.

9. Alat Musik Papua Tifa Dasar

Nama alat musik Papua yang ke-9 adalah Tifa Dasar. Alat musik Tifa Dasar merupakan salah satu alat musik Papua yang masih masuk ke dalam keluarga Tifa dan dimainkan dengan cara dipukul. Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik Papua berupa Tifa Dasar ini masih sering dimainkan bersamaan dengan beberapa jenis Tifa lainnya.

Perbedaan alat musik Tifa Dasar dengan alat musik Tifa lainnya adalah terletak pada suara atau nada yang dihasilkannya, dimana suara atau nada yang pada pada alat musik Tifa Dasar ini cenderung lebih dibawah suara Tifa pada umumnya dan mempunyai kerendahan suara di atas alat musik Tifa Bas.

10. Alat Musik Papua Tifa Bas

Nama alat musik Papua yang ke-10 adalah Tifa Bas. Alat musik Tifa Bas merupakan salah satu alat musik Papua yang masih masuk ke dalam keluarga Tifa dan dimainkan dengan cara dipukul. Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik Papua berupa Tifa Bas ini masih sering dimainkan bersamaan dengan beberapa jenis Tifa lainnya di dalam mengiringi tari-tarian Papua. Secara umum, alat musik Papua Tifa Bas ini mempunyai suara atau nada yang rendah.

11. Alat Musik Papua Butshake

Nama alat musik Papua yang ke-11 adalah Butshake. Alat musik Butshake merupakan salah satu alat musik Papua yang terbuat dari bilah bambu melengkung dengan diisi biji atau buah. Menurut sejarahnya, alat musik Papua Butshake ini merupakan alat musik Papua yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Merauke. Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik yang dimainkan dengan cara dikocok atau di hentakkan berkali kali ini kerap dimainkan sebagai alat musik pengiring dalam pesta atau kegiatan adat.

12. Alat Musik Papua Krombi

Nama alat musik Papua yang ke-12 adalah Krombi. Alat musik Krombi merupakan salah satu alat musik Papua yang terbuat dari bahan dasar serat rotan atau serat tumbuhan lainnya yang mempunyai tekstur kuat. Menurut sejarahnya, alat musik Papua Krombi ini merupakan alat musik Papua yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku Tehit dan banyak berkembang di Kabupaten Sorong Selatan. Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik Papua Krombi ini kerap dimainkan sebagai alat musik pengiring dalam upacara adat dan pesta bakar batu.

13. Alat Musik Papua Amyen

Nama alat musik Papua yang ke-13 adalah Amyen. Alat musik Amyen merupakan salah satu alat musik Papua yang terbuat dari bahan dasar bongkahan kayu. Menurut sejarahnya, alat musik Papua Amyen ini merupakan alat musik Papua yang berasal dari kebudayaan masyarakat suku Web dan banyak berkembang di Kabupaten Keerom. Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik berbentuk terompet dan dimainkan dengan cara ditiup ini kerap dimainkan sebagai alat musik pengiring dalam tari-tarian Papua.

14. Alat Musik Papua Falun

Nama alat musik Papua yang ke-14 adalah Falun. Alat musik Falun merupakan salah satu alat musik Papua yang termasuk ke dalam alat musik ritmis. Menurut beberapa sumber, alat musik Papua berupa Falun ini difungsikan sebagai pengirim sinyal, pertanda bahaya, dan alat untuk mengumpulkan para penduduk desa. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik berbentuk seperti seruling dan dimainkan dengan cara dipukul ini kerap dimainkan sebagai alat musik pengiring dalam tari-tarian Papua.

15. Alat Musik Papua Paar & Kee

Nama alat musik Papua yang ke-15 adalah Paar & Kee. Alat musik Paar & Kee merupakan salah satu alat musik Papua yang tergolong unik. Hal ini dikarenakan alat musik ini sebenarnya bukanlah alat musik, melainkan lebih kepada penutup bagian intim dari pria papua. Meskipun demikian, tidak jarang pula alat Paar & Kee ini dijadikan alat musik pengiring disetiap acara kegiatan adat.
Suka artikel berjudul 15 Jenis Alat Musik Papua Beserta Sejarah, Fungsi, Cara Memainkan, dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: